//

Tips Memilih Broker Saham

  • Bagikan

Ingin Investasi Aman? Berikut Cara Pilih Broker yang Cocok

Setelah mengetahui garis besar sebagai investor pasar modal, Anda perlu mengetahui jalur transaksi pasar sekuritas. Sementara itu, tingginya minat untuk menabungkan uang di pasar modal menjadikan broker sebagai salah satu kebutuhan menjadi investor. Sebagai perantara, broker bertugas membantu berjalannya aktivitas jual-beli produk saham antara investor dengan sekuritas.

MEMILIH BROKER SAHAM

Mengandalkan broker dalam aktivitas Anda di pasar modal bisa memudahkan Anda untuk mengelola dan meraup keuntungan saat investasi. Oleh karena itu, Anda perlu mencari tips memilih broker saham yang cocok dalam menyesuaikan kebutuhan Anda.

Dalam Bursa Efek Indonesia (BEI), calon investor umumnya mendaftar dan bertransaksi di bursa melalui seorang broker maupun perusahaan sekuritas. Di Indonesia, broker saham resmi umumnya terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pelayanan, jumlah setoran, bahkan komisi transaksi juga berbeda-beda. Berikut tata cara memilih broker saham sesuai kebutuhan Anda:

CEK NAMA BROKER PADA BEI DAN OJK

Secara resmi, seorang broker mendapatkan lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai Perantara Pedagang Efek (PPE). Dengan perizinan tersebut, OJK secara resmi mengawasi aktivitas broker dan perusahaan sekuritas tersebut.

Tujuan dari pengecekan data pada BEI dan OJK adalah membantu Anda apabila mendapatkan masalah atau kerugian. Anda dapat mengajukan masalah Anda melalui pengaduan ke OJK. Untuk mengecek daftar perusahaan sekuritas, Anda dapat melihat dari situs resmi OJK atau mencari latar belakang broker perusahaan sekuritas di internet.

Dalam catatan Anggota Bursa dari Bursa Efek Indonesia (BEI), setidaknya lebih dari 120 perusahaan sekuritas, baik dari broker murni, broker asing, anak perusahaan BUMN, maupun lokal. Catatan dari BEI akan membantu Anda memperkecil pemilihan broker yang memiliki kasus, kerugian, hingga penipuan.

PERHATIKAN LAYANAN BROKER

Pelayanan yang diberikan oleh broker tentunya sangat penting, khususnya bagi investor pemula. Dalam melakukan transaksi, tentunya terdapat hal yang tidak dapat dipahami investor maupun terjadi masalah. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan customer service dari perusahaan sekuritas yang cepat, tanggap, dan dapat memberikan solusi dari setiap pertanyaan investor.

Selain membantu memberikan pemahaman tentang aktivitas investasi, broker yang kompeten ialah yang mengajak nasabah berdiskusi dan selalu memberi info terbaru di pasar modal. Ketanggapan dari broker tersebutlah yang mampu mempercepat investor dalam meraup keuntungan.

PERHATIKAN SETORAN AWAL

Setiap menggunakan, terdapat setoran awal sebagai awal prosedur investasi. Jumlah setoran awal pun beragam, mulai dari 100 ribu hingga 20 juta rupiah. Besarnya perbedaan setoran awal tiap broker didasari oleh perbedaan target investor yang berbeda.

Sebagai contoh, terdapat broker yang menjadikan mahasiswa sebagai sasaran market, ada pula yang cenderung melayani karyawan  bahkan kalangan pengusaha. Perbedaan jumlah setoran awal tidak menunjukkan perbedaan kualitas, melainkan menyesuaikan kebutuhan Anda dalam melakukan investasi。

LIHAT KOMISI TRANSAKSI

Saat menggunakan broker, Anda perlu memberikan mereka komisi. Sebagai pihak ketiga, mereka akan mendapatkan komisi antara 0,1 – 0,3% untuk pembelian saham. Sementara itu, komisi penjualan saham yang diperoleh seorang broker mencapai 0,2 – 0,4%.

Tidak hanya itu, terdapat sejumlah broker yang menjalankan minimal komisi per hari. Oleh karena itu Anda perlu memperhitungkan biaya minimal transaksi yang dilakukan. Selain itu, ketika Anda melakukan investasi dalam jumlah besar, broker dapat menawarkan komisi yang lebih rendah.

Apabila ingin mencari broker yang relatif rendah, Anda dapat mencari trading online. Umumnya, Anda bisa menggunakan aplikasi untuk memutuskan perusahaan sekuritas yang menawarkan biaya komisi rendah dengan kualitas pelayanan yang baik.

MEMILIKI BANYAK NASABAH

Anda dapat menggunakan broker yang memiliki banyak nasabah. Dengan adanya latar belakang jumlah nasabah, Broker tersebut terbukti dipercaya oleh banyak investor untuk mengelola uang mereka.

Meski demikian, reputasi yang dibangun oleh broker karena jumlah nasabah, tidak bisa menjadi standar ukuran kualitas broker dan perusahaan yang bagus. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan analisa tahap lanjut untuk memilih broker.

MELAKUKAN ANALISA DAN MENCARI REKOMENDASI

Riset dan analisa merupakan aspek penting untuk mengetahui kualitas broker saham. Anda dapat meminimalisir kerugian dengan mencari tahu rekam jejak sang broker dalam mengelola uang investor. Umumnya, broker saham terbaik sering diberitakan di berbagai media, baik cara mereka mengelola, hingga forecast sahamnya.

Anda dapat menemukan beberapa broker saham terbaik melalui internet. Adapun beberapa broker saham yang terbukti keberhasilannya, diantaranya Mandiri Sekuritas, Indo Premier Sekuritas, BNI Sekuritas, Henan Putihrai Sekuritas dan lain sebagainya.

CARA BROKER MELAKUKAN TRADING

Sebelum perkembangan teknologi, transaksi saham harus dilaksanakan di kantor broker maupun melalui telepon. Namun, majunya dunia digital mempermudah investor dalam melakukan investasi. Anda hanya perlu melakukan transaksi trading melalui gadget Anda.

Sekarang, banyak sekali online trading yang akan membantu Anda melakukan trading saham. Mereka umumnya memiliki layanan online day trading sehingga transaksi Anda dapat dilakukan secara praktis, di mana saja dan kapan saja.

Tidak hanya itu, dengan trading online, Anda bisa meringkas prosedur transaksi melalui beragam fitur, mulai dari pengelompokan pembelian saham, fasilitas charting untuk memantau dan melakukan analisa investasi, bahkan fitur lain yang bisa membantu membatasi kerugian maupun melindungi modal investasi Anda.

Menjalani investasi untuk meraup keuntungan merupakan hal yang sangat menggiurkan. Meski demikian Anda perlu mempertimbangkan dalam melakukan transaksi hingga memilih broker saham. Oleh karena itu mencari tips memilih broker saham adalah salah satu hal yang tepat untuk menjalankan transaksi jual-beli efek yang baik, bahkan meminimalisir kerugian.

DMCA.com Protection Status
  • Bagikan