//

Contoh Soal Cpns 2019

  • Bagikan

Z

JasaKonstruksi & Fabrikasi Baja WF Semarang – Kami PT Sendico Utama yangmerupakan Pabrik konstruksi dan fabrikasi baja berat terpercaya di Indonesiayang mempunyai dua workshop utama yakni di Jakarta dan Solo menaruh penawaran kepadaanda para pemiliki proyek yg akan memakai konstruksi baja berat dalampembangunan buat wilayah kota semarang dan sekitarnya, dan kami siapmemberikan layanan yg terbaik.

PT SendicoUtama sendiri sudah mempunyai poly sekali pengalman dalam pengerjaan proyekstruktur baja berat ini dan client kami mulai dari BUMN sampai perusahan swastaAsing yg menaruh kepercayaanya kepada kami buat menciptakan Pabrik ataugudangnya, & dengan pengalaman serta para pekerja yg sangat professional dandidukung menggunakan mesin canggih proyek proyek tersebut sudah terselesaikan dikerjakandan sesuai menggunakan perencanaan baik bentuk bangunan juga waktu sehabis.

TeknikBangunan menggunakan struktur baja Berat

SifatBaja sebagai Material Struktur Bangunan

Penggunaanbaja menjadi bahan struktur primer dimulai dalam akhir abad kesembilan belasketika metode pengolahan baja yang murah dikembangkan menggunakan skala yg luas.Baja adalah bahan yg mempunyai sifatstruktur yg baik. Baja mempunyaikekuatan yg tinggi & sama kuat pada kekuatan tarik juga tekan dan olehkarena itu baja merupakan elemen struktur yang mempunyai batasan sempurna yang akanmenahan beban jenis tarik aksial, tekan aksial, dan lentur menggunakan fasilitasyang hampir sama. Berat jenis baja tinggi, namun perbandingan antara kekuatanterhadap beratnya pula tinggi sehingga komponen baja tersebut tidak terlaluberat jika dihubungkan dengan kapasitas muat bebannya, selama bentuk-bentukstruktur

yangdigunakan mengklaim bahwa bahan tersebut dipergunakan secara efisien.

KeuntunganStuktut Baja Berat buat Bangunan

Di sampingkekuatannya yg akbar buat menunda kekuatan tarik dan tekan tanpa membutuhkanbanyak volume, baja jua mempunyai sifatsifat lain yg menguntungkan sehinggamenjadikannya sebagai keliru satu bahan bangunan yang sangat generik dipakai dewasaini. Beberapa keuntungan baja sebagai material struktur diantaranya:

Dewasa inibaja bisa diproduksi dengan aneka macam kekuatan yang bisa dinyatakan dengankekuatan tegangan tekan lelehnya (Fy) atau oleh tegangan tarik batas (Fu).Bahan baja walaupun dari jenis yg paling rendah kekuatannya, tetap mempunyaiperbandingan kekuatan per-volume lebih tinggi apabila dibandingkan denganbahan-bahan bangunan lainnya yg umum dipakai. Hal ini memungkinkanperencanaan sebuah konstruksi baja mampu mempunyai beban tewas yg lebih keciluntuk bentang yang lebih panjang, sebagai akibatnya. memberikan kelebihan ruang danvolume yang dapat dimanfaatkan dampak langsingnya profil-profil yang dipakai.

Semuabagian-bagian berdasarkan konstruksi baja bisa dipersiapkan di bengkel, sehinggasatu-satunya kegiatan yg dilakukan pada lapangan artinya kegiatan pemasanganbagian-bagian konstruksi yg telah dipersiapkan. Sebagian besar darikomponen-komponen konstruksi mempunyai bentuk standar yang siap dipakai bisadiperoleh pada toko-toko besi, sebagai akibatnya saat yg dibutuhkan buat membuatbagian-bagian konstruksi baja yang

sudah terdapat,pula bisa dilakukan dengan gampang lantaran komponen-komponen baja biasanyamempunyai bentuk standar & sifat-sifat yang tertentu, dan mudah diperolehdi mana-mana.

Sifat-sifatbaja baik menjadi bahan bangunan juga pada bentuk struktur bisa terkendalidengan baik sekali, sehingga para pakar bisa mengharapkan elemen-elemen darikonstruksi baja ini akan berperilaku sesuai dengan yang diperkirakan dalamperencanaan. Dengan demikian sanggup dihindari terdapatnya proses pemborosan yangbiasanya terjadi pada perencanaan akibat adanya banyak sekali ketidakpastian.

Sifat daribaja yg bisa mengalami deformasi yang besar pada bawah imbas tegangan tarikyang tinggi tanpa hancur atau putus disebut sifat daktilitas. Adanya sifat inimembuat struktur baja bisa mencegah terjadinya proses robohnya bangunan secaratiba-datang. Sifat ini sangat menguntungkan dilihat dari aspek keamanan penghunibangunan jika terjadi suatu goncangan yg datang-datang seperti misalnya padaperistiwa gempa bumi. Di samping itu keuntungan-keuntungan lain dari strukturbaja, diantaranya adalah:

·       Proses pemasangan di lapangan berlangsung dengancepat.

·       Komponen-komponen struktumya sanggup digunakan lagi untukkeperluan lainnya.

·       Komponen-komponen yang telah nir dapat digunakanlagi masih memiliki nilai menjadi besi tua.

·       Struktur yang dihasilkan bersifat tetap menggunakan carapemeliharaan yg tidak terlalu sukar.

·       Selain laba-keuntungan tersebut bahan baja jugamempunyai kelemahan-kelemahan menjadi berikut :

·       Komponen-komponen struktur yg dibuat dari bahan bajaperlu diusahakan agar tahan api sinkron dengan peraturan yg berlaku untukbahaya kebakaran.

·       Diperlukannya suatu porto pemeliharaan buat mencegahbaja berdasarkan bahaya zat oksidasi.

·       Akibat kemampuannya menahan tekukan pada batang-batangyang langsing, walaupun dapat menunda gaya-gaya aksial, namun tidak bisamencegah terjadinya pergeseran horisontal

Menurut SNI03–1729–2002 mengenai TATA CARA PERENCANAAN STRUKTUR BAJA UNTUK BANGUNAN GEDUNGSifat mekanis baja struktural yg digunakan dalam perencanaan harus memenuhipersyaratan minimum yang diberikan pada Tabel 6.1. 􀂃 Tegangan leleh Tegangan leleh untukperencanaan (f y) tidak boleh diambil melebihi nilai yang diberikan Tabel 6.1. 􀂃 Tegangan putus Tegangan putus untukperencanaan (fu) tidak boleh diambil melebihi nilai yang diberikan Tabel 6.1.

Tabel 6.1.Sifat mekanis baja struktural

Sifat-sifatmekanis lainnya, Sifat-sifat mekanis lainnya baja struktural buat maksudperencanaan ditetapkan menjadi berikut:

Moduluselastisitas : E = 200.000 MPa

Modulusgeser        : G = 80.000 MPa

Nisbahpoisson       : μ = 0,3

Koefisienpemuaian : á = 12 x 10 -6 / o C

Bentukelemen baja sangat dipengaruhi sang proses yang dipakai buat membangun bajatersebut. Sebagian akbar baja dibuat sang proses hot-rolling (penggilingandengan pemanasan) atau cold-forming (pembentukan dengan pendinginan).Penggilingan dengan pemanasan (hot-rolling) merupakan proses pembentukan utama dimana bongkahan baja yg merah menyala secara besar -besaran digelindingkan diantara beberapa kelompok penggiling. Penampang melintang menurut bongkahan yangash biasanya dicetak berdasarkan baja yang baru dibuat dan umumnya ukuran sekitar0,5 m x 0,lima m persegi, yang akibat proses penggilingan berukuran penampangmelintang dikurangi sebagai lebih mini & sebagai bentuk yang sempurna dankhusus.

Batasanbentuk penampang melintang yg dihasilkan sangat besar dan masing-masingbentuk memerlukan penggilingan

akhirtersendiri. Bentuk penampang melintang I dan H umumnya digunakan untukelemenelemen besar yg membangun balok

dan kolompada rangka struktur. Bentuk kanal & siku cocok buat elemen-elemen kecilseperti lapisan tumpuan sekunder dan sub-elemen pada rangka segitiga. Bentukpenampang persegi, bundar , dan persegi empat yang berlubang dihasilkan dalambatasan berukuran yang luas & dipakai misalnya halnya pelat datar dan batangsolid menggunakan berbagai ketebalan. Perincian berukuran & geometri yang dimilikiseluruh penampang baku didaftarkan dalam tabel penampang yg dibuat olehpabrik baja.

Pembentukandengan pendinginan (cold-forming) merupakan metode lain yg digunakan buat

membuatkomponen-komponen baja dalam jumlah yg akbar. Dalam proses ini, lembaran bajatipis datar yang sudah didapatkan berdasarkan proses peng-gilingan dengan pemanasandilipat

ataudibengkokkan dalam keadaan dingin buat membangun penampang melintang struktur

Elemen-elemenyang dihasilkan dari proses ini mempunyai karakteristik yang serupa denganpenampang yang didapatkan berdasarkan proses penggilingan menggunakan pemanasan.

Sisi paralelelemen-elemen tadi mempunyai penampang yang permanen, namun

ketebalanlogam tersebut berkurang sebagai akibatnya elemen-elemen tadi lebih

ringan, dantentunya mempunyai kapasitas muat beban yang lebih rendah.

Bagaimanapun,proses-proses tersebut memungkinkan pembuatan bentuk

Satu hallain yang membedakan proses-proses tersebut merupakan bahwa peralatan yangdigunakan buat proses pencetakan menggunakan pendinginan lebih sederhana & dapatdigunakan buat membentuk penampang melintang yg bentuknya disesuaikanuntuk penggunaan yg khusus. Karena penampang yg dibuat dengan pendinginanmemiliki kapasitas muat yg rendah, maka penampang ini terutama digunakanuntuk elemen sekunder pada struktur atap, misalnya purlin, & buat sistemlapisan tumpuan. Potensi elemen-elemen tadi buat perkembangan pada masa yangakan tiba sangat besar .

  • Bagikan