//

Puncak Watu Jengger, Spot Camping Seru & Panorama Sunset di Mojokerto

  • Bagikan
Puncak Watu Jengger Mojokerto

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Hutan, Kec. Jatirejo, Kab. Mojokerto, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Mojokerto menjadi salah satu Kota yang mempunyai destinasi wisata cukup lengkap, salah satunya yaitu Puncak Watu Jengger. Letaknya berada di Taman Hutan Raya Raden Soerjo yang menyajikan pemandangan alam dari atas, tentu saja anda harus mencapai puncak tertinggi agar bisa menikmatinya. Pada kondisi tertentu, anda bisa melihat hiasan kabut yang menyelimuti hampir setiap bagian dari tempat tersebut.

Cocok untuk pendaki pemula, puncak yang berada di desa Nawangan ini tidaklah terlalu tinggi, hanya sekitar 1100 meter diatas permukaan laut. Meskipun demikian, jangan pernah menyepelekan keindahan alam yang disajikan. Selain itu, udaranya masih segar karena jauh dari pemukiman serta lokasi pabrik. Berbagai pepohonan juga menghiasi lokasi terebut, baik yang besar maupun hanya berupa tanaman yang siap menemani perjalanan anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Puncak Watu Jengger

Daya Tarik Puncak Watu Jengger
Image Credit: Google Maps Fxproo Go

Tidak jauh berbeda dengan spot wisata lain yang berupa perbukitan atau pegunungan, daya tarik utamanya dari pemandangan yang indah serta bentangan alam berupa pepohonan. Anda bisa melihat nuansa hijau dari atas Puncak Watu Jengger yang diselimuti kabut tebal maupun tipis, sesuai dengan kondisi cuaca saat itu.

Selain itu, pastinya anda menyukai petualangan jika sudah menentukan pilihan untuk mengunjungi spot yang satu ini. Petualangan dan perjalanan itulah yang bisa menjadi daya tarik tambahan. Perjalanan yang dilakukan tidak mudah, lereng terjal dan licin siap menyapa anda. Bagi yang suka tantangan, hal ini justru mengasyikkan dan menjadi kelebihan tersendiri.

Bagi masyarakat kota, suhu bisa menjadi daya tarik lainnya. Ya, jauh seperti yang ada di perkotaan, anda bisa merasakan suhu dan hawa sejuk, walaupun masih berada di kaki bukit. Suhu udara yang jauh dari polusi bisa menjaga kesehatan, selain itu juga bisa menenangkan pikiran. Oleh sebab itu, aktivitas pendakian bisa menjadi saranan untuk refreshing dari kepenatan dan kesibukan sehari-hari, terutama dari tekanan pekerjaan.

Dari kaki bukit hingga menuju lokasi, dibutuhkan waktu setidaknya 2 jam bagi pendaki pemula. Untuk pendaki profesional mungkin agak sedikit cepat, kemungkinan bisa sampai hanya dalam waktu 1.5 jam saja. Meskipun demikian, sebaiknya anda perlu berhati-hati dan tetap mengutamakan keselamatan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Puncak Watu Jengger
Image Credit: Google Maps yoyo sutriyo

Tidak susah menemukan lokasi dari Puncak Watu Jengger, anda bisa langsung menuju ke desa Nawangan, Tawangrejo, Mojokerto Jawa Timur. Untuk bisa sampai kesana, anda pastikan dulu anda berada di Kota Mojokerto, atau setidaknya berada di stasiun Miji. Sesampainya di sana, silahkan naik kendaraan dengan menggunakan ojek online jika memang anda datang menggunakan Bus. Jaraknya lumayan, sekitar 25km untuk bisa sampai ke lokasi basecamp.

Bagi yang membawa kendaraan sendiri, baik roda dua maupun roda empat, ambil jalur Jatirejo yang menuju ke Wonosalam. Ada persimpangan di sana, namanya Desa Lebak, lanjutkan perjalanan hingga sampai ke desa Nawangan. Sesampainya di sana, anda masih belum berada di lokasi pendakian, masih ada perjalanan yang harus dilakukan. Silahkan ikuti papan atau rambu petunjuk yang tersedia. Jalannya beraspal, namun kebanyakan rusak, jadi anda harus ekstra hati-hati.

Setelah sampai di sana, anda bisa mengambil rute pendakian melewati pos yang sudah disediakan. Hingga saat ini, terdapat tiga pos yang terhitung mulai dari basecamp hingga sampai ke puncak bukit. Anda bisa istirahat di pos tersebut jika merasa lelah atau sekedar mengisi ulang tenaga.

Pastikan anda mengurus SIMAKSI sebagai syarat utama untuk mendaki. Kebanyakan pendaki melupakan surat izin yang satu ini karena dianggap tidak terlalu penting. Padahal justru sebaliknya, perizinan resmi ini menjadi sangat penting dan digunakan sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu ada hal yang tidak diinginkan selama perjalanan mendaki.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Puncak Watu Jengger
Image Credit: Google Maps Dicky Candra

Bukan hanya sekedar pendakian, namun tetap diolah dan ada pengurusnya. Oleh sebab itu, anda diwajibkan membayar tiket masuk terlebih dahulu sebelum mendaki. Cukup murah untuk sensasi dan manfaat yang anda dapatkan, hanya 10.000 rupiah per orang. sedangkan untuk kendaraan berbeda lagi, parkir motor sebesar 5000 rupiah dan mobil 10.000 rupiah.

Ada hal menarik yang harus anda ketahui, jika kembali dengan membawa botol bekas minuman atau makanan, petugas akan memberikan stiker khusus Bukit Jengger. Hal ini bertujuan untuk kampanye kebersihan dan mencintai alam sekitar dengan membuang sampah pada tempatnya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Watu Jengger

Aktivitas Menarik Watu Jengger
Image Credit: Google Maps momo denah

Adapun aktivitas yang menarik dilakukan selama perjalanan atau ketika sampai di lokasi Puncak Watu Jengger. Memang tidak banyak karena bukan merupakan Wahana atau tempat bermain lainnya. Namun beberapa aktivitas berikut sudah bisa membuat anda tertarik untuk segera mengunjunginya!

1. Pendakian

Jelas sekali bahwa aktivitas menarik yang pertama yaitu mendaki, karena memang itulah tujuan anda datang ke lokasi. Bukan hanya pendakian biasa, banyak panorama indah yang siap menemani perjalanan anda.

Proses pendakian sebaiknya diatur sesuai tujuan ketika berada di puncak bukit. Namun ada baiknya jika anda melakukannya pada pagi atau sore hari ketika udara sedang tidak panas. Pendakian di malam hari tidak begitu disarankan, karena jalan yang harus dilalui tidaklah mudah. Tanah gembur dan licin siap menghentikan langkah anda jika tidak berhati-hati.

2. Melihat Matahari Terbit atau Terbenam

Selain dari pantai, keindahan matahari terbit maupun terbenam bisa anda nikmati dari ketinggian puncak Watu Jengger. Bahasa keren nya Sunrise dan Sunset, anda bisa menikmatinya dengan udara sejuk dan menyegarkan, pastinya dingin. Namun kehangatan begitu terasa perlahan jika matahari sedikit naik, itulah sensasi yang tidak bisa anda dapatkan dari tempat lain.

3. Melihat Keindahan Landscape Kota Mojokerto

Dimana lagi kalau bukan dari tempat ketinggian untuk mendapatkan pemandangan landscape kota Mojokerto dan sekitarnya? Pemandangan lebih indah ketika berbagai gunung menghiasi daerah sekitar spot. Terlebih jika di malam hari, ada keunikan tersendiri dari banyaknya lampu penerangan dari warga sekitar yang terlihat seolah-olah anda sedang dikelilingi oleh lilin kecil.

Aktivitas Menarik di Watu Jengger
Image Credit: Google Maps Nurhadi Cahyono

4. Camping

Setidaknya anda menginap selama satu hari dari semua total perjalanan tersebut bukan? Maka dari itu, aktivitas yang cocok dan menyenangkan yaitu camping, baik dengan keluarga atau sahabat. Jangan khawatir jika anda tidak membawa tenda, ada tempat penyewaan tersendiri yang disediakan. Kebanyakan dari penduduk sekitar, lengkap dengan peralatan memasak jika anda membutuhkannya.

5. Outbound

Berikutnya, anda bisa melakukan aktivitas yang tidak kalah seru dari semuanya diatas, yaitu Outbound. Anda bisa membuat rangkaian acara seperti jelajah desa, jerit malam, juga permainan lain yang memerlukan kerja sama tim. Namun untuk melakukan kegiatan ini, dibutuhkan banyak peserta pendaki. Silahkan bergabung dengan pendaki lain jika perlu.

6. Hunting Foto

Tidak lengkap rasanya jika tidak memasukkan selfie sebagai aktivitas menarik di Puncak Watu Jengger. Banyaknya spot liar menjadi daya tarik tersendiri, seperti pepohonan, pemandangan dari atas, hingga alam berbalut kabut. Pastikan anda mendapatkan spot menarik dan unik untuk dijadikan posting di media sosial.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Puncak Watu Jengger
Image Credit: Google Maps Lailatus Shoimah

Fasilitas yang disediakan di kawasan Puncak Watu Jengger tergolong minim, namun bisa dikatakan wajar untuk wisata atau spot pendakian. Selain tempat parkir yang aman, terdapat mushola yang ada di area pemukiman warga. Untuk warung makanan juga ada ketika anda baru tiba di lokasi, atau sebelum melakukan pendakian. Oleh sebab itu, baiknya bawa bekal dari bawah, terutama minuman selama kegiatan mendaki.

Adapun fasilitas penginapan yang letaknya cukup jauh dari lokasi pendakian, yaitu di Gondang, Carangwulung, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Anda bisa menikmati coffee break, free Wi-fi dan kamar yang nyaman hanya dengan 100 ribu semalam. Untuk yang ini khusus bagi pengunjung yang berada jauh dari daerah lokasi ya, sehingga tidak kelelahan dijalan, sebelum atau sesudah melakukan pendakian.

Dikarenakan banyak rintangan yang harus dilalui, ada sedikit tips yang mungkin bisa jadi berguna, terutama bagi pendaki pemula. Sebisa mungkin jangan mendaki ke Puncak Watu Jengger saat musim hujan, jalanan yang tidak rata serta tebing curam bisa membahayakan. Memang pada saat itu fenomena kabut tebal sering muncul yang bisa menjadi daya tarik tersendiri. Namun alangkah baiknya jika anda tetap memperhatikan keselamatan.

Bawa bekal secukupnya dan jangan terlalu berlebihan. Meskipun hanya sekitar 2 jam saja, beban yang berat bisa cepat menguras tenaga. Apalagi kebanyakan daerah pergunungan mempunyai tingkat oksigen rendah seiring dengan tekanan udara yang juga rendah.

  • Bagikan