Untuk Menjadi Pebisnis Sukses, Inilah 7 Karakter yang harus Anda Miliki

  • Bagikan

Menjadi pebisnis adalah profesi yang sangat mulya karena selain berpotensi menjadi milioner, hanya menjadi pebisnislah kita dapat memberikan pekerjaan orang lain. Dinegara-negara maju, jumlah penduduk yang menjadi pebisnis harus diatas 5%, sedangkan di Indonesia masih kurang dari 2%. Fungsi dari pebisnis adalah sebagai pencipta lapangan kerja; Salah satu penggerak utama dan terpenting kegiatan ekonomi; Pembayar pajak terbesar negara; Pendorong dan pelaku perubahan dan inovasi; Pencipta keunggulan dan daya saing; Pembuat harapan rakyat untuk hidup lebih baik dan makmur; Pencipta dan pendorong kemandirian individu dan bangsa. 

Pebisnis adalah mereka yang mampu menghasilkan nilai tambah dari suatu produk bisa berupa barang ataupun jasa yang kemudian ditawarkan kepasar sasaran. Dengan produk yang dihasilkan inilah mereka berkompetisi dengan sejumlah produk sejenis untuk mendapatkan hati konsumen. Melihat kesuksesan pebisnis jangan dilihat saat dia saat ini, tapi harus belajar dari masa lalunya karena tidak sedikit awalnya para pebisnis ini mengalami jatuh bangun dalam membangun bisnisnya. Rugi miliaran rupiah, ditinggalkan anak dan istri karena mengalami kebangkrutan, disita asetnya oleh pihak perbankan karena tidak mampu membayar hutang. 

Sebagaimana kisah pebisnis nasional almarhum Bob Sadino yang memulai bisnisnya menjadi seorang yang menyewakan mobil dengan dia sendiri sebagai supirnya. Karena mengalami kecelakaan beralih menjadi tukang batu, kemudian menjadi seorang pertenak telur ayam, sampai akhirnya sukses dibisnis penyedia sembako di Indonesia. Artikel ini akan memberikan informasi karakter apa saja yang harus dimiliki agar kita kuat dan dapat bertahan dalam menjalani profesi sebagai pebisnis.

1) Berani mengambil resiko, yakni keberanian yang dimiliki pengelola usaha dalam memulai usaha dengan cepat dan juga siap menghadapi kemungkinan kegagalan, namun tetap belajar dari kegagalan yang pernah dialaminya. Jadi elemen keberanian mengambil resiko ini antara lain: mewujudkan ide usaha tanpa pikir panjang; siap menghadapi kegagalan; terus berusaha membenahi kegagalan.

2) Kreatif, yakni pengelola usaha yang menciptakan hal-hal baru untuk lebih efektif dan efisien sehingga memiliki nilai tambah dalam rangka menciptakan daya saing produk yang dihasilkan. Elemen-elemennya antara lain: kreatif, inovasi, orisinil.

3) Orientasi masa depan dan hasil, yakni pengelola usaha kecil yang memiliki visi dan misi ke depan serta mampu mewujudkan apa yang dicita-citakan secara sistematis dan berkesinambungan. Elemen-elemennya antara lain: memiliki visi dan misi; strategis; dan implementatif.

4) Melihat peluang, yakni pengelola usaha kecil yang melihat peluang yang ada dan menangkap peluang baru serta mengarahkan usaha ke arah peluang yang ada. Elemn-elemennya antara lain: melihat peluang, menangkap dan merealisasikan peluang menjadi nyata.

5) Semangat untuk berkarya, yakni sikap pengelola usaha kecil yang pantang menyerah dan sanggup sabar menghadapi berbagai rintangan dan halangan demi mencapai suatu keberhasilan. Elemennya antara lain: semangat berusaha; semangat kebersamaan; dan kesabaran.

6) Tekun, yakni sikap yang ditunjukkan seorang pengelola usaha kecil dalam bentuk bersungguh-sungguh dengan memiliki manajemen waktu dan juga sistem kerja yang logis. Elemennya antara lain: tekun, manajemen waktu dan sistem kerja. 

7) Melakukan perubahan, yakni sikap seorang pengelola usaha kecil yang terus belajar dan belajar secara berkesinambungan, belajar dari kesalahan dan terus mencari wawasan dan pengetahuan baru dalam rangka memperbaiki produk yang dihasilkan. Elemennya antara lain: kemauan belajar, menambah wawasan pengetahuan, menambah pengalaman. 

Untuk menjadi pebisnis inilah 7 karakter yang harus anda miliki agar berhasil dan sukses menjalani profesi sebagai pebisnis. Jika artikel ini bermanfaat silahkan anda share keteman-teman, sahabat dan orang-orang yang anda cintai karena anda mendukung kesuksesan hidupnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *