Negeri Dongeng Blitar, Destinasi Wisata Hits untuk Liburan Keluarga

Negeri Dongeng Ponggok Blitar

Harga Tiket: Rp 7.500, Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Kawedusan, Kawedusan, Kec. Ponggok, Kab. Blitar, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Kota Blitar memiliki beberapa daerah dengan potensi wisata yang indah dan menakjubkan. Namun, keindahan tersebut tidak hanya berasal dari alamnya saja. Beberapa destinasi wisata modern yang populer seperti Negeri Dongeng Ponggok pun memiliki keunikan tersendiri sehingga sangat diminati oleh para wisatawan. Pengunjung lokasi wisata ini semakin bertambah banyak setiap harinya.

Tempat liburan yang masih baru ini memiliki berbagai macam spot foto menarik di dalamnya. Destinasi ini menghadirkan banyak miniatur bangunan dari ikon setiap negara yang unik dan keren. Anda dapat berfoto di sekitar Menara Eiffel ataupun Piramida dalam bentuk mini. Ketika berkeliling di area wisata ini, Anda akan merasakan nuansa menjelajah dunia pada negeri dongeng sungguhan.

Perlu diketahui, bahwa kawasan wisata ini didirikan karena ide dari pemiliknya sendiri yang senang mengunjungi beberapa negara. Wisata ini dibangun dengan tujuan memberikan banyak pengetahuan bagi anak-anak yang berkunjung kesana. Anak-anak serta pengunjung lainnya dapat melakukan wisata edukasi dengan mempelajari nama dari bangunan-bangunan bersejarah dalam setiap negara.

Daya Tarik yang Dimiliki Negeri Dongeng Ponggok

Daya Tarik Negeri Dongeng Ponggok
Image Credit: Facebook Moh Kanafi

1. Perkebunan Belimbing

Negeri Dongeng Ponggok tidak hanya terkenal karena berbagai miniatur sebagai spot fotonya. Sebagian wisatawan tertarik karena perkebunan belimbing di dalam area wisata yang asri dan sejuk. Anda dapat duduk santai dibawah pohon sambil menikmati keindahan alam di sekitarnya.

Tidak sedikit pula wisatawan yang mengambil foto saat mengelilingi kebun belimbing. Anda bahkan diperbolehkan untuk memetik buah belimbing yang sedang tumbuh disana. Sebaiknya Anda melakukan wisata bersama keluarga untuk mempererat hubungan dengan makan bersama ataupun berbincang dibawah pohon belimbing.

Udara segar yang dihirup serta angin sepoi-sepoi di sekitar kebun akan membuat siapapun nyaman ketika berdiam diri disana. Kebun belimbing ini dapat menjadi background foto terbaik saat Anda mengunjungi destinasi wisata tersebut.

2. Wahana Karpet Aladdin

Banyak wisatawan yang ingin merasakan sebuah wahana paling menarik dan menegangkan di Negeri Dongeng ini. Anda dapat menaiki sebuah karpet terbang untuk pengambilan foto yang luar biasa. Anda akan merasakan sensasi duduk diatas karpet dengan posisi melayang di udara. Kegiatan berfoto ini cukup memicu adrenalin para wisatawan.

Selain itu, ketika Anda berfoto diatas karpet ini akan mendapatkan latar belakang yang sangat indah. Pemandangan dari Gunung Pegat serta luasnya persawahan akan menjadi background utama foto tersebut.

Para wisatawan pun rela mengantri hanya untuk menikmati spot foto bernama Karpet Aladdin ini. Saat berfoto di karpet ini, Anda dapat melihat wisatawan lainnya yang sedang melakukan olahraga paralayang di Gunung Pegat.

3. Tersedia Kolam Renang Menarik

Negeri Dongeng Ponggok menjadi semakin populer ketika pemiliknya membangun sebuah kolam renang di area wisata. Liburan akan terasa sempurna ketika Anda dapat berkeliling sambil berfoto keren, melihat keindahan alam, hingga berenang di kolam.

Anda akan merasakan segarnya kolam setelah berpanas-panasan berfoto pada berbagai macam miniatur. Kolam ini memiliki air yang bersih dan terawat, serta terdiri dari dua tempat renang yakni untuk anak-anak ataupun kalangan dewasa.

Fasilitas dalam kolam renang pun cukup lengkap serta menggunakan desain terbaik yang semakin menarik perhatian wisatawan. Daya tarik yang cukup banyak ini menjadikan destinasi wisata cocok untuk dikunjungi banyak keluarga.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Negeri Dongeng Ponggok
Image Credit: Google Mapas Agus Wijaya

Negeri Dongeng berada dalam sebuah daerah di Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur. Daerah tersebut bernama Desa Kawedusan, Kecamatan Ponggok. Bagi Anda yang ingin mengunjunginya, dapat memulai perjalanan dari pusat Kota Blitar. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum menuju destinasi wisata dalam waktu 18 menit dengan jarak 11 kilometer.

Bagi Anda yang berasal dari luar daerah, dapat memulai perjalanan menggunakan kereta menuju Stasiun Blitar. Setelah sampai, Anda dapat berjalan sekitar 15 menit menuju pusat kota. Kemudian, Anda dapat menggunakan kendaraan online untuk lebih cepat sampai ke destinasi wisata.

Jika Anda menggunakan mobil ataupun motor, arahkan kendaraan menuju daerah Srengat terlebih dahulu. Ambil sebuah jalan dengan jalur yang menuju ke arah Kediri. Ketika Anda sampai pada sebuah perempatan di Poluhan, belokkan mobil ke bagian kiri dengan tujuan Jalan Raya Kawedusan.

Lanjutkan kembali perjalanan menuju daerah Pare yang hanya berjarak satu kilometer dari Negeri Dongeng. Dengan mengemudikan kendaraan dalam beberapa menit saja, Anda akan segera menemukan objek wisata.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Negeri Dongeng Ponggok
Image Credit: Facebook Moh KanafiĀ 

Biaya untuk berwisata di Negeri Dongeng ini terbilang murah karena memiliki harga tiket masuk sekitar 7.500 rupiah saja. Sedangkan jika Anda berkunjung saat weekend, biaya masuk sedikit bertambah menjadi 10.000 rupiah.

Harga ini belum termasuk menikmati spot foto karpet Aladdin karena harus membayar kembali sebesar 15.000 rupiah. Untuk biaya parkirnya sendiri yaitu 2000 rupiah untuk kendaraan roda dua. Namun biaya parkir akan bertambah menjadi 5000 rupiah jika Anda berkunjung dengan menggunakan mobil.

Harga masuk yang telah ditentukan tersebut sangat murah dan membuat Anda puas selama berlibur disana. Hal itu dikarenakan Anda dapat menikmati seluruh wahana selama seharian penuh dari pukul 08.00 pagi hingga 18.00 sore.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Negeri Dongeng

Aktivitas Di Negeri Dongeng
Image Credit: Instagram ainun nafisa

1. Menikmati Pemandangan Gunung

Kegiatan menarik yang hanya dapat Anda lakukan di Negeri Dongeng diantaranya yaitu menikmati suasana asri serta pemandangan dari Gunung Pegat. Anda bahkan dapat melihat pemandangan serta aktivitas Paralayang secara bersamaan. Banyak wisatawan yang sengaja duduk lesehan untuk merasakan suasana pedesaan tersebut.

Para wisatawan yang berkunjung akan merasa betah dan ingin terus menikmati suasana asri dan tenang ini. Anda dapat memandangi gunung sambil mencicipi bekal makanan bersama keluarga. Posisi Gunung Pegat yang menjulang tinggi memberikan ruang bagi tanaman yang berada di dataran rendah untuk menambah keindahan di sekitarnya.

2. Selfie Keren di Spot Foto Terbaik

Ketika berkunjung ke destinasi hits di Kota Blitar, Anda wajib melakukan selfie karena banyaknya spot foto menarik untuk dicoba. Pertama, Anda dapat mencoba berfoto di lokasi Rumah Terbalik dengan pemandangan furniture yang berada di bagian atap ruangan. Hasil foto pun terlihat lebih keren dimana posisi Anda menggantung pada rumah tersebut.

Beberapa miniatur seperti Menara Eiffel, Candi Borobudur, Monas, hingga Piramida dihadirkan pada destinasi wisata ini. Bahkan, terdapat Kincir Angin khas Belanda yang menjadikan foto terlihat estetik dan menarik. Keindahan miniatur menjadikan liburan Anda terasa menyenangkan karena dapat mengelilingi dunia dalam sebuah Negeri Dongeng.

Aktivitas Menarik Di Negeri Dongeng
Image Credit: Instagram Kiandra K.S

3. Bersantai di Hammock

Kegiatan menarik lainnya yakni bersantai pada sebuah Hammock sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Tersedia beberapa Hammock yang telah dipasang oleh pemilik destinasi wisata dalam kebun belimbing. Anda dapat beristirahat dengan tenang di Hammock tersebut setelah lelah berkeliling wahana di dalamnya.

Selain itu, Hammock ini biasa digunakan orangtua ketika menunggu anak-anaknya berenang ataupun bermain di wahana. Anda tidak akan merasa bosan selama menunggu di Hammock karena dapat melihat banyak pemandangan alam. Orangtua dan anak pun sama-sama dapat menikmati liburan dengan nyaman.

4. Mencoba Wahana Sky Bike

Olahraga yang satu ini menjadi kegiatan menarik yang wajib Anda coba di Negeri Dongeng. Namun, Anda harus memiliki jiwa pemberani serta tidak takut dengan aktivitas pemicu adrenalin ketika akan mencoba Sky Bike ini. Anda akan merasakan sensasi bersepeda secara melayang di udara.

Sky Bike atau sepeda langit ini banyak diminati oleh berbagai kalangan wisatawan yang berkunjung kesana. Anda dapat mengambil foto keren saat melakukan Sky Bike tersebut dengan background langit cerah serta pemandangan yang menakjubkan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Di Kawasan Negeri Dongeng Ponggok
Image Credit: Google Maps Rizka desmasanti

Negeri Dongeng memiliki fasilitas lengkap dan memadai dengan tersedianya toilet, tempat ibadah, serta warung yang menjual berbagai makanan dan minuman. Hal tersebut memudahkan para wisatawan yang berasal dari luar daerah agar dapat menikmati liburan dengan nyaman. Area parkir yang luas pun akan menjaga kendaraan Anda dengan aman selama berwisata disana.

Fasilitas pendukung lainnya yaitu tersedia kolam renang, wahana bermain anak atau Playground, serta bianglala yang sangat disukai oleh para wisatawan. Kehadiran beberapa spot foto pun sangat memuaskan para pengunjungnya. Anda dapat menikmati wisata alam dan air secara sekaligus di Negeri Dongeng ini.

Destinasi ini memiliki beberapa gazebo yang disediakan khusus bagi para wisatawan untuk menghilangkan penat dan lelah karena jauhnya perjalanan menuju lokasi wisata. Anda dapat makan bersama serta berfoto bersama keluarga di Gazebo tersebut. Makan dengan suasana asri pedesaan tentunya menjadikan liburan Anda memiliki pengalaman yang berbeda.

Itulah penjelasan dari wisata Negeri Dongeng Ponggok yang dapat Anda kunjungi saat berada di Kota Blitar dan sekitarnya. Berwisata disini tentunya sangat menguntungkan Anda karena dapat menikmati berbagai wahana dengan biaya murah. Foto-foto keren yang Anda peroleh selama berwisata pun dapat dibagikan di sosial media dan menambah kepopuleran destinasi tersebut.

Baca Juga  Bukit Jamur Ciwidey, Objek Wisata Alam Hits dengan Nuansa Romantis di Bandung