15 Tempat Wisata di Rantau Prapat Labuhanbatu Terbaru & Populer Dikunjungi Wisatawan

Wisata Rantau Prapat Labuhanbatu

Di Sumatera Utara, tepatnya di Kabupaten Labuhanbatu, anda bakal dimanjakan dengan pesona alam yang menakjubkan. Rantau Prapat merupakan wilayah yang banyak memberikan kontribusi akan keindahan alam di kabupaten tersebut. Objek wisata di Rantau Prapat lebih banyak berupa alam, baik pegunungan, sungai, bahkan sebuah pulau. Meski demikian, ada juga bangunan modern yang menghiasi beberapa spot, dalam artian tempat tersebut dipadukan dengan keindahan buatan.

Jika anda datang ke Kabupaten Labuhanbatu, pastinya banyak sekali ditemukan hutan dan juga perkebunan. Daerah ini termasuk penghasil karet dan kelapa sawit terbesar di Indonesia. Jangan heran jika jalan yang harus dilalui ketika anda berkunjung ke salah satu destinasi wisata diharuskan menyusuri hutan dan perkebunan. Seperti contoh jika anda mengunjungi air terjun atau perbukitan. Namun jangan khawatir anda akan melupakan segala kesulitan setelah sampai di lokasi.

Ada wisatawan lokal, ada pula mancanegara yang mengunjungi tempat wisata di Rantau Prapat, Labuhanbatu. Alasan pasti setiap spot tidak pernah sepi pengunjung adalah keindahannya, apalagi jika berupa air terjun dan danau. Daripada penasaran, sebaiknya simak ulasan lengkap berikut!

1. Luppatan Tali-Tali

Luppatan Tali-Tali
Image Credit: Djawanews.com

Jika anda tertarik dengan pemandangan aliran sungai, Luppatan Tali-tali bisa anda masukkan kedalam daftar kunjungan pertama. Sungai ini bukan seperti sungai pada umumnya, karena aliran airnya cukup deras. Batuan besar yang ada di sekitarnya menjadi daya tarik tersendiri, anda bisa foto selfie di sana. Selain itu, pemandangannya cukup indah dengan dikelilingi pepohonan liar nan hijau khas perhutanan. Dipastikan udaranya sangat sejuk dan menyegarkan jika anda datang ke sungai yang beralamat di Sungai Kanan, Kabupaten Labuhanbatu Selatan ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Marsonja, Kec. Sungai Kanan, Kab. Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara.

2. Tugu Juang 45 Lobusona

Tugu Juang 45 Lobusona
Image Credit: Google Maps Amin Wahyudi

Setiap daerah dipastikan mempunyai ikon tersendiri yang melekat pada warganya, begitu pula dengan Labuhanbatu dengan ikon Tugu Juang 45 Lobusona. Di sini, anda bisa menikmati suasana sejuk sambil menikmati pemandangan indah. Terdapat beberapa spot foto unik, diantaranya adalah motor Vespa tua, rumah pohon, dan payung terbang. Saat ini anda hanya bisa berburu spot foto jika berkunjung ke destinasi wisata ini. Mungkin suatu saat bakal dikembangkan dengan menambah wahana atau permainan seru.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ujung Bandar, Kec. Rantau Selatan, Kab. Labuhan Batu, Sumatera Utara.

3. Air Terjun Lama Rantau Prapat

Air Terjun Lama Rantau Prapat
Image Credit: Google Maps Kutal Harahap

Tidak jauh dari lokasi Tugu Juang 45 Lobusona, tepatnya di Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu, anda bisa menikmati keindahan Air Terjun Lama Rantau Prapat. Daya tarik utamanya dari banyaknya undakan, setiap undakan tidak jauh terpaut jaraknya. Inilah yang menjadikan pemandangan tidak terlupakan. Apalagi ada air mengguyur setiap saat dengan debit tidak terlalu besar. Namun tidak mudah untuk mencapai lokasi, jalan terjal dan sempit selalu menjadi penghalang utama.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ujung Bandar, Kec. Rantau Selatan, Kab. Labuhan Batu, Sumatera Utara.

4. Boombara Waterpark

Boombara Waterpark
Image Credit: Google Maps Edi Mulia

Sebagaimana Waterpark pada umumnya, pasti ada kolam renang di dalamnya. Boombara Waterpark juga demikian, yang juga menjadi salah satu tempat rekreasi di Rantau Prapat yang harus dikunjungi. Suasana tenang dan asri menjadi salah satu daya tariknya. Untuk daya tarik utama tentu dari permainan di kolam renang, yakni berupa seluncur dan kolam arus. Ketinggian dari seluncur mencapai puluhan meter, ada baiknya jika anak dibawah umur tidak bermain di sana.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. H. Adam Malik, Perdamean, Kec. Rantau Selatan, Kab. Labuhan Batu, Sumatera Utara.

5. Air Terjun Linggahara

Air Terjun Linggahara
Image Credit: Instagram Konyenk

Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu, merupakan wilayah yang paling banyak menyumbang keindahan alam. Selain yang telah disebutkan diatas, ada juga Air Terjun Linggahara yang tidak boleh anda lewatkan. Keunikan dari air terjun ini bukan dari bentuk vertikal nya, dimana air langsung jatuh ke kolam.

Justru bentuk dari air terjun ini menyerupai lereng dengan banyaknya undakan sehingga membuat aliran air selalu menyembur atau terpisah. Anda bisa bermain air di bawahnya, atau sekedar mengambil foto untuk mengabadikan momen. Penting diketahui sebelum anda mengunjungi spot, ada baiknya jika datang pada musim kemarau atau ketika tidak hujan. Hal ini dikarenakan akses jalan masih berupa tanah dan bebatuan yang jika terkena air sulit untuk dilalui.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Linggahara, Lobusona, Kec. Rantau Selatan, Kab. Labuhan Batu, Sumatera Utara.

6. Wisata Alam Aek Buru

Wisata Alam Aek Buru
Image Credit: Google Maps M. R. Efendi

Ada lagi tempat wisata di Rantau Prapat yang berupa sungai, namanya Wisata Alam Aek Buru. Seperti halnya sungai, pasti ada bebatuan besar dan kecil di sekitarnya. Batu itulah yang juga menjadi daya tarik utamanya, dimana anda bisa bermain air sambil menaiki batu tersebut.

Ada batuan besar ditepi, biasanya digunakan sebagai spot utama untuk selfi. Untuk bisa sampai ke lokasi sungai, tepatnya di Kabupaten Labuhanbatu Utara, diperlukan sedikit perjuangan selama perjalanan. Anda akan melewati hutan lebat nan rindang yang juga menjadi daya tarik tambahannya. Jangan khawatir kehabisan bekal selama di lokasi, karena banyak penjual yang bisa ditemui.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Aek Buru Batu Tunggal, Batu Tunggal, Kec. Na IX-X, Kab. Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara.

7. Puncak Hoza

Puncak Hoza
Image Credit: Instagram 111maretta

Menghabiskan waktu diatas puncak memang menyenangkan, anda bisa menikmati keindahan alam yang mempesona. Sedikit waktu pastinya sia-sia, apalagi jika anda berkunjung ke Puncak Hoza. Dibutuhkan waktu beberapa jam untuk tiba di lokasi pendakian. Jalan yang harus dilalui berupa hutan dan perkebunan. Akan tetapi semua akan terbayar setibanya di lokasi. Anda bisa puas menikmati pemandangan hijau hutan dengan panorama alam mengesankan. Disarankan untuk datang di pagi hari jika anda ingin menikmati pesona matahari terbit.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kampung Yaman, Kec. Aek Natas, Kab. Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara.

8. Pulo Bisky

Pulo Bisky
Image Credit: Google Maps Agus Prasetyi

Keindahan alam Pulo Bisky mungkin tidak ada duanya, setidaknya menurut beberapa wisatawan yang pernah mengunjunginya. Destinasi bahari di Rantau Prapat ini berupa sungai dengan arus yang tidak begitu deras. Anda bisa bermain air di pinggir sungai karena kedalamannya hanya sebatas mata kaki. Hati-hati dalam melangkah, terutama untuk anak-anak, bisa jadi batuannya licin. Keindahan semakin sempurna dengan adanya pepohonan rindang yang menghiasi sekeliling sungai.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Simonis, Simonis, Kec. Aek Natas, Kab. Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara.

9. Pantai Monyet

Pantai Monyet
Image Credit: Instagram LABURA | Sumatera Utara

Ada alasan kenapa dinamakan Pantai Monyet. Anda pasti mengira karena banyak monyet di sekitarnya bukan? Memang benar, bahkan ada ratusan kawanan monyet yang mendiami hutan di sekitar pantai ini. Selain daya tarik berupa monyet, anda juga bisa menikmati tetesan air yang jatuh dari tebing sambil berenang. Beberapa pengunjung juga menyempatkan diri untuk cliff jumping, tentunya harus berhati-hati dalam melakukannya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Silumajang, Kec. Na IX-X, Kab. Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara.

10. Hadabuan Hill

Hadabuan Hill
Image Credit: Google Maps Ipohan Zed

Hadabuan Hill juga merupakan objek wisata alam yang populer di Rantau Prapat yang berupa bukit. Namun kali ini lebih sulit dari spot bukit yang telah disebutkan sebelumnya. Jalan yang harus dilalui bukan hanya hutan lebat, namun juga terjal dan siap menggelincir. Menariknya, sebagian besar wisatawan melupakan medan berat yang harus ditempuh tersebut. Hal ini dikarenakan banyaknya satwa liar yang bisa ditemui selama perjalanan. Apalagi jika tiba di lokasi, pemandangan dari atas sangat menakjubkan dan pastinya tidak boleh dilewatkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pematang, Kec. Na IX-X, Kab. Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara.

11. Pulau Sikantan

Pulau Sikantan
Image Credit: Twitter Traveling Medan Com

Ada yang menarik di Pulau Sikantan, yakni sebuah pulau yang sebenarnya tidak berpenghuni. Dikatakan ‘Sebenarnya’ karena pada kenyataannya ada satu keluarga yang mendiami pulau tersebut. Itu juga karena faktor pekerjaan, dimana ia bertugas menjaga sarang walet yang ada di sana. Pulau Sikantan sangat indah dari kejauhan dengan pemandangan khas hutan. Untuk sampai ke lokasi pulau, anda bisa menyewa perahu atau sampan yang disediakan di sana.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Sarang Elang, Kec. Panai Hulu, Kab. Labuhanbatu, Sumatera Utara.

12. Pantai Kahona

Pantai Kahona
Image Credit: Twitter Sam

Tidak mudah untuk tiba di lokasi Pantai Kahona, itulah sebabnya lokasinya masih jarang dikunjungi wisatawan. Namun jangan tanya keindahannya yang dipastikan tidak terlupakan, apalagi jika anda belum pernah menikmati suasana lautan. Sejauh mata memandang, Pantai Kahona menyajikan lautan lepas dengan air berwarna biru cerah. Anda bisa bermain air ditepi pantai, atau mengeksplorasi laut menggunakan perahu yang disewa dari warga setempat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sei Tawar, Kec. Bilah Hilir, Kab. Labuhanbatu, Sumatra Utara.

13. Air Terjun Sirao-Rao

Air Terjun Sirao-Rao
Image Credit: Google Maps Ipohan Zed

Berikutnya ada Air Terjun Sirao-rao yang juga merupakan salah satu tempat wisata di Rantau Prapat. Meski namanya air terjun, namun spot utamanya berupa kolam pemandian. Kolam tersebut memang dari aliran air terjun yang pastinya dingin dan menyegarkan. Pengelolaan yang baik membuat objek wisata ini selalu ramai dikunjungi, terutama ketika weekend.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lingga Tiga, Kec. Bilah Hulu, Kab. Labuhan Batu, Sumatera Utara.

14. Air Terjun Bertingkat

Air Terjun Bertingkat
Image Credit: Bp-guide.id

Jangan salah berkunjung ya, karena banyak nama Air Terjun Bertingkat seperti halnya yang ada di Rantau Prapat. Persis seperti namanya, air terjun ini mempunyai banyak tingkatan yang kesemuanya dialiri air. Bisa dikatakan tidak terlalu tinggi, namun tingkatan yang disebut dengan undakan tersebut cukup indah dengan formasi tidak merata sehingga terlihat alami. Kolam Air Terjun Bertingkat cukup aman digunakan untuk bermain air. Jadi anda tidak perlu khawatir membawa anak-anak, namun tentunya harus tetap diawasi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Linggahara, Lobusona, Kec. Rantau Selatan, Kab. Labuhanbatu, Sumatera Utara.

15. Turunan Sikkam

Turunan Sikkam
Image Credit: Facebook Marpaung Darwin

Turunan Sikkam merupakan nama dari salah satu kolam pemandian yang ada di Rantau Prapat. Kolam ini cukup terkenal di kalangan wisatawan karena keindahannya. Bukan kolam renang buatan ya, melainkan kolam alami dengan batuan alam besar dan kecil yang menghiasi. Seperti halnya objek wisata lain berupa sungai, jalan yang harus dilalui juga tidak mudah. Anda harus melalui hutan rimba dengan tracking turunan dan tanjakan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Poldung Kec. Aek Natas, Kab. Labuhanbatu, Sumatera Utara.

Ada lagi beberapa objek wisata yang belum disebutkan, tentu anda juga tidak bisa menghabiskan waktu mengunjungi semuanya bukan? Oleh sebab itu, daftar tempat wisata di Rantau Prapat, Labuhanbatu diatas sudah lebih dari cukup. Dengan daya tarik masing-masing yang telah disebutkan, kecil kemungkinan jika anda melewatkannya jika sedang berada di dekat lokasi.

Baca Juga  Lirik Lagu Cintaku Dinyanyikan Oleh Rendy Andikan dan Miita Mpot, Sedang Viral di TikTok