//

Penyebab Pedal Kopling Keras Dan Mengatasinya

  • Bagikan

Advertisement

Pedal kopling keras – hampir semua kendaraan bermotor memiliki kopling sebagai komponen yang mengatur dan mendistribusikan tenaga yang dihasilkan mesin menuju transmisi yang nantinya di lanjutkan ke roda agar mobil bisa berjalan.

pada mobil bertransmisi manual sering kali mengalami kondisi dimana pedal kopling mobilnya tiba – tiba terasa berat seiring berjalannya waktu sehingga membuat kita harus mengeluarkan tenaga extra untuk mengoperasikannya. Ditambah lagi jika mobil sering terjebak macet seperti yang terjadi di kota besar seperti jakarta dan sebagainya tentu akan membuat kita jengkel dan mengeluh sebab pergelangan kaki dan lutut kita sering terasa pegal.

Penyebab pedal kopling yang keras di injak pada mobil bertransmisi manual bisa beragam, namun yang pasti biasanya sih kurangnya perhatian si pengguna dalam merawat mobil ataupun dikarenakan perilaku si driver itu sendiri yang terkesan salah atau ugal ugalan dalam memakai kendaraan.

Adapun hal – hal yang dapat membuat pedal kopling terasa berat diantaranya ialah sebagai berikut :

Kabel kopling macet

Macet nya kabel kopling pada transmisi manual non hidrolis bisa menjadi penyebab utama kenapa pedal kopling terasa berat saat diinjak. Terlebih lagi jika mobil jarang sekali digunakan sehingga semakin memperparah keadaan. Untuk mengatasi hal ini kalian bisa mencoba memasukkan pelumas seperti WD40 kedalam saluran kabel kopling sambil dimainkan injak lepas pedal sampai pedal terasa lebih ringan.

Master kopling bawah macet

Pada kendaraan manual dengan sistim kopling yang sudah menggunakan hidrolis, macet nya pen master bawah tang betugas menekan gagang pengungkit mengalami kemacetan sehingga diperlukan tenaga extra dalam mengoperasikannya. Untuk mengecek dan memastikan hal ini perlu dilakukan penggantian komponen yang macet dibandingkan melakukan repair karena usia pakai hasil repair biasanya tidak bertahan lama.

Kampas kopling sudah aus

Meskipun terdengar aneh, kampas kopling yang aus ternyata juga bisa membuat pedal kopling terasa berat saat diinjak. Untuk melakukan pengecekan apakah kampas kopling sudah aus atau masih bagus tidak perlu membongkarnya, cukup lakukan trik berikut. Starter mobil seperti biasa, masukkan ke gigi satu kemudian lepas pedal kopling TANPA menurunkan rem tangan. Bila mobil terasa seperti loncat dan mesin langsung mati menandakan kampas masih bagus. Namun jika mesin mobil ternyata masih bisa menyala normal hal ini mengindikasikan bahwa kampas kopling mulai aus dan perlu dilakukan penggantian.

Cover clutch / matahari sudah berumur

Pegas kopling yang ada pada bagian cover clutch yang sudah berumur biasanya sudah tidak lagi lentur dan cenderung mengeras, nah komponen matahari atau dalam bahasa teknik nya cover clutch ini jika jarang diganti akan mengakibatkan keras nya pedal kopling saat diinjak. Sebaiknya dilakukan penggantian sepaket untuk menghindari keluhan semacam ini, atau jika ingin berhemat lakukan penggantian cover clutch setelah melakukan dua kali penggantian kampas kopling.

  • Bagikan