SOAL  

Model Soal Ujian Genetika Gonz 2015

2Q==

Rasanya percuma pula bila pengerjaan soal genetika yang akan dikerjakan ini hanya sekedar mengerjakan tetapi nggak terdapat roh genetikanya 

“kerja hanya mengikuti-follower bukan kerja karena trendsetter ” maksudnya mengerti benar apa yg dikerjakan sebagai akibatnya soal apapun bisa dikerjakan lantaran ada roh genetika. Bagaimana bisa mencapai titik ini. 

Perlu taktik dan mengerti destinasi. OK

Genetika yg ditemukan Gregor Mendell secara kentara dikatakan bahwa buat memulai anda wajib memahami  2 aturan yg selalu harus ada pada genetika yaitu Segregasi dan Assortasi

Segregasi yg diartikan menggunakan pemisahan bebas yang aplikasinya anda harus memahami bahwa gamet yang dibentuk sang individu itu gen pada kromosom atau kromosomnya bisa memisah secara bebas. Jika bahasa pasarnya aku terjemahkan segregasi itu sebelum kawin Lu itu wajib buat gamet dulu & gamet yg terdapat itu dari output kebebasannya sel kelaminmu terbentuk ketika miosis.Jadi dalam genetika Lu harus tahu caranya individu itu membentuk gamet sebelum kawin, bila tidak mampu menentukan gamet dalam pelajaran genetika ini niscaya & diyakini anda nggak ngerti genetika maka aturan segregasi dalam pembentukan gamet mengerti karena gamet atau sel kelamin itu yang akan kawin bukan individunya OK

Yang ke 2 

Assortasi, aturan yg kedua ini adalah gen atau kromosom atau gamet akan bergabung secara bebas merupakan sehabis tadi terbentuk gamet, gamet itu akan berpasangan secara bebas membangun individu baru sebagai keturunannya. apabila bahasa pasarnya aku sebutkan segregasi itu penggabungan bebas untuk menciptakan individu maka Lu wajib bener bener memahami gamet yang terbentuk yang akan nantinya digabungkan apabila gamet yang terbentuk salah dan nggak sanggup bikin gamet nyerah deh apa yg mau digabungkan…. Biasanya eksklusif aja digabungkan si testes dan ovarium individunya membangun keturunan. Itu bagi aku menjijikkan lantaran biji testes digabung dengan ovarium kok bisa jadi anak maka seharusnya yg digabung itu gamet atau sel kelaminnya sehingga jadi anak. 

Misal bunga Merah Mm disilangkan menggunakan bunga merah Mm 

maka keturunannya MmMm 

ini yg aku maksudkan menjijikkan , gak terdapat ruh genetikanya 

1. Segregasi bunga merah Mm —– membentuk gamet M & m ( tadinya diploid (Mm) sebagai haploid gamet M atau gamet m



2. Assortasi ya digabungkan masing 2 gamet tadi —- MM : 2 Mm : mm 

jangan pribadi MmMm …OK



Assortasi lantaran bebas bergabung maka dipastikan muncul probabilitas, maka probabilitas inilah rohnya genetika yg bisa dihitung menggunakan lebih asik OK 

Coba sekarang dilatih ya bagaimana hasilnya artinya probabilitas yang ada yang diarahkan dari soalnya jika individu yang genotifnya demikian itu apa ya itu kesepakatan soalnya OK sukses selalu



SOAL



1.   Pak Maryanto menyilangkan galur murni kacang kapriberbiji bulat warnakuning (BBKK) & biji keriput warna hijau (bbkk).Persilangan dilakukan sampai mendapat keturunan F2 membentuk biji sejumlah3.200 buah. Secara berurutan,jumlah biji bulat rona kuning dan biji keriputwarna hijau adalah. . .

A.   200dan 600         

Baca Juga  Download Buku Sekolah Elektronik (BSE) Kelas 6 (Enam) SD/MI

C.    200 dan 1.200     

P1:        BBKK                   ><          bbkk

                               (bulat,kuning)                 (keriput,hijau)

G :            BK                                         bk

P2: BbKk                     ><          BbKk

G : BK, Bk,bK,bk                   BK,Bk, bK, bk

·        BB:bulat            -KK : kuning

·        Bb:bundar             -Kk : kuning

·        Bb :keriput         – kk :hijau

F2 = bundar kuning :bundar hijau: keriput kuning : keriput hijau

                      9         :               3           :           3                 :          1

               1.800   :                   600       :           600            :          200

Jadi, jumlah bijibulat rona kuning & biji keriput warna hijau merupakan 1.800 dan 200.

dua.      Pada penyilangan bunga Linaria maroccana bunganmerah (Aabb) dengan bunga putih(aaBB) menghasilkan bunga ungu (AaBb). 



ApabilaF1 disilangkan menggunakan bungan merah (Aabb), berapakah rasio fenotip F2nya antaraungu : putih : merah?

C.    6 : dua :8                   

P1    =            Aabb(merah)    ><          aaBB(putih)

G     =            Ab                                         aB

F1    =            AaBb(ungu)

P2    =            AbBb(ungu)      ><          Aabb(merah)

G     =            AB,Ab,aB,ab                      Ab,ab

F2    =            ungu     :              putih    :              merah

                                   tiga                               dua                             3

3.   Disilangkan flora mangga bundar cantik (BBMM)denganbuah oval manis (bbMm). Hasil persilangannya adalah. . .

A.    100persenbulatmanis                                                                 

B.     50persenbulat anggun : 50% oval pahit

C.     75persenbundar manis : 25% oval anggun 

E.     50persenbulat cantik : 50% oval manis

P      :   BBMM(bulatmanis)                      ><          bbMm(lonjongmanis)

G     :           BM                                                                        bM,bm

F      :  BbMM(bundar manis) & BbMm (bundar anggun)

Dari persilangandiatas tampakbahwa seluruh keturunannya berfenotip bundar manis.

4.  Pada suatu wilayah dengan 10.000 penduduk,masih ada 4% warga albino, maka perbandingan jumlah orang yg berkulit normalhomozigot danheterozigot secara berurutan merupakan. . .

A.       6.400dan1.600                                                                     

B.       6.400dan3.200                                                                   

Jumlah penduduk=10.000                         

Penduduk normalHeterozigot(AA) dan heterozigot (Aa).

Frekuensi gen a=  =    = 0.2

keseimbanganfrekuensi gen : A+ a = 1 maka A = 1 – 0,2 = 0,8

keseimbanganfrekuensi genotip : A² + 2Aa + a² =1

Maka :Jumlah penduduk normal homozigot (AA) : (0,8)²  x 10.000 = 6.400

Jumlahpenduduk normal heterozigot (Aa) : 2 x (0,8) x (0,dua) x 10.000 = 3.200




ATAVISME

lima. Interaksi antara 2 pasang gen yangmengendalikankarakter bentuk pial ayam, dilambangkan menggunakan 

  • R_P_ buat ayamberpial walnut,
  • R_pp buat ayam berpial rose
  • rrP_ buat ayam berpial pea
  • rrpp buat ayamberpial single


Persilangan antara ayam berpial walnut danberpial peamenghasilkan keturunanwalnut & rose dengan rasio 3 : 1.Berdasarkan hasilpersilangan di atas, genotip induknya adalah. . .

Baca Juga  Download Buku Sekolah Elektronik (BSE) Kelas 12 (Dua Belas) SMA/MA

A.   RRPP xrrPP                                                            

B.    RRPp xrrPp