Inilah Sebabnya Mengapa Sepeda Motor Merek Honda Menguasai Pangsa Pasar

  • Bagikan

Pertumbuhan industri otomotif di Indonesia saat ini menunjukkan perkembangan yang sangat positif dan signifikan, dengan berbagai varian produk kendaraan yang di tawarkan kepada market, masyarakat selalu memberikan respon yang baik dan menggembirakan. 

Produk otomotif jenis kendaraan bermotor roda dua yang biasa kita sebut dengan sepeda motor merupakan produk otomotif yang paling diminati di Indonesia. Hal ini disebabkan sepeda motor cukup fleksibel, efektif dan efisien dalam menunjang aktivitas dan mobilitas masyarakat sehari-hari. Oleh karenanya, industri sepeda motor menjadi produk yang sangat prosfektif dan potensial menjadi pangsa pasar dalam dunia bisnis otomotif di Indonesia. 

Dalam pemberitaan di website tribunnews pada tanggal 18 Juli 2018 di beritakan bahwa sepeda motor nasional mencatatkan trend positif pada semester I-2018. Pelaku industri pun optimis penjualannya akan tetap melesat naik di semester II-2018. Dari data Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI), tercatat penjualan Januari hingga Juni 2018 mencapai 3.002.753 unit atau naik 11,1% dari periode sama tahun lalu sebesar 2.700.546 unit. General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor (AHM), Ignatius Didi Kwok mengatakan bahwa “trend penjualan AHM di semester I-2018 ini akan minimal sama seperti semester I-2018, sehinggga total penjualan di tahun ini bisa  mencapai 4,4 juta unit sampai dengan 4,6 juta”.

Data penjualan sepeda motor dengan 4 merek ternama yakni Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki di Indonesia yang di lansir oleh http://triatmono.info/ pada tahun 2017. Sepeda motor merek Honda mendominasi dengan total penjualan di angka 4.385.888 unit di susul Yamaha dengan penjualan 1.348.563 unit, selanjutnya Kawasaki di angka 78.637 unit dan yang paling bawah pada merek Suzuki di angka 72.191 unit. Secara persentase Honda menguasai secara telak penjualan sepeda motor di tahun 2017 pada angka 74,5 %. 

Tumbuhnya suburnya pasar otomotif di Indonesia dan meningkatnya penjualan sepeda motor secara signifikan tidak terlepas dari aktivitas promosi yang di lakukan oleh pihak perusahaan. Promosi yang baik tentunya akan berpengaruh terhadap peningkatan penjualan. Dari berbagai pendapat para ahli mengemukakan bahwa promosi merupakan kegiatan dalam manajemen pemasaran guna memberikan informasi dari penyedia produk kepada konsumen agar konsumen terbujuk, terpengaruh dan tertarik untuk melakukan pembelian suatu barang atau jasa yang tawarkan.

Promosi yang berhasil akan berdampak terhadap penyebaran informasi produk kepada target pasar potensial dimana konsumen berubah menjadi costumer yang melakukan pembelian berulang serta merekomendasikan kepada orang lain untuk ikut membeli. Kemudian penyedia produk mendapatkan pelanggan baru serta mampu menjaga kesetiaan, komitmen dan stabilitas pelanggan dalam melakukan pembelian berulang. Dari aktivitas promosi yang dilakukan juga di harapkan dapat membentuk citra positif produk sesuai dengan opini yang diinginkan sehingga sampai terwujudnya branding produk yang kuat tertanam otak bawah sadar konsumen. Pada posisi tersebut maka perusahaan akan mendapatkan kenaikan omset penjualan dan profit sebagai tujuan dari di dirikannya perusahaan.

Konsep aktivitas promosi adalah dengan melakukan seluruh  cara dalam berkomunikasi kepada konsumen, yang di sebut dengan bauran komunikasi pemasaran dimana aktivitasnya adalah merupakan gabungan dari berbagai jenis promosi yang ada mencakup advertising, personal selling, sales promotion, public relation dan direct marketing. Menurut Bruce J.Walker membagi lima metode promosi meliputi penjualan tatap muka (personal selling), periklanan (advertising), promosi penjulan (sales promotion), publisitas (publicity), hubungan masyarakat (public relation)

Berdasarkan observasi penulis pihak sepeda motor Honda melakukan promosinya dengan cara melakukan penjualan tatap muka (personal selling) door to door dengan mendekati calon-calon konsumen yang potensial. Kemudian  beriklanan (advertising) melalui papan reklame, media cetak dan elektronik. Promosi penjualan Honda juga dengan cara jika membeli akan mendapatkan  hadiah langsung seperti helm, jaket, kipas angin dan payung.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *