//

| komputer Sejarah, Bagian, Jaringan, Sistem Operasi, & Fakta

  • Bagikan

Z

Apa komputer paling kuat di dunia?

Bagaimana cara kerja bahasa pemrograman?

komputer, perangkat untuk memproses, menyimpan, dan menampilkan informasi.

Komputer pernah berarti seseorang yang melakukan perhitungan, tetapi sekarang istilah ini hampir secara universal mengacu pada mesin elektronik otomatis. Bagian pertama dari artikel ini berfokus pada komputer elektronik digital modern dan desain, bagian konstituen, dan aplikasinya. Bagian kedua mencakup sejarah komputasi. Untuk detail tentang arsitektur komputer, perangkat lunak, dan teori, lihat ilmu komputer. Dasar-dasar komputasi

Komputer pertama digunakan terutama untuk perhitungan numerik. Namun, karena informasi apa pun dapat dikodekan secara numerik, orang segera menyadari bahwa komputer mampu memproses informasi tujuan umum. Kapasitas mereka untuk menangani sejumlah besar data telah memperluas jangkauan dan akurasi peramalan cuaca. Kecepatan mereka telah memungkinkan mereka untuk membuat keputusan tentang routing koneksi telepon melalui jaringan dan untuk mengontrol sistem mekanik seperti mobil, reaktor nuklir, dan alat bedah robot. Mereka juga cukup murah untuk tertanam dalam peralatan sehari-hari dan membuat pengering pakaian dan penanak nasi “pintar.” Komputer telah memungkinkan kita untuk mengajukan dan menjawab pertanyaan yang tidak dapat dikejar sebelumnya. Pertanyaan-pertanyaan ini mungkin tentang urutan DNA dalam gen, pola aktivitas di pasar konsumen, atau semua penggunaan kata dalam teks yang telah disimpan dalam database. Semakin banyak, komputer juga dapat belajar dan beradaptasi saat mereka beroperasi.

Komputer juga memiliki keterbatasan, beberapa di antaranya bersifat teoritis. Misalnya, ada proposisi yang tidak dapat diputuskan yang kebenarannya tidak dapat ditentukan dalam seperangkat aturan tertentu, seperti struktur logis komputer. Karena tidak ada metode algoritmik universal yang dapat ada untuk mengidentifikasi proposisi semacam itu, komputer yang diminta untuk mendapatkan kebenaran dari proposisi semacam itu akan (kecuali terganggu secara paksa) berlanjut tanpa batas waktu — suatu kondisi yang dikenal sebagai “masalah yang terhenti.” (Lihat mesin Turing.) Keterbatasan lain mencerminkan saat ini. Pikiran manusia terampil mengenali pola spasial – dengan mudah membedakan di antara wajah manusia, misalnya – tetapi ini adalah tugas yang sulit bagi komputer, yang harus memproses informasi secara berurutan, daripada memahami detail secara keseluruhan secara sekilas. Area bermasalah lainnya untuk komputer melibatkan interaksi bahasa alami. Karena begitu banyak pengetahuan umum dan informasi kontekstual diasumsikan dalam komunikasi manusia biasa, para peneliti belum memecahkan masalah memberikan informasi yang relevan untuk program bahasa alami tujuan umum.

Dapatkan langganan Britannica Premium dan dapatkan akses ke konten eksklusif. Berlangganan Sekarang Komputer Analog

Komputer analog menggunakan besaran fisik terus menerus untuk mewakili informasi kuantitatif. Pada awalnya mereka mewakili kuantitas dengan mekanis (lihat differential analyzer dan integrator), tetapi setelah Perang Dunia II tegangan digunakan; Pada 1960-an komputer digital sebagian besar telah menggantikan mereka. Meskipun demikian, komputer analog, dan beberapa sistem digital-analog hibrida, terus digunakan melalui tahun 1960-an dalam tugas-tugas seperti pesawat terbang dan simulasi spaceflight.

Salah satu keuntungan dari perhitungan analog adalah bahwa hal itu mungkin relatif mudah untuk merancang dan membangun komputer analog untuk memecahkan satu masalah. Keuntungan lain adalah bahwa komputer analog sering dapat mewakili dan memecahkan masalah dalam “real time”; Artinya, perhitungan berlangsung pada tingkat yang sama dengan sistem yang dimodelkan olehnya. Kelemahan utama mereka adalah bahwa representasi analog terbatas dalam presisi – biasanya beberapa tempat desimal tetapi lebih sedikit dalam mekanisme yang kompleks – dan perangkat tujuan umum mahal dan tidak mudah diprogram. Komputer digital

Berbeda dengan komputer analog, komputer digital mewakili informasi dalam bentuk diskrit, umumnya sebagai urutan 0s dan 1s (digit biner, atau bit). Era modern komputer digital dimulai pada akhir 1930-an dan awal 1940-an di Amerika Serikat, Inggris, dan Jerman. Perangkat pertama yang digunakan switch dioperasikan oleh elektromagnet (relay). Program mereka disimpan pada pita kertas atau kartu yang dipukul, dan mereka memiliki penyimpanan data internal yang terbatas. Untuk perkembangan sejarah, lihat bagian Penemuan komputer modern. Komputer mainframe

Selama tahun 1950-an dan 60-an, Unisys (pembuat komputer UNIVAC), International Business Machines Corporation (IBM), dan perusahaan lain membuat komputer besar dan mahal dengan meningkatkan daya. Mereka digunakan oleh perusahaan besar dan laboratorium penelitian pemerintah, biasanya sebagai satu-satunya komputer dalam organisasi. Pada tahun 1959 komputer IBM 1401 disewa seharga $ 8.000 per bulan (mesin IBM awal hampir selalu disewa daripada dijual), dan pada tahun 1964 komputer IBM S / 360 terbesar berharga beberapa juta dolar.

Komputer-komputer ini kemudian disebut mainframe, meskipun istilah ini tidak menjadi umum sampai komputer yang lebih kecil dibangun. Komputer mainframe ditandai dengan memiliki (untuk waktu mereka) kemampuan penyimpanan yang besar, komponen cepat, dan kemampuan komputasi yang kuat. Mereka sangat dapat diandalkan, dan, karena mereka sering melayani kebutuhan vital dalam suatu organisasi, mereka kadang-kadang dirancang dengan komponen berlebihan yang memungkinkan mereka bertahan dari kegagalan parsial. Karena mereka adalah sistem yang kompleks, mereka dioperasikan oleh staf programmer sistem, yang sendiri memiliki akses ke komputer. Pengguna lain mengirimkan “pekerjaan batch” untuk dijalankan satu per satu pada mainframe.

Sistem semacam itu tetap penting saat ini, meskipun mereka bukan lagi satu-satunya, atau bahkan primer, sumber daya komputasi sentral organisasi, yang biasanya akan memiliki ratusan atau ribuan komputer pribadi (PC). Mainframe sekarang menyediakan penyimpanan data berkapasitas tinggi untuk server Internet, atau, melalui teknik time-sharing, mereka memungkinkan ratusan atau ribuan pengguna untuk menjalankan program secara bersamaan. Karena peran mereka saat ini, komputer ini sekarang disebut server daripada mainframe.

  • Bagikan