//

Komputer – Wikipedia

  • Bagikan

2Q==

Komputer adalah mesin yang dapat diprogram untuk melakukan urutan operasi aritmatika atau logis secara otomatis. Komputer modern dapat melakukan set generik operasi yang dikenal sebagai program. Program-program ini memungkinkan komputer untuk melakukan berbagai tugas. Sistem komputer adalah komputer “” yang mencakup perangkat keras, sistem operasi (perangkat lunak utama), dan peralatan periferal yang dibutuhkan dan digunakan untuk operasi “penuh”. Istilah ini juga dapat merujuk pada sekelompok komputer yang dihubungkan dan berfungsi bersama, seperti jaringan komputer atau cluster komputer.

Berbagai macam produk industri dan konsumen menggunakan komputer sebagai sistem kontrol. Perangkat tujuan khusus sederhana seperti oven microwave dan remote control disertakan, seperti juga perangkat pabrik seperti robot industri dan desain berbanting komputer, serta perangkat tujuan umum seperti komputer pribadi dan perangkat seluler seperti smartphone. Komputer memberi daya pada Internet, yang menghubungkan miliaran komputer dan pengguna lain.

Komputer awal dimaksudkan untuk digunakan hanya untuk perhitungan. Instrumen manual sederhana seperti sempoa telah membantu orang dalam melakukan perhitungan sejak zaman kuno. Pada awal Revolusi Industri, beberapa perangkat mekanis dibangun untuk mengotomatisasi tugas-tugas membosankan yang panjang, seperti pola panduan untuk alat tenun. Mesin listrik yang lebih canggih melakukan perhitungan analog khusus pada awal abad ke-20. Mesin penghitung elektronik digital pertama dikembangkan selama Perang Dunia II. Transistor semikonduktor pertama pada akhir 1940-an diikuti oleh chip MOSFET (MOS) dan monolitik berbasis silikon pada akhir 1950-an, yang mengarah ke mikroprosesor dan revolusi mikrokomputer pada 1970-an. Kecepatan, kekuatan dan fleksibilitas komputer telah meningkat secara dramatis sejak saat itu, dengan jumlah transistor meningkat dengan cepat (seperti yang diprediksi oleh hukum Moore), yang mengarah ke Revolusi Digital selama akhir abad ke-20 hingga awal abad ke-21.

Secara konvensional, komputer modern terdiri dari setidaknya satu elemen pemrosesan, biasanya unit pemrosesan pusat (CPU) dalam bentuk mikroprosesor, bersama dengan beberapa jenis memori komputer, biasanya chip memori semikonduktor. Elemen pemrosesan melakukan operasi aritmatika dan logis, dan unit sekuensing dan kontrol dapat mengubah urutan operasi dalam menanggapi informasi yang tersimpan. Perangkat periferal termasuk perangkat input (keyboard, mouse, joystick, dll.), Perangkat (layar monitor, printer, dll.), Dan perangkat input / output yang melakukan kedua fungsi (misalnya, layar sentuh era 2000-an). Perangkat periferal memungkinkan informasi diambil dari sumber eksternal dan memungkinkan hasil operasi disimpan dan diambil. Etimologi

Komputer manusia, dengan mikroskop dan kalkulator, 1952

Menurut Oxford English Dictionary,penggunaan komputer pertama yang diketahui adalah dalam sebuah buku tahun 1613 berjudul The Yong Mans Gleanings oleh penulis Inggris Richard Brathwait: “Saya membaca komputer paling benar dari Times, dan Arithmetician terbaik yang menghembuskan nafas, dan dia mengurangi hari-hari Anda menjadi jumlah pendek. “ Penggunaan istilah ini mengacu pada komputer manusia, seseorang yang melakukan perhitungan atau perhitungan. Kata itu berlanjut dengan arti yang sama sampai pertengahan abad ke-20. Selama bagian akhir periode ini, wanita sering dipekerjakan sebagai komputer karena mereka dapat dibayar kurang dari rekan-rekan pria mereka. Pada tahun 1943, sebagian besar komputer manusia adalah perempuan.

Kamus Etimologi Online memberikan penggunaan komputer pertama yang dibuktikan pada 1640-an, yang berarti ‘orang yang menghitung’; ini adalah “agen kata benda dari compute (v.)”. Kamus Etimologi Online menyatakan bahwa penggunaan istilah yang berarti “‘mesin penghitung’ (dari jenis apa pun) berasal dari tahun 1897.” Kamus Etimologi Online menunjukkan bahwa “penggunaan modern” dari istilah tersebut, yang berarti ‘komputer elektronik digital yang dapat diprogram’ berasal dari “1945 dengan nama ini; [dalam] [rasa] teoritis dari tahun 1937, sebagai mesin Turing“. [3] SejarahPre-abad ke-20

Perangkat telah digunakan untuk membantu perhitungan selama ribuan tahun, sebagian besar menggunakan korespondensi satu-ke-satu dengan jari. Perangkat penghitungan paling awal mungkin adalah bentuk penghitungan tongkat. Kemudian pencatatan alat bantu di seluruh Fertile Crescent termasuk kalkulus (bola tanah liat, kerucut, dll) yang mewakili jumlah item, mungkin ternak atau biji-bijian, disegel dalam wadah tanah liat berongga yang tidak dibak. [4] [5] Penggunaan batang penghitungan adalah salah satu contohnya.

Suanpan Cina (算盘). Jumlah yang diwakili pada sempoa ini adalah 6.302.715.408.

Sempoa awalnya digunakan untuk tugas aritmatika. Sempoa Romawi dikembangkan dari perangkat yang digunakan di Babilonia pada awal 2400 SM. Sejak itu, banyak bentuk lain dari papan perhitungan atau tabel telah ditemukan. Di sebuah rumah penghitungan Eropa abad pertengahan, kain kotak-kotak akan ditempatkan di atas meja, dan spidol bergerak di atasnya sesuai dengan aturan tertentu, sebagai bantuan untuk menghitung jumlah uang. [6]

Mekanisme Antikythera diyakini sebagai komputer analog mekanik paling awal, menurut Derek J. de Solla Price. [7] Ini dirancang untuk menghitung posisi astronomi. Ditemukan pada tahun 1901 di bangkai kapal Antikythera di pulau Antikythera, Yunani, antara Kythera dan Kreta, dan telah bertanggal sekitar 100 SM. Perangkat dengan tingkat kompleksitas yang sebanding dengan mekanisme Antikythera tidak akan muncul kembali sampai seribu tahun kemudian.

Banyak alat bantu mekanis untuk perhitungan dan pengukuran dibangun untuk penggunaan astronomi dan navigasi. Planisphere adalah grafik bintang yang ditemukan oleh Abū Rayhān al-Bīrūnī pada awal abad ke-11. Astrolabe ditemukan di dunia Helenistik baik pada abad ke-1 atau ke-2 SM dan sering dikaitkan dengan Hipparchus. Kombinasi dari planisphere dan dioptra, astrolabe secara efektif merupakan komputer analog yang mampu mengerjakan beberapa jenis masalah dalam astronomi bola. Sebuah astrolabe menggabungkan komputer kalender mekanik dan roda gigi ditemukan oleh Abi Bakr dari Isfahan, Persia pada tahun 1235. [11] Abū Rayhān al-Bīrūnī menemukan astrolabe kalender lunisolar mekanis pertama,[12] mesin pengolah pengetahuan kabel tetap awal[13] dengan kereta gigi dan roda gigi,[14] c. 1000 AD.

Sektor ini, instrumen penghitungan yang digunakan untuk memecahkan masalah dalam proporsi, trigonometri, perkalian dan pembagian, dan untuk berbagai fungsi, seperti kotak dan akar kubus, dikembangkan pada akhir abad ke-16 dan menemukan aplikasi dalam penembakan, survei dan navigasi.

Planimeter adalah instrumen manual untuk menghitung luas angka tertutup dengan menelusurinya dengan hubungan mekanis.

Aturan slide ditemukan sekitar 1620-1630 oleh pendeta Inggris William Oughtred, tak lama setelah publikasi konsep logaritma. Ini adalah komputer analog yang dioperasikan dengan tangan untuk melakukan perkalian dan pembagian. Sebagai pengembangan aturan slide berlangsung, skala tambahan disediakan timbal balik, kuadrat dan akar persegi, kubus dan akar kubus, serta fungsi transendental seperti logaritma dan eksponensial, trigonometri melingkar dan hiperbolik dan fungsi lainnya. Aturan slide dengan timbangan khusus masih digunakan untuk kinerja cepat perhitungan rutin, seperti aturan slide melingkar E6B yang digunakan untuk perhitungan waktu dan jarak pada pesawat ringan.

Pada 1770-an, Pierre Jaquet-Droz, seorang pembuat jam Swiss, membangun boneka mekanik (automaton) yang bisa menulis memegang pena pena. Dengan mengubah jumlah dan urutan roda internalnya, huruf yang berbeda, dan karenanya pesan yang berbeda, dapat diproduksi. Akibatnya, bisa secara mekanis “diprogram” untuk membaca instruksi. Bersama dengan dua mesin kompleks lainnya, boneka itu berada di Musée d’Art et d’Histoire of Neuchâtel, Swiss, dan masih beroperasi. [15]

Pada tahun 1831-1835, matematikawan dan insinyur Giovanni Plana merancang mesin Kalender Abadi, yang, meskipun sistem katrol dan silinder dan lebih, dapat memprediksi kalender abadi untuk setiap tahun dari AD 0 (yaitu, 1 SM) sampai 4000 M, melacak tahun kabisat dan panjang hari yang bervariasi. Mesin prediksi pasang yang ditemukan oleh ilmuwan Skotlandia Sir William Thomson pada tahun 1872 sangat berguna untuk navigasi di perairan dangkal. Ini menggunakan sistem katrol dan kabel untuk secara otomatis menghitung tingkat pasang yang diprediksi untuk periode tertentu di lokasi tertentu.

  • Bagikan