Latihan Penalaran Umum UTBK Dan Pembahasannya – Edumaster Les Privat Terbaik Sekolah Internasional

9K=

Latihan penalaran umum UTBK sangat berguna agar memudahkan kita mengerjakan soal dalam tes seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Ada beberapa jenis seleksi yang saat ini berlaku pada SBMPTN. Anda bisa mendapatkan contoh soalnya dari berbagai sumber, termasuk dengan mengikuti bimbingan belajar atau bimbel masuk PTN.

Untuk bisa masuk dan diterima kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN), kita harus mengikuti serangkaian tes seleksi. Saat ini lembaga yang ditunjuk untuk mengurusinya adalah Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Melalui mekanisme yang terpadu di bawah LTMPT inilah materi soal SBMPTN sama untuk semua PTN di seluruh Indonesia.

Ada beberapa kategori tes seleksi SNMPTN. Salah satunya adalah materi tes UTBK. Bahkan soal tes UTBK yang terbaru terdiri dari materi Tes Potensi Skolastik (TPS). Dalam materi TPS tersebut terdapat beberapa bentuk soal, seperti pengetahuan umum, pengetahuan kuantitatif, pemahaman bacaan, dan penalaran umum.

Karena ada banyak kategori materi dalam tes potensi skolastik, pada artikel ini akan diulas salah satu saja dari jenis materi soal tersebut, yakni pengertian penalaran umum, contoh soal dan dan latihannya yang harus Anda lakukan agar siap menghadapi ujian UTBK.Latihan Penalaran Umum UTBK

Sebenarnya apa itu latihan penalaran umum UTBK? Ini merupakan sebuah latihan dalam menghadapi tes penalaran umum pada Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) SNMPTN. Tujuan latihan ini terutama untuk mengukur keterampilan dan pengetahuan anda dalam berbahasa. Contohnya  berkisar sinonim, antonim, dll. Tes penalaran umum juga akan menguji kemampuan logika anda dalam bentuk soal geometri, pola baris, aritmetika, dan lain-lain.

Sedangkan UTBK merupakan singkatan dari ujian tertulis berbasis komputer . Ini adalah sebuah ujian tertulis yang menggunakan sistem komputer dalam proses penilaian dan penyaringan yang diselenggarakan untuk seleksi masuk PTN. Penggunaan UTBK sudah umum terjadi pada berbagai bentuk testing di  lembaga pemerintah atau lembaga publik.

Bagi anda gagal masuk perguruan tinggi negeri lewat jalur SNMPTN masih mempunyai kesempatan yang sama untuk masuk PTN lewat jalur SBMPTN atau ujian seleksi tertulis berbasis komputer SBMPTN. ujian tersebut sudah berlangsung sejak 2019 dan hasilnya terstandar dan kredibel yang dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT).

Baca Juga  SURAT EDARAN MENDIKBUD RISTEK NOMOR 8 TAHUN 2021, BUKTI KEPESERTAAN BPJS KETENAGAKERJAAN MENJADI SYARAT AKREDITASI SEKOLAH DAN SERTIFIKASI GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Peserta yang dapat mengikuti UTBK pada tahun 2021 adalah lulusan SMA/SMK/MA/ Paket C tahun 2019, 2020, dan 2021 dengan usia paling tinggi 25 tahun. Salah satu jenis soal UTBK yang paling populer dan sering muncul pertama kali adalah soal penalaran umum.

Adapun pemberian soal tes penalaran umum pada UTBK bertujuan untuk melakukan seleksi hingga dari hasil ujian dapat dilihat dan dipilih mana saja calon mahasiswa yang diperkirakan bisa menyelesaikan pendidikan tinggi tepat waktu dan baik berdasarkan hasil UTBK.Pengertian Penalaran Umum

Apakah pengertian penalaran umum? Ini merupakan salah satu jenis materi soal pada UTBK. Bagi anda yang hendak menghadapi UTBK perlu mempersiapkan diri dengan baik. Terutama dengan melakukan latihan penalaran umum UTBK supaya nilai yang didapatkan sangat tinggi yang meluluskan anda masuk PTN yang anda cita-citakan.

Tes penalaran umum menjadi soal yang wajib dikuasai oleh para peserta UTBK karena dipastikan ujian semacam ini akan muncul untuk mengukur kemampuan peserta dalam berpikir penalaran yang baik. Kunci untuk bisa menjawab dengan baik soal ini adalah memahami bacaan teks yang diberikan sebelumnya secara teliti dan seksama. Karena soal penalaran umum tak terlepas dari bacaan paragraf yang diberikan pada awal sebelum soal.

Salah satu persiapan yang bisa anda lakukan adalah dengan mempelajari soal-soal Penalaran Umum pada tes UTBK sebelumnya. Sebab soal dan pertanyaan yang keluar dari materi penalaran umum UTBK tahun sekarang akan tak jauh berbeda dari UTBK tahun sebelumnya.

Latihan  penalaran umum UTBK sangat penting supaya para siswa bisa mengetahui karakteristik dan cara penyelesaian dan menjawab yang akurat. Juga agar terbiasa dengan menjawab soal penalaran umum pada UTBK dengan menjawab pertanyaan dengan tepat.

Menjelang UTBK tentu harus ada persiapan yang harus And lakukan jika ingin lolos masuk PTN. Persiapan terutama untuk menghadapi ujian agar bisa menjawab semua soal dengan sangat baik dan benar serta jawaban tepat sesuai waktu yang ditentukan. Salah satu persiapan yang bisa dilakukan adalah meneliti apa saja yang biasa muncul dalam kumpulan soal penalaran umum UTBK tahun sebelumnya.

Baca Juga  JADWAL PENGUMUMAN HASIL SANGGAH PPPK GURU TAHAP 2 TAHUN 2021 DIUNDUR KE JANUARI 2022 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Kategori soal UTBK yang biasanya muncul adalah penalaran umum yang merupakan bagian dari Tes Potensi Skolastik (TPS). Orang yang mempersiapkan UTBK dengan baik akan berbeda hasilnya dengan orang yang tanpa persiapan menghadapi UTBK.

Orang yang melakukan persiapan menghadapi UTBK akan lebih mudah mengikuti ujian tes tertulis berbasis komputer dengan hasil ujian jauh lebih memuaskan dan lebih baik ketimbang tanpa persiapan. Persiapan menghadapi UTBK seperti melakukan latihan penalaran umum UTBK.

Dalam menghadapi UTBK tentu saja perasaan pada setiap peserta ada persamaan yakni gugup dan sebagian lagi tenang. Namun yang paling baik adalah menghadapinya dengan tenang. Dengan cara terlebih dahulu mempersiapkannya secara matang. Dengan melakukan latihan ujian UTBK dengan mengerjakan latihan soal UTBK khususnya dalam materi soal TPS bagian Penalaran Umum.

Salah satu jenis tes terdapat pada UTBK adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) yang terdiri-dari Tes Penalaran Umum. Dilihat dari namanya, jenis tes semacam ini untuk mengetahui kemampuan penalaran umum para peserta ujian. Untuk macam-macam jenis tes penalaran umum antara lain terdiri dari:

  • Pola Gambar
  • Logika
  • Penalaran Matematis
  • Verbal
  • Contoh Soal Penalaran Umum UTBK

    Berbagai persiapan harus dilakukan para siswa dalam menghadapi UTBK. Dari persiapan teknis sampai mempelajari soal-soal materi pada UTBK yang biasa muncul seperti pada kategori soal Penalaran Umum. Jenis tes Penalaran Umum pada TPS merupakan hal yang wajib anda pelajari karena jenis soal materi Penalaran Umum pasti ada pada UTBK.

    Materi Penalaran Umum pada ujian tertulis berbasis komputer pada TPS adalah tipe soal yang memunculkan paragraf bacaan dan teks yang harus dibaca dan dipahami dengan baik. Dengan mengerjakan latihan penalaran umum UTBK, peserta diharapkan bisa menjawab soal dengan baik.

    Materi tes penalaran umum pada UTBK bisa bervariasi. Bukan hanya memunculkan teks tulisan paragraf tapi juga terkadang menampilkan kurva, tabel maupun grafik. Adapun materi Penalaran Umum bisa berhubungan dengan sistem pola gambar, pola bilangan, sebab akibat, aritmetika, dan logika analitik.

    Baca Juga  Buku Sekolah Elektronik (BSE) Kelas 5 (Lima) SD/MI

    Hal pertama yang harus anda lakukan dalam menyelesaikan soal Penalaran Umum pada UTBK adalah dengan membaca teks paragraf yang diberikan. Baca teks paragraf tersebut dengan baik dan pahami tanpa tergesa-gesa.  Kemudian menjawab pertanyaan Penalaran Umum yang diberikan berdasarkan pada pemaparan teks paragraf yang telah dibaca sebelumnya.

    Pada Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) terbaru saat ini hanya menyelenggarakan ujian Tes Potensi Skolastik (TPS). Ini untuk menguji sejauhmana kemampuan kognitif para  peserta.  Untuk jenis tes yang diselenggarakan pada soal TPS adalah materi Penalaran Umum disamping Pengetahuan Kuantitatif, Pengetahuan Umum dan Pemahaman Bacaan.

    Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas dan untuk latihan penalaran umum UTBK, berikut ini contoh soal penalaran umum pada UTBK.

    Susu merupakan jenis minuman yang keberadaannya sangat penting dalam lingkup masyarakat. Minuman susu mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan tubuh manusia. Harga susu  berbeda-beda tergantung jenis susu. Seperti susu sapi, susu kambing dll.

    Susu sapi pun sering dijadikan minuman sehari-hari manusia untuk memperkuat daya tahan tubuh. Di pasaran terdapat berbagai macam susu. Seperti susu sapi murni maupun susu yang telah dimodifikasi dalam kemasan tertentu.

    Setelah membaca paragraf di atas, kita dapat memahami bahwa susu mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Apakah yang menjadi manfaat minum susu ?

    • A.Rasa yang lezat
    • B.Harga murah
    • C.Meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh
    • D.Meningkatkan ekonomi
    • E.Mempercerpat pertumbuhan badan

    Jawaban yang tepat adalah C – Yakni susu bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh manusia.Kumpulan Soal Penalaran Umum UTBK

    Siapa sih yang tidak ingin lulus dalam seleksi UTBK masuk perguruan tinggi negeri? Pastinya setiap peserta berharap dapat lolos dalam seleksi UTBK. Namun untuk lulus SBMPTN diperlukan persiapan matang menghadapi Ujian Tertulis Berbasis Komputer.

    Salah satunya dengan mempelajari kumpulan soal UTBK pada tahun sebelumnya antara tahun 2019, 2020 dan 2021. Anda juga perlu melakukan latihan penalaran umum UTBK, khususnya pada materi ujian yang dinilai lebih mudah dan menarik.