11 Tempat Wisata di Kalianda Lampung Selatan Terbaru & Populer Dikunjungi Wisatawan

Wisata Kalianda Lampung Selatan

Kalianda termasuk kota yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, dan sekaligus menjadi ibukota nya. Lokasinya yang berada di pesisir dengan garis pantai sangat luas menjadikan banyaknya spot rekreasi yang bisa dikunjungi. Tempat Wisata di Kalianda Lampung Selatan memang kebanyakan berupa pantai, namun masing-masing memiliki daya tarik tersendiri.

Selain dari daya tarik berupa keindahannya, alasan kenapa banyak wisatawan yang berkunjung yakni dari akses lokasi yang mudah. Sebagian besar pantai bahkan berada di tepi jalan raya sehingga siapa pun bisa mampir untuk mengisi waktu luang. Akan tetapi tentu lebih baik lagi jika anda membuat rencana terlebih dahulu sebelum mengunjungi beberapa spot yang ada.

Keindahan pantai memang tidak dapat diabaikan, selain menikmati ombak dan merasakan kesejukan angin, beberapa pantai juga cocok dijadikan spot khusus. Apalagi kalau bukan untuk menikmati matahari terbit maupun terbenam. Pantai yang ada di Kalianda kebanyakan juga menyajikan panorama alam pegunungan, tepatnya Gunung Rajabasa. Apa saja tempat wisata di Kalianda yang dimaksud? Silahkan anda simak ulasan berikut!

1. Pantai Kedu Warna

Pantai Kedu Warna
Image Credit: Google Maps SAHS Chanel

Lokasi pertama yang wajib anda kunjungi adalah Pantai Kedu Warna. Pantai ini sangat indah dengan sudut sempurna untuk melihat matahari terbit maupun tenggelam. Banyak wisatawan yang sengaja mengunjunginya dikarenakan alasan tersebut. Selain itu, pengelolaan yang baik menjadi daya tarik lain bagi pengunjung.

Di lokasi yang berada di Kelurahan Way Urang, Kalianda ini, anda bisa menikmati suasana pantai dengan deburan khas dari ombak yang berkejaran menuju tepi pantai. Pengunjung dapat bersantai dengan menyewa bean bag dari pihak pengelola. Di malam hari, suasana semakin indah dengan gemerlap lampu yang dipajang mengelilingi lokasi. Cukup sediakan uang sebesar 5.000 rupiah dan anda bisa menikmati semua suasana yang telah disebutkan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Way Urang, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

2. Pantai Marina

Pantai Marina
Image Credit: Google Maps Sella Sari

Banyak objek wisata di kota ini berupa pantai. Selain yang telah disebutkan diatas, ada lagi Pantai Marina dengan pesona alam yang tidak kalah menarik. Mungkin dulunya anda pernah datang ke lokasi, namun saat itu belum terurus dengan baik. Berbeda dengan kali ini, dimana warga setempat bekerja sama dengan pemerintahan untuk mengelolanya.

Memang tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan, namun ada daya tarik yang menjadikannya selalu rama dikunjungi wisatawan. Daya tarik yang dimaksud yaitu dari susunan pantai, dimana ada batu karang besar di tepian. Keindahan tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh sebagian pengunjung untuk mengabadikan momen dengan mengambil foto.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

3. Pantai Laguna Kalianda

Pantai Laguna Kalianda
Image Credit: Google Maps herwin heryadi

Jangan salah tempat, pastikan anda mengunjungi Pantai Laguna yang ada di Desa Ketapang, Kecamatan Kalianda. Keindahannya terletak dari warna air yang jernih dengan warna biru kehijauan. Anda bisa menikmati suasana pantai yang mempesona sambil bermain air atau pasir di tepi pantai. Pengunjung yang datang ke destinasi berupa pantai ini kebanyakan ingin menikmati suasa tenang.

Selain daya tarik berupa keindahan air yang menakjubkan, Pantai Laguna juga menghadap langsung ke arah Gunung Rajabasa. Anda bisa mengambil momen langka ini ketika berkunjung ke lokasi. Tiket masuk juga sangat murah untuk keindahan yang diberikan, hanya 10.000 rupiah untuk satu orang. Anda juga bisa menginap jika perlu, banyak fasilitas penginapan yang disediakan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Way Urang, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

4. Dermaga Bom Kalianda

Dermaga Bom Kalianda
Image Credit: Instagram Lampung tok

Lokasinya berada di tepi pantai, Dermaga Bom dulunya digunakan sebagai tempat pelelangan ikan. Ikan tersebut didapat dari nelayan yang pergi melaut dengan berbagai jenis ikan tangkapan. Dikarenakan spot nya istimewa, bangunan ini kemudian dijadikan salah satu objek wisata favorit di kota ini.

Pengunjung yang datang ke lokasi umumya menggunakan spot ini untuk foto dengan background pantai. Akan tetapi banyaknya pedagang yang menjual makanan khas daerah tersebut menjadi daya tarik lain bagi wisatawan. Anda bisa menikmati makanan sambil bersantai menghilangkan kejenuhan dengan memandang langsung ke arah pantai.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Palembapang, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

5. Teluk Nipah

Teluk Nipah
Image Credit: Google Maps Bley Nade

Tidak jauh berbeda dengan pantai, Teluk Nipah juga menyajikan panorama alam lautan dengan garis pantai mengesankan. Lokasi Teluk ini berada di Desa Bulok, Kecamatan Kalianda, tidak jauh dari perkotaan. Panorama yang disuguhkan bukan hanya keindahan pantai, namun juga spot di sekitarnya.

Wisatawan sering kali memandang satu titik dikarenakan cukup unik, yakni formasi batuan yang agak keluar menuju arah laut. Selain itu, ada daya tarik lain dari Teluk Nipah, yaitu bentangan pohon di belakangnya yang di dominasi pohon cemara. Ada dua pilihan spot foto, pengunjung bisa menjadikan lautan sebagai background nya, atau juga pohon rindang di belakangnya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bulok, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

6. Pantai Tapak Kera

Pantai Tapak Kera
Image Credit: Google Maps TEGETEGE Trip Channel

Menjadi tempat wisata di Kalianda yang wajib dikunjungi bukan tanpa alasan. Pantai Tapak Kera pastinya membuat pengunjung kagum akan keindahannya. Pantai dengan banyak batuan karang di tepi ini selalu ramai dikunjungi, baik hari aktif maupun weekend. Letaknya berada di Desa Kenjuruan, Kelurahan Merak Belantung, tidak jauh dari lokasi pantai lainnya.

Nama Tapak Kera diambil karena dulunya pantai ini banyak terdpat kera yang mencari makan dan bermigrasi ke pulau sebelah. Saat ini tentunya anda tidak bisa melihat keberadaan kera tersebut. Batuan karang dengan formasi tidak beraturan menjadi daya tarik utama dan sering dijadikan spot utama untuk mengabadikan momen. Harga tiket masuk cukup mahal, sekitar 20.000 rupiah untuk satu orang.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Merak Belantung, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

7. Pantai Senja

Pantai Senja
Image Credit: Google Maps Masduki Duki

Tenggelamnya matahari ke arah Barat menjadi daya tarik utama dari Pantai Senja. Nama pantai tersebut diambil karena anda bisa melihat sunset dengan jelas di lokasi pantai ini. Inilah yang menjadi daya tarik utama, dimana pengunjung selalu memadati pantai ketika sore hari. sangat disayangkan jika momen tersebut tidak diabadikan dengan mengambil gambar, baik berupa foto maupun video.

Selain melihat pesona matahari tenggelam, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan laut dengan ombak tidak terlalu tinggi. Sangat tidak dianjurkan untuk bermain air karena batu karang tajam banyak terdapat di tepian pantai. Jika anda tertarik mengunjunginya, silahkan datang ke Jalan H. Abdul Muthalib, Merak Belantung dengan harga tiket 15.000 rupiah.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. H. Abdul Muthalib, Merak Belantung, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

8. Pantai Grand Elty Krakatoa

Pantai Grand Elty Krakatoa
Image Credit: Google Maps Reni Deswira

Jelas terlihat dari namanya bahwa objek wisata kali ini sedikit lebih elite jika dibandingkan dengan lainnya. Keyakinan tersebut semakin kuat ketika anda mengetahui harga tiket masuk sebesar 75.000 rupiah. Tentunya semua fasilitas sebanding dengan apa yang dibayar.

Berbagai fasilitas yang dimaksud adalah lazy sofa, taman bermain anak, dan juga penginapan. Ada harga lagi yang harus dibayar ketika anda ingin menginap. Begitu juga dengan fasilitas lain seperti speed boat yang juga disewakan. Terlepas dari harga dan fasilitas, daya tarik utama dari Pantai Grand Elty Krakatoa adalah keindahan alamnya. Selain panorama alam berupa lautan, anda juga bisa melihat kegagahan dari gunung yang tampak dari kejauhan.

Harga Tiket: Rp 75.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Trans Sumatra, Merak Belantung, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

9. Pantai Kahai Beach Resort

Pantai Kahai Beach Resort
Image Credit: Google Maps Riza Muhammad

Jika sebagian besar lokasi pantai memberikan keindahan laam, lain halnya dengan Pantai Kahai Beach Resort. Selain panorama menakjubkan dari lautan, berbagai fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, terutama untuk permainan anak. Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam sambil berenang di kolam renang. Ada juga wahana waterboom yang pasti disukai anak-anak.

Meskipun berbagai fasilitas menarik disediakan, namun harga tiket masuknya masih tergolong murah. Untuk satu orang hanya dikenakan biaya sebesar 20.000 rupiah. Anda bisa menuju ke Desa Batu Balak, Kecamatan Rajabasa sambil membawa keluarga untuk berkunjung ke tempat wisata tersebut.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pesisir No.99, Batu Balak, Kec. Rajabasa, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

10. Pantai Kunjir

Pantai Kunjir
Image Credit: Google Maps Taufiq Brilliant

Dinamakan Pantai Kunjir karena lokasinya berada di Desa Kunjir, Kecamatan Kalianda. Ada sedikit perbedaan dari pantai lain yang telah disebutkan, yakni terdapat jalan setapak berupa beton. Jalan tersebut biasanya digunakan pengunjung untuk berjalan-jalan sambil menikmati panorama alam yang disajikan. Bukan hanya lautan pemandangan yang bisa dilihat, namun juga Gunung Rajabasa yang terlihat jelas.

Pantai ini menjadi istimewa karena lokasinya menghadap langsung ke arah Selat Sunda. Hembusan angin pantai yang kadang kencang dan sepoi-sepoi membuat betah pengunjung. Apalagi di sore hari, anda bisa menunggu matahari tenggelam dengan pancaran sinar orange khas nya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kalianda, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

11. Pantai Semukuk

Pantai Semukuk
Image Credit: Google Maps Nia Maharani

Pantai Semukuk termasuk salah satu destinasi bahari yang sedang hits. Bukan tanpa alasan, karena pantai ini saat ini dikelola dengan baik. Berbeda dengan dulu yang dibiarkan terbengkalai dan tidak ada yang merawatnya. Keindahan dan panorama alam yang disajikan tidak kalah menarik dari pantai lain yang ada di Kecamatan Kalianda.

Fasilitas yang didapat ketika berkunjung ke pantai Semukuk yakni lazy bag dan payung khas pantai. Dengan demikian, pengunjung bisa menikmati keindahannya tanpa terkena terik matahari. Banyak wisatawan yang juga bermain pasir di tepi pantai sambil mengisi waktu luang, terutama kalangan anak-anak.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pesisir, Pauh Tanjung Iman, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

Indah, itulah kata-kata yang seharusnya muncul ketika anda berkunjung ke beberapa tempat wisata di Kalianda, Lampung Selatan yang telah disebutkan. Panorama alam yang cantik membuat banyak pengunjung bergantian untuk datang ke lokasi. Bagi anda yang berencana mengunjunginya, usahakan menyiapkan kamera paling bagus untuk mengabadikan momen.

Baca Juga  Gili Ketapang, Spot Terbaik untuk Pecinta Snorkeling di Probolinggo