Wisata  

Danau Buatan Pekanbaru, Tempat Wisata Dengan Panorama Alam Indah

Danau Buatan Pekanbaru
Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau; Map: Cek Lokasi

ProHrd.Org – Danau Buatan Pekanbaru merupakan sebuah tempat wisata yang dahulunya terkenal sebagai irigasi, kemudian di alih kan oleh pemerintah setempat menjadi danau, Dan danau inilah yang bernama danau buatan.

Danau ini menjadi terkenal setelah diadakannya PON pada tahun 2012 lalu di provinsi Riau. salah satu daya tarik yang mempesona di danau buatan ini terletak pada letak geografisnya yang tidak jauh dari pusat kota serta di suguhkan dengan kejernihan air nya yang membuat mata kita terpikat terpesona untuk melihatnya.

Untuk pengunjung yang hendak datang ke danau ini anda akan di suguhkan oleah berbagai fasilitas menarik yang bisa anda nikmati secara geratis, seperti: jembatan panjang yang menuju ke arah danau, kamar mandi umum Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati panorama alam yang masih asri di danau ini.

Baca Juga: Wisata Pulau Langkadea, Pesona Pulau Tak Berpenghuni yang Memukau di Pangkep

Seperti yang kami Rangkum dalam website itrip.id dengan judul ‘Danau Buatan Pekanbaru, Panorama Alam Indah yang Mampu Memikat Hati’ danau buatan memiliki daya tarik di antara sebagai berrikut:

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Buatan Pekanbaru

Danau Buatan Pekanbaru
Image Credit: Instagram Sahala Pane

Danau buatan Pekanbaru berada di Kecamatan Rumbai Timur dan Jalan Lingkar kota Pekanbaru. Keadaan lingkungan yang asri membuat danau diminati oleh wisatawan lokal.

1. Pemandangan Alam yang Indah

Pekanbaru adalah sebuah kota yang berhasil mendapatkan piagam Adipura karena kebersihannya. Dan pemerintah lokal juga ikut ambil bagian untuk menjaga lingkungan danau tetap asri.

Keadaan sekitar yang masih dipenuhi oleh pepohonan rindang, serta bunga-bunga yang tumbuh di sekitar danau bisa menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, air pada danau ini juga menyegarkan.

Pengunjung tidak akan dibuat bosan oleh pemandangan yang ada pada danau buatan Pekanbaru. Sebab suasana di sekitar danau memang mendukung untuk bisa bersantai sejenak.

Baca Juga: Pantai Laguna, Pesona Wisata Bahari Indah Nan Menawan di Barru

Danau ini juga cocok bagi pengunjung yang ingin mengadakan kegiatan seperti piknik bersama keluarga. Hal itu bisa terjadi karena pinggiran danau memiliki ukuran yang luas.

2. Banyak Spot Foto Menarik

Danau buatan Pekanbaru terkenal di kalangan wisatawan lokal sebagai tempat yang bagus untuk mengambil foto. Banyak spot foto tersedia di danau ini secara gratis.

Pengunjung bisa berfoto ria di jembatan yang menjulur ke arah danau, atau di pinggiran danau. Selain itu, pengunjung juga bisa berfoto di daerah sekitar danau.

Salah satu spot foto yang bagus adalah jembatan yang menjulur ke tengah danau. Ornamen yang ada pada jembatan ini sengaja dibuat warna-warni untuk menarik pengunjung.

Baca Juga: Hanya di Malang, Wisata Air Terjun Bertingkat Malang Super Eksotis

Daya Tarik Dimiliki Danau Buatan
Image Credit: Instagram Doni Samuel Sembiring

3. Air yang Jernih

Air yang mengalir pada danau ini begitu jernih hingga ke dasar danau. Karenanya, pengunjung akan dibuat nyaman ketika berada di danau ini.

Ikan-ikan yang hidup di dalam danau juga sering berenang ke sana dan kemari. Hal itu bisa membuat pengunjung makin betah untuk tinggal berlama-lama.

Pengunjung bisa menikmati air mengalir pada danau buatan Pekanbaru sepanjang waktu. Sebab curah hujan pada daerah ini juga stabil sepanjang waktu.

Baca Juga: 3 Tempat wisata Paling Populer Di mojokerto Yang Kental Dengan Nuansa Sejarah

Pengunjung juga tidak perlu khawatir dengan kebersihan air danau. Sebab pemerintah sering menggalakkan pekerja untuk membersihkan sanitasi di daerah sekitar.

4. Pemandangan Senja yang Luar Biasa

Ketika sore hari telah datang, pengunjung juga bisa menikmati senja. Mentari yang akan tenggelam akan membuat pengunjung betah untuk tetap tinggal.

Daerah ini juga terkenal sebagai tempat muda mudi menghabiskan waktu ketika sore untuk bersantai. Sebab topografi yang luas berhasil mendukung panorama danau menjadi lebih indah.

Pengunjung bisa duduk santai sembari menikmati sunset di atas jembatan. Atau bisa juga dengan menikmati keindahan alam pada pinggiran danau.

Baca Juga: Inilah Deretan Wisata Paling Populer di Magetan Jawa Timur

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Danau Buatan Pekanbaru
Image Credit: Instagram Sumatera Indonesia

Untuk bisa sampai ke danau buatan Pekanbaru, pengunjung tidak perlu repot. Itu terjadi karena danau ini masih berada tepat di tengah kota.

Ketika pengunjung sampai, ada dua pilihan kendaraan yang dapat pengunjung gunakan, pengunjung bisa memilih untuk menaiki kendaraan umum seperti bus, angkot, dan ojek. Atau menggunakan kendaraan pribadi milik pengunjung.

Pengunjung perlu berkendara selama kurang lebih 20 menit untuk bisa sampai ke danau ini. Dari pusat kota, pengunjung bisa menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi.

Baca Juga: Objek Wisata Cimory DairyLand di Puncak Bogor, Jawa Barat. Telah di Buka !!!

Dari Pekanbaru, pengunjung harus pergi ke Jalan Jenderal Sudirman lalu belok sedikit menuju ke arah utara. Setelah itu pengunjung bisa berkendara menuju jembatan Siak.

Setelah melintasi jembatan Siak yang jadi salah satu ikon kota Pekanbaru, pengunjung lanjut ke arah Jalan Sembilang. Lalu pengunjung akan sampai di Jalan Pramuka.

Di Jalan Pramuka, pengunjung akan menemukan arah pertigaan yang salah satunya menuju danau buatan. Pengunjung tinggal mengikuti petunjuk arah, kemudian pengunjung akan sampai ke danau.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Danau Buatan Pekanbaru
Image Credit: Google Maps Frederick Tarigan

Untuk bisa ke danau buatan Pekanbaru, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,00. Harga bisa berubah sewaktu-waktu, jadi pastikan membawa biaya lebih sebelum masuk.

Setelah berada di dalam, biaya lain yang akan pengunjung keluarkan adalah biaya parkir. Jika pengunjung menggunakan mobil, biayanya sebesar Rp 5.000,00 dan untuk motor Rp 2.000,00.

Harga ini terbilang murah apabila dibandingkan pemandangan yang pengunjung dapatkan setelah berada di dalam. Sebab pemandangan di danau ini memang sangat indah untuk bisa dinikmati.

Baca Juga: Wisata Alam Sevillage Ciloto Puncak Sedang Trends di Jawa Barat. Berikut Harga Tiketnya

Biaya lain yang harus pengunjung keluarkan adalah ketika pengunjung membeli makanan atau mainan dari pedagang di sekitar danau. Namun, hal ini bersifat individual.

Harga makanan di pedagang sekitar danau tidak jauh berbeda dengan harga makanan di luar lingkungan dana. Begitu pula dengan harga mainan atau cinderamata.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Danau Buatan

Aktivitas Di Danau Buatan
Image Credit: Google Maps Ikhsan Abdullah

1. Berenang di Danau

Bagi pengunjung yang ingin berenang bisa menyewa pelambung. Harga sewanya berkisar antara Rp 10.000,00 hingga Rp 15.000,00 untuk tiap kali penyewaan.

Air yang jernih serta luasnya danau bisa membuat pengunjung betah untuk berenang. Pengunjung juga bisa berenang ke tengah danau, dengan catatan tetap dalam pengawasan.

2. Piknik di Pinggiran Danau

Tanah lapang yang tersedia di daerah sekitar danau dapat pengunjung manfaatkan untuk bersantai. Pengunjung bisa membawa peralatan piknik pribadi untuk bisa menikmati pemandangan.

Bersantai di pinggiran danau sembari menikmati waktu bersama orang terkasih tentu bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Terlebih jika pengunjung punya waktu yang panjang bersama seseorang.

3. Memancing di Danau

Banyak tempat pada danau ini yang menyediakan spot bagi pengunjung untuk memancing. Pengunjung bisa ikut menaiki perahu nelayan lokal, atau memancing dari samping danau.

4. Hunting Foto

Bagi pengunjung yang ingin mendapatkan hasil foto sempurna, bisa coba untuk datang kesini. Sebab danau buatan Pekanbaru terkenal dengan pemandangannya yang sangat indah.

Agar bisa mengambil foto yang bagus, pengunjung tentu memerlukan peralatan. Untuk itulah pengunjung perlu membawa kamera yang mumpuni.

Aktivitas Menarik Di Danau Buatan
Image Credit: Instagram Omikushi

5. Menikmati Kuliner Lokal

Jika pengunjung ingin menikmati citarasa lokal yang nikmat, pengunjung bisa coba membeli makanan dari penjual. Pada sekitar danau, terdapat banyak warung yang menyediakan olahan makanan untuk pengunjung nikmati.

Selain itu, harga yang ditawarkan oleh para pedagang makanan termasuk murah. Sebab pengunjung bisa langsung membeli dari para pedagang.

Baca Juga: Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey Bandung Selatan

6. Bermain Air

Pengunjung tetap bisa menikmati wahana air yang tersedia di danau, sekalipun pengunjung tidak bisa berenang. Sebab air pada pinggiran danau tidak begitu dalam.

Pengunjung bisa masuk ke pinggiran danau, lalu bermain air bersama dengan orang terkasih. Pengunjung juga bisa menikmati berbagai permainan air yang tersedia.

Untuk saat ini, wahana air yang tersedia adalah sampan. Pengunjung bisa menyewa sampan dari penduduk lokal untuk berkeliling danau.

7. Bermain Ayunan

Pada daerah sekitar danau, ada wahana ayunan yang dapat pengunjung mainkan dengan bebas. Pengunjung tidak dikenakan dana jika ingin main ayunan.

Banyaknya pepohonan yang tumbuh mendukung ayunan untuk dibuat. Hal tersebut karena keadaan sekitar masih sangat asri.

Pengunjung bisa menemukan wahana ayunan pada daerah sekitar danau. Lebih tepatnya pada lingkungan sekitar pedagang lokal.

Baca Juga: Wisatawan Asal Bandung Raihan Halik Yang Terseret Ombak di Pantai Santolo Garut Akhirnya Ditemukan

8. Membeli Mainan Baru

Banyaknya pedagang di daerah sekitar danau juga menambah jenis barang yang dijual. Salah satunya adalah mainan seperti kapal-kapalan dari besi berbahan bakar minyak.

Pengunjung bisa membeli mainan tersebut untuk kemudian pengunjung mainkan di danau. Pengunjung juga bisa membeli cinderamata untuk dibawa pulang.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Danau

Fasilitas Di Danau Buatan Pekanbaru
Image Credit: Facebook Info PKU

Danau buatan Pekanbaru memiliki beberapa fasilitas yang disediakan khusus untuk pengunjung. Diantaranya adalah kamar mandi umum, tempat parkir, spot foto, dan juga lapangan yang luas.

Danau ini juga menyediakan fasilitas lain seperti lapak dagangan milik pedagang lokal yang siap untuk pengunjung datangi. Di tempat ini juga tersedia tempat ibadah untuk pengunjung.

Sebagai tempat wisata yang baru beberapa tahun populer di kalangan masyarakat umum sebab adanya acara PON di daerah Riau. Tentu fasilitas tersebut dirasa sudah cukup lengkap.

Baca Juga: Cimory Dairyland, Wisata Populer 2021 Di Kawasan Puncak Bogor Jawa Barat

Sampai saat ini, pemerintah masih terus berusaha untuk memajukan sektor fasilitas yang tersedia. Salah satunya adalah dengan cara merenovasi teater yang ada di sekitar danau.

Itulah beberapa kelebihan, keindahan, kegiatan, dan fasilitas yang dimiliki oleh danau buatan Pekanbaru. Sebagai tempat wisata lokal yang indah, tentu tempat ini dapat dimasukkan dalam wishlist pengunjung sebagai salah satu tujuan wisata.