//

11 Tempat Wisata di Balige Toba Terbaru & Populer Dikunjungi Wisatawan

  • Bagikan
Wisata Balige Toba

Di Sumatera Utara, ada sebuah kabupaten yang namanya Toba Samosir. Dari namanya jelas sudah bahwa lokasi tersebut berada di sekitar Danau Toba. Jika di persempit lagi, ada sebuah kota dengan keindahan alamnya, apalagi kalau bukan Balige. Sebagai ibukota dari kabupaten Toba Samosir, jangan heran jika banyak destinasi wisata yang bisa anda temui. Dilihat dari bentangan alamnya, spot yang ada di kota tersebut kebanyakan menyajikan panorama alam, khususnya Danau Toba.

Kota Balige sempat menjadi bagian dari Tapanuli Utara, namun dipisahkan menjadi bagian dari Toba Samsir pada tahun 1998. Kultur Batak sangat terasa di kawasan tersebut, bahkan anda bisa melihatnya dari bangunan bersejarah yang saat ini masih kokoh berdiri. Namun bukan itu yang menjadi utama dan daya tarik bagi wisatawan, melainkan pesona alam yang atraktif dari danau terluas di dunia ini.

Setiap hari, apalagi pada hai libur, kota ini tidak pernah sepi pengunjung. Hal ini dikarenakan akses untuk sampa di lokasi tidaklah susah. Terlebih, jarak tempuh dari Kota Parapat hanya membutuhkan waktu sekitar dua jam. Oleh sebab itulah kota tersebut menjadi destinasi utama ketika weekend tiba. Apa saja tempat wisata di Balige Toba yang dimaksud? Berikut rangkuman selengkapnya!

1. Pahoda

Pahoda
Image Credit: Google Maps Karolina Br Hombing

Dibangun pada tahun 1970 yang lalu, dulunya Pahoda belum cukup terkenal. Namun saat ini sangat jauh berbeda, apalagi pihak pengelola memberikan fasilitas memadai sebagai standar tempat wisata. Ketika anda mengunjungi Pahoda, bukan hanya keindahan Danau Toba yang bisa anda saksikan, tetapi juga pemandangan alam lainnya.

Pemandangan alam yang dimaksud adalah matahari terbit yang menyatu dengan aliran air danau. Air yang terlihat sangat tenang cukup memperlihatkan biasan sinar dari matahari yang sangat memukau. Lokasinya berada di Lumban Silintong, Kec. Balige, anda cukup menyiapkan 5.000 rupiah untuk tiket masuk.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lumban Silintong, Kec. Balige, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara.

2. Bukit Tarabunga

Bukit Tarabunga
Image Credit: Google Maps Fano Azmi

Apa yang anda lihat ketika berada di puncak bukit? Tentu pemandangan alam dari bawah bukan? Sama hanya dengan destinasi alam yang bernama Bukit Tarabunga, anda bisa melihat panorama cantik dari Danau Toba yang diselimuti pepohonan rindang di sekitarnya. Jika anda beruntung dengan kondisi cuaca cukup baik, anda bisa melihat pantulan langit biru yang seakan bercermin di danau tersebut.

Menariknya, ada pematang sawah yang juga menjadi daya tarik lain bagi pengunjung. Dari kejauhan, anda bisa menyaksikan keindahan alam yang tidak terlupakan. Tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan, anda bisa mengabadikan momen degan mengambil foto dari latar belakang hamparan sawah tersebut atau kecantikan Danau Toba.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lintong Nihuta, Kec. Tampahan, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara.

3. Desa Meat

Desa Meat
Image Credit: Google Maps Desa Meat

Masih di sekitar Danau Toba, namun kali ini bukan dari dataran tinggi, melainkan dataran rendah. Sangat disayangkan jika anda melewatkan Desa Meat tujuan utama ketika berkunjung di Balige. Meskipun dataran rendah, panorama alam yang disajikan tidak kalah menarik ketika and melihatnya dari atas.

Hamparan sawah yang anda lihat dari kejauhan ketika berada di puncak bukit, kini bisa anda saksikan dari jarak dekat. Begitu pula dengan keindahan Danau Toba yang bisa dinikmati langsung, bahkan bisa menyentuh dinginnya air di sana. Banyak pengunjung yang rela melewati jalan terjal dan berliku untuk bisa sampai di lokasi dan menikmati keindahannya. Bagaimana dangan anda?

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Meat, Kec. Tampahan, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara.

4. Pantai Samosir

Pantai Samosir
Image Credit: Google Maps Anak Desa

Biasanya sebuah pulau berada di tengah lautan, hal ini tidak berlaku bagi Pantai Samosir karena letaknya justru berada di tengah Danau Toba. Pantai Samosir juga menjadi salah satu tempat manarik yang wajib anda kunjungi. Daya tariknya sama dengan objek wisata lain yang telah disebutkan. Hanya saja, anda bisa langsung mengunjungi perkampungan dan menjelajahi budaya yang ada di sana.

Tentu saja anda tidak bisa berjalan kaki etika berkunjung ke Pantai Samosir, silahkan nak kapal Ferry yang telah disediakan. Sesampainya di lokasi, anda bisa berkeliling pulau dan menikmati panorama yang disajikan. Tidak perlu khawatir jika tidak membawa kendaraan, ada tempat penyewaan kendaraan bermotor di sana.

Harga Tiket: Rp 100.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Saribu Raja, Kec. Balige, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara.

5. Air Terjun Sigura-Gura

Air Terjun Sigura-Gura
Image Credit: Google Maps Huang Seng

Objek wisata populer di Balige lainnya yang juga menjadi andalah di kecamatan tersebut adalah Air Terjun Sigura-gura. Daya tarik utama dari air terjun ini yakni dari ketinggiannya yang mencapai 250 meter. Selain itu tentu ada kelebihan lainnya, apalagi kalau pesona alam dari pepohonan yang menyelimuti. Tingginya tebing yang membatasi air terjun tersebut juga sangat indah jika dilihat dari kejauhan.

Sebagaimana destinasi wisata berupa air terjun, ada harga yang harus dibayar. Pastinya bukan uang yang dimaksud, karena anda hanya perlu 10.000 rupiah sebagai tiket masuk. Harga yang dimaksud adalah perjuangan untuk bisa tiba di lokasi. Perlu tekad kuat untuk bisa sampai karena jalan yang harus dilalui banyak turunan dan tanjakan licin.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Halado, Kec. Pintu Pohan Meranti, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara.

6. Bukit Gibeon

Bukit Gibeon
Image Credit: Google Maps Cukat Liang

Namanya memang bukit, namun bisa dikatakan cukup unik karena tidak seperti bukti pada umumnya. Bagaimana tidak, anda bisa menikmati keindahan alam yang disajikan, sekaligus melakukan berbagai aktivitas seru. Aktivitas yang dimaksud adalah berenang dan bermain air di kolam renang. Sangat unik bukan? Apalagi ada air terjun alami yang airnya langsung mengalir di kolam tersebut.

Wisatawan yang berkunjung ke bukit cantik ini betah berlama-lama. Mungkin juga demikian jika anda mengunjunginya, apalagi jika pengunjung bisa langsung menikmati sensasi guyuran air terjun sambil berenang. Harga tiket masuknya sangat murah, cukup 10.000 rupiah untuk mendapatkan semua keuntungan yang disebutkan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sionggang Utara, Kec. Lumban Julu, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara.

7. Taman Eden 100

Taman Eden 100
Image Credit: Google Maps Kurniady Halim

Meskipun namanya taman, namun sepertinya lebih cocok jika disebut dengan hutan lindung. Luas dari Taman Eden 100 ini sekitar 40 hektare dengan aneka spot menarik di dalamnya. Anda bisa mendaki bukit senyum dan menikmati keindahan alam di bawahnya, atau menjelajahi kawasan untuk sekedar berpetualang.

Adanya air terjun Lumban Rang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Kolamnya tidak terlalu dalam, jadi anda bisa bermain air untuk mengisi waktu. Cuaca yang sejuk dan asri membuat pengunjung betah, apalagi jika mereka bisa bersantai di rumah Tarzan. Aktivitas lain yang menarik dilakukan adalah dengan berkemah, anda bisa menginap jika masih ingin mengunjungi tempat wisata di Toba lainnya.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lumbanrang, Kec. Lumban Julu, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara.

8. Air Terjun Situmurun

Air Terjun Situmurun
Image Credit: Google Maps Andhy Marpaung

Ada keunikan tersendiri dan sekaligus menjadi daya tarik bagi air terjun Situmurun. Keunikan tersebut adalah jatuhnya air yang tidak di kolam atau membentuk kolam, namun langsung menuju Danau Toba. Sangat mudah untuk bisa mencapai lokasi, tidak seperti air terjun ada umumnya yang harus melalui medan dan rintangan berat.

Cukup naik kapal yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1.5 jam, anda bisa menikmati keindahan air terjun dengan segala keunikan nya. Memang lokasinya tidak berada di Balige, namun jarak yang tidak jauh membuat banyak wisatawan yang juga mampir ke spot utama tersebut.

Harga Tiket: Rp 100.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jonggi Nihuta, Hatinggian, Kec. Lumban Julu, Kab. Toba, Sumatera Utara.

9. Pantai Lumban Bulbul

Pantai Lumban Bulbul
Image Credit: Google Maps Geng Charlie

Jika anda bosan dengan panorama alam berupa bukit atau pepohonan, silahkan datang ke destinasi alam lainnya. Salah satunya adalah Pantai Lumban Bulbul dengan keindahan khas pantai. Lokasinya memang masih berada di kecamatan Balige, tetapi anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam lebih dengan jarak lebih dari 33 km.

Kawasan pantai ini cukup panjang dengan segala keindahan yang diberikan. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan, antara lain berenang dan bermain pasir. Selain itu, anda bisa naik perahu untuk menyusuri pantai. Daya tarik utama adalah fasilitas speed boat dan banana boat. Anda bisa menyewa dari pihak pengelola, lengkap dengan pelampung sebagai alat keselamatan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lumban Bulbul, Kec. Balige, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara.

10. Balerong Onan Balige

Balerong Onan Balige
Image Credit: Google Maps moch hanggoro

Hanya berkunjung ke objek wisata tanpa membawa oleh-oleh? Tentu kurang lengkap bukan? Maka dari itu, sebisa mungkin menyempatkan diri untuk mampir ke Balerong Onan Balige, atau yang dikenal dengan nama Pasar Onan Balige. Di tempat ini, anda bisa menikmati berbagai kuliner khas Batak dengan citarasa menggoda.

Selain itu, ada makanan ringan yang bisa anda jadikan oleh-oleh. Pastinya juga camilan khas daerah tersebut. Selain menikmati kuliner atau makanan khasnya, anda juga bisa melihat bangunan bersejarah. Pasar tersebut dibangun oleh Belanda di masa penjajahan nya dan masih terawat hingga saat ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Tengah Sumatera No.88, Napitupulu Bagasan, Kec. Balige, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara.

11. Kebun Bunga Sapo Juma Tongging

Kebun Bunga Sapo Juma Tongging
Image Credit: Google Maps Ashadi Cahyadi

Sudah pasti keindahan berbagai macam bunga yang bisa anda dapatkan jika berkunjung ke Kebun Bunga Sapo Juma Tongging. Kuning, merah, dan ungu adalah warna bunga yang mendominasi. Kebun ini masih berada di kawasan penginapan, namun anda tidak perlu menginap jika ingin menikmati keindahannya. Fotografi adalah salah satu kegiatan menarik yang bisa anda lakukan di tempat tersebut.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tongging, Kec. Merek, Kab. Karo, Sumatera Utara.

Panorama atau keindahan alam, itulah yang anda dapatkan ketika berkunjung ke berbagai tempat wisata di Balige Toba. Objek tersebut memang cocok dijadikan tujuan utama untuk mengisi waktu luang. Namun tentunya anda juga harus mempersiapkan segalanya, mulai dari budget dan kondisi badan prima. Selain itu, pastikan anda tidak berkunjung sendirian karena bisa jadi sangat membosankan.

  • Bagikan