//

15 Wisata Pantai di Uluwatu Bali Paling Hits Dikunjungi

  • Bagikan
Pantai Uluwatu Bali

Pantai Kuta, pastinya anda pernah mendengar namanya atau bahkan pernah berkunjung ke lokasi. Pantai tersebut berada di Bali dan terkenal akan panorama lautan yang indah dengan air jernih. Namun sebenarnya bukan hanya itu saja pantai indah di Bali, masih banyak lagi lainnya yang wajib anda kunjungi. Salah satunya adalah pantai di Uluwatu Bali dengan keindahan dan panorama alam mengagumkan.

Uluwatu terletak di desa Pecatu, kecamatan Kuta, kabupaten Badung. Lokasinya yang tidak jauh dari pantai Kuta menjadi daya tarik tersendiri. Sebagian wisatawan asing maupun lokal juga menyempatkan diri setelah berkunjung ke salah satu pantai terkenal di dunia itu. Selain itu, ada daya tarik lain yang dipastikan tidak mengecewakan. Apalagi jika bukan pemandangan khas lautan disertai tiupan angin sepoi-sepoi.

Pulau Bali memang terkenal akan pantainya yang bisa ditemukan hampir di setiap sudut daerah. Dalam satu lokasi, banyak pantai yang disediakan dengan keindahan dan daya tarik masing-masing. Sama halnya dengan di Uluwatu, puluhan pantai bisa anda nikmati sekaligus dengan jarak lokasi yang tidak terlalu jauh. Apa saja pantai cantik di Uluwatu yang wajib dikunjungi? Berikut ulasan lengkap yang telah kami rangkum!

1. Pantai Uluwatu

Pantai Uluwatu
Image Credit: Google Maps נבי ספריל זולקארנאין

Destinasi pertama yang wajib dikunjungi adalah Pantai Uluwatu, sesuai dengan nama lokasinya. Daya tarik utamanya adalah sebuah Pura dengan ketinggian mencapai 97 meter diatas permukaan laut. Pura tersebut dibangun persis di ujung batuan karang di tepi pantai. Oleh sebab itulah dinamakan Uluwatu, dimana dalam bahasa lokal artinya ‘Ujung Batu’.

Daya tarik lain adalah panorama alam yang indah khas pantai. Anda bisa bermain pasir atau berenang di lokasi, namun harus diperhatikan ketinggian ombak sebelum melakukannya. Beberapa wisatawan juga memanfaatkan keberadaannya di pantai cantik ini untuk mengabadikan momen, anda juga bisa demikian.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

2. Pantai Nyang Nyang

Pantai Nyang Nyang
Image Credit: Google Maps Eigo Männik

Di lokasi tersembunyi, anda bisa menemukan pantai lain yang tidak kalah indahnya. Pantai yang dimaksud adalah Pantai Nyang Nyang dengan daya tarik utamanya berupa pasir putih di tepian pantai yang cukup luas. Selain itu, ada sebuah bangkai perahu di lokasi tersebut yang biasanya digunakan sebagai spot foto utama. Suasananya masih asri karena jarang dikunjungi. Perlu tekad bulat dan tenaga ekstra untuk bisa sampai ke lokasi. Salah satu yang terberat adalah dengan menuruni anak tangga sebanyak kurang lebih 500 buah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Uluwatu Pecatu, Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

3. Pantai Suluban

Pantai Suluban
Image Credit: Google Maps Ikhwan Wahyudin

Dengan warna air biru kehijauan, Pantai Suluban menjadi tujuan utama bagi wisatawan lokal maupun asing. Tidak heran jika pantai cantik di Bali ini dijuluki blue point beach. Bukan hanya itu daya tariknya, namun ketinggian ombak diatas rata-rata yang sering digunakan untuk surfing.

Adanya gua yang terletak di tepi pantai dan sebagian terendam juga tidak kalah menarik. Anda bisa mengabadikan momen di sampingnya, sebagaimana yang dilakukan banyak wisatawan di sana. Secara keseluruhan, panorama alam yang disajikan sangat menakjubkan, sangat sayang untuk dilewatkan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

4. Pantai Dreamland

Pantai Dreamland
Image Credit: Google Maps Christina Susilo

Bermain pasir, berenang, dan berjemur, semua bisa dilakukan di Pantai Dreamland. Pantai dengan keindahan air berwarna biru ini sering dijadikan tempat shooting beberapa film dan sinetron ternama. Selain itu, daya tarik lain yakni beragam aktivitas air seperti surfing, speed boat, banana boat, dan masih banyak lagi.

Keindahan khas pantai juga tidak bisa dilewatkan dengan deburan ombak menghiasi. Tidak banyak batu karang yang menghiasi, baik ditepi pantai maupun di dalam air. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi wisatawan karena aman dan tidak membuat kaki terluka. Pantai cantik di Uluwatu ini juga wajib masuk dalam daftar destinasi wisata alam yang anda buat.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

5. Pantai Nyoman Nyoman

Pantai Nyoman Nyoman
Image Credit: Google Maps Bernard Joseph

Jika anda ingin tantangan ketika olahraga surfing, Pantai Nyoman Nyoman wajib dicoba. Angin yang cukup kencang membawa gulungan ombak tinggi sehingga cocok digunakan untuk berselancar. Tentu saja anda harus tergolong profesional jika nekad melakukannya. Pantai ini juga dihiasi dengan butiran kecil pasir putih di tepinya. Selain itu, ada juga tebing menjulang tinggi yang cocok dijadikan latar belakang foto. Panorama pantai juga tidak luput menjadi spot menarik bagi banyak wisatawan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Bingin, Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

6. Pantai Geger

Pantai Geger
Image Credit: Google Maps robby susanto

Jangan kaget ketika anda berkunjung ke Pantai Geger namun masih sepi. Hal ini dikarenakan pantai dengan keindahan berupa gari pantai cukup lurus ini masih belum banyak dikenal. Melihat dari daya tariknya, mungkin suatu saat banyak wisatawan yang sudi mampir ke salah satu pantai yang indah ini.

Daya tarik yang dimaksud adalah bentangan pasir putih cukup luas yang jauh dari bibir pantai. Anak-anak bisa bebas bermain pasir tanpa takut bangunannya terhempas ombak. Tidak sedikit pengunjung yang datang ke lokasi dengan niat untuk berenang. Jika anda tidak tertarik, silahkan bersantai sambil menikmati udara khas pantai di gazebo yang tersedia.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Benoa, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

7. Pantai Pandawa

Pantai Pandawa
Image Credit: Google Maps Adriansyah Putera

Dikarenakan panorama pantai yang menawan, pemerintah setempat rela untuk membelah bukit sebagai akses masuk utamanya. Sejak saat itulah banyak wisatawan asing maupun lokal yang berkunjung ke lokasi. Daya tarik utamanya dari kencangnya angin disertai ombak tinggi. Bagi peselancar, hal ini merupakan salah satu keuntungan tersendiri. Pantai Pandawa dikelola baik oleh pemerintah daerah, terbukti dari banyaknya fasilitas yang disediakan. Permainan air, hiburan, dan café adalah beberapa fasilitas yang bisa anda nikmati.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Kutuh, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

8. Pantai Melasti

Pantai Melasti
Image Credit: Google Maps Silvanus Januar Sabatian

Menjadi salah satu pantai cantik di Uluwatu dikarenakan keindahannya. Daya tarik utama dari Pantai Melasti yakni adanya tebing tinggi yang sesekali dialiri air. Air tersebut hampir mirip dengan air terjun mini dengan aliran langsung menuju ke arah laut. Batuan karang besar dengan posisi sedikit masuk ke lautan juga menjadi daya tarik tambahan. Anda bisa menjadikannya sebagai background foto menarik. Sayangnya, akses lokasinya masih sulit sehingga tidak banyak pengunjung yang rela menuju ke lokasi.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Melasti Ungasan, Ungasan, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

9. Pantai Bingin

Pantai Bingin
Image Credit: Google Maps 素潜り屋バリ

Lokasi Pantai Bingin masih berdekatan dengan Pantai Nyoman Nyoman, tidak ada salahnya jika anda bersedia mampir ke lokasi. Bagi yang ingin suasana tenang sebagai relaksasi, anda wajib mengunjunginya. Hampir tidak ada ombak sama sekali karena lokasinya tertutup sebuah daratan. Warna air laut yang biru dengan batuan karang menghiasi menjadi daya tarik tersendiri. Dengan alasan tersebut, tidak salah jika eksotisme Pantai Bingin tidak dapat dilupakan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

10. Pantai Padang Padang

Pantai Padang Padang
Image Credit: Google Maps Graziella Minardi

Apakah anda tau bahwa Pantai Padang Padang pernah dijadikan lokasi shooting salah satu film Hollywood ternama yang berjudul Eat, Pray and Love? Jika belum tau, kali ini pastinya sudah tau bukan? Salah satu pantai indah ini lokasinya masih tersembunyi, namun tidak menyurutkan langkah wisatawan untuk tetap mengunjunginya. Hal ini dikarenakan daya tarik utama dari birunya air laut dan juga putihnya pasir halus ditepi pantai. Selain itu, lokasinya sangat pas ketika digunakan untuk menikmati sunset.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

11. Pantai Karma Kandara

Pantai Karma Kandara
Image Credit: Google Maps Viliam Molcan

Dikelola dengan baik oleh pihak swasta, Pantai Karma Kandara memiliki berbagai fasilitas menarik. Pantai yang juga dikenal dengan nama Finn Bali ini memiliki daya tarik utama dari ketenangannya. Sebagian pengunjung memanfaatkan ombak yang jarang datang untuk bersemedi mencari ketenangan diatas papan selancar. Namun bukan berarti tidak ada ombak sama sekali, dalam waktu tertentu justru ombak bisa datang dengan ukuran cukup besar sehingga dijadikan sebagai olahraga surfing oleh beberapa wisatawan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ungasan, Kec. Kuta Selatan, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

12. Pantai Balangan

Pantai Balangan
Image Credit: Google Maps Aidil Rahim

Jika anda hanya ingin menikmati suasana alam di pantai cantik ini, bisa dikatakan rugi. Pasalnya, Pantai Balangan sebenarnya di khususkan untuk mereka yang serius belajar surfing. Bahkan anda bisa menemui sekolah surfing di dekat lokasi pantai. Ombak yang selalu besar menjadi alasan kenapa pantai ini cocok dijadikan selancar.

Selain itu, ada juga daya tarik dari panorama alam yang indah berupa tebing tinggi yang menjorok ke pantai. Airnya yang jernih sangat cocok untuk dijadikan olahraga menyelam, dimana anda bisa dengan jelas melihat kehidupan bawah laut dangkal.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Ungasan, Jimbaran, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

13. Pantai Green Bowl

Pantai Green Bowl
Image Credit: Google Maps Indra Gunawan

Dilihat dari atas, pantai ini sangat mirip dengan bentuk mangkuk. Karena itulah dinamakan Pantai Green Bowl. Tebing tinggi nan curam menyelimuti bibir pantai dengan pohon rindang warna hijau. Pantai ini juga disebut dengan Bali Cliff karena tebing tersebut. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Pandawa, anda harus melalui sekitar 400 anak tangga untuk sampai di lokasi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ungasan, Kec. Kuta Seatan, Kab. Badung, Bali.

14. Pantai Tegal Wangi

Pantai Tegal Wangi
Image Credit: Google Maps Marcel Correa

Sebagai salah satu destinasi bahari hits di Uluwatu, Pantai Tegal Wangi menyajikan pemandangan alam eksotis. Disarankan untuk datang ke lokasi pada sore hari karena anda bisa melihat indahnya sunset dengan pacaran sinar oranye khas matahari terbenam. Pantai ini juga dihiasi tebing tinggi dengan tumbuhan rindang menghiasi. Dikarenakan keelokan tersebut, banyak fotografer profesional yang mengambil konten foto dari pantai yang dilengkapi dengan penginapan ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jimbaran, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

15. Pantai Labuan Sirait

Pantai Labuan Sirait
Image Credit: Google Maps Сеня Ким

Tempatnya tidak begitu luas, oleh sebab itu, ada baiknya jika anda mengunjungi Pantai Labuan Sirait ketika hari aktif. Jika tidak, maka bersiap untuk berbagi keindahan dengan banyaknya pengunjung lainnya. Daya tarik utamanya adalah ketenangan ombak yang cocok dijadikan relaksasi pikiran. Selain itu, ada batu karang dengan ukuran besar di tengah pantai yang cocok dijadikan background foto. Untuk bisa sampai ke lokasi, anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam jika posisi awal dari Denpasar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

Setiap pantai cantik di Uluwatu Bali mempunyai daya tarik tersendiri. Dikarenakan lokasinya yang berdekatan, anda bisa mengunjungi beberapa pantai sekaligus dalam satu waktu. Akan tetapi jika waktu yang anda punya tidak terlalu banyak, silahkan pilih yang menurut anda layak dikunjungi dari semua penjelasan diatas.

  • Bagikan