//

Pantai Kedung Tumpang, Pesona Pantai Indah & Karang Eksotis di Tulungagung

  • Bagikan
Pantai Kedung Tumpang

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pucanglaban, Kec. Pucang Laban, Kab. Tulungagung, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Kedung Tumpang adalah pantai indah yang berada di timur Pulau Jawa, tepatnya di Kabupaten Tulungagung. Pantai ini terbentuk dari gugusan karang yang memiliki beberapa laguna atau kolam-kolam yang terbentuk secara alamiah akibat proses dari alam.

Pantai ini memiliki banyak keindahan yang membuat para wisatawan berbondong-bondong datang kesana. Bentuk laguna yang mempesona, airnya yang bening dan bersih sehingga kita bisa berenang di sana, karang yang penuh dengan lumut berwarna hijau, serta masih banyak lagi keindahan lain yang terdapat di sana.

Tak hanya itu saja, terdapat beberapa fasilitas yang di sediakan untuk menunjang kegiatan para wisatawan. Walaupun akses untuk kesana lumayan susah, namun semua perjuangan kita untuk menuju kesana akan terbayar dengan keindahan yang ada di sana.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kedung Tumpang

Daya Tarik Pantai Kedung Tumpang
Image Credit: Google Maps Johan Nur Cahyo

Tak hanya Pulau Lombok dan Bali saja, Pulau Jawa juga memiliki banyak destinasi pantai yang tak kalah indah. Pantai Kedung Tumpang salah satunya. Pulau ini memiliki daya tarik tersendiri yang tak dimiliki oleh pantai-pantai lain di sekitar sana. Apalagi bagi para pecinta fotografi, tentu pantai cantik ini dapat memberikan sisi menarik dan keunikannya sendiri.

1. Bentuk Pantai

Salah satu daya tarik yang di miliki oleh pantai ini adalah bentuk pantainya yang terbentuk dari gugusan karang yang memiliki beberapa kolam atau biasa disebut laguna, yang terbentuk secara alamiah karena proses dari alam.

2. Karang

Daya tarik dari pantai ini yang selanjutnya adalah karangnya. Di pantai ini tersebar karang laut yang berukuran besar-besar dan dapat menahan derasnya ombak pantai. Letaknya dekat dengan pesisir pantai, karang ini sangat menawan, dengan genangan air di dalamnya yang berwarna biru jernih.

3. Tebing

Di Pantai Kedung Tumpang juga terdapat tebing-tebing tinggi yang sangat menantang tetapi tetap bisa didaki oleh para wisatawan. Bila kita kesana, jangan lupa untuk menikmati sensasi melihat keindahan pantai dari atas tebing. Jika kita ingin menaiki tebing, pastikan untuk menggunakan sepatu dan pakaian yang bisa mendukung kita untuk dapat mendaki tebing, karena medan di sana cukup menantang dan juga terjal.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Kedung Tumpang
Image Credit: Google Maps Sigit Noviantono

4. Spot Foto

Banyaknya keindahan alam yang ada di sana, bisa kita gunakan sebagai objek berfoto. Seperti berfoto di indahnya laguna yang ada di sana, tebing-tebing yang menjulang tinggi dan masih banyak lagi yang bisa digunakan sebagai spot foto menarik.

5. Pemandangan Sunset dan Sunrise yang Menarik

Melihat keindahan terbit hingga tenggelamnya mentari merupakan tujuan utama sebagian wisatawan jika berkunjung ke pantai. Bagaimana tidak, pantai merupakan tempat yang terbaik untuk kita melihat sunrise dan sunset. Sama halnya seperti di Pantai Kedung Tumpang ini, bedanya dari tempat lain, kita bisa menikmati sensasi melihat indahnya sunrise dan sunset yang mempesona langsung dari atas tebing.

6. Adanya Beberapa Kolam Alami

Ada beberapa kolam yang terbentuk secara alami di sana. Letaknya berada di permukaan karang atau biasa disebut laguna. Airnya yang memiliki warna hijau semu-semu biru dengan gradasi kuning bila kita lihat dari bagian atas tebing pada waktu-waktu tertentu. Bentuk laguna yang berbeda-beda dan tidak beraturan menjadikannya daya tarik tersendiri dari pantai ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Kedung Tumpang
Image Credit: Google Maps alexandra ca

Pantai Kedung Tumpang berlokasi di Tulungagung, tepatnya di Kecamatan Pacunglaba, Desa Pacunglaba, Jawa Timur. Akses untuk menuju pantai ini cukup sulit dan rumit, ditambah lagi dengan jalannya yang terjal, masih belum mulus.

Lebih mudah kita lewat Jalan Pesantren menuju ke Jalan Kalidawir sampai Panjerejo lalu belok kiri. Bila kita menemukan sebuah rumah sakit di simpangan jalan, ikuti saja jalan yang lurus sejauh kurang lebih 2 kilometer, lalu belok kanan melewati tempat pengisian bensin di sebelah kiri jalan.

Perjalanan dilanjutkan sejauh kurang lebih 1,5 kilometer menuju ke Jalan Demuk. Kita akan melewati jalan berkelok-kelok dengan medan dan tanjakan yang lumayan terjal. Setelah itu lanjutkan perjalanan sejauh kurang lebih 21 kilometer, ikuti petunjuk yang ada di sekitar wilayah itu. Nanti, kita akan tiba di tempat parkir dan terakhir kita cukup lanjutkan dengan berjalan untuk sampai ke lokasi tujuan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Kedung Tumpang
Image Credit: Google Maps Antonius Joseph

Jika kita kesana pada hari biasa, kita bisa masuk tanpa di pungut biaya karena tidak ada petugas penjaga di sana. Tetapi, jika kita kesana pada waktu weekend atau hari-hari libur nasional, kita akan dikenakan biaya parkir dan tiket masuk karena ada petugas yang berjaga di sana.

Untuk tiket masuk sendiri, kita harus membayar uang sebesar Rp 5.000,- per orang. Sementara untuk parkirnya berbeda harga. Untuk motor sendiri kita harus membayar Rp 3.000,- sementara untuk mobil kita harus membayar Rp 5.000,-.

Pantai ini memiliki pengelolaan yang belum baik, sehingga petugas penjaga yang berjaga di sana tidak setiap hari menjaga, hanya ada saat hari libur atau weekend saja. Jadi, para pengunjung bisa kesana dengan leluasa tanpa membayar ketika hari biasa.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Kedung Tumpang

Aktivitas di Pantai Kedung Tumpang
Image Credit: Google Maps Sentot Alibasah

1. Menikmati Pemandangan Pantai

Salah satu hal menarik yang pasti dilakukan jika kita berkunjung ke pantai tentu saja adalah menikmati keindahan alamnya. Apalagi, di pantai ini memiliki keindahan alam yang tak bisa kita dapatkan di pantai lain.

Banyak tebing-tebing tinggi, yang bisa kita daki untuk melihat keindahan pantai pada saat sunset dan sunrise. Karang-karang, beberapa laguna, air laut yang jernih serta masih banyak lagi.

2. Mengambil Foto

Rugi rasanya jika kita ke sana hanya melihat-lihat pemandangannya saja, tapi tak mengabadikannya lewat kamera. Karena indahnya pemandangan di sana sangat sayang bila ti diabadikan dengan lensa kamera.

Aktivitas Menarik di Pantai Kedung Tumpang
Image Credit: Google Maps candra wijaya

3. Berenang

Hal menarik selanjutnya yang tak boleh kita lewatkan bila berkunjung ke Pantai Kedung Tumpang adalah berenang. Di Kedung Tumpang, kita bisa berenang di kolam alaminya atau laguna. Kita akan merasakan sensasi berenang di kolam renang milik pribadi dengan pemandangan yang indah menuju ke laut lepas.

Namun, kita hanya dibolehkan berenang ketika air sedang dalam keadaan surut saja yaitu pada waktu hari masih pagi, selain itu kita tidak dibolehkan untuk berenang.

4. Bersantai

Selain menikmati pemandangan alam yang ada, pantai memang menjadi tempat yang tepat untuk bersantai. Pemandangan alam indah yang disuguhkan, suasana yang tenang dan damai, serta udara yang sejuk dan semilir angin dari pantai tentu perpaduan yang pas untuk kita bersantai sekedar melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

Penginapan Terdekat

Penginapan Terdekat Pantai Kedung Tumpang
Image Credit: Google Maps OYO Life 2508 Alba Suites Homestay

1. Homestay Pak Kentong

Salah satu penginapan yang dekat dengan Pantai Kedung Tumpang yang pertama adalah Homestay Pak Kentong, Banyak wisatawan yang memilih menginap di sana karena akomodasinya yang lumayan dan nyaman. Bangunan dari penginapan ini didesain modern, lahan parkirnya lumayan luas, serta harganya yang tidak terlalu menguras kantong.

2. Homestay Bu Efy

Penginapan ini sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang memiliki keluarga kecil, karena daya tampung di sana lumayan serta fasilitas yang memadai. Jika ingin bermalam di sana, pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp 200.000,- per malam. Penginapan yang sangat recommended, cukup murah, tidak menguras kantong kita.

3. Alba Suites Homestay

Penginapan terakhir yang direkomendasikan adalah Alba Suites. Penginapan ini terkenal dengan penginapan yang bersih dengan biaya sewa yang terjangkau. Kita hanya perlu membayar tarif sewa sebesar Rp 150.000,- per malam ditambah biaya Rp 75.000,- untuk kasur extra. Selain harga yang terbilang bersahabat, fasilitas yang disediakan juga memadai.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Pantai Kedung Tumpang
Image Credit: Google Maps Jaim- Production.com

Tentunya sebagai tempat wisata, keberadaan fasilitas tentu sangat penting untuk menunjang kegiatan wisatawan. Begitu pula fasilitas di Pantai Kedung Tumpang ini, sayangnya karena pengelolaan pantai ini belum baik, jadi fasilitasnya juga terbatas.

Di pantai ini, hanya tersedia beberapa fasilitas umum dan beberapa fasilitas penunjang. Untuk fasilitas umumnya sendiri hanya ada beberapa warung makan, lahan parkir serta toilet. Ada juga tempat duduk tapi tidak terlalu banyak. Sementara untuk fasilitas pendukungnya, terdapat beberapa area spot foto dan objek foto yang di sediakan.

Seperti beberapa kolam yang terbentuk karena proses alam atau biasa disebut laguna, tebing-tebing tinggi yang semua itu bisa kita gunakan sebagai spot foto yang apik. Serta ada peralatan keamanan yang disediakan untuk wisatawan yang ingin melakukan pendakian ke tebing.

Demikian ulasan singkat mengenai Pantai Kedung Tumpang di Tulungagung. Indahnya pemandangan alam yang ada disana, banyak tersedianya spot foto dan obyek foto, serta suasana yang tenang dan damai, tentu sangat cocok bila dijadikan tempat untuk berakhir pekan bersama keluarga. Memang jalur yang dilalui lumayan sulit, namun semua akan terbayar dengan indahnya pemandangan alam yang ada di sana.

  • Bagikan