//

4 Tips agar lebih mudah Masuk Di Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN)

  • Bagikan
4 Tips agar lebih mudah Masuk Di Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN)
4 Tips agar lebih mudah Masuk Di Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN)

prohrd.org– Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN), apakah kalian lagi bingung cari kuliah yang bagus? Ini dia salah satu kuliah yang lulus dari tempat kuliah ini akan langsung mendapatkan pekerjaan yaitu sekolah kedinasan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN. Politeknik Keuangan Negara STAN adalah sekolah kedinasan dibawah Kementerian Keuangan.

4 Tips agar lebih mudah Masuk Di Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN)

Sekolah kedinasan ini termasuk ikatan dinas, jadi setelah kalian lulus dari PKN STAN kalian akan langsung bekerja yaitu sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil). Kalo dulu lulusan STAN akan langsung unit kerja dibawah kementerian keuangan seperti kantor pajak, kantor beacukai dan lainnya yang dibawah kementerian keuangan, sedangkan kalo sekarang setelah lulus PKN STAN akan menyebar diberbagai Kementetian/Lembaga.

Sekolah kedinasan dan Ikatan Dinas merupakan salah satu pilihan yang tepat buat yang kalian yang setelah lulus ingin langsung masuk kerja. Tapi buat kalian yang setelah lulus ingin langsung melanjutkan masuk kuliah, mungkin kurang cocok, karena dizaman saya harus bekerja terlebih dahulu selama 2 tahun barulah boleh untuk melanjutkan kuliah, tetapi hal tersebut tergantung kementerian yang kalian tempati nantinya setelah lulus.

Peserta seleksi PKN STAN tidaklah sedikit pernah ada ratusan ribu orang yang mengikuti seleksi masuk PKN STAN yang diterima hanya sekitar 3000 an. Itu merupakan persaingan yang cukup sulit. Untuk itu kalian perlu beberapa tips untuk bisa mendapatkan lulus seleksi PKN STAN.

4 Tips agar lebih mudah Masuk Di Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN)

1. Berlatih Banyak Menjawab soal Hal yang pertama adalah banyak menjawab soal. Kalian bisa melihat berbagai soal-soal latihan di Undang Faiz . Disana kita mempunyai berbagai macam soal seperti soal bahasa indonesia, soal matematika, soal bahasa inggris, dan lain-lain.

Menjawab soal bukan hanya menjawab soal, tapi pelajari soal tersebut, pelajari jenis soal tersebut, pelajari materinya dan yang terakhir temukan cara cepat yang mungkin bisa lakukan agar menghemat waktu Misalnya dalam soal matematika, berapakah hasil dari 0.33333 x 27? Nah mungkin kita akan bingung ketika melihatnya, sebenarnya tipsnya adalah kalian harus pelajari pecahan dan bilang desimal, kalian lihat itu 0.33333 (dalam desimal) jika kalian ubah dalam bentuk pecahan 0.33333 itu merupakan 1/3.

Jadi kalian bisaa langsung menjawabnya 1/3 x 27 = 9. Bagaimana mudah bukan? Untuk itulah kalian mempelajari soal tersebut temukan cara cepat untuk menjawab soal karna saat ujian nanti kita akan kejar kejaran dengan waktu yang sebentar tetapi soal yang banyak.

2. Pilihlah soal yang mudah dulu Tips selanjutnya adalah pilihlah soal yang gampang, gunanya agar menghemat waktu, jangan terlalu lam berkutik didalam satu soal, jika dalam beberapa menit kalian tidak bisa menjawabnya tinggalkan dulu lanjut yang lain. Gunakan waktu dengan sebaik-baiknya, nanti setelah semua soal mudah selesai coba kembali ke soal tersebut dan cobalah jawab lagi.

3. Pikiran harus tenang Ketika akan menghadapi ujian, jangaan terlalu dibawa stress, cobalah membawa diri menjadi releks, ketika pikiran kalian tidak tenang nantinya akan sulit menjawab soal, padahal soal tersebut gampang, untuk itu pikiran kita harus tenang. Kalau saya dulu, H-1 sebum ujian biasanya mencoba mengulangi porsi belajar, lebih banyak untuk relaksasi, seperti jalan jalan, atau lainnya. Tapi tetap belajar. Itu akan membuat mood dan pikiran kalian lebih tenang dan kalian siap untuk ujian.

4. Try Out dan Evaluasi Tips selanjutnya adalah melakukan try out dan evaluasi hasil try out tersebut. Kalian bisa mengikuti try out berbayar atau bisa bikin try out gratis yaitu try out mandiri. Untuk try out mandiri caranya gampang kalian temukan banyak soal di google setelah itu kalian bisa print atau di hp atau laptop saja. Kemudian cobalah melakukan try out dengan menggunakan timer mirip ketika ujian nantinya.

Cobalah lakukan try out mandiri sesering mungkin, agar kalian bisa menemukan trends hasil hasil try out mandiri kalian. Kemudian kalian bisa mengevaluasi dari beberapa try out mandiri tersebut kalian lemah dimana dan kuat dimana misalnya kalian kuat di soal matematika maka kalian harus percaya diri dan yakin bahwa soal itu harus benar walaupun nantinya salah.

Kemudian lemah kalian tersebut karna apa, apakah karna kurang teliti atau kurang memahami materinya. Evaluasi sangat penting agar kalian tahu kelemahan kalian yang jangan terulang lagi ketika nanti akan menghadapi ujian seleksi masuk PKN STAN. Itulah 4 tips masuk PKN STAN menurut saya, mungkin jika ada yang salah dan kurang saya mohon maaf, dan terima kasih

  • Bagikan