15 Tempat Wisata di Takengon Aceh Tengah Terbaru & Populer Dikunjungi Wisatawan

Wisata Takengon Aceh Tengah

Ada puluhan tempat wisata di Takengon Aceh Tengah yang wajib anda kunjungi jika weekend tiba. Sebagian besar berupa wisata alam dengan pemandangan indah dan menakjubkan. Keindahan tersebut tidak lain karena lokasi dari ibu kota Aceh Tengah ini masih berada di pegunungan. Aceh Tengah sendiri juga dikenal dengan nama Dataran Tinggi Gayo dengan bentangan luas di sekitar Pegunungan Bukit Barisan.

Kekayaan alam di provinsi Aceh sangat melimpah, terlebih untuk hasil perkebunan. Kopi adalah hasil utama perkebunan yang ada di Aceh Tengah dengan pemasaran hingga ke luar negeri. Kopi yang dimaksud jenis Arabika yang dinyatakan terbaik di seluruh dunia. Namun tentunya bukan itu yang menjadi daya tarik utama dalam hal pariwisata, melainkan panorama gunung dan dataran tingginya.

Memang bukan tentang aktivitas seru yang dilakukan ketika berkunjung ke Takengon. Akan tetapi pesonanya tidak dapat terlupakan meski anda sudah meninggalkan tempat. Daripada penasaran, berikut tempat wisata populer di Takengon dengan segala keindahan yang menakjubkan!

1. Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar
Image Credit: Google Maps Sarjana Politik

Tidak seperti danau pada umumnya, Danau Laut Tawar termasuk destinasi wisata yang wajib anda kunjungi. Keindahan alam berupa pegunungan dibalik danau tersebut menjadi daya tarik tersendiri. Kabut tebal yang menyelimuti pegunungan sangat cocok dijadikan background foto. Meski anda bukan fotografer profesional, hasil foto tetap mengagumkan.

Selain digunakan sebagai spot wisata, danau ini juga sebagai sumber penghidupan warga Takengon. Sebagai irigasi, itulah yang dimaksud dengan sumber penghidupan karena danau ini sebagai pusat aliran untuk mengaliri persawahan. Danau dengan luas lebih dari 5.000 meter persegi ini juga digunakan sebagai air untuk kehidupan sehari-hari bagi warga setempat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dataran Tinggi Gayo, Kab. Aceh Tengah, Aceh.

2. Gunung Berapi Burni Telong

Gunung Berapi Burni Telong
Image Credit: Google Maps Zulfikar Harun

Bagi pendaki mungkin tidak ada dengan ketinggian Gunung Berapi Burni Telong yang mencapai 2600 Mdpl. Namun untuk yang baru pertama kali melakukan pendakian, lebih baik anda mengajak rombongan dan tidak memaksakan diri. Akan tetapi ada keuntungan tersendiri selama perjalanan, yakni jalan atau tracking yang cukup baik.

Gunung yang letaknya tidak jauh dari Danau Laut Tawar ini menyajikan panorama alam mempesona. Dipastikan usaha dan pengorbanan selama pendakian tidak sia-sia setelah tiba di puncak. Pemandangan yang eksotis tidak banyak ditemukan selain di Gunung Berapi Burni Telong. Kabut tebal yang menyelimuti sebagian besar pandangan justru menjadi daya tarik utamanya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Burni Telong, Kec. Wih Pesam, Kab. Bener Meriah, Aceh.

3. Bur Telege

Bur Telege
Image Credit: Google Maps chandra irani

Sedikit lebih turun, setidaknya sekitar 1.250 Mdpl, anda bisa menikmati keindahan alam dari Bur Telege. Lokasi ini mirip dengan bukit jika dilihat dari ketinggiannya. Apa daya tariknya? Tentu panorama alam seperti halnya tempat wisata di Aceh Tengah lainnya. Namun ditempat ini anda juga bisa merasakan nikmatnya kopi Gayo khas daerah tersebut. Cuaca dingin menjadikan semakin nikmat dari rasa kopi yang sebaiknya diminum saat masih panas.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hakim Bale Bujang, Kec. Lut Tawar, Kab. Aceh Tengah, Aceh.

4. Atu Tingkok

Atu Tingkok
Image Credit: Google Maps HARIS

Masih di sekitar Danau Laut Tawar, tepatnya berada di ketinggian atau lereng bukit, anda bisa mengunjungi Atu Tingkok. Lokasi ini menawarkan panorama alam dari danau utama di Tekengon dari atas ketinggian. Anda bisa menikmati panorama danau secara keseluruhan, tanpa ada batas penghalang sedikitpun. Dari kejauhan tampak danau cukup menawan dengan bangunan di sekitarnya terlihat kecil. Air danau juga terlihat begitu tenang dan bukit tinggi sebagai pembatas nya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hakim Bale Bujang, Kec. Lut Tawar, Kab. Aceh Tengah, Aceh.

5. Desa Bintang

Desa Bintang
Image Credit: Google Maps FAHMI SASIKIN

Di sebelah Timur Danau Air Tawar, ada sebuah dengan berbagai daya tariknya, namanya Desa Bintang. Selain dari kuliner khas yang ada di daerah tersebut, anda juga bisa menikmati lomba pacuan kuda yang dikenal dengan nama Pacu Kuda Gayo. Bukan hanya itu, ada juga daya tarik lain jika anda beruntung, yakni dengan melihat lomba perahu dayung Gayo yang diikuti banyak peserta sekaligus. Tempat wisata di Tekengon Aceh Tengah ini sangat cocok bagi anda yang suka dengan suasana riuh ramai.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Bintang, Kec. Bintang , Kab. Aceh Tengah, Aceh.

6. Umah Pitu Ruang

Umah Pitu Ruang
Image Credit: Google Maps Rezka kenara Bp

Bagi anda yang suka menilik sejarah, Umah Pitu Ruang wajib dikunjungi. Tempatnya berada di Desa Toweran dengan panjang 22 meter dan luas sekitar 9 meter. Umah Pitu Ruang termasuk rumah adat peninggalan Raja Baluntara sehingga kaya akan sejarah, terutama bagi suku Gayo. Bukan hanya nilai sejarah tentunya, ada keunikan yang juga menjadi daya tarik utamanya. Rumah adat ini dibangun tanpa menggunakan satu pun paku. Lantas apa yang digunakan? Lebih baik anda berkunjung langsung ke lokasi untuk mendapatkan jawabannya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mess Time Ruang Tengah, Blang Kolak I, Kec. Bebesen, Kab. Aceh Tengah, Aceh.

7. Bur Bulet Waterfall

Bur Bulet Waterfall
Image Credit: Instagram Gayo Scenery ® (official)

Namanya keren, dalam bahasa lokal berarti air terjun, tentu anda sudah mengetahuinya. Akan tetapi pesona alam yang disajikan? Mungkin banyak yang belum tau! Air terjun yang juga menjadi salah satu tempat wisata alam hits di Takengon ini berada jauh dari pusat kota, sekitar 22 km. Panorama alamnya memang tidak jauh berbeda dengan air terjun pada umumnya, yakni semburan air yang jatuh dari tebing.

Namun untuk yang ini ada kekhususan tersendiri, debit air yang mengalir sangat deras sehingga air tidak langsung melewati tebingnya, melainkan seperti meloncat ke dasar kolam. Meskipun debit air cukup deras, namun alirannya tidak menutup semua tebing dibelakang nya, jadi anda bisa melihat samar-samar yang justru menjadi keindahannya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lelumu, Kec. Pegasing, Kab. Aceh Tengah, Aceh.

8. Gayo Waterpark

Gayo Waterpark
Image Credit: Google Maps Bursya Badarudin

Dari hal-hal yang indah, beralih ke aktivitas menarik, yakni sebuah taman permainan air atau waterpark. Tempat ini cocok bagi anda yang menghabiskan liburan berasa keluarga. Ada kolam renang, seluncur air, ember raksasa, dan beberapa wahana lain. Kolam yang disediakan juga bervariasi, ada yang untuk dewasa dan anak-anak.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Simpang Kelaping, Kec. Pegasing, Kab. Aceh Tengah, Aceh.

9. Goa Loyang Pukes

Goa Loyang Pukes
Image Credit: Google Maps Hasanuddin

Sebuah gua memang selalu memiliki daya tarik untuk memikat wisatawan. Begitu pula dengan objek wisata alam yang bernama Goa Loyang Pukes. Daya tarik utamanya dari nilai sejarah, gua ini terdapat sebuah batu besar mirip manusia. Konon batu tersebut awalnya memang manusia yang mendapat kutukan. Menariknya, manusia yang dimaksud adalah Putri Pukes yang berasal dari tanah Gayo.

Goa Loyang Pukes juga pernah ditemukan kerangka manusia yang diperkirakan memiliki usia 3000 tahun dengan jenis kelamin perempuan. Entah milik siapa kerangka tersebut, yang pasti mempunyai nilai sejarah tinggi. Penasaran dengan daya tarik lainnya? Silahkan langsung datang ke lokasi di Desa Mandale, Kecamatan Kebayakan yang berjarak sekitar 10 menit dari pusat kota Takengon.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kampung Mendale, Kec. Kebayakan, Kab. Aceh tengah, Aceh.

10. Goa Loyang Koro

Goa Loyang Koro
Image Credit: Google Maps RAGAM VARIASI

Selain gua diatas, ada juga jenis lain yang berada tidak jauh dari Danau Air Tawar, Goa Loyang Koro namanya. Seperti gua pada umumnya, pasti ada nilai sejarah yang terkandung di dalamnya. Loyang Koro dalam bahasa lokal berarti gua kerbau. Bukan tanpa alasan kenapa nama tersebut diambil. Gua ini menjadi jalan pintas pada masa kolonial belanda untuk pedagang kerbau dari Toweren Uken di Desa Isaq.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Toweren Uken, Kec. Lut Tawar, Kab. Aceh Tengah, Aceh.

11. Masjid Agung Ruhama

Masjid Agung Ruhama
Image Credit: Google Maps Dardiri Dardak

Sebuah bangunan juga menjadi salah satu destinasi religi di Takengon, seperti halnya bangunan Masjid Agung Ruhama. Dibangun diatas lahan seluas 1.400 hektare, masjid yang juga dikenal dengan nama Masjid Agung Tekengon ini memiliki daya tarik tersendiri. Arsitektur khas Aceh sangat jelas terlihat dengan megahnya berdiri. Selain itu, usia bangunan juga menjadi daya tarik tambahan, masjid dengan kolam air di tengahnya ini dibangun pada tahun 1969.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Asir Asir Asia, Kec. Lut Tawar, Kab. Aceh Tengah, Aceh..

12. Arung Jeram Lukub Badak

Arung Jeram Lukub Badak
Image Credit: Google Maps Rezka kenara Bp

Anda hobi olahraga yang dapat memacu adrenalin? Segera kunjungi Desa Sanehen, Kecamatan Silih Nara. Di sana ada sebuah olahraga yang memakai perahu karet untuk melintasi dan menaklukkan keganasan derasnya aliran sungai, dikenal dengan nama arung jeram. Olahraga ini tidak hanya membutuhkan keberanian, namun juga kerja sama tim.

Start yang dimulai dari jembatan Lukup Badak, dengan aliran air yang tidak begitu deras. Namun setelah menempuh perjalanan beberapa meter, barulah arus dan batuan menyambut kedatangan anda. Apalagi lintasan yang ada di sepanjang sungai cukup tajam, pastikan anda lihai dalam mendayung. Menariknya, bukan hanya pengalaman ekstrem yang anda dapatkan, melainkan pemandangan yang disajikan selama aktivitas arung jeram.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Simpang Kelaping, Kec. Pegasing, Kab. Aceh Tengah, Aceh.

13. Air Terjun Mengaya

Air Terjun Mengaya
Image Credit: Google Maps Beni Gayo

Banyak destinasi wisata di Takengon berupa air terjun, seperti Air Terjun Mengaya dengan segala keindahannya. Daya tarik utama dari air terjun ini adalah ketinggiannya yang mencapai 180 meter. Air yang jatuh dari ketinggian tersebut juga tidak langsung menuju kolam, melainkan melewati beberapa bebatuan yang ada di lintasannya. Sudutnya tidak 90 derajat, lebih terlihat landai seperti lereng.

Perjalanan menuju ke Jl. Takengon – Bintang, Kec. Bintang, Mengaya, tempat air terjun ini berada memang tidak mudah. Namun anda disuguhkan indahnya panorama alam berupa tanaman liar dan pepohonan rindang selama perjalanan. Begitu pula ketika anda tiba di lokasi, tanaman tersebut seolah tidak pernah lepas dari pandangan.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Takengon – Bintang,  Mengaya Kec. Bintang, Kab. Aceh Tengah, Aceh.

14. Pantan Terong

Pantan Terong
Image Credit: Google Maps Ihwanul Hakim

Pantan Terong termasuk tempat wisata berupa bukit. Namun di bagian atas bukit dibangun khusus yang memang diperuntukkan bagi wisatawan untuk menikmati keindahan alam Takengon. Pengunjung bisa melihat keindahan Danau Air Tawar dari lokasi tersebut tanpa takut jatuh karena ada pagar pembatas nya.

Jika anda datang di pagi hari, keindahan matahari terbit menjadi daya tarik utama. Sebaliknya jika sore hari, anda bisa menikmati indahnya matahari tenggelam. Alangkah baiknya jika datang ke lokasi ketika sedang cerah sehingga tidak ada kabut yang menghalangi pandangan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Takengon, Ulu Nuih, Kec. Bebesen, Kab. Aceh Tengah, Aceh.

15. Bur Lancuk Lereng

Bur Lancuk Lereng
Image Credit: Google Maps AGAMmm channel que

Ada tulisan ‘I Love Gayo’ yang menjadi ikon Bur Lancuk Lereng. Lokasi wisata ini berada di ketinggian 1.600 Mdpl, jadi anda bisa melihat keindahan alam di bawahnya, apalagi kalau bukan Danau Air Tawar. Selain itu, anda juga bisa melihat indahnya perbukitan sejauh mata memandang.

Suasana sejuk nan asri menjadi daya tarik tambahan dari tempat wisata yang berada di Kampung Asir Asir, Kecamatan Laut Tawar ini. Jika anda beruntung, mungkin bisa menemukan atlet paralayang yang sedng berlatih. Ya, memang Bur Lancuk Lereng sering digunakan sebagai titik start latihan paralayang oleh beberapa atlet profesional. Namun jangan khawatir, anda masih bisa menikmati keindahan alam dan mengabaikan momen jika sedang tidak beruntung.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Asir Asir, Kec. Lut Tawar, Kab. Aceh Tengah, Aceh.

Dari panorama alam, keindahan gunung, perbukitan, dan bahkan wahana permainan bisa ditemukan ketika mengunjungi tempat wisata di Takengon Aceh Tengah. Tentu sangat lengkap dan tidak banyak lokasi lain yang menyediakannya. Oleh sebab itu, pastikan anda membuat jadwal untuk berkunjung. Terlebih bagi anda yang tidak jauh dari lokasi, tidak ada ruginya untuk menghabiskan liburan di sana.

Baca Juga  Inilah Situs Website Snacklink Aplikasi Penghasil Uang Terbaru 2021