//

Apa itu komputer? | Webopedia

  • Bagikan

2Q==

Komputer adalah mesin yang dapat diprogram. Dua karakteristik utama dari sebuah komputer adalah: Ini menanggapi serangkaian instruksi tertentu dengan cara yang terdefinisi dengan baik, dan dapat mengeksekusi daftar instruksi yang direkam sebelumnya (program). Komputer Modern Didefinisikan

Komputer modern bersifat elektronik dan digital. Kabel mesin, transistor, dan sirkuit yang sebenarnya disebut perangkat keras; Instruksi dan data disebut software.

Semua komputer tujuan umum memerlukan komponen perangkat keras berikut:

  • Memori memungkinkan komputer untuk menyimpan, setidaknya sementara, data dan program.
  • Perangkat penyimpanan massal: Ini memungkinkan komputer untuk menyimpan data dalam jumlah besar secara permanen. Perangkat penyimpanan massal umum termasuk solid state drive (SSD) atau disk drive dan tape drive.
  • Perangkat input: Biasanya keyboard dan mouse, perangkat input adalah saluran di mana data dan instruksi memasuki komputer.
  • Perangkat output: Perangkat output adalah layar tampilan, printer, atau perangkat lain yang memungkinkan Anda melihat apa yang telah dicapai komputer.
  • Central processing unit (CPU): Jantung komputer, ini adalah komponen yang benar-benar menjalankan instruksi.
  • Motherboard: Komponen ini memungkinkan semua komponen lain untuk berkomunikasi satu sama lain.

Selain komponen-komponen ini, banyak lainnya memungkinkan komponen dasar untuk bekerja sama secara efisien. Misalnya, setiap komputer membutuhkan bus yang mentransmisikan data dari satu bagian komputer ke bagian lain. Klasifikasi Komputer: Berdasarkan Ukuran dan Daya

Kebanyakan orang mengasosiasikan komputer pribadi () dengan komputer frase. PC adalah komputer kecil dan relatif murah yang dirancang untuk pengguna individu. PC didasarkan pada teknologi mikroprosesor yang memungkinkan produsen untuk menempatkan seluruh CPU pada satu chip.

Komputer pribadi di rumah dapat digunakan untuk sejumlah yang berbeda termasuk permainan, pengolah kata, akuntansi, dan tugas-tugas lainnya.

Komputer umumnya diklasifikasikan berdasarkan ukuran dan daya sebagai berikut, meskipun ada tumpang tindih yang cukup besar. Perbedaan antara klasifikasi komputer umumnya menjadi lebih kecil seiring kemajuan teknologi, menciptakan komponen yang lebih kecil dan lebih kuat dan ramah biaya.

Komputer pribadi: PC adalah komputer kecil, pengguna tunggal berdasarkan mikroprosesor. Selain mikroprosesor, komputer pribadi memiliki keyboard untuk memasukkan data, monitor untuk menampilkan informasi, dan perangkat penyimpanan untuk menyimpan data.

Workstation: Workstation adalah komputer pengguna tunggal yang kuat. Workstation seperti komputer pribadi, tetapi memiliki mikroprosesor yang lebih kuat dan monitor berkualitas lebih tinggi.

Minicomputer adalah komputer multi-user yang mampu mendukung dari 10 hingga ratusan pengguna secara bersamaan.

Mainframe adalah komputer multi-user yang kuat yang mampu mendukung ratusan atau ribuan pengguna secara bersamaan.

Superkomputer adalah komputer yang sangat cepat yang dapat melakukan ratusan juta instruksi per detik.

Tren yang muncul yang mencoba melampaui keterbatasan biner komputasi tradisional adalah komputasi kuantum.

Panduan Studi Arsitektur Komputer Webopedia adalah pengantar dasar-dasar sistem komputer. FAQ Komputer

Kapan komputer pertama kali ditemukan?

Komputer mekanik pertama dikembangkan pada awal abad ke-19 oleh Charles Babbage, seorang insinyur Inggris, dan Ada Lovelace, seorang matematikawan. Pada inti komputer adalah Difference Engine, yang bertanggung jawab untuk membuat perhitungan menggunakan beberapa set angka mencetak output.
Komputer digital pertama adalah Atanasoff-Berry Computer (ABC). ABC dikembangkan pada tahun 1942 oleh profesor Iowa State University John Vincent Atanasoff dan mahasiswa pascasarjana Cliff Berry. Komputer ini menggunakan tabung vakum untuk membuat perhitungan biner dan memproses logika Boolean. Namun, ABC tidak memiliki CPU dan, oleh karena itu, tidak dapat diprogram. Evolusi komputer berikutnya menambahkan kemampuan pemrograman, RAM, transistor, mikroprosesor, dan portabilitas sebagai karakteristik kunci.

  • Bagikan