Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 Secara Online, Begini Cara Cek dan Download Sertifikat Vaksin Covid-19

  • Bagikan

Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 Secara Online

Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 Secara Online -Pandemic  Covid-19 masih menghantui Indonesia. vaksinasi yang telah berjalan diharapkan mampu menjadi solusi agar pandemic segera berakhir, dan aktivitas dapat kembali pulih. Berbagai upaya dilakukan pemerintah guna mendukung program vaksinasi, seperti yang dilakukan Kementerian komunikasi dan Informatika atau kemenkominfo dengan membuat aplikasi lewat aplikasi peduli lindungi. masyarakat bisa registrasi untuk mendapatkan Sertifikat Vaksin Covid-19. 

Selain itu, Sertifikat Vaksin Covid-19 atau sertifikat Bukti penerimaan vaksin Covid-19 juga akan ditampilkan lewat aplikasi ini. Diketahui fitur registrasi dan sertifikat vaksin Covid-19 merupakan fitur baru. diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk membantu Indonesia dalam memutus rantai penularan Covid-19. untuk vaksinasi tahap awal bagi tenaga kesehatan yang belum terdaftar bisa langsung mendaftar lewat aplikasi ini untuk mendapatkan vaksinasi di mana saja. aplikasi peduli lindungi ini sudah tersedia di Google Play Store dan App Store. 

Setiap orang yang telah melakukan vaksinasi covid-19 biasanya akan langsung mendapat notifikasi SMS dari 1199 yang berisi Link sertifikat Vaksinasi covid 19. Namun ada sebagian orang yang tidak kunjung menerima notifikasi SMS tersebut. Hal ini mungkin disebabkan karena nomor telepon salah atau gangguan oprator sehingga menyebabkan tidak sampainya notifikasi SMS kepada orang yang bersangkutan.

Bagi Anda yang sudah melakukan vaksinasi Covid-19 namun tidak mendapatkan SMS notifikasi Sertifikat Vaksin Covid-19, disini jabartrends.com akan membagikan artikel tentang Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 Secara Online

Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 Secara Online Beserta Cara Mendownload Sertifikat Covid-19

1. Buka situs resmi peduli lindungi di browser Anda atau bisa melalui aplikasi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan terkait Cara Cek Sertifikat Vaksin Secara Online yaitu membuka situs resmi https://pedulilindungi.id/ di browser Anda atu bisa juga menggunakan aplikasi peduli lindungi di play store atau app store. 

Jika Anda menggunakan browser di tampilan awal akan tersedia menu “LIHAT TIKET & SERTIFIKAT VAKSINASI” kemudian klik menu tersebut.

Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 Secara Online
Sumber: https://pedulilindungi.id/ (screenshoot)

Setelah di klik akan muncul tampilan seperti berikut. Jika Anda belum terdaftar di situs ini maka silahkan klik “Buat akun pedulilindungi”

2. Isi Nama Lengkap Dan Nomor Telepon

 

Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 Secara Online
Sumber: https://pedulilindungi.id/ (screenshoot)

Selanjutnya Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 Secara Online yaitu dengan cara mengisi Nama lengkap di kolom yang sudah disediakan. Setelah di isi nama silahkan isi nomor ponsel yang aktif atau yang Anda daftarkan ketika melakukan vaksinasi. Setelah itu klik “buat akun”

3. Masukan kode OTP

Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 Secara Online
Sumber: https://pedulilindungi.id/ (screenshoot)

Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 Secara Online yang selanjutnya yaitu dengan memasukan kode OTP yang di kirimkan ke nomor ponsel yang telah kita masukkan tadi di kolom yang sudah disediakan, pastikan kode OTP yang Anda masukkan sudah benar ya! Kemudian klik “VERIFIKASI”

4. Setelah kode OTP selesai terverifikasi maka pengguna akan di arahkan ke beranda aplikasi peduliLindungi

5. Lengkapi data di menu profil

Selanjutnya lengkapi data di menu profil dengan cara klik di kotak pojok kanan atas “Perbarui Profil” data yang harus dilengkapi diantaranya : Nama Lengkap, NIK, Nomor Ponsel, Email, dan Tanggal Lahir. 

6. Klik menu sertifikat Vaksin

Setelah menu tersebut di klik maka di dalam aplikasi akan muncul sertifikat vaksinasi pertama dan vaksin kedua. Jika Anda baru mendapat vaksinasi pertama maka sertifikat yang munculpun akan sertifikat vaksin pertama.

7. Download sertifikat vaksin pertama maupun kedua

Jika Anda berencana untuk mendownload sertifikat vaksin silahkan langsung saja klik “ unduh sertifikat” yang tersedia dalam aplikasi tersebut.

8. Hasil download Sertifikat vaksinasi covid-19 akan masuk ke penyimpanan telepon Anda di folder “ download” atau di gallery masing-masing pengguna.

9. Jangan coba-coba share sertifikat tersebut ke media sosial

Setelah Anda mendapatkan sertifikat vaksi covid 19 secara online jangan coba-coba untuk share sertifikat tersebut karena didalamnya terdapat QR code yang berisi data pribadi sehingga takut disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

10. Print-out sertifikat vaksinasi covid-19 

Sebelumnya Sertifikat covid-19 sempat menjadi perbincangan setiap orang karena di nilai Sertifikat covid-19  ini sebagai syarat utama untuk berpergian. Namun hal tersebut Cuma isu belaka, karena sesungguhnya pemerintah sampai saat ini menegaskan bahwa belum ada kebijakan terkait hal tersebut. Namun untuk jaga-jaga Anda bisa juga print out sertifikat covid-19 ini sehingga bisa di bawa kemana-mana.

Demikian Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 Secara Online yang telah jabartrends.com rangkum dalam artikel ini, Semoga bermanfaat.



Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *