Pengertian Kompetensi dan Indikatornya

  • Bagikan

Kompetensi menjelaskan apa yang dilakukan orang di tempat kerja pada berbagai tingkatan dan memperinci standar masing-masing tingkatan, mengidentifikasi karakteristik, pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan oleh individual yang memungkinkan menjalankan tugas dan tanggungjawab secara efektif sehingga mencapai standar kualitas professional dalam bekerja, dan mencakup semua aspek catatan manajemen kinerja, ketrampilan, dan pengetahuan tertentu, sikap, komunikasi, aplikasi, dan pengembangan. 

Menurut Spencer & Spencer ( 1993 : 9 ), ada lima karakteristik kompetensi, yaitu :

1. Motives, adalah sesuatu yang selalu dipikirkan atau diinginkan seseorang yang dapat mengarahkan, mendorong atau menyebabkan orang melakukan suatu tindakan. Motivasi ini mengarahkan seseorang untuk menentukan atau menetapkan tindakan-tindakan yang memastikan dirinya mencapai tujuan yang diharapkan.

2.Traits, merujuk pada ciri bawaan yang bersifat fisik (physical characteristics) dan tanggapan yang konsisten terhadap berbagai situasi atau informasi.

3. Self concept, yakni sikap, nilai atau image yang dimiliki seseorang tentang dirinya sendiri. Self concept ini akan memberikan keyakinan pada seseorang siapa dirinya; apakah dia seorang pemarah ataukah orang yang  sabar  dan mampu mengendalikan diri. Demikian pula, apakah ia orang yang cerdas ataukah ia selalu mengalami kesulitan dalam memahami sesuatu.

4. Knowledge, adalah informasi yang dimiliki seseorang dalam bidang tertentu.

5. Skill, merupakan kemampuan untuk melaksanakan tugas mental atau tugas fisik tertentu. Berbeda dengan keempat karakteristik kompetensi lainnya yang bersifat “ intern “ dalam diri individu, skill merupakan karakteristik kompetensi yang berupa “ action “. Skill mewujudkan sebagai perilaku yanag di dalamnya terdapat motives, traits, self concept dan knowledge.

Pendapat yang hampir sama dikemukakan oleh Dharma (2002 : 20), terdapat lima  karakteristik kompetensi yaitu motives, traits, self concept, knowledge, dan skill. Motives adalah sesuatu dimana seseorang konsisten berfikir, sehingga ia melakukan tindakan. Traits adalah watak yang membuat orang untuk berperilaku atau bagaimana seseorang merespon sesuatu dengan cara-cara tertentu. Self Concept adalah sikap dan nilai-nilai yang dimiliki seseorang. Knowledge adalah informasi yang dimiliki seseorang untuk bidang tertentu. Skill adalah kemampuan untuk melaksanakan suatu tugas pokok tertentu baik fisik maupun mental.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kompetensi itu pada dasarnya terdiri dari empat unsur utama yaitu pengetahuan ( cognitive domain ), keahlian dan ketrampilan ( psychomotor domain ), bakat ( talenta ), perilaku dan sikap ( affective domain ). Keempat unsur itu secara langsung mempengaruhi perilaku ( behavior ) manusia dalam melaksanakan tugas.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *