Bukit Teletubbies Bromo, Destinasi Wisata Alam Hits Bernuansa New Zealand

Bukit Teletubbies Bromo

Harga Tiket: Rp 29.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Gedong, Sariwani, Kec. Sukapura, Kab. Probolinggo, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Bukit Teletubbies menjadi salah satu destinasi yang sangat terkenal di Bromo. Hal ini karena keunikan namanya, juga keindahan alamnya yang hijau. Bentuknya berbukit-bukit sehingga mengingatkan para pengunjung dengan rumah teletubbies di serial TV anak-anak. Karena keunikannya, perbukitan ini menjadi tempat yang sangat ramai dikunjungi.

Awalnya Gunung Bromo hanya memiliki dua destinasi populer yaitu Sunrise dan Kawah Bromo. Kemudian sejak pintu masuk melalui Kota Malang dengan melewati jalur Tumpang dibuka, kini ada dua lagi destinasi populer yaitu Lautan Pasir Bromo dan Bukit Teletubbies. Dengan adanya padang savana yang tidak jauh dari perbukitan, kawasan ini memberikan kesan eksotis terutama bagi pecinta fotografi.

Bukan hanya sebagai tempat yang eksotis untuk mengambil gambar, perbukitan ini juga cocok sebagai pilihan untuk mengisi liburan. Semakin bertambah populer destinasi wisata ini, semakin banyak pula pengunjung yang datang. Terutama jika musim liburan panjang atau libur nasional, destinasi wisata ini akan semakin ramai dikunjungi.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Teletubbies

Daya Tarik Bukit Teletubbies
Image Credit: Google Maps Cicilia Nuryati

Wisata Bukit Teletubbies kini semakin populer. Dengan berbagai daya tariknya, kawasan ini semakin terkenal, terutama bagi para pecinta fotografer. Tidak hanya itu, kawasan ini juga banyak diminati sebagai tempat untuk menghabiskan liburan. Berikut adalah beberapa daya tarik yang membuat destinasi wisata di Gunung Bromo ini ramai dikunjungi.

1. Keindahan Perbukitan

Salah satu ciri khas yang menjadi daya tarik dari Bukit Teletubbies adalah padang rumput yang luas di atas perbukitan. Tidak hanya rerumputan saja, di bukit ini juga terdapat tumbuhan pakis, ilalang, dan juga lavender yang membuat pemandangan menjadi lebih indah. Kawasan ini memiliki udara yang sejuk dengan angin yang berhembus sepoi-sepoi sehingga dapat menyegarkan pikiran.

Area ini sangat wajib ditelusuri. Pengunjung yang berjalan di antara perbukitan akan merasa seperti berada di rumah hobbit. Jika memiliki tenaga lebih, pengunjung juga bisa naik ke atas bukit untuk dapat melihat pemandangan indah dari ketinggian. Dengan daya tarik keindahannya, banyak yang mengatakan jika kawasan ini tampak seperti pemandangan di New Zealand atau Skotlandia.

Untuk mendapatkan pemandangan yang terbaik, Anda dapat datang berkunjung di pergantian musim penghujan ke musim kemarau. Jika Anda datang pada saat musim penghujan, akses jalan akan jauh lebih sulit. Sementara itu, jika Anda datang saat musim kemarau, rumput akan mengering dan tidak berwarna hijau. Datang pada waktu yang tepat, maka Anda juga mendapatkan keindahan lebih.

2. Badut Teletubbies

Berada di kawasan ini, Anda akan disambut dengan badut-badut teletubbies yang siap untuk berfoto dengan Anda. Badut-badut ini menjadi daya tarik yang melengkapi kawasan ini sehingga benar-benar seperti ada di serial TV yang populer tahun 90-an tersebut. Meski sempat tidak banyak yang tertarik dengan keberadaan badut ini, namun kini banyak pengunjung yang mengajak berfoto.

Keberadaan badut teletubbies ini merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh pengelola Taman Nasional untuk menghibur para pengunjung. Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 saja untuk berfoto dengan badut teletubbies ini. Karena berada di Bukit Teletubbies tentu akan kurang jika belum berfoto dengan teletubbiesnya sendiri.

3. Sunrise

Salah satu daya tarik yang sangat sayang untuk dilewatkan adalah sunrise. Momen ini banyak sekali diminati oleh para pengunjung karena keindahannya yang menakjubkan. Sinar matahari yang terbit akan membuat perpaduan yang indah saat mengenai rerumputan hijau di perbukitan. Sangat eksotis dengan latar Gunung Bromo yang megah.

Sayangnya cuaca tidak selalu cerah. Terkadang perbukitan akan dipenuhi dengan kabut. Tidak perlu kecewa, karena kabut yang memenuhi bukit justru membuat suasana menjadi lebih adem. Udara juga terasa lebih dingin sehingga membuat Anda akan kembali segar.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bikit Teletubbies
Image Credit: Google Maps iis airlia

Berada di kawasan Gunung Bromo, Anda dapat menuju Bukit Teletubbies dengan melalui Kota Malang, Probolinggo, Pasuruan, atau Lumajang. Pintu masuk dari Kota Malang melalui jalur Tumpang merupakan rute terdekat jika dihitung jarak dari loket pintu masuk hingga ke lokasi bukit. Karena itu jalur Tumpang melalui Kota Malang yang paling banyak dilalui.

Untuk rute sendiri, Anda dapat langsung mengarah ke Tumpang jika dari Kota Malang, selanjutnya Anda dapat mengambil arah Gubug Klakah. Anda akan menemukan rest area untuk memarkirkan kendaraan pribadi Anda karena untuk melanjutkan perjalanan, Anda harus menggunakan jeep atau motor trail karena akses jalannya yang cukup menantang.

Dari rest area ini, perjalanan selanjutnya akan cukup berliku dengan banyak tanjakan. Jalanan yang tersedia juga sempit. Meski tidak mudah dilalui, namun sangat seru dan menyenangkan. Sepanjang perjalanan juga disuguhkan pemandangan yang sangat indah seperti pemandangan hutan dan terkadang diselingi dengan perkebunan sayur.

Perjalanan ini kira-kira menghabiskan waktu 15 menit hingga sampai ke pintu masuk Coban Pelangi yang selanjutnya merupakan loket pembelian tiket untuk memasuki Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Anda juga dapat beristirahat sejenak karena di pemberhentian ini tersedia toilet, juga warung makanan dan minuman untuk mengisi perut atau membawa perbekalan.

Perjalanan untuk mencapai lokasi sudah tidak terlalu jauh lagi. Setelah Anda mencapai Desa Ngadas, maka Anda akan segera sampai di Jemplang yang merupakan jalur percabangan menuju lokasi dan jalur pendakian di Gunung Semeru. Anda hanya perlu mengambil ke arah kiri untuk mencapai Bukit Teletubbies. Perjalanan dari percabangan ini hanya menempuh 15 hingga 20 menit perjalanan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Bukit Teletubbies
Image Credit: Google Maps Muhammad Lutfi

Untuk menuju Bukit Teletubbies, Anda tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan pribadi sehingga Anda harus mempersiapkan dana untuk menyewa jeep atau motor trail. Sewa jeep berkisar Rp 1,2 juta hingga Rp 1,5 juta untuk per harinya. Dengan harga sekian, Anda sudah akan didampingi oleh sopir yang sudah hafal dengan medan jalan.

Untuk berjaga-jaga agar tidak kehabisan, Anda dapat memesan jeep di penginapan, homestay, maupun hotel yang biasanya sudah bekerja sama dengan paguyuban di Bromo. Sementara itu, jika Anda memang ingin sesuatu yang menegangkan, Anda dapat menyewa motor trail. Untuk harga sewanya rata-rata Rp 200.000 hingga Rp 300.000 per hari.

Sebelum menuju lokasi, Anda juga harus membayar tiket memasuki kawasan Taman Nasional. Harga tiket berbeda antara hari biasa dan hari libur. Untuk wisatawan lokal, harga tiket pada hari biasa sebesar Rp 29.000 sedangkan hari libur sebesar Rp 34.000 per orang. Sementara untuk wisatawan asing seharga Rp 220.000 pada hari biasa dan Rp 320.000 pada hari libur.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bukit Teletubbies

Aktivitas Di Bukit Teletubbies
Image Credit: Google Maps KakarotoGenx

Jika Anda mengunjungi Bukit Teletubbies Bromo, Anda tidak akan merasa bosan karena ada banyak sekali kegiatan yang dapat Anda lakukan. Kegiatan-kegiatan ini juga sangat cocok untuk Anda yang menyukai petualangan. Tidak hanya dapat kembali menyegarkan pikiran, berlibur di destinasi wisata ini juga akan meninggalkan kesan yang menyenangkan.

1. Berfoto

Tempat yang eksotis akan sangat sayang jika tidak menyempatkan diri untuk berfoto. Tentu saja, Anda harus datang pada waktu yang tepat agar mendapatkan pemandangan yang menakjubkan. Bahkan karena keindahannya, tidak jarang kawasan ini menjadi tempat untuk melakukan pre-wedding. Anda juga dapat menelusuri destinasi wisata ini untuk mendapatkan spot-spot foto terbaik lainnya.

Jangan lupa pula untuk berfoto dengan badut teletubbies. Kehadiran badut ini tidak hanya menambah mirip lokasi ini dengan serial TV anak-anak sehingga menghibur Anda dengan nostalgia, namun juga dapat sebagai kenang-kenangan sebagai tanda jika Anda pernah berkunjung ke destinasi wisata ini. Apalagi Anda tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam hanya untuk berfoto dengan mereka.

2. Berburu Sunrise

Jika Anda sangat menyukai momen saat matahari terbit, maka Bukit Teletubbies ini sangat cocok untuk menunggu momen tersebut. Keindahan yang ditawarkan pada Anda sangat indah sehingga Anda tidak akan menyesal harus datang pagi buta menuju kawasan ini. Perpaduan sinar matahari yang menyinari perbukitan sudah tentu akan memanjakan mata Anda.

Matahari yang semakin meninggi juga akan menawarkan keindahan yang lebih indah lagi. Rumput dan pakis yang terhampar akan terlihat lebih jelas dengan latar bukit-bukit yang berjajar. Terkadang tebing-tebing yang ada di sekitarnya akan berselimut kabut, namun hal ini juga akan menambah keindahan pemandangan dan menambah segar jika dipandang

Aktivitas Menarik Di Bukit Teletubbies
Image Credit: Instagram Romantic Breakfast Bromo

3. Menenangkan Diri

Tidak jauh dari Bukit Teletubbies Bromo terdapat savana. Lokasinya lumayan dekat dengan Gunung Bromo dan cukup terpencil. Anda dapat datang ke kawasan tersebut untuk bersantai dan menenangkan diri. Kawasan ini memang cukup luas, sehingga meskipun banyak pengunjung datang, namun tidak akan terasa ramai. Anda masih dapat merasakan ketenangan dan kesegaran udara sekitar.

4. Berkuda

Berkuda merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan. Banyak juga yang memang memiliki hobi berkuda. Jika Anda salah satunya, maka Anda dapat mencoba menikmati sensasi berkuda di antara perbukitan hijau yang segar dan indah dipandang mata. Terdapat penyewaan kuda di sekitar kawasan yang memang sudah disediakan untuk pengunjung yang datang.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Di Bukit Teletubbies
Image Credit: Google Maps Dzikrulli Ibrahim

Fasilitas yang tersedia di kawasan Bromo sebenarnya cukup lengkap. Di rest area tempat Anda harus berganti kendaraan, sudah tersedia lahan parkir yang luas dan aman untuk menitipkan kendaraan pribadi Anda baik roda dua maupun roda empat. Fasilitas yang sudah tentu ada adalah sewa mobil jeep dan motor trail untuk melanjutkan perjalanan.

Tersedia juga musala untuk beribadah, pos keamanan serta toilet umum. Juga terdapat warung makanan di rest area sehingga Anda dapat mengisi perut serta membawa bekal untuk di bawa ke Bukit Teletubbies karena di sekitar lokasi sudah tidak tersedia warung lagi. Selain sewa kendaraan berupa jeep dan motor trail, tersedia juga sewa kuda.

Akan tetapi tidak ada pepohonan yang meneduhkan di sekitar kawasan bukit ini, hanya ada hamparan rumput yang luas. Karena itu, Anda perlu mempersiapkan kacamata hitam, topi, juga sunblock agar terlindung dari sengatan sinar matahari. Jika udara sedang dingin, maka Anda juga perlu perlengkapan untuk menghangatkan badan seperti jaket, sarung tangan, syal, dan lainnya.

Bukit Teletubbies Bromo kini menjadi salah satu destinasi wisata yang hits dengan menampilkan hamparan perbukitan hijau. Anda akan seperti dibawa ke rumah teletubbies yang merupakan tokoh dari serial TV anak-anak. Dengan keindahannya yang eksotis, tempat ini menjadi pilihan untuk mengambil foto-foto cantik serta sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan.

Baca Juga  Link Nonton Film Semi Korea Terbaru 2022 Gratis , Tanpa VPN