//

Persyaratan Masuk Institut Teknologi Bandung, Begini syarat-syaratnya Yang penting untuk diketahui

  • Bagikan
Persyaratan masuk institut teknologi bandung

Jabartrends.com –Persyaratan Masuk Kampus ITB, yang harus dipersiapkan dari Saat ini!. Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia yang didirikan pada tanggal 2 Maret 1959 di Jawa Barat yang mengemban misi pengabdian ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan Indonesia.

Selain itu, untuk beberapa orang memutuskan untuk pilih universitas favorite dan terkenal ialah hal paling penting saat sebelum mendaftarkan kuliah. Oleh karenanya, untuk dapat diterima di universitas terfavorit ini perlu berkompetisi dengan beberapa ribu pendaftar yang lain sepanjang proses penyeleksian. Untuk yang tidak sabar, baca syarat-syarat berikut:

Syarat-Syarat untuk Masuk Kampus ITB yang harus dipersiapkan sejak awal supaya lolos ikut seleksi

1. Tidak Diterima Di PTN Lain

Persyaratan Masuk Kampus ITB yang pertama adalah tidak diterima di PTN lain. Karena bila awalnya peserta mendaftarkan di PTN yang lain lalu sudah dipastikan diterima karena itu registrasi yang sudah disodorkan di ITB pasti akan otomatis gagal. Oleh karenanya, seharusnya Anda harus pikirkan terlebih dahulu secara matang-matang kampus negeri yang mana paling diharapkan. Jangan sampai Anda menyesal di akhir karena Anda kurang memikirkan pilihan kampus yang Anda inginkan.

Selanjutnya, lihat waktu registrasi dan informasi penyeleksian. Janganlah sampai registrasi di kampus negeri lain terlebih dulu mengatakan bisa lolos penyeleksian saat sebelum ITB.

2. Mempunyai Data Prestasi di PDSS

Persyaratan Masuk Kampus ITB yang ke-2 adalah Mempunyai Data Prestasi di PDSS. Untuk yang masih belum tahu tentang PDSS, PDSS adalah sebagai beberapa kumpulan data dengan nilai rapor pelajar dan identitas sekolah. Secara umum, data ini diisi oleh sekolah yang berkaitan dan validasi berkaitan data yang diisi jadi ini merupakan tanggung jawab sekolah. Oleh karenanya, saat sebelum mendaftarkan yakinkan kembali jika faksi sekolah sudah tercatat di PDSS dan dengan nilai hasil pembelajaran yang komplit.

3. Harus Memiliki NISN

Persyaratan Masuk Kampus ITB yang ke-3 adalah Memiliki NISN. Semenjak lulus dari PAUD, tiap pelajar di Indonesia telah diberi NISN yang berbentuk beberapa nomor sebagai identitas. Nomor ini dibikin oleh Kemdikbud dengan catatan tiap pelajar mempunyai nomor yang berbeda-beda. Nah, karena ITB sebagai perguruan tinggi negeri karena itu saat registrasi harus memberikan NISN yang asli. Pendaftar tentu saja tidak dapat memanipulasi nomor karena faksi ITB dapat memeriksanya langsung lewat Kemdikbud.

Lalu, bagaimanakah cara untuk ketahui nomor itu? Langkah ini sebenarnya bisa dilaksanakan secara mudah yakni dengan berkunjung website sah punya Kemdikbud. Yaitu di Lantas, cari opsi NIS. Apabila sudah bertemu, saran identitas yang mencakup nama dan tanggal lahir. Kemudian, click ‘Cari’.

4. Memberikan Nilai Semester 1 Sampai Semester 6

Persyaratan Masuk Kampus ITB yang ke-4 adalah peserta harus Memberikan Nilai Semester 1 Sampai Semester6.  Pendaftar harus juga memberikan nilai dari semester 1 sampai semester 6. Walau sampai sekarang ini tidak ada info berkaitan standard nilai yang ditetapkan sebagai syarat, tapi tidak ada salahnya untuk menyiapkan nilai sebagus mungkin. Pendaftar dengan rerata nilai paling tinggi tentu saja mempunyai kesempatan semakin besar untuk bisa lolos penyeleksian.

5. Untuk Alumnus 2017 Dan 2018 Harus Menyertakan Nilai SBMPTN 2019

Persyaratan Masuk Kampus ITB yang ke-5 adalah Harus Menyertakan Nilai SBMPTN. Kampus ITB bukan hanya buka registrasi untuk pelajar alumnus tahun 2019 saja, tapi pelajar yang sudah lulus pada tahun ajaran sebelumnya yakni 2017 dan 2018 juga dipersilahkan untuk daftar. Namun, pendaftar yang lulus pada tahun itu dibolehkan daftar seandainya sudah melakukan SBMPTN 2019. Oleh karenanya, saat ajukan registrasi di ITB harus menyertakan bukti yang berbentuk nilai atau score hasil dari SBMPTN.

Demikian artikel berkenaan dengan persyaratan masuk kampus ITB. Setelah lengkapi beberapa persyaratan itu, pendaftar yang lolos tahapan penyeleksian administrasi akan selekasnya dikontak untuk ikuti tahapan penyeleksian selanjutnya yakni ujian Mandiri. Adapun Berkenaan lokasi dan waktu ujian akan ditetapkan oleh faksi universitas.

Hal-hal Lain yang sering ditanyakan :

Kapan ITB membuka pendaftaran 2021?

Pendaftaran peserta SM ITB 2021 dibuka pada 3 Mei 2021. Namun, ITB mensyaratkan nilai UTBK sebagai salah satu kriteria penilaiannya

Kapan jalur mandiri ITB 2021 dibuka?

Calon mahasiswa yang bercita-cita masuk ke Institut Teknologi Bandung (ITB), pendaftaran Seleksi Mandiri sudah dibuka sejak 3 Mei 2021. Pada pengumuman tahap awal, pendaftaran Jalur Mandiri akan ditutup tanggal 10 Juni 2021

Jalur masuk ITB apa saja?

Ketiga jalur tersebut yaitu SNMPTN, Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri (SM) – ITB

UTBK 2021 kapan?

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau UTBK-SBMPTN 2021 telah selesai dilaksanakan melalui dua gelombang. Lalu kapan pengumuman hasil UTBK-SBMPTN 2021? UTBK-SBMPTN 2021 Gelombang I telah dilaksanakan pada tanggal 12-18 April 2021

Seluruh program studi yang ditawarkan ITB bisa menjadi pilihan lulusan SMK melalui SBMPTN. Sesuai ketentuan di laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), pendaftar SBMPTN lulusan SMA sederajat 2019, 2020, dan 2021.

Berapa biaya mandiri ITB?

Biaya pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB), sebesar Rp. 200.000,- (seratus ribu rupiah) per pelamar.

Apa itu jalur peminatan ITB?

Program Peminatan ITB merupakan bagian dari pelaksanaan seleksi SNMPTN di ITB. Calon peserta Program Peminatan ITB 2021 harus melakukan pendaftaran di laman Program Peminatan ITB 2021 dengan menggunakan nomor peserta SNMPTN 2021 dan alamat e-mail yang aktif.

Source link

  • Bagikan