Inilah 9 Cara Meningkatkan Employee Engagement pada Perusahaan di Saat Pandemi Covid 19

  • Bagikan

Berdasarkan artikel yang ditulis Noor Arifin (2021) dalam buku Manajemen Bisnis di Era Pandemi Covid-19 dan New Normal, berikut 9 cara meningkatkan employee engagement pada perusahaan dimasa pandemi covid 19.

 

1. Mendorong karyawan dalam pengembangan diri.

Setiap karyawan menginginkan pengembangan diri melakukan perubahan dan terus berkembang secara personal agar dapat memaksimalkan kualitas yang ada untuk kepentingan perusahaan. Pola pikir kreatif juga perlu dibangun oleh karyawan agar tidak bosan dalam menjalankan pola bekerja yang sama setiap harinya. Seni berpikir kreatif juga dapat memunculkan ide-ide baru yang fresh sehingga dapat menginovasi kinerja perusahaan setiap periodenya.

 

2. Berikan Evaluasi, Kritik dan Saran yang Membangun.

Kegiatan evaluasi perusahaan sebaiknya dibuat sistem yang baik dan dikomunikasikan kepada karyawan dengan baik. Perusahaan bisa menyampaikan evaluasi dan penilaian terhadap karyawan dan karyawan juga dapat menerima dengan baik feed back yang disampaikan agar ke depan dapat merubah pola kerjanya menjadi lebih baik lagi. Kritik yang konstruktif (membangun) perlu dibuat pola dengan baik agar hubungan karyawa dan manajemen terjalin dengan baik jika terdapat komunikasi yang baik dan hati yang manajemen mudah menerima kritik maupun saran dari antar pihak.

 

3. Buat Lingkungan Pekerjaan Lebih Menyenangkan.

Pekerjaan dengan sistem rutinitas dan monoton bisa menimbulkan stres dan perasaan tidak bahagia bagi karyawan. Untuk mengatasi ini manajemen dan karyawan harus menyusun serta mengubah ritme pekerjaan menjadi konsep serius tapi santai, agar lebih menyenangkan. Beban pekerjaan tetap sama namun di selesaikan dengan santai namun efektif, seperti meeting di resort, mengadakan pelatihan yang dilengkapi dengan outbound, atau berolahraga 

bersama kolega bisnis agar tetap menjaga komunikasi dan tali silaturahim yang baik. Tak lupa juga manfaatkan hari libur sebaik mungkin dengan berwisata, menonton movie, atau barbeque bersama teman-teman.

 

4. Beri Kesempatan Berpendapat.

Karyawan akan merasa sangat diperhatikan ketika dia mempunyai kesempatan mengutarakan pemikiran mereka. Karyawan memunculkan ide-ide cerdas pemikiran mereka untuk kemajuan perusahaan yang harus mengikuti perkembangan zaman.

 

5. Perhatikan Kesehatan dan Kebahagiaan Karyawan.

Stres, kelelahan, dan sakit adalah hal yang biasa terjadi ketika karyawan bekerja keras. Dampaknya produktiftas karyawan dalam sebuah perusahaan menjadi menurun. Perusahaan perlu menjamin kesehatan dan memberikan perhatian yang lebih kepada karyawan. Misalnya dengan memberikan jaminan kartu pengobatan, menyediakan fasilitas olahraga, menyediakan makanan yang sehat, atau sesekali memberikan hiburan menarik bagi karyawan agar menimbulkan kebahagiaan dalam bekerja.

 

6. Jalankan Nilai-Nilai Inti.

Memilih karyawan yang sesuai dengan nilai inti perusahaan akan lebih baik dibanding dengan hanya mementingkan keterampilan yang dimiliki karyawan. Perusahaan harus bisa mengadaptasi karyawan agar mampu sesuai dengan budaya perusahaan yang ada.

 

7. Saling Menghormati dan Menghargai.

saling percaya antar individu dengan individu yang lain. Pimpinan harus bersikap sedikit santai dan toleran kepada karyawan bukan hanya menuntut saja. Disamping itu, karyawan harus memahami tupoksinya dalam bekerja sehingga bisa mencapai goals dari perusahaan.

 

8. Dorong Karyawan untuk Berani Bereksperimen.

Penerapan ide-ide kreatif harus dilakukan dengan uji coba. Berikan kesempatan bagi karyawan untuk mencoba ide yang mereka pikirkan sehingga dapat mengetahui kekurangan dan segera mengevaluasinya. Hal ini sangat meningkatkan rasa keterikatan seseorang dalam perusahaan.

 

9. Bangun Hubungan dalam Pekerjaan.

Komunikasi adalah kunci utama dalam menjalankan apapun yang ada di lingkungan bisnis. Mulai jalin keakraban setiap individu yang ada dalam perusahaan agar dapat terjalin kekompakan dan kerukunan dalam bekerja.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *