Istana Gebang, Mengenal Rumah Kediaman Presiden Soekarno di Kota Blitar

Istana Gebang Blitar

Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Sultan Agung No.59, Sananwetan, Kec. Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Kegiatan berwisata merupakan aktivitas favorit bagi semua orang karena dapat menghilangkan penat dari kesibukan sehari-hari. Namun, Anda akan mendapatkan liburan yang jauh lebih bermanfaat ketika mengunjungi beberapa tempat yang berhubungan dengan sejarah Indonesia seperti Istana Gebang di Kota Blitar. Dahulu, bangunan tersebut merupakan tempat tinggal dari Presiden Soekarno.

Bahkan Anda dapat berkunjung ke tempat ini sambil berziarah ke makam Ir. Soekarno yang tidak jauh dari gedung tersebut. Secara sekilas, rumah ini terlihat biasa saja. Namun, terdapat beberapa barang di dalamnya yang menjadi saksi bisu sejarah negara ini. Dengan berkeliling di rumah tersebut, Anda dapat mengetahui aktivitas yang sering dilakukan seorang pahlawan semasa hidupnya.

Istana Gebang ini terlihat seperti rumah zaman dahulu tanpa perubahan apapun hingga nilai sejarahnya tetap terlihat hingga saat ini. Pada bagian depan rumah tersebut terlihat patung Presiden Soekarno yang berdiri dengan gagah menghadap ke arah langit. Dalam patung tersebut terdapat sebuah tugu berisi tulisan bahwa Soekarno lebih mencintai rakyatnya dibandingkan dirinya sendiri.

Daya Tarik yang Dimiliki Istana Gebang

Daya Tarik Istana Gebang
Image Credit: Instagram Eko Buddy

1. Desain Rumah Khas Belanda

Istana Gebang sejak awal dibangun dengan desain unik seperti bentuk rumah zaman penjajahan Belanda. Beberapa sudut ruangannya memiliki sentuhan aksen Belanda yang sangat khas. Hal tersebut dikarenakan rumah ini dibangun langsung oleh warga Belanda bernama CH. Porteir yang merupakan seorang pegawai dari perusahaan kereta api.

Suasana khas Belanda ini akan semakin terasa ketika Anda memasuki setiap ruangan yang ada di rumah tersebut. Uniknya, terdapat banyak perabotan dengan kondisi utuh dalam beberapa ruangannya. Bahkan kursi dengan bahan kayu di ruang tamu pun belum mengalami kerusakan sedikitpun.

Anda akan semakin dibuat takjub ketika melihat ruangan kamar dari Presiden Soekarno yang sangat bersih dan tertata rapi. Kamar tidurnya ini memiliki desain khas seperti masih ditempati oleh beliau. Kasur yang dibaluti dengan seprei berwarna putih serta tudung tipis menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk mengabadikannya dalam sebuah foto.

2. Terdapatnya Barang-barang Antik

Selain pada ruang tamu ataupun kamar utama, terdapat kamar lainnya yakni milik orangtua dari Ir. Soekarno yang tetap memberi keharuman bagi para pengunjungnya. Jadi meskipun rumah ini sudah lama, namun Anda akan merasa nyaman karena wangi yang ada di dalamnya.

Bahkan pada bagian kamar orangtuanya, terdapat banyak barang antik seperti kaca besar yang ditempel di dinding. Anda akan menemukan perabotan khas zaman dahulu lainnya saat masuk ke area ruang makan dan dapur. Terdapat sepeda, lemari, serta pemanggang roti kuno yang sangat terawat.

Ketika Anda melihat seluruh perabotan tersebut, seakan-akan sedang kembali ke dalam masa penjajahan melalui dimensi waktu. Bahkan, meja makan yang ditata di dapur tersebut sangat rapi dan terjaga dengan baik.

3. Area Belakang Istana yang Penuh Sejarah

Daya tarik lainnya dari Istana Gebang yaitu memiliki nilai sejarah yang terdapat pada beberapa ruangan di bagian belakang. Terdapat paviliun, kandang kuda, ruangan khusus pembantu, serta lumbung padi yang sangat estetik. Anda dapat melihat garasi berisi mobil milik Ir. Soekarno yang sering digunakan semasa hidupnya.

Rumah yang bernilai sejarah ini pun semakin populer dan membuat para wisatawan dari berbagai daerah ingin mengunjunginya. Anda dapat memotret seluruh ruangan yang terdapat dalam rumah tersebut. Setiap tahunnya istana ini ramai dikunjungi para wisatawan terutama saat diadakan acara khusus.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Instana Gebang
Image Credit: Instagram Eko Buddy

Lokasi dari Istana Gebang ini berada di Jalan Sultan Agung No. 59, Kelurahan Sananwetan. Alamat tersebut merupakan sebuah daerah di Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Provinsi Jawa Timur. Jarak antara rumah dengan makan Ir. Soekarno ini cukup dekat sehingga para wisatawan banyak yang menggunakan becak untuk menuju kedua lokasi tersebut.

Jika Anda berasal dari pusat Kota Blitar, jalankan kendaraan menuju Jalan Lawu. Kemudian lanjutkan perjalanan dengan tujuan Alun-alun Kota Blitar yang berada di Jalan Semeru. Setelah sampai di Alun-alun, kemudikan kembali mobil menuju Jalan Cokroaminoto dan Jalan Ahmad Yani. Kemudian belokkan mobil ke arah Jalan Diponegoro, lalu menuju Jalan Sultan Agung.

Rute dari pusat kota menuju Istana Gebang Blitar sendiri hanya memakan waktu sekitar 10 menit saja dengan jarak 2,2 kilometer. Bahkan, Anda dapat berjalan kaki untuk menuju istana tersebut sekitar setengah jam lamanya. Setelah mengunjungi istana, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menaiki becak selama 15 menit menuju makam Ir. Soekarno yang berada di Bendogerit.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Istana Gebang
Image Credit: Instagram Eko Buddy

Untuk masuk ke dalam Istana Gebang ini memerlukan biaya sekitar 2.000 rupiah. Biaya tersebut sangat murah karena Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan sejarah ketika berkunjung kesana. Terdapat pula biaya parkir kendaraan motor dan mobil yaitu 2000 hingga 5000 rupiah. Murahnya biaya masuk ini memudahkan para pelajar yang ingin berkunjung ke istana.

Anda dapat mengunjungi gedung ini dengan bebas yang akan dibuka dari pukul 07.00 pagi hingga 17.00 WIB. Sebagian besar wisatawan biasanya hanya berkunjung selama beberapa jam saja, kemudian melanjutkan perjalanan ke makam Presiden Soekarno. Tempat ini terbuka lebar bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang kehidupan seorang pemimpin bangsa.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Istana Gebang

Aktivitas Menarik Istana Gebang
Image Credit: Google Maps E Hartono

1. Mempelajari Sejarah

Kegiatan menarik ketika mengunjungi Istana Gebang yaitu melakukan wisata edukasi dengan mempelajari sejarah di dalamnya. Anda akan memperoleh pengetahuan sejarah yang berkaitan erat dengan kemerdekaan Indonesia. Anda dapat melihat kehidupan seorang pemimpin bangsa yang sederhana, namun memiliki keberanian luar biasa.

Anda tidak akan mempelajarinya sendiri, melainkan dibimbing langsung oleh seorang juru kunci dari istana tersebut. Juru kunci akan memandu Anda untuk berkeliling sambil menceritakan segala hal yang berkaitan dengan Ir. Soekarno, pemimpin pertama Indonesia. Anda akan mendapatkan penjelasan mengenai barang favorit milik keluarga Ir. Soekarno.

Kemudian Anda akan diantarkan menuju bagian belakang yang dipenuhi pepohonan hijau dengan suasana asri. Seluruh bagian rumah tersebut memiliki nilai sejarah yang wajib diketahui oleh masyarakat. Maka dari itu, melakukan wisata edukasi di tempat ini merupakan hal yang sangat penting dan bermanfaat ketika Anda berlibur di Kota Blitar.

2. Berfoto dengan Estetik

Kegiatan yang wajib Anda lakukan ketika mengunjungi istana ini yaitu adalah berfoto. Karena tempat ini bersifat formal, sebaiknya Anda melakukan foto resmi atau pemotretan ruangan di dalamnya. Banyak rombongan siswa sekolah yang sering melakukan wisata edukasi di istana tersebut.

Kegiatan berfoto ini biasanya dilakukan setelah selesai mengelilingi istana. Namun, kebanyakan wisatawan hanya memotret lukisan, perabotan, tempat tidur, hingga mobil milik Ir. Soekarno. Melakukan pemotretan di dalam istana ini akan terlihat estetik dan sempurna. Bahkan, hasil foto memperlihatkan Anda seperti masih berada dalam suasana penjajahan.

3. Mengikuti Acara Kelahiran Presiden Soekarno

Selain berfoto atau memperoleh pengetahuan, Anda dapat mengikuti sebuah acara yang rutin digelar di Istana Gebang, Blitar. Acara ini diadakan oleh pemerintah setempat pada bulan Juni, tepatnya di hari ulang tahun Ir. Soekarno. Pada waktu tersebut, para wisatawan yang berkunjung akan jauh lebih banyak dibandingkan hari biasanya.

Rumah Ir. Soekarno ini tidak dapat menampung wisatawan yang berjumlah hingga ratusan orang. Tidak hanya dari warga setempat ataupun pengunjung luar daerah, bahkan wisatawan mancanegara turut menghadiri acara tersebut. Publik begitu tertarik dengan gaya kehidupan pemimpin pertama di Indonesia ini yang sangat populer di mata dunia.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Istana Gebang Blitar
Image Credit: Google Maps siswanto sis

Istana Gebang memiliki beberapa fasilitas seperti tersedianya toilet umum yang terletak di sekitar rumah secara gratis. Toilet tersebut terawat dan bersih sehingga nyaman saat digunakan oleh para pengunjung. Tersedia pula beberapa warung di depan istana yang menjual berbagai cemilan sehingga Anda tidak perlu membawa bekal makanan saat berkunjung ke tempat tersebut.

Terdapat pula spot foto favorit para pengunjung, yakni patung dari Ir. Soekarno yang berada di depan istana. Para pengunjung biasanya akan mengambil foto resmi dengan berdiri di depan patung Ir. Soekarno. Patung ini sengaja dibangun untuk memperlihatkan bahwa rumah yang berdiri di belakangnya memiliki hubungan erat dengan Bapak Proklamator.

Bagi Anda yang berasal dari luar Kota Blitar, terdapat sebuah penginapan di sekitar istana untuk bermalam disana. Anda pun tidak perlu kesulitan lagi mencari hotel saat berkunjung kesana. Harga penginapan sangat terjangkau sehingga Anda tidak akan mengeluarkan banyak biaya. Selain itu, lokasinya cukup strategis karena dekat dengan Alun-alun serta pusat Kota Blitar.

Itulah beberapa informasi mengenai Istana Gebang yang merupakan salah satu tempat wisata bersejarah di Blitar, Jawa Timur. Dengan biaya murah, Anda dapat menikmati wisata yang menyenangkan dan sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan sejarah dari negeri ini.

Baca Juga  Link Nonton Film Semi Korea Terbaru 2022 Gratis , Tanpa VPN