//

10 Air Terjun di Kampar yang Paling Hits Buat Rekreasi

  • Bagikan
Air Terjun Kampar

Kampar merupakan salah satu kabupaten di provinsi Riau yang menawarkan destinasi wisata menakjubkan berupa panorama alam, khususnya air terjun. Setidaknya ada puluhan air terjun di Kampar yang wajib anda kunjungi dengan keindahan masing-masing. Akan tetapi yang namanya air terjun, keindahan dipastikan tidak jauh dari hal berupa pepohonan, batuan, dan aliran air atau kolam.

Potensi wisata yang ada di kabupaten tertua di provinsi Riau ini belum sepenuhnya dikelola baik oleh pemerintahan. Hal ini dikarenakan akses jalan menuju ke lokasi tergolong sulit. Meski demikian, warga setempat bekerja sama dengan tokoh masyarakat telah memberikan perhatian dari beberapa lokasi wisata yang ada. Adanya fasilitas pendukung menjadi salah satu bukti keseriusan mereka.

Jangan heran jika kebanyakan anda tidak mengetahui beberapa air terjun cantik di Kampar yang akan disebutkan. Hal ini memang wajar, mengingat banyak dari lokasi yang masih belum terjamah, terutama bagi wisatawan luar daerah. Daripada penasaran, berikut daftar air terjun yang berhasil kami rangkum, beserta daya tariknya!

1. Air Terjun Alahan

Air Terjun Alahan
Image Credit: Twitter surya traveling

Setiap destinasi wisata berupa air terjun pasti mempunyai daya tarik tersendiri, begitu pula dengan Air Terjun Alahan. Lokasinya yang berada di hulu sungai Kampar memiliki daya tarik utama dari pesona alam yang disajikan. Suasana alam bebas semakin terasa dengan kehadiran berbagai macam hewan liar di lokasi tersebut. Selain itu, banyak tumbuhan rimbun menghiasi sekitar air terjun sehingga membuatnya semakin indah.

Tinggi dari Air Terjun Alahan memang tidak seperti air terjun lain pada umumnya, yakni hanta sekitar 15 meter saja. Akan tetapi bentuk dan aliran airnya sangat khas dengan keindahan yang mencuri perhatian. Setidaknya ada tiga undakan yang dilalui aliran air dan berakhir di sebuah kolam kecil. Pengunjung bisa berenang di kolam tersebut sambil merasakan dinginnya air pegunungan. Tidak hanya itu aktivitas yang menarik dilakukan, anda juga bisa menguji nyali dengan olahraga arung jeram menggunakan perahu khusus.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

2. Air Terjun Batu Hidung

Air Terjun Batu Hidung
Image Credit: Instagram LIGHTUREoutdoor

Air terjun cantik berikutnya yang wajib anda kunjungi adalah Air Terjun Batu Hidung. Sesuai dengan namanya, air terjun atau disebut dengan Curug jika di Jawa ini berbentuk seperti hidung. Batuan yang dialiri air tersebutlah yang mirip dengan hidung berukuran raksasa. Ada dua aliran air yang mengalir, seolah bagian tengah yang tidak dialiri air seperti hidung mancung.

Tingginya sekitar 20 meter, sedikit lebih tinggi dari air terjun yang pertama. Pepohonan yang ada di sekitar lokasi menjadi daya tarik tambahan bagi wisatawan. Lokasi Air Terjun Batu Hidung berada di Desa Tanjung, Kecamatan XIII Koto Kampar. Anda harus menyeberang dengan perahu yang milik warga setempat untuk bisa sampa ke lokasi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tanjung, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

3. Air Terjun Batang Kapas

Air Terjun Batang Kapas
Image Credit: Google Maps Zuki Rama

Ketinggiannya yang mencapai 150 meter membuat Air Terjun Batang Kapas menjadi yang tertinggi di Pulau Sumatera. Keindahan tampak sejauh mata memandang dari berbagai sudut. Suasana asri nan alami begitu terasa dengan banyaknya pohon rindang yang mengelilingi air terjun. Apalagi jika banyak satwa liar yang mudah ditemukan, pastinya bisa menjadi hiburan tersendiri bagi wisatawan.

Ad yang menarik dari air terjun yang berada di Desa Batu Sasak, Kecamatan Kampar Kiri Hulu ini, yakni dari lebar tebing. Pada umumnya, air terjun memiliki tebing yang terbatas hanya beberapa meter saja. Lain halnya dengan Air Terjun Batang Kapas yang memilki lebar tebing puluhan meter. Warna tebing tersebut putih mendekati abu-abu sehingga tampak masih alami.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Batu Sasak, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Riau.

4. Air Terjun Pulo Simo

Air Terjun Pulo Simo
Image Credit: Google Maps SAKANTI OFFICIAL

Air Terjun Pulo Simo merupakan salah satu air terjun menawan yang juga wajib anda kunjungi. Ketinggian yang hanya mencapai 12 meter ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Bagaimana tidak, banyak pengunjung yang berenang sambil cliff jumping atau lompat dari tebing. Dikarenakan kedalaman kolam air mencapai 5 meter, sebaiknya anda pandai berenang jika ingin mandi di kolam tersebut.

Supaya bisa sampai ke lokasi, anda masih perlu berjalan kaki sekitar 300 meter dari lokasi parkir. Sebelumnya, anda harus melalukan perjalanan sekitar 3 jam dari pusat kota Pekanbaru. Memang tidak mudah, namun semua akan terbayar jika anda sampai di lokasi dengan keindahan alam menakjubkan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Alai, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

5. Air Terjun Putri Khayangan

Air Terjun Putri Khayangan
Image Credit: Google Maps Muhammad Ridho

Tidak heran jika Air Terjun Putri Khayangan sempat viral beberapa waktu lalu. Keindahannya memang tidak dapat dilupakan meski tidak memiliki ketinggian seperti air terjun pada umumnya. Air terjun yang ada di Desa Tanjung ini bahkan dijuluki ‘Surga Tersembunyi’ oleh sebagian wisatawan yang pernah datang ke lokasi. Dikatakan tersembunyi karena tidak mudah untuk bisa sampai ke lokasi.

Desa Tanjung hanya bisa di akses dengan menyebrangi danau, itulah jalan yang harus anda lalui. Setelah itu masih harus melanjutkan perjalanan dengan jalan setapak dan penuh rintangan. Tidak akan rela berkorban jika keindahan alam tidak mempesona. Air terjun cantik di Kampar ini memiliki dua aliran air dengan jarak tidak terlalu jauh. Kedua aliran berakhir di sebuah kolam yang bisa dugunakan untuk aktivitas berenang. Dikarenakan masih belum banyak terjamah dan belum ada pengelola, anda bisa masuk ke lokasi air terjun tanpa pungutan biaya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Pekanbaru, Desa Tabing, Kec. Koto Kampar Hulu, Kab. Kampar, Riau.

6. Air Terjun Batu Dinding

Air Terjun Batu Dinding
Image Credit: Google Maps Joen ID

Berikutnya ada Air Terjun Batu Dinding yang terkenal akan kecantikannya. Lokasinya berada di Jl. Tanjung Belit, Kecamatan Kampar Kiri Hulu dengan akses lokasi cukup jauh. Dibutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk tiba di lokasi jika anda datang dari Pekanbaru. Anda masih harus melanjutkan berjalan kaki agar bisa sampai di lokasi air terjun.

Meski jauh dan penuh tantangan, banyak wisatawan yang datang dari berbagai daerah, terutama hari libur. Panorama alam yang di suguhkan menjadi alasan kuat bagi mereka yang rela berkorban. Air terjun ini memang tidak tinggi karena bukan itu daya tarik utamanya, melainkan dari kolamnya. Meski ukuran air terjunnya kecil dan tidak terlalu tinggi, namun kolam tempat jatuhnya air cukup luas sehingga pengunjung bisa berenang dan bermain air.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tanjung Belit, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Riau.

7. Air Terjun Tambang Murai

Air Terjun Tambang Murai
Image Credit: Instagram Air Terjun Tambang Murai

Dilihat dari kejauhan maupun dari jarak dekat, air terjun ini memang mirip bekas tambang. Bahkan anda bisa menemukan sebuah gua kecil mirip dengan galian tambang. Oleh sebab itulah dinamakan Air Terjun Tambang Murai. Seperti halnya lokasi air terjun lain yang berada di Desa Tanjung, anda diwajibkan menyeberang menggunakan perahu milik warga supaya bisa sampai di lokasi.

Sesampainya di tepi sungai dan turun dari perahu, masih dibutuhkan perjalanan lagi dengan berjalan kaki. Suasana asri nan indah selalu menemani setiap langkah anda menuju lokasi sehingga rasa lelah dapat terabaikan. Apalagi jika anda tiba di lokasi air terjun cantik ini, dipastikan rasa puas dan kagum menjadi satu. Batuan tebing yang mengapit aliran air menjadikan keindahannya semakin sempurna, begitu pula dengan airnya yang jernih berwarna hijau tosca.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tanjung Alai, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

8. Air Terjun Batu Tilam

Air Terjun Batu Tilam
Image Credit: Google Maps Marapi Andalas

Ditemukan pertama kali pada tahun 2009 yang lalu, Air Terjun Batu Tilam akhirnya diresmikan tidak lama setelah dijelajahi lagi pada tahun 2015. Lokasinya berada di Desa Kebun Tinggi, tepatnya berada di mulut gua puncak Bukit Barisan. Seperti air terjun di Kampar pada umumnya, diperlukan tekad kuat agar bisa sampai ke lokasi.

Daya tarik utama dari Air Terjun Batu Tilam bukan dari ketinggiannya, melainkan dari bentuknya. Dari kejauhan tampak jelas seperti sebuah parit dengan aliran air deras dan dinding yang sempit. Sudutnya juga tidak 90 derajat atau vertikal, melainkan agak miring landai membentuk sebuah lereng. Anda bisa bermain air atau berenang di kolam tempat berkumpulnya air terjun.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Lubuk Bigau, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Riau.

9. Air Terjun Panisan

Air Terjun Panisan
Image Credit: Instagram Bima Muhitiawan

Setiap air terjun memiliki aliran air masing-masing, ada yang deras dan ada pula yang biasa. Untuk Air Terjun Panisan, aliran dan debit air cukup deras jika dilihat dari jatuhnya air ke kolam. Daya arik utama dari air terjun yang ada di Desa Tanjung ini dari panorama alam yang menawan. Selain itu, suasana asri juga sangat terasa dengan banyaknya pohon rindang yang mengelilingi.

Sebagai salah satu air terjun yang menawan, wajar saja jika setiap hari selalu ramai dikunjungi wisatawan. Meskipun akses lokasinya tidak mudah, namun tetap tidak menyurutkan niat pengunjung untuk menikmati keindahan alamnya. Apalagi jika harga tiket masuknya sangat murah, sekitar 3000 rupiah untuk satu orang.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tanjung, Kec. Koto Kampar Hulu, Kab. Kampar, Riau.

10. Air Terjun Kaboko

Air Terjun Kaboko
Image Credit: Google Maps Nuskan Syarif

Daya tarik utama dari Air Terjun Kaboko bukan hanya dari panorama alam khas air terjun, namun juga suasana asri dan alami. Hal ini dikarenakan lokasinya yang tersembunyi sehingga masih belum terjamah manusia. Lokasinya berada di Desa Lipat Kain Selatan, anda harus melanjutkan berjalan kaki selama 30 menit setelah tiba di desa tersebut. Batuan yang ada di kolam dan area air terjun selalu tampak jelas terlihat mata.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Lipat Kain Selatan, Kec. Kampar Kiri, Kab. Kampar, Riau.

Itulah daftar air terjun cantik di Kampar yang wajib anda kunjungi jika ingin menikmati suasana dan panorama alam. Setiap air terjun memang tidak mudah dijangkau dan diperlukan pengorbanan. Namun sesampainya di lokasi, rasa lelah seakan terbayar lunas oleh keindahan yang diberikan.

  • Bagikan