Inilah Lima Fungsi Manajemen yang harus Anda Ketahui agar Berhasil Mengelola Kegiatan Usaha

  • Bagikan

Jika anda pernah mengalami kegagalan dalam kegiatan usaha, maka orang sering mengatakan bahwa kegagalan tersebut disebabkan karena adanya persoalan manajemen. Tetapi sebenarnya apakah kita benar-benar mengetahui apa sebenarnya fungsi-fungsi dari manajemen itu sendiri. Dalam artikel ini ada lima fungsi manajemen yang wajib diketahui oleh siapapun yang ingin berhasil dalam mengelola kegiatan usaha dan inilah Lima fungsi manajemen tersebut :

1) Planning (perencanaan), Perencanaan yaitu suatu proses mengembangkan tujuan-tujuan perusahaan serta memilih serangkaian tindakan (strategi) untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut. Perencanaan tersebut mencangkup (a) menetapkan tujuan (b) mengembangkan berbagai premis mengenai lingkungan perusahaan di mana tujuan-tujuan perusahaan hendak dicapai (c) memilih arah tindakan (courses of action) untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut (d) merumuskan berbagai aktifitas yang diperlukan untuk menerjemahkan rencana menjadi aksi (e) melakukan perencanaan ulang untuk mengoreksi berbagai kekurangan dalam perencanaan terdahulu. 

2) Organizing (pengorganisasian), Pengorganisasian adalah suatu proses dimana karyawan dan pekerjaannya saling dihubungkan untuk mencapai tujuan perusahaan. Pengorganisasian mencangkup pembagian kerja diantara kelompok dan individu serta pengkoordinasian aktivitas individu dan kelompok. Pengorganisasian mencakup juga penetapan kewenangan manajerial. 

3) Staffing (pengisian staff), Pengisian staf yaitu suatu proses untuk memastikan bahwa karyawan yang kompeten dapat dipilih, dikembangkan dan diberi imbalan untuk mencapai tujuan perusahaan. Penyusunan staf serta manajemen sumber daya manusia yang efektif mencakup pula penciptaan iklim kerja yang memuaskan karyawan. Sumberdaya manusia yang telah diorganisasi tersebut selanjutnya perlu diarahkan aktivitasnya agar menghasilkan pencapaian tujuan perusahaan. 

4) Leading (memimpin), Memimpin adalah suatu proses memotivasi individu atau kelompok dalam suatu aktivitas hubungan kerja (task related activities) agar mereka dapat bekerja dengan sukarela (voluntarily) dan harmonis dalam mencapai tujuan perusahaan. 

5) Controlling (pengendalian), Pengendalian merupakan suatu proses untuk memastikan adanya kinerja yang efisien dalam pencapaian tujuan perusahaan. Pengendalian mencangkup (a) menetapkan berbagai tujuan dan standar, (b) membandingkan kinerja sesungguhnya (yang diukur) dengan tujuan dan standar yamg telah ditetapkan, serta (c) mendorong keberhasilan dan mengoreksi berbagai kelemahan. 

Setelah memahami ada lima fungsi manajemen ini, maka saatnya anda audit kembali apa penyebab kegagalan kegiatan usaha anda sebelumnya. Apakah anda dan tim belum mampu merumuskan perencanaan yang baik (planning), apakah belum menyusun pembagian kerja yang jelas (organizing), apakah belum mendapatkan pegawai/karyawan yang cakap (staffing), apakah anda gagal memotivasi dan menggerakkan pegawai agar melakukan sebagaimana yang harusnya mereka lakukan (leading), dan apakah kurangnya evaluasi terhadap seluruh aktivitas organisasi bisnis anda (controling). Kini dengan memahami lima fungsi manajemen, anda sudah menemukan obat yang paling sesuai untuk mengelola organisasi bisnis secara lebih baik dan profesional. 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *