//

Curug Cimahi, Wisata Air Terjun Tertinggi Nan Eksotis di Bandung

  • Bagikan
Curug Cimahi Bandung

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 07.30-17.00 WIB, Alamat: Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Curug atau juga dikenal dengan air terjun merupakan wisata alam yang cocok untuk mengisi liburan. Di Bandung, terdapat curug yang cukup terkenal karena keunikan nya, yaitu Curug Cimahi. Letaknya berada di Cimahi, sesuai dengan nama air terjun tersebut. Ketinggiannya mencapai 87 meter, dan menjadikannya sebagai salah satu curug tertinggi di Kota Bandung.

Nama yang diberikan tersebut bukan dari lokasinya yang berada di Cimahi, namun lebih tepatnya karena curug tersebut merupakan aliran dari sungai Cimahi yang berhulu di danau Situ Lembang. Meskipun berada di perkotaan, udaranya tetap sejuk dan menyegarkan, bahkan bisa mencapai 18 – 22 derajat celcius. Hal ini dikarenakan letak ketinggiannya mencapai 1050mdpl. Jadi, jangan lupa membawa perlengkapan penghangat tubuh ketika berkunjung ya!

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Cimahi

Daya Tarik Curug Cimahi
Image Credit: Google Maps Refi Wisnu

Setiap objek wisata pasti mempunyai daya tarik tersendiri yang membuat banyak wisatawan datang ke lokasi. Khusus untuk Curug Cimahi, apa saja kira-kira daya tarik utamanya? Berikut sudah kami rangkum selengkapnya!

1. Air Terjun Tertinggi

Daya tarik pertama yang membuat banyak wisatawan datang berkunjung yaitu karena letak ketinggiannya. Tinggi 87 meter sudah cukup untuk membuat pelancong terpesona dengan turunnya air dari atas. Semburan air yang bisa mencapai beberapa meter dari titik utamanya menjadikan pesona tersendiri. Suasana sejuk seolah menyelimuti meskipun tidak diinginkan.

Apalagi banyaknya pepohonan dari air terjun yang berada di lokasi Kertawangi ini bisa menambah suasana asri dan alami. Suara air yang menyembur dari ketinggian seakan menghiraukan suara kendaraan lalu lalang yang berada di balik tebing.

Banyaknya hewan juga tidak dapat diabaikan untuk menambah pesona alam. Monyet, serangga, dan beberapa jenis hewan lainnya melengkapi keindahan alam yang tidak terlupakan. Bahkan sesekali pengunjung bisa melihat langsung hewan tersebut dari dekat. Khusus untuk monyet yang ada di habitat liar, petugas melarang memberinya makan karena bisa membahayakan diri sendiri.

2. Pesona Curug Pelangi

Perum Perhutani Bandung Utara, sebagai pihak resmi yang mengelola Curug Cimahi melakukan inovasi yang tidak dilakukan ditempat lain. Kreativitas dari pengelola ini patut diacungi jempol dan diberikan apresiasi. Pasalnya, mereka memberikan beberapa lampu di sekitar air terjun. Dengan efek lampu yang mengeluarkan cahaya tersebut, air terjun seakan mengeluarkan pelangi ketika malam tiba.

Itulah alasannya kenapa air terjun yang ada di Cimahi ini juga disebut dengan Curug Pelangi. Kecanggihan teknologi juga membantu dalam penyebaran berita tersebut. kemudian banyaklah wisatawan dari berbagai daerah yang penasaran dan ingin melihat secara langsung.

Dikarenakan fenomena buatan tersebut hanya bisa dilihat ketika matahari sedang undur diri, maka sebaiknya anda tetap di lokasi ketika itu. Semoga cuaca ketika ada berkunjung cukup cerah sehingga pihak pengelola tidak menutup lokasi wisata. Ya, demi keselamatan pengunjung, pengelola akan segera menutup lokasi jika cuaca dirasa tidak memungkinkan untuk berwisata.

Daya Tarik Dimiliki Curug Cimahi
Image Credit: Google Maps Agung Praja Hudaya

3. Mitos Curug Cimahi

Adanya mitos Curug Cimahi yang beredar di masyarakat juga menjadi salah satu daya tarik yang menguntungkan. Entah siapa yang memulai cerita ini dan akhirnya banyak yang mempercanyai. Konon katanya pengunjung yang datang ke lokasi tidak boleh berpasangan karena dipercaya hubungan mereka tidak akan lama, alias putus.

Secara ilmiah tidak dapat dibuktikan kebenarannya, juga banyak pengunjung yang masih langgeng setelah mengunjungi spot wisata tersebut. Pada akhirnya, cerita tersebut masih tetap menjadi mitos hingga saat ini. Memang itulah yang harus dipertahankan untuk menambah daya tarik tersendiri. Sebagai warga negara yang menjunjung tinggi nilai sejarah dan kebudayaan, ada baiknya untuk menghargai mitos yang dipercaya warga setempat.

4. Kemudahan Akses Lokasi

Daya tarik terakhir yaitu dari kemudahan akses lokasinya, masih berada di peradaban kota. Berbeda dengan air terjun lainnya mengharuskan pengunjung untuk melewati jalan terjal berliku yang penuh tantangan. Di sini, anda bisa langsung menuju pintu gerbang lokasi wisata sesaat setelah turun dari kendaraan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Curug Cimahi
Image Credit: Google Maps Irwan Medriana

Bagi anda yang tertarik dengan pesona alam yang ada Curug Cimahi, silahkan datang ke lokasi yang beralamat di Jl. Kolonel Masturi No.325, Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat. Anda bisa berkunjung dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Untuk kendaran pribadi, anda bisa mengambil jalur alternatif yang paling mudah, yaitu Lembang – Parongpong yang masih searah dengan Dusun Bambu. Silahkan ikuti jalan terebut hingga menemukan Universitas Advent Indonesia, inilah titik yang harus anda hafal karena lokasinya tidak jauh dari universitas tersebut.

Setelah itu, ada turunan, tanjakan dan jembatan yang harus dilalui, hati-hati dan tetap waspada ketikan melewatinya. Setelah tiba di terminal Cisarua, berarti anda sudah sampai di lokasi Curug Cimahi, karena pintu gerbangnya berada di sebelah terminal tersebut.

Kemudahan juga didapat meskipun anda menggunakan kendaran umum. Patokan nya sama, yaitu terminal Cisarua. Ambil angkutan kota jurusan Ledeng-Parongpong yang bisa anda dapatkan di jalan Setiabudi, tepatnya di terminal Ledeng. Kemudian lanjutkan dengan menaiki angkot jurusan Parongpong-Padalarang dan berakhir di terminal Cisarua.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Curug Cimahi
Image Credit: Instagram ᴅᴀɴᴜ ᴇɢᴀ ᴏ. ᴍ.

Tidak perlu membawa uang banyak untuk mengunjungi lokasi wisata Curug Pelangi. Harga tiket masuk hanya sebesar 15.000 rupiah per orang, ditambah parkir motor sebesar 2000 rupiah dan mobil 5000 rupiah. Dengan biaya tersebut, anda bisa melakukan banyak aktivitas seru dan juga menikmati pemandangan alam liar sepuasnya.

Mengenai jam operasional, anda bisa datang pukul 07.00 atau lebih awal. Jam tutupnya berbeda dengan lokasi wisata air terjun lainnya yang kebanyakan sore hari, yaitu pukul 20.00. Hal ini dikarenakan adanya sensasi pelangi yang hanya bisa dilihat pada malam hari.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Cimahi

Aktivitas Menarik Curug Cimahi
Image Credit: Google Maps Dhe Setiawan

Banyak hal seru yang menanti kedatangan anda dan rombongan. Kebanyakan aktivitas menarik yang bisa dilakukan masih berhubungan dengan daya tarik yang telah kami sebutkan diatas.

1. Menikmati Keindahan Curug Cimahi

Tujuan utama anda datang ke air terjun dengan ketinggian 87 meter ini tentunya ingin menikmati pesona alam yang diberikan. Itulah aktivitas yang menarik dilakukan, meskipun hanya membutuhkan mata dan perasaan untuk melakukannya. Sesekali anda bisa bermain air atau sekadar basah-basahan.

Untuk aktivitas berenang, pihak pengelola sudah membuat peraturan tertulis, yaitu tidak boleh melakukannya. Hal ini dikarenakan kedalaman air mencapai 2 meter dengan arus yang cukup lumayan. Selain itu, debit air yang turun dari atas curug juga bisa membahayakan pengunjung yang berenang. Ada baiknya anda tetap mematuhi peraturan tersebut demi keselamatan diri.

2. Perjalanan Seru

Memang tidak susah menemukan lokasinya, karena masih berada di perkotaan. Namun untuk bisa sampai ke Air terjun yang dimaksud, anda harus melakukan perjalanan yang cukup panjang dan menurun. Terhitung ada total 587 anak tangga yang harus anda injak untuk bisa sampai ke lokasi. Bukan jumlah yang sedikit tentunya, karena dibutuhkan stamina dan tenaga untuk bisa melaluinya.

Perjalanan semakin seru ketika monyet liar menemani setiap langkah yang anda ayunkan. Sesekali mereka juga mengeluarkan suara khas untuk memberitahukan keberadaannya. Jika ditegah perjalanan anda lelah, ada pos yang siap digunakan sebagai tempat istirahat sementara. Agar lebih aman dan tidak membahayakan, gunakan alas kaki anti slip, baik berupa sepatu atau sandal. Tidak disarankan untuk tidak memakai alas kaki karena bisa jadi membuat semakin licin.

3. Bersantai di Gardu Pandang

Hampir dipastikan bahwa anda tidak menemukan lokasi yang satu ini ditempat lain, yaitu Gardu Pandang. Di sana, anda bisa bersantai sambil menikmati panorama alam menakjubkan yang diciptakan dari volume air yang terus mengalir. Dari kejauhan terlihat sangat indah dan mempesona, karena air yang berhamburan sebelum dan sesudah titik akhir seolah-olah membentuk kabut tipis.

Di sekeliling Gardu Pandang juga banyak sekali pohon yang menghiasi. Pandangan mata tidak bisa lepas dari warna hijau pohon tersebut. Anda bisa sambil berdiri maupun duduk, karena telah disediakan tempat duduk santai, lengkap dengan meja bulat kecil.

Aktivitas Menarik di Curug Cimahi
Image Credit: Google Maps Hendri Setiawan

4. Melihat Air Terjun Pelangi

Adanya lampu warna-warni di sekitar air terjun seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya menjadikan air terjun layaknya mengeluarkan cahaya seperti pelangi. Sangat indah dan sayang jika dilewatkan, anda tidak mungkin menemukannya ditempat lain. Inilah aktivitas yang seringkali menjadi yang utama bagi wisatawan. Hanya melihat dari kejauhan, cukup sudah kepuasan yang bisa dirasakan oleh hati.

Supaya dapat menikmati keindahan tersebut, disarankan anda menunggu hingga petang atau di malam hari. Jangan khawatir, karena jam tutupnya masih lama, yaitu pukul 8 malam. Jadi anda masih punya waktu sekitar 3 jam untuk menikmatinya.

5. Berburu Spot Foto

Aktivitas menarik lainnya di Curug Cimahi pastinya berburu spot foto. Bahkan inilah yang menjadi alasan utama pengunjung datang ke lokasi. Banyaknya spot yang bisa dijadikan foto membuat anda harus mempersiapkan kamera sebaik mungkin.

Sebagai contoh ketika berada di Gardu Pandang, anda bisa menggunakannya untuk spot foto menakjubkan dengan latar belakang air terjun dari kejauhan. Di sebelahnya terdapat pepohonan rindang yang hampir menutupi curug tersebut. Dengan sudut pandang yang telap, anda bisa membuat karya foto yang sangat unik.

Spot foto lain yang banyak dinanti yaitu ketika malam hari, tepatnya saat ada fenomena air terjun pelangi. Siapa yang tidak ingin mengabadikan momen yang hanya bisa ditemukan di lokasi ini bukan?

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Curug Cimahi
Image Credit: Google Maps Irma Mustafa

Bukan tidak mungkin jika suatu saat, Curug Pelangi ini semakin dikenal dan banyak pengunjung yang selalu berdatangan. Saat ini saja, setiap hari ada ratusan pengunjung yang menikmati pemidangan alam air terjun tersebut. Maka dari itu, pihak pengelola memberikan fasilitas demi mendukung perjalanan yang anda lakukan. Tempat parkir cukup luas, Mushola dan toilet yang nyaman menjadi fasilitas utama yang anda temui di sana.

Fasilitas lain yaitu rumah makan dengan berbagai menu umum yang biasa anda temui di daerah Jawa. Ada juga pusat informasi dan pos jaga yang siap membantu dan menjawab pertanyaan yang diajukan. Tidak lupa juga adanya piknik site yang bisa digunakan sebagai tempat berantai dan bercengkerama dengan rombongan.

Itulah informasi lengkap mengenai spot wisata yang ada di Bandung, yaitu Curug Cimahi. Jangan lupa gunakan alas kaki anti slip yang sangat berguna ketika menaiki dan menuruni tangga licin. Siapkan stamina khusus sebelumnya, perjalanan anda memang mudah, namun lumayan panjang, apalagi ketika pulang karena harus menaiki 587 anak tangga.

  • Bagikan