//

Contoh Soal Psikotes

  • Bagikan

2Q==

Contoh Psikotes – Pada kesempatan ini rumusguru.com akan memberikan penjelasan mengenai Contoh Soal Psikotes, mari lihat penjelasannya dibawah ini:

Tes psikologi merupakan salah satu tahapan seleksi pekerjaan yg tak jarang dipakai buat merekrut karyawan.

Tes psikologi pada dasarnya bertujuan buat tahu perilaku, kepribadian, minat, dan kesamaan kecerdasan seorang.

Hasil psikotes akan jadi surat keterangan untuk memastikan apakah seorang mencapai baku yg diperlukan sang perusahaan atau nir.

Terdapat beberapa jenis psikotes yg tak jarang ada saat perekrutan kerja.

Beberapa menurut mereka nir menekankan sahih atau galat pada jawaban mereka karena memilih dalam aspek kepribadian insan, selain kecerdasan.

Jenis Tes Psikologi dan Tujuannya

Sebelum membahas contoh soal Psikologi Tes, hal yang perlu diketahui terlebih dahulu merupakan macam-macam tes Psikologi.

Ya, perlu dipahami jika psikotes memiliki beberapa tipe tes. Variasi tipe tes psikologi ini sengaja dibuat buat memberikan output yang lebih khusus daripada tes yg dijalankan.

Nah, jenis-jenis psikotes yang tak jarang digunakan dalam proses seleksi baik bagi karyawan juga lainnya merupakan menjadi berikut:Tes Kecerdasan

Tes kecerdasan adalah galat satu jenis tes psikologi yang paling generik & pasti dipakai pada aplikasi tes psikologi.

Tes ini, sinkron menggunakan namanya, akan digunakan buat mengetahui tingkat kecerdasan seseorang calon pegawai. Dalam prakteknya, tes ini dapat dibagi menjadi beberapa poin tidak selaras.

Adapun beberapa jenis tes psikologi yg termasuk dalam ranah tes kecerdasan adalah sebagai berikut:1. Tes verbal

Tes verbal adalah galat satu jenis tes psikologi yang digunakan buat mengetahui kemampuan seseorang terkait menggunakan konsep istilah, rekanan kata atau sosialisasi yg herbi kosakata.

Dalam hal ini, materi yang tak jarang diujikan dalam tes jenis ini merupakan tes persamaan kata, tes persamaan istilah, tes kebalikan istilah, tes analogi & lain-lain.

Selain itu materi yang berkaitan dengan pengetahuan generik & bahasa juga termasuk dalam materi tes ekspresi.

Tentunya, memahami contoh soal Psikologi Tes terkait tes lisan akan sangat membantu.

Ini karena kata-istilah yang digunakan menjadi bahan tes acapkali merupakan kata-istilah yg sangat asing & jarang terdengar dan dipakai sehari-hari.2. Tes Kuantitatif

Jenis tes lain yg masih menjadi bagian dari tes kecerdasan psikologis adalah tes kuantitatif.

Tes ini adalah tes psikologi yang terdiri dari tes deret nomor & huruf, tes akal matematika, tes konsep aljabar, tes aritmatika, & tes matematika berpola. Sekilas jenis tes pada psikotes ini sama dengan tes berhitung.

Tetapi, yang menjadi tantangan merupakan kecepatan, keakuratan, dan keakuratan merupakan tolok ukur penilaian. Meski terlihat rumit, Anda tentu tidak perlu khawatir.

Hal ini dikarenakan Anda tidak perlu menghafal rumus matematika tadi lantaran mengerjakan tes ini nir memerlukan rumus yg rumit melainkan keakuratan & ketepatan.

Tetapi, meski sanggup dikatakan nir terlalu sulit, nyatanya tes ini adalah galat satu momok psikis dari tes tadi.

Hal ini dikarenakan banyaknya jumlah tes kualitatif & waktu yg terbatas buat menjawabnya.

Oleh karenanya, mengusut contoh soal Tes Psikologi terkait tes kualitatif adalah hal yg berarti dilaksanakan menjadi tahap awal pengetahuan.tiga. Tes Penalaran

Bagian lain berdasarkan tes kecerdasan merupakan tes penalaran. Dalam hal ini, psikotes jenis ini terdiri menurut penalaran logis & analitik.

Bagian tes ini digunakan buat menguji kemampuan peserta dalam tahu, mencerna dan menganalisis dan lalu mengungkap sesuatu yang tersembunyi menggunakan kesimpulan logis.

Penalaran adalah prioritas dalam tes ini. Hal ini sejalan menggunakan kebutuhan penalaran dalam global kerja, terutama ketika seorang karyawan wajib merogoh keputusan.

Nah, Anda mampu melihat model soal Tes Psikologi terkait tes ini.

Dengan melihat contoh soal tersebut, tentunya Anda akan mengetahui secara lebih jelasnya soal tes ini & bisa memprediksi bagaimana tes ini akan disajikan waktu Anda menghadapinya.4. Tes Persepsi Citra

Tes lain yang termasuk dalam tes psikologi buat tes kecerdasan merupakan tes persepsi citra. Tes ini sering dianggap pula tes nalar gambar atau tes penalaran nalar.

Seperti namanya, tes ini disajikan menggunakan rangkaian gambar yg mempunyai pola dan irama gambar yg teratur.

Pada contoh soal Psikotes terlihat bahwa bentuk tes ini sangat bervariasi.

Ada beberapa variasi dalam pengujian ini, antara lain melanjutkan rangkaian gambar, mengidentifikasi atau mengelompokkan gambar, membedakan gambar & memadukan gambar.

Tes ini bertujuan untuk melatih ketepatan, imajinasi & kemampuan membaca pola.

Anda yang belum atau kurang paham menggunakan pola tadi mungkin akan gundah waktu harus menghadapi ujian ini.

Oleh karena itu, pelajari model soal Tes Psikologi yang berkaitan menggunakan tes persepsi citra buat memeriksa pola yang tersaji pada tes tersebut.5. Uji Spasial

Jenis tes psikologi lain yang terkait menggunakan tes kecerdasan adalah tes spasial. Ini adalah tes menggunakan gambar, apakah mempunyai ritme atau nir.

Secara generik tujuan dari tes ini merupakan buat mengeksplorasi bagaimana kemampuan seorang pada melihat & memanipulasi potongan figur pada ruang angkasa.

Pada tes ini umumnya variasi soal yg tersaji merupakan struktur ruang, rotasi, refleksi & lain-lain.

Terkadang kasus ini relatif pelik menggunakan berbagai bentuk yg unik dan asing.

Oleh karena itu, memeriksa contoh soal psikotes seputar tes spasial bisa sebagai persiapan yg sempurna buat dilakukan supaya tes ini berjalan dengan lancar.6. Uji Nomor Kolom

Tes nomor berkolom adalah bagian lain berdasarkan tes kecerdasan. Tes ini memakai kolom & nomor sebagai bahan dasarnya.

Tujuan tes ini adalah menguji ketepatan, kecepatan penyelesaian soal dan konsistensi pada hal kekuatan dan ketahanan pada menuntaskan soal.

Dari pengertian pada atas maka bisa disimpulkan bahwa jumlah soal pada tes ini sangat banyak.

Secara umum, tingkat kesulitan tes ini nir terlalu tinggi. Hanya saja, jumlah soal yang banyak dan waktu yang terbatas membuat soal nomor kolom semakin sulit dilakukan.

Oleh karena itu, Anda harus menyelidiki contoh soal Tes Psikologi buat tes angka berkolom ini.

Dengan menilik model soal, Anda akan lebih familiar & tahu variasi yang ditampilkan pada tes.Tes Kepribadian

Bagian lain berdasarkan tes psikologi adalah tes kepribadian. Tes ini adalah galat satu yang paling krusial untuk dilakukan.

Sesuai menggunakan namanya, tujuan umum dari tes ini merupakan buat mengetahui kepribadian pelamar atau calon karyawan.

Dalam praktiknya, tersaji beberapa jenis tes kepribadian. Jenis tesnya adalah menjadi berikut:1. Tes survey

Tes angket merupakan galat satu jenis tes kepribadian dalam psikotes. Arti dari tes ini adalah untuk menjawab pertanyaan.

Pada tes yg disajikan akan ada 2 contoh tes angket yaitu pernyataan yg sinkron dengan syarat kita & diberi tanda (+) dan bila tidak sesuai maka diberi indikasi kuburan (-).

Selain itu, jenis tes ini merupakan buat menjawab YA untuk pernyataan yang kami setujui dan menjawab TIDAK untuk pernyataan yang tidak sinkron. Salah satu kunci bagaimana tes ini dilakukan adalah menjawab dengan amanah.

Kejujuran penting lantaran menunjukkan karakter dan kepribadian pelamar atau calon karyawan.

Meski terlihat mudah, menyelidiki model soal tes Psikologi buat tes ini permanen akan membantu. Ini akan menciptakan Anda lebih paham menggunakan berbagai pertanyaan yg akan diujikan.2. Tes Wartegg

Nama tes ini relatif unik. Nah, pada psikotes, tes ini merupakan tes lanjutan dengan 8 gambar.

Soal yang tersaji terdiri dari 8 kotak segi empat. Masing-masing persegi panjang ini mengandung indikasi khusus yg tidak memiliki arti spesifik.

Jadi pada hal ini, peserta tes akan diminta buat melengkapi pertanda kecil tersebut sehingga membangun gambaran baru dan mempunyai arti baru.

Tentu saja, dalam tes ini, peserta tes dapat menggambar apapun mengikuti pola yang tersaji dalam soal.

Setelah itu, peserta harus menuntaskan soal menggunakan memberikan judul gambar. Meski terlihat gampang, kasus ini tergolong tricky atau tricky.

Oleh karena itu, buat mengetahui lebih lanjut tentang tes ini, mengusut contoh soal psikotes mampu sebagai solusi yg sempurna.tiga. Gambar Orang, Pohon dan Rumah

Tes kepribadian lain yg dipakai menjadi materi psikotes adalah menggambar orang, pohon dan tempat tinggal .

Ini merupakan keliru satu bagian berdasarkan psikotes yg akan membantu perusahaan mengidentifikasi kepribadian pelamar atau calon karyawan yang mengikuti tes tersebut.

Seperti namanya, tes ini terdiri dari tiga bagian tidak sama. Penjelasan singkat menurut berbagai bagian tes ini adalah menjadi berikut:

  • Tes Menggambar Orang

Salah satu bagian berdasarkan tes psikologi buat menentukan kepribadian ini adalah tes menggambar.

Tes ini digunakan buat mengukur kestabilan emosi, tanggung jawab & kepercayaan diri peserta tes.

Letak, berukuran & kekuatan garis semua bagian tubuh harus memperlihatkan pola yg proporsional.

  • Bagikan