//

Teladan Modernisasi Di Bidang Teknologi, Transportasi

  • Bagikan
Apa saja contoh modernisasi di bidang teknologi dan transportasi yang bisa dilihat dalam  Contoh Modernisasi di Bidang Teknologi, Transportasi

 Apa saja contoh modernisasi di bidang teknologi dan transportasi yang bisa dilihat dalam  Contoh Modernisasi di Bidang Teknologi, Transportasi

Sosiologi Info – Apa saja teladan modernisasi di bidang teknologi dan transportasi yang bisa dilihat dalam kehidupan sehari hari masyarakat ?

Nah untuk menjawab itu, silahkan baca ulasan dan klarifikasi singkat dibawah ini mengenai topik materi ihwal modernisasi. Yuk baca teman.

Sekilas Mengenal Modernisasi

Bagaimana sih klarifikasi tentang modernisasi ? Khususnya modernisasi yang ada di Indonesia pada bidang teknologi dan transportasi.

Pastinya kita semua pernah menikmati adanya modernisasi pada bidang tersebut, yang sering kita gunakan dalam kegiatan keseharian.

Lalu bagaimana penjelasannya ? Nah sebelum lebih jauh membicarakan tentang modernisasi di bidang teknologi transportasi, kita mesti tahu apalagi dulu definisi dari modernisasi.

Mengutip dalam buku “Komunikasi Pembangunan Perspektif Modernisasi,” modernisasi menawarkan beberapa unsur dan urutan yang mempunyai relevansi global. 

Di mana-mana contohnya, urbanisasi condong mengurangi buta karakter; berkurangnya buta aksara ini condong meningkatkan.

Keterbukaan terhadap media massa yang bergandengan dengan partisipasi ekonomi yang lebih luas dan partisipasi politik. 

Lebih lanjut, dalam postingan ilmiah yang ditulis oleh Ellya Rosana dengan judul “Modernisasi Dalam Perspektif Perubahan Sosial.” 

Modernisasi dalam ilmu sosial merujuk pada sebuah bentuk transformasi dari kondisi yang mana kurang majunya.

Atau kurang berkembangnya ke arah yang lebih baik dengan keinginan akan tercapai kehidupan yang lebih maju, berkembang, dan sejahtera. 

Modernisasi tidak sekedar menyangkut aspek yang materiil saja, melainkan juga aspek immaterial mirip acuan pikir, tingkah laku, dan lain sebagainya.

Dari kutipan tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa modernisasi adalah peradaban yang sungguh kompleks. 

Ia meliputi segala faktor kehidupan penduduk , baik itu ekonomi, pendidikan, politik, maupun budaya. 

Modernisasi yaitu sebuah transformasi kehidupan dari yang sebelumnya kurang berubah menjadi lebih baik dan terencana. 

Modernisasi sungguh mengedepankan rasionalitas, literasi, dan teknologi. 

Berbicara ihwal teknologi kita sungguh merasakan transformasinya akil balig cukup akal ini, khususnya pada saat pandemi Covid-19. 

Dimana masyarakat seluruh Indonesia mesti beradaptasi dengan kehidupan gres. Dengan adanya pandemi Covid-19.

Membuat masyarakat seluruh dunia khususnya Indonesia mesti bisa memakai teknologi seperti ponsel pintar, laptop, dan internet. 

Teknologi sungguh memiliki kegunaan untuk efisiensi dalam kehidupan, terutama dalam bidang transportasi. 

Teman-sahabat dapat mencicipi perbedaan yang cukup signifikan perihal angkutanantara 2011 dengan 2021 dikala ini. 

Satu dekade telah berlalu, untuk memesan tiket pesawat saja, lazimnya masyarakat memesan melalui toko yang menjual tiket pesawat. 

Namun sekarang dengan ponsel pintar yang kita miliki, kita bisa memesannya melalui aplikasi jual-beli tiket pesawat seperti traveloka. 

Tidak itu saja, satu dekade yang lalu kita masih mencicipi ojek konvensional yang umum keliling komplek atau nangkring di pengkolan. 

Namun tidak saat ini, kita mampu mencicipi perubahannya. 

Tidak perlu keluar dari rumah, cukup dengan ponsel pintar yang kita miliki, kita telah mampu memesan ojek online melalui aplikasi mirip Gojek, Grab, ataupun Maxim. 

Ojek online yang disebutkan tersebut, tidak cuma menawarkan jasa antar jemput penumpang, tetapi jasa pelayanannya lebih dari itu. 

Dengan ojek online kita mampu memesan kuliner, dengan ojek online kita bisa mengantar paket, dengan ojek online kita mampu melaksanakan top up uang digital.

Ini hanya gres beberapa saja yang aku contohkan, sebagai bentuk modernisasi di bidang teknologi transportasi. 

Ada terlalu banyak modernisasi di bidang transportasi, dari kuda dan delman yang dipakai oleh penduduk kini sudah bertransformasi menjadi mobil ataupun truck. 

Yang dulunya gerobak untuk berjualan kaki lima kini banyak pedagang memakai motor selaku angkutanuntuk berjualan. 

Dengan perkembangan teknologi yang terus berlangsung, masyarakat secara tidak eksklusif maupun eksklusif.

Dituntut untuk beradaptasi dengan kehidupan yang dituntut untuk memakai teknologi. Saya sendiri mempunyai pengalaman yang cukup unik tentang teknologi angkutanini. 

Kaprikornus sekitar satu tahun yang lalu, aku belum menenteng motor untuk pergi kampus. Jadi saya mempergunakan bus kota atau trans padang selaku transportasi untuk saya bepergian ke kampus. 

Ketika hendak turun dari halte depan kampus, saya ingin membayar jasa pelayanannya dengan duit cash sebesar Rp.3000. 

Namun mba-mbak karcisnya menolak dengan alasan sistem pembayaran cash tidak didukung, dan harus menggunakan kartu Brizzi selaku metode pembayaran. 

Beruntungnya ada ibu-ibu yang menjadi penumpang yang membayarkan jasa pelayanan aku tersebut. Aku sungguh berterimakasih dan menyalami tangan dia. 

Setelah insiden tersebut, keesokan harinya aku pergi ke BANK BRI untuk membuat kartu Brizzi. 

Ya itu sedikit sharing experience yang saya alami, dengan insiden tersebut mewajibkan aku juga harus ikut beradaptasi dengan membuat kartu Brizzi.

Sekian artikel yang aku tulis, itu cuma beberapa dari sekian banyak contoh modernisasi dalam bidang teknologi transportasi. 

Nah itulah sekilas klarifikasi dan ulasan singkat mengenai topik perihal Contoh Modernisasi di Bidang Teknologi, Transportasi.

Kamu juga bisa melihat misalnya dari lingkungan tempat tinggal kau, biar berfaedah ya. Terimakasih. 

Penulis Artikel : Mahasiswa Sosiologi Universitas Negeri Padang, Novran Juliandri Bhakti 

Sumber Referensi : 

Hadiyanto. (2014). Komunikasi Pembangunan Perspektif Modernisasi. IPB Press, 74.

Rosana, E., & Dalam, M. (2015). 9. 177402-ID-modernisasi-dalam-perspektif-pergantian-s. 67–82.

  • Bagikan