Kebun Binatang Bandung, Wisata Edukasi Favorit untuk Liburan Keluarga

Kebun Binatang Bandung

Harga Tiket: Rp 50.000, Jam Operasional: 10.00–16.00 WIB, Alamat: Jl. Kebun Binatang No.6, Lebak Siliwangi, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Lokasi wisata berupa kebun binatang masih menjadi pilihan utama untuk mengisi waktu liburan. Di kita Bandung, terdapat sebuah kebun binatang yang cukup unik jika lihat dari nilai histori nya, yaitu Kebun Binatang Bandung. Menurut informasi yang kami dapat, kebun binatang ini sudah ada sejak tahun 1930an yang dibangun oleh lembaga yang ada saat itu, yakni Bandung Zoological Park.

Sempat telantar pada saat Jepang menjajah Indonesia, kemudian di renovasi dan dioperasikan lagi setelah Indonesia merdeka, tepatnya tahun 1948 sesuai perintah dan inisiatif dari Raden Ema Bratakusumah. Dari awal, nama yang tersemat sudah kebun binatang namun dengan bahasa sunda yang berarti ‘Derenten’.

Keunikan dari kebun binatang yang berlokasi di Siliwangi ini terletak pada jumlah satwa yang ada. Lebih dari 800 binatang dari berbagai spesies bisa anda lihat, mulai dari reptil, jenis monyet, mamalia, ikan dan yang termasuk hewan buas serta jinak. Selain menjadi objek wisata, kebun binatang yang juga dijadikan sebagai tempat penangkaran hewan ini cocok digunakan sebagai media edukasi.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Binatang Bandung

Daya Tarik Kebun Binatang Bandung
Image Credit: Google Maps paul dinardi

Setiap objek wisata biasanya mempunyai daya tarik tersendiri, bisa berupa koleksi binatang, wahana yang ada di dalamnya, fasilitas yang disediakan serta banyak lagi lainnya. Khusus untuk Kebun Binatang Bandung, mari kita ulas satu-persatu daya tarik apa saja yang membuat pengunjung betah berlama-lama ketika ada di lokasi.

1. Koleksi Binatang yang Lengkap

Bukan rahasia umum ketika berada di kebun binatang, tujuan utamanya adalah melihat koleksi satwa yang ada di sana. Dengan jumlah 800 satwa seperti yang disebutkan diatas, pengunjung bakal betah untuk menatap satu persatu hewan tersebut. Apalagi setiap hewan memiliki ciri khas masing-masing, baik dari tingkah laku, bentuk tubuh, dan kelucuan nya.

Dari banyaknya satwa yang bisa dilihat dari kejauhan, jenis monyet merupakan yang paling favorit. Tingkahnya yang aktif dan kelucuan nya menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian pengunjung, terutama anak-anak. Belum lagi dengan adanya binatang dari jenis burung dengan warna-warni bulu yang cantik.

Beberapa hewan langka juga melengkapi koleksi satwa yang ada, diantaranya adalah Binturong, Linsang air, Unta punuk satu, Tapir Tenuk dan sebagainya. Dari jenis reptil, pengunjung bisa melihat ular, buaya, kura-kura dan sejenisnya. Jaraknya cukup jauh dan terdapat pagar pembatas sehingga anda tidak perlu khawatir akan keselamatan.

Daya Tarik Dimiliki Kebun Binatang Bandung
Image Credit: Google Maps Alin Imani

2. Pagelaran Budaya

Adanya pegelaran budaya juga menjadi daya tarik bagi pengunjung yang datang, terutama yang berasal dari luar Jawa, termasuk wisatawan asing. Pagelaran tersebut seringkali diadakan ketika weekend atau hari libur nasional. Tujuannya untuk mengenalkan budaya lokal yang ada di Indonesia, khususnya Jawa Barat.

Adapun pegelaran budaya yang dimaksud yaitu berupa kesenian musik Angklung, atau tarian khas Sunda. Di sini, pengunjung bisa berhenti sejenak sambil istirahat dan menikmati alunan lagu merdu dari alat musik tradisional tersebut.

3. Pertunjukan Satwa

Berikutnya, ada pertunjukan atau atraksi satwa yang menjadi daya tarik Kebun Binatang Bandung. Semua pengunjung pasti suka dengan teater yang satu ini, terutama anak-anak. Keunikan burung kakatua yang sudah terlatih dengan baik dapat menghibur pengunjung.

Ditambah dengan anjing jenis Poodle yang biasanya unjuk kebolehan dengan melompati objek berupa lingkaran. Tidak lupa dengan adanya monyet yang bertingkah lucu dan aneh, pasti mengundang gelak tawa penonton.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Kebun Binatang Bandung
Image Credit: Google Maps Iwan Kurniawan

Wisatawan yang ingin mengunjungi lokasi wisata tersebut wajib mengetahui alamat dan rute perjalanannya gar tidak kesasar. Untuk alamatnya, silahkan anda catat Jl. Tamansari No.71, Lb. Siliwangi,, Coblong , Bandung, Jawa Barat.

Rute yang bisa dilalui cukup mudah, karena lokasinya yang berada di perkotaan. Bahkan anda bisa datang menggunakan kendaraan umum sekalipun. Silahkan naik angkutan kota dengan jurusan Cicaheum-Ledeng atau Cisitu-Tegalega, kemudian minta sopir untuk berhenti di kebun binatang yang anda maksud.

Bagi yang membawa kendaran pribadi, lebih baik gunakan Gerbang Pintu Tol Pasteur sebagai titik awal perjalanan. Dari sana, anda cukup berkendara selama kurang lebih 20 menit dengan jarak tempuh sekitar 5km. tidak perlu bingung karena ada rambu penunjuk jalan yang bisa anda jadikan panduan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Kebun Binatang Bandung
Image Credit: Google Maps Amalia Alia

Sebelum memasuki lokasi Kebun Binatang Bandung, pastikan anda membawa tiket yang dibeli dari loket di dekat gerbang pintu masuk. Harga yang berlaku saat ini 50.000 rupiah untuk satu pengunjung. Anda bisa sepuasnya berkeliling lokasi untuk mengenal keanekaragaman satwa yang ada di Indonesia. Bagi anak dibawah tinggi badan 80cm tidak wajib membawa tiket, artinya bisa masuk secara gratis.

Ada juga harga khusus bagi rombongan sekolah sebesar 45.000 rupiah. Sedangkan untuk rombongan travel minimal 30 orang dikenakan biaya 40.000 per orang dan juga bonus 1 tiket, berlaku kelipatan nya. Supaya tidak terjadi kesalahpahaman dengan penjaga tiket, anda harus ingat bahwa harga khusus tersebut tidak berlaku untuk hari Minggu dan libur Nasional.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Kebun Binatang Bandung

Aktivitas Kebun Binatang Bandung
Image Credit: Google Maps Irwan Medriana

Berbagai macam aktivitas bisa anda lakukan selama berada di lokasi kebun binatang. Kegiatan terebut cukup menarik, dan tentunya banyak yang berhubungan dengan satwa. Namun jangan salah, beberapa aktivitas yang tidak ada hubungannya dengan hewan juga menarik untuk dilakukan. Berikut aktivitas selengkapnya yang bisa anda lakukan bersama anak maupun rombongan rekreasi!

1. Mengamati Jenis Fauna

Aktivitas menarik yang pertama sudah tentu mengamati hewan yang ada di lokasi Bandung Zoo. Banyaknya jenis hewan mungkin tidak cukup jika hanya satu kali berkunjung. Namun anda bisa mengamati hewan yang dirasa penting saja, misalkan hewan apa saja yang dilindungi dan tidak.

Setiap kandang terdapat informasi penting seputar hewan yang ada di dalamnya. Bisa dari namanya, nama latin, jenis dan berbagai informasi penting lainnya. Berbapa jenis hewan yang terkenal dan langka yaitu Harimau Benggala, Elang Ular Bido, Harimau Sumatera dan Orang Utan Kalimantan.

2. Sebagai Wisata Edukasi

Dari banyaknya koleksi binatang yang ada, anda bisa menjadikannya sebagai media edukasi terhadap anak. Ajari anak nama binatang setra ciri khas masing-masing, serta apa saja yang bisa mereka lakukan. Anda bisa menyisipkan materi tentang pentingnya menjaga kelestarian alam, terutama dari jenis hewan langka.

Tidak harus melulu berhubungan dengan binatang atau alam, anda juga bisa mengenalkan anak-anak terhadap budaya lokal. Itulah pentingnya dari pagelaran budaya yang mejadi daya tarik Kebun Binatang yang juga dikenal dengan nama Bandung Zoo ini.

3. Menaiki Hewan Tunggang

Ada tiga jenis hewan yang bisa dinaiki, yaitu Gajah, Unta, dan Kuda. Anak-anak bisa merasakan sensasi yang sulit didapat selain di wisata kebun binatang ini. Ketiga hewan tersebut sudah dilatih khusus agar tidak marah ketika ditunggangi. Adanya petugas yang selalu mendampingi juga menambah faktor keamanan, jadi tidak perlu terlalu khawatir.

Untuk bisa menaiki beberapa hewan tersebut, anda diharuskan mengeluarkan biaya sendiri. Hal ini dikarenakan fasilitas tersebut bukanlah termasuk biaya tiket masuk. Tenang, harganya tidak terlalu mahal, justru lebih mahal dari harga tiket masuk ke lokasi.

4. Permainan Anak

Aktivitas berikutnya khusus untuk anak-anak, dimana mereka bisa bermain scooter, kereta mini, dan juga beberapa Playground yang tersedia. Semua permainan tersebut pastinya disukai anak, jadi tetap awasi mereka dengan baik karena biasanya anak-anak sering lupa waktu ketika sedang asyik bermain.

Aktivitas Seru Kebun Binatang Bandung
Image Credit: Google Maps Didi Sukatani

5. Aktivitas Outbound

Selain permainan anak, ajak mereka di lokasi outbound yang sudah disediakan. Beberapa wahana yang ada antara lain Flying Fox, jembatan gantung, memanjat tali dan lainnya, aktivitas ini cukup seru, selain mengenal alam lebih jauh, anda bisa menguji nyali. Khusus untuk Flying Fox, dewasa dan anak-anak bisa menikmatinya.

6. Naik Perahu di Danau

Jauh dari peradaban hewan yang ada di lokasi Kebun Binatang Bandung, anda bisa melakukan aktivitas menarik lainnya, yaitu naik perahu. Di atas danau, anda bisa bergembira dengan sensasi kendaran air yang satu ini. Tidak diperlukan biaya tambahan untuk menaikinya, karena sudah termasuk harga tiket masuk. Namun anda tetap harus sabar mengantre, karena bisanya antrean nya cukup panjang.

7. Menaiki Perahu Bebek Kayuh

Masih di lokasi yang sama, anda bisa menaiki perahu kayuh berupa bebek sekadar untuk menyusuri tepian danau. Kapasitasnya untuk dua orang, namun anda bisa menaikinya dengan istri dan juga anak yang masih dibawah umur. Untuk yang satu ini, anda diharuskan membayar dengan ketentuan yang berlaku, karena tidak termasuk tiket masuk.

8. Aktivitas Fotografi

Aktivitas menarik yang terakhir tidak lain yakni berfoto ria bersama keluarga dan rombongan. Merupakan aktivitas wajib ketika rekreasi, anda bisa mendapatkan banyak spot menarik di lokasi kebun binatang dengan luas hampir 14 hektar ini. Pengunjung biasanya lebih suka selfie dengan binatang yang ada, baik untuk background dari kejauhan maupun di sebelahnya (khusus untuk hewan jinak).

Selain bercengkerama dengan hewan untuk foto, anak-anak juga bisa foto bersama badut karakter. Banyak badut yang siap diajak foto bareng, diantaranya yaitu badut Frozen, Doraemon, dan juga dari film kartun Masha. Tidak dibutuhkan biaya tambahan untuk swafoto dengan mereka, karena mereka merupakan petugas khusus dari pengelola untuk menghibur anak-anak.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Kebun Binatang Bandung
Image Credit: Google Maps Agus Nurdiawan., ST.

Bisa dikatakan fasilitas Kebun Binatang Bandung ini cukup lengkap, baik yang gratis maupun berbayar. Selain tempat parkir yang luas dan toilet yang bersih, anda juga bisa menikmati fasilitas lain berupa Masjid dan aula yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat.

Fasilitas pujasera juga siap menanti kedatangan anda dan rombongan jika sedang lapar. Banyak kuliner yang bisa anda pilih, baik berupa makanan atau minuman. Harganya juga tidak terlalu mahal, sesuai standar yang ada di lokasi wisata.

Selain itu juga ada pusat oleh-oleh berupa pernak-pernik khas kebun binatang tamansari Bandung. Namanya Bandung Wonders, banyak aksesoris yang bisa anda beli di sana. Beberapa diantaranya yakni topeng binatang, kostum hewan, boneka, baju atau kaus dan masih banyak lagi.

Bagi anda yang tertarik berkunjung setelah apa yang kami sampaikan diatas, ada baiknya untuk menyiapkan rencana dari sekarang. Menjaga stamina sebelum melakukan traveling merupakan hal pertama yang wajib di siapkan. Jangan sampai aktivitas liburan terganggu karena kondisi yang kurang prima. Apalagi jika anda berkunjung di Kebun Binatang Bandung, yang mana luasnya hampir 14 hektar.

Baca Juga  Cibalung Happy Land, Taman Hiburan Favorit Keluarga Bernuansa Alam di Bogor