//

Bahaya Rantai Timing Loncat Bikin Repot

  • Bagikan


Advertisement

Bahaya rantai timing loncat memang sangat merepotkan, terutama bagi para mekanik yang belum pernah menemui hal semacam ini atau mekanik yang masih pemula dan baru belajar mengenai teknikal otomotif. rantai timing merupakan bagian part yang terkoneksi antara crankshaft serta camshaf atau noken as intake dan exhaust.

Fungsi dari rantai timing ini tentu saja untuk mensinkronisasi pergerakan antara putaran crankshaft yakni posisi naik turun nya piston dengan naik turun / bukaan klep intake dan exhaust melalui timing gear yang ada di masing masing shaft. Dengan demikian keberadaan dari rantai timing ini sangatlah penting dan krusial.

timing chain loncat
timing cain, image by : www.ymfcarparts.co.uk

Bagaimana jika rantai timing ini loncat?

Loncatnya rantai timing ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kesalahan saat pemasangan setelah overhaul mesin, sampai dengan macetnya tensioner/lifter timing yang berfungsi menjaga agar rantai timing tetap pada keadaan tegang.

Bila rantai timing ini sampai loncat, efek yang bisa ditimbulkan mulai dari yang paling ringan yakni mesin tidak bisa di starter karena kompresi lemah akibat tidak sinkronnya antara bukaan katup intake dan exhaust. Sampai yang parah yaitu terjadinya tumbukan antara permukaan piston dengan klep yang dapat merusak komponen yang saling bertumbukan.

Nah jika kalian pernah bongkar mesin kendaraan, pastikan teliti saat memasang rantai timing ini jika tidak mau kerja dua kali atau bahkan mengganti komponen yang rusak akibat kecerobohan yang kita sendiri lakukan.





Source link

  • Bagikan