//

Apa Itu Affiliate Marketing? Beginilah Cara Bermain Affiliate Marketing 2021

  • Bagikan
Affiliate Marketing
Affiliate Marketing

Prohrd.Org, Apa Itu Affiliate MarketingDalam bisnis internet marketing ada beberapa versi, salah satunya adalah affiliate marketing. Bagi kalian yang awam, pasti istilah ini begitu gila. Mari kita ulas tentang affiliate marketing supaya tergambar terperinci.

Melansir dari Makeawebsitehub (1/4), Affiliate marketing atau afliliasi pemasaran yaitu salah satu cara paling terkenal untuk seseorang menghasilkan uang secara online. Ini ialah seni manajemen di mana seorang individu bermitra dengan bisnis untuk membuat komisi dengan merujuk pembaca atau pengunjung ke produk atau layanan khusus bisnis tersebut.

Secara garis besar, affiliate marketing ialah versi pemasaran produk atau jasa milik orang lain dimana kita akan mendapatkan komisi untuk setiap penjualan yang terjadi. Lihat pengertian di wikipedia.

Pemilik produk atau jasa yang ingin semoga produknya dapat dijual oleh orang lain lazimnya akan membuat suatu Program affiliasi, dengan memilih besaran komisi serta aturan main bagi pihak yang ingin bergabung sebagai affiliate atau affiliate marketer.

Contoh paling mudah adalah Amazon.com, situs belanja terbesar di dunia yang mengizinkan setiap orang turut serta menjual ratusan ribu produk yang ada di Amazon selaku  Amazon Associates, salah satu program afiliasi tertua di dunia.

Ini berarti, kita semua yang menguasai seni manajemen marketing online dapat turut serta memasarkan produk Amazon.

Apa Itu Affiliate Marketing? Beginilah Cara Bermain Affiliate Marketing 2021

Apa Itu Affiliate Marketing? Beginilah Penjelasannya Affiliate Marketing 2021

Bagi sebagian orang, afiliasi / Affiliate Marketing pemasaran ini bisa menjadi penghasilan pasif sehabis didirikan.

Merujuk dari sumber lainnya, Jurnal.id, Affiliate marketing ialah sistem bisnis dengan mengeluarkan uang jasa seseorang saat orang tersebut berhasil menjual produk atau jasa seorang merchant atau perusahaan yang mempunyai produk atau jasa yang dipasarkan lewat internet dan membutuhkan orang lain untuk menjual produk atau jasanya.

Jika Anda yaitu seorang affiliate marketer, posisi Anda adalah selaku orang yang tidak mempunyai produk maupun jasa untuk dijual, maka Anda dapat menolong seorang merchant tersebut dalam memasarkan produk atau jasanya dan menerima komisi dari pemasaran tersebut.

Bagaimana caranya menjadi affiliate marketer?

Mulanya, Anda harus mendaftarkan diri ke suatu perusahaan web afiliasi terlebih dulu, salah satunya adalah Shopify. Setelah Anda mendaftarkan diri, Anda akan menerima suatu link afiliasi yang mesti Anda promosikan di banyak sekali jejaring internet, media umum, atau lembaga-lembaga online yang lain.

Semakin banyak rang yang mengklik link Anda dan melakukan pembelian, Anda akan menerima komisi dari sana. Berapa besaran komisi tersebut? Bervariasi. Besarannya tergantung dari produk atau barang atau jasa yang Anda jual.

Bagaimana si merchant itu mampu mengetahui visitor mana saja yang berasal dari link Anda?

Ketika seorang visitor yang datang ke website affiliate Anda dan meng-klik suatu link yang membawanya ke website merchant, pada dikala itu bahu-membahu ada proses di belakang layar yang terjadi.

Gambaran sederhananya, sebuah cookie yang merupakan sebuah istilah teknis, sebenarnya yaitu suatu file kecil yang diletakkan di komputer pembeli ketika mereka meng-klik link ke website merchant. Cookie ini memiliki kegunaan untuk memberi tahu si merchant bahwa visitor/hadirin tadi tiba dari affiliate yang mana sehingga merchant tidak akan salah mengitung komisi untuk setiap affiliate.

Affiliate Marketing Menyuburkan Konten

Dikatakan jika dunia maya ialah tempat orang berbagi. Meski demikian, pantas diduga bila motif yang berada di baliknya yakni berkembang sumburnya affiliate marketing diantara para pembuat konten.

Hampir seluruh konten yang berafiliasi dengan review produk, perbandingan antar satu dengan lainnya serta penawaran bonus tertentu senantiasa menambahkan link afiliasi dimana bila ada pembelian, maka sang pembuat konten berhak menerima bab komisi.

Maka tidak aneh jikalau para pembuat konten, apa pun media yang dipakai, video, sosial media, blog, situs web, selalu mampu mendapatkan imbalan yang setimpal sesuai dengan bisnisnya, salah satunya melalui corong affiliate marketing.

Ini mempunyai arti pula, bila Anda dapat membuat konten dan bisa mendatangkan isu yang mengiring pada pembelian, Anda juga mampu melakukan praktik affiliate marketing, alih-alih mesti mempunyai produk sendiri.

Affiliate Network

Selain Amazon, tentu saja ada ribuan program affiliasi yang lain dari banyak sekali klasifikasi yang tersedia.

Faktanya tidak semua merchant (sebutan bagi pemilik produk atau jasa) mempunyai program affiliasi berdikari seperti halnya Amazon, Lazada, dan lain sebagainya.

Ada bermacam-macam alasan untuk ini, baik kekurangan sumber daya maupun kurangnya kredibilitas agar dipercaya oleh para marketer.

Untuk itulah diperlukan pihak ketiga yang menghimpun merchant serta marketer dalam satu platform.

Ini kita sebut sebagai Affiliate Network.

Pada umumnya, Affiliate Network atau Network affiliasi memiliki banyak merchant dari beragam niche dan klasifikasi produk yang dapat diseleksi oleh marketer untuk dipromosikan. Ada berbagai affiliate network yang tersedia yang mau kita buat daftarnya secara lengkap pada bab bawah posting ini.

Jenis-jenis Affiliate Marketing

Mengingat ketersediaan ruang yang amat luas serta dukungan teknologi komputasi nan mutakhir, ada aneka macam model penjualan affiliasi yang terus berkembang seiring zaman.

Berikut berbagai macam affiliate marketing:

Pay Per Sale (PPS)
Dalam payment per sale Anda akan mendapatkan komisi bila orang yang membeli produk lewat link affiliate Anda.

Amazon dan Clickbank merupakan acuan pay per sale.

Pay Per Lead (PPL)
Pay per lead memiliki arti Anda akan mendapatkan komisi bila Anda sukses menerima “leads” atau kesempatan .

Pay per lead lazimnya digunakan untuk mencari klien untuk pendaftaran, memasukkan alamat email ataupun nomor kartu kredit.

Pay Per Install (PPI)
Pay per install ialah komisi yang mau Anda dapatkan jikalau software atau aplikasi yang Anda pasarkan atau rekomendasikan diinstall oleh orang.

Ini berlaku untuk aplikasi di komputer ataupun di smartphone meski belakangan PPI lebih lebih banyak didominasi didapatkan pada perangkat mobile.

Contoh paling mudah yakni ketika Anda mampu membuka aplikasi Facebook di iOS atau di android dan mendapatkan iklan untuk install aplikasi ataupun install game, ini merupakan salah satu teladan pay per install.

Pay Per Call (PPC)
Pay per call cukup terkenal di luar negri namun masih jarang bahkan belum ada di Indonesia.

Perbedaan Affiliate Marketing vs Dropshipping

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, affiliate marketing menggantungkan diri sepenuhnya pada teknologi komputasi yang mampu melacak suatu transaksi.

Modal untuk mengiklankan suatu produk affilasi hanyalah sebuah link yang mampu di klik. Ketika sebuah link milik marketer (disebut affiliate link) di klik oleh hadirin, maka akan ada data yang tercatat. Data ini digunakan untuk mengkalkulasikan komisi apabila terjadi aksi yang dikehendaki sesuai dengan jenis program affiliasi yang dipromosikan.

Sistem mirip inilah yang menjadi pembeda paling penting antara affiliate marketing dan dropshipping.

Pada dropshipping, transaksi dilakukan dengan marketer dimana marketer kemudian melakukan reservasi kepada merchant dan merchant mengirimkan produk terhadap konsumen atas nama dropshipper.

Sementara itu, tugas seorang affiliate marketer adalah mempromosikan link, dimana selanjutnya akan langsung diurus oleh merchant, baik dalam hal pembayaran, pengantaran dan layanan purna jual. Bahkan banyak diantara pembeli tidak pernah tahu bila beliau membeli melalui link affiliasi.

Demikianlah affiliate marketing sering disebut bisnis dengan pasif income meski perumpamaan ini tidak terlampau tepat.

Daftar Program Affiliate

Di bab ini saya akan membuat daftar acara affiliasi beserta keterangan penting yang wajib Anda pahami. Seluruh acara ini mampu Anda ikuti. Sebagian memerlukan syarat tertentu untuk bergabung, beberapa lainnya relatif gampang Anda melaksanakan registrasi dan diterima selaku affiliater.

Cara Bisnis Affiliate Marketing

Ada setidaknya 2 hal yang dibutuhkan untuk berbisnis affiliate marketing. Pertama ialah acara / network dan yang kedua adalah strategi marketing untuk melaksanakan promosi dari offer yang tersedia.

Tanpa salah satunya Anda tidak dapat melakukan affiliate marketing. Memiliki akun di Affiliate Network tetapi tidak tahu cara promosi atau tidak memiliki traffic sama saja percuma, dan mempunyai traffic namun tidak mempunyai akun di program affiliasi juga berarti Anda tidak mampu melakukan penawaran spesial.

Untuk itulah, langkah awal untuk memulai affiliate marketing yaitu mengetahui terlebih dahulu traffic apa yang mau dipakai dan bagaimana cara untuk mendapatkannya. Darisini, Anda dapat menyesuaikan jenis offer apa yang paling cocok untuk dipromosikan dengan traffic tersebut. Langkah terakhir ialah mendaftarkan diri di acara affiliasi yang tersedia.

Cara mendaftar Affiliate Program

Pada tahap ini, anggap saja Anda sudah mempunyai traffic (mungkin dari blog, sosial media, dsb) atau rancangan taktik yang mau digunakan untuk melakukan promosi affiliate.

Maka Anda tinggal memerlukan satu langkah untuk bergabung dengan acara affiliasi maupun affiliate network. Berikut beberapa catatannya:

  • Cari program affiliasi yang cocok dengan traffic atau seni manajemen yang Anda miliki. Perhatikan asal negara pengunjung, niche dan temperatur traffic (apakah hot, warm atau cool).
  • Jika sudah mengetahui karakteristik traffic, pastikan acara atau network yang mau Anda pilih. Daftarkan diri Anda lewat laman khusus affiliate program. Pada tabel diatas, Anda dapat klik untuk langsung menuju laman yang dimaksud.
  • Perlu dikenang rata-rata affiliate program tidak menerima publisher / affiliater / marketer secara asal-asalan. Network terkenal malah melakukan seleksi yang terbilang ketat. Tapi jangan cemas dengan ini. Sebab selama Anda mempunyai traffic dan kesanggupan berkomunikasi dengan baik, sampaikan saja seluruh isu yang diminta. Beberapa network akan membutuhkan interview pribadi via telpon.
  • Setelah diterima di program affiliasi yang Anda harapkan, ambil link dari offer yang Anda kehendaki dan mulai lakukan penawaran khusus dengan mengantarkan traffic kepada offer tersebut.
  • Selanjutnya, kerjakan bermacam-macam test untuk mendapatkan formula yang memberikan konversi paling baik. Test ini sungguh penting, utamanya bila Anda menggunakan paid traffic semoga tidak besar pasak dibandingkan dengan tiang (alias boncos).
  • Langkah terakhir yakni dengan melaksanakan scale sembari riset kembali offer yang paling menguntungkan untuk traffic yang Anda miliki. Perlu diingat jika setiap network memiliki struktur komisi yang berbeda bahkan untuk offer yang seperti atau sama persis. Dengan mendapatkan network yang memberikan komisi terbaik, Anda dapat memaksimalkan penghasilan.

Belajar Affiliate Marketing untuk pemula sampai expert

Ada banyak komunitas di dunia online yang dapat menjadi teladan untuk mempelajari affiliate marketing secara lebih mendalam. Beberapa berbayar dan pada umumnya bersifat Gratis. Sayangnya tidak banyak yang dalam versi bahasa Indonesia sehingga saya pun berencana untuk menghadirkan lebih banyak lagi konten yang membahas wacana affiliate.

Sementara itu,

Berikut beberapa situs web dan forum yang mampu menjadi tumpuan mencar ilmu affiliate marketing secara lebih mendalam:1. Affiliatefix
Forum, penawaran menawan serta komunitas affiliate yang sungguh populer.

2. Affpaying
Website penyuplaidaftar CPA dan affiliate network plus review dari para affiliaternya. Jika Anda ingin mencari saran network, disinilah tempatnya.

3. CPA Elites
Forum CPA terbesar. Ada aneka macam tumpuan berguru CPA serta thread khusus dari setiap network. Disini Anda juga mampu berkomunikasi pribadi dengan Account Manager dari network untuk mendapatkan approval atas aplikasi yang Anda usikan.

4. STM Forum
STM atau StackThatMoney ialah lembaga komunitas pemain affiliate (dan CPA) premium yang sungguh terkenal. Untuk bergabung, Anda mesti mengeluarkan uang biaya sebesar $99 setiap bulan.

5. Affplaybook.com
Forum serta tools affiliate premium. Berbayar $67 per bulan.

6. Afflift.com (gres)
Dibuat oleh Luke Peerfly, Affilift merupakan lembaga affiliate dan CPA yang usianya relatif gres namun berkembang dengan cukup baik. Biaya join lumayan terjangkau, $20 per bulan atau $350 berlaku seumur hidup.

Untuk dapat mengembangkan bisnis anda, kami sarankan anda untuk bisa membaca artikel mengenai strategi bisnis di blog Bukupandu.com blog ini menyediakan ebok seputar bisnis dan berita pilihan lainnya.

Kesimpulan

Affiliate Marketing yakni sebuah cara serta model berbisnis online yang sangat menawan untuk dipelajari secara seksama.

Meski demikian, kunci utama untuk menjalankannya (juga untuk acara pencari duit lainnya) terletak pada Traffic Generation, adalah bagaimana untuk menghadirkan traffic atau hadirin yang melaksanakan klik di affiliate link milik kita.

Berbagai jenis traffic mempunyai karakteristik yang berbeda satu dengan lainnya sehingga cocok untuk offer-offer tertentu secara spesifik.

Untuk menerima berita terkini dari affiliate marketing, jangan lupa berlangganan blog ini via email atau join channel Telegram.

  • Bagikan