//

Tipe Kelompok Sosial Berdasarkan Emile Durkheim Dan Contohnya

  • Bagikan
Tipe Kelompok Sosial Menurut Emile Durkheim dan Contohnya Tipe Kelompok Sosial Menurut Emile Durkheim dan Contohnya

Tipe Kelompok Sosial Menurut Emile Durkheim dan Contohnya Tipe Kelompok Sosial Menurut Emile Durkheim dan Contohnya

Sosiologi Info – Apa saja tipe dari kelompok sosial yang dipaparkan oleh Emile Durkheim yang ada pada penduduk di kehidupan sehari harinya ?

Simak penjelasan dan ulasannya berikut dibawah ini beserta dengan contohnya di dalam penduduk di lingkungannya, yuk baca. 

Mengenal Kelompok Sosial

Apa sih yang kau ketahui perihal topik bahan wacana golongan sosial yang ada di penduduk ? Nah dimana setiap individu telah pasti akan mengikuti sebuah kalangan.

Baik itu kelompok sosial yang besar dengan jumlah anggota yang banyak maupun pada kelompok kecil dengan jumlah anggota yang sedikit.

Group atau kelompok ialah sebuah kumpulan setiap individu yang berinteraksi dengan satu sama yang lainnya.

Proses interaksi, berhubungan sosial, membentuk struktur dan hal hal lain yang dijalankan oleh sebuah golongan di masyarakat.

Menurut Soerjono Soekanto menerangkan bahwa golongan sosial ialah sebuah himpunan atau kesatuan manusia yang hidup bareng .

Karena adanya kekerabatan antara mereka secara timbal balik dan saling menawarkan atau mempengaruhi satu sama yang lain.

Kelompok sosial bisa dibilang yaitu selaku sekumpulan orang dimana ia mempunyai sebuah persamaan ciri, memiliki teladan interaksi yang terstruktur. 

Dimana dijalankan juga secara berulang ulang serta mempunyai tingkat kesadaran secara bersama sama dengan setiap anggota dalam golongan tersebut.

Ada Dua Tipe Kelompok Sosial Menurut Emile Durkheim

Ia membagi setidaknya dua tipe kelompok sosial yaitu ada solidaritas mekanik dan ada solidaritas organik. Bagaimana penjelasannya ? Simaka dibawah ini ya.

1. Tipe Kelompok Solidaritas Mekanik

Kehidupan pada tipe kelompok sosial di penduduk ini lebih kepada ciri hidup yang sederhana. Dimana kehidupan yang secara terpisah dari berbagai bentuk kalangan kecil.

Biasanya golongan sosial di penduduk ini tidak ada pembagian kerja maupun bentuk dari spesialisasi, itu tidak terjadi. 

Itu artinya dikala tidak ada pembagian kerja di dalam suatu golongan masyarakat. Akhirnya semua anggota kelompok menerima beban kerja yang serupa secara kolektif.

Contohnya : bisa teman teman lihat di dalam penduduk pendesaan yang mana pembagian kerja masih belum terjadi secara spesifik.

Yang mana individu nya masih menjalankan pekerjaan secara seragam atau secara bersama sama sesuai dengan tujuannya.

Mereka umumnya menjalankan sesuatu hal itu dikerjakan dengan cara bergotong royong gotong royong di dalam kehidupan sosialnya, antara setiap individu.

Seperti bantu-membantu yang dijalankan oleh penduduk di pendesaan, dan teladan lainnya bisa sahabat sahabat lihat dan perhatikan ya di lingkungan sekitarnya.

2. Tipe Kelompok  Solidaritas Organik

Kehidupan penduduk pada tipe golongan ini dimana untuk melaksanakan suatu kenaikan yang begitu kompleks, beragam.

Oleh sebab adanya sebuah pembagian kerja yang dilaksanakan dan dibuat secara terperinci, terang, dan mengikat setiap individu tersebut.

Selanjutnya, keahlian suatu anggota penduduk akan menempatkan ia pada masing masing posisi di setiap anggota masyarakat. 

Nah dimana pada setiap golongan atau individunya akan saling mempunyai ketergantungan diantara mereka, satu dengan yang yang lain. 

Pada masing masing pembagian kerja ini yang mana setiap organ memiliki fungsi dan tugas secara sendiri sendiri.

Contohnya : mampu teman sahabat lihat di dalam penduduk perkotaan yang berada di kota, akan membagi pembagian kerjanya secara terperinci dan terperinci.

Setiap orang akan bertanggungjawab pada pekerjaannya yang telah diberikan pada pembagian kerja tersebut. 

Setiap orang pun akan merasa saling memerlukan, dan menjadi ketergantungan satu sama lainnya, sehingga ia harus saling berinteraksi, berkomunikasi.

Seperti yang ada di kantor, perusahaan, maupun di tempat industri usaha yang lain yang ada di masyarakat yang ada pembagian kerjanya.

Nah itulah sekilas penjelasan dan pembahasan wacana topik bahan tentang Tipe Kelompok Sosial Menurut Emile Durkheim dan Contohnya.

Sumber Referensi :

Buku Sosiologi kelas 11 Sekolah Menengan Atas dan MA untuk kelompok peminatan ilmu ilmu sosial penulisnya oleh Dwi Mulyono

http://blog.unnes.ac.id/fitriamariahulfah/2015/12/13/materi-sosiologi-kelas-xi-pembentukan-kalangan-sosial/

https://brainly.co.id

  • Bagikan