Wisata  

5 Masjid Tertua yang ada di Riau

Img 20220114 Wa0000 1

5 Masjid Tertua yang ada di Riau

 

Riau, merupakan Provinsi yang terletak di pulau Sumatera. Provinsi Riau memiliki sejarah panjang dengan perjalanan masuknya agama Islam di Provinsi Riau. Buat masyarakat yang ada di Riau mungkin sudah tidak asing lagi dengan masjid” yg tertua di Provinsi Riau. Berikut adalah beberapa masjid yang sudah berdiri sejak lama dan menyimpan cerita seiring berkembangnya agama Islam di Provinsi Riau.

  1. Masjid Syahabuddin

Masjid ini merupakan saksi sejarah hadirnya kerajaan Melayu Islam di Siak Sri Indrapura. Masjid ini dibangun pada tahun 1926 M pada masa Sultan Al said Al kasyim Abdul Jalil Saifuddin.

Masjid Syahabuddin ini merupakan peninggalan kerajaan Siak, yang sudah berumur lebih setengah abad. Arsitektur bangunan masjid syahabuddin ini merupakan perpaduan bangunan timur tengah (Turki) dan Melayu.

 

  • Masjid Raya Sultan Riau

Masjid raya Sultan Riau ini merupakan salah satu masjid tua yg bersejarah di Indonesia, yang terletak di pulau penyengat,kota tanjung pinang, propinsi kepulauan Riau. Masjid raya Sultan Riau ini di bangun pada tahun 1771-1815. Untuk membuat masjid ini Sultan Abdurrahman berseru kepada seluruh rakyatnya  untuk beramal dan bergotong royong di jalan Allah.

Peristiwa itu bertepatan pada tanggal 1 Syawal 1248 hijriah (1832 M). Masjid ini merupakan masjid yang unik karena salah satu bahan bangunannya di gunakan adalah putih telur.

 

  • Majid jami’ air tiris

Masjid jami’ air tiris di dirikan pada tahun 1901 atas prakarsa seorang ulama yang bernama Engku Mudo Sangkal, dia merupakan orang pertama yang mengkonsolidasikan potensi-potensi Ninik mamak dan cerdik pandai dari 20 desa yang terdapat di air tiris. Masjid ini terletak di Pasar Usang Desa Tanjung Berulak air tiris, kabupaten kampar. Jarak masjid ini dari kota pekanbaru sekitar 52 km ke Air Tiris.

Baca Juga  Berwisata Ke Pantai Dewi Mandapa, Pantai Cantik dengan Panorama Hutan Bakau di Lampung

Masjid jami’ ini selesai di bangun pada tahun 1904 dan diresmikan dengan perayaan yang cukup meriah oleh seluruh masyarakat air tiris dengan membantai 10 ekor kerbau. Masjid ini merupakan masjid yg unik , karena didepan masjid terdapat bak air yang dalamnya terendam batu besar yang mirip kepala kerbau. Konon batu tersebut selalu berpindah tempat tanda ada yang memindahkannya.

  •  Masjid Raya Pekanbaru

Masjid raya Pekanbaru ini didirikan pada tahun 1927 oleh masyarakat secara bergotong royong di atas tanah wakaf milik haji Muhammad dan Hajja sa’diyah. Sebagai salah satu masjid tertua yang ada di Riau, masjid raya Pekanbaru ini memiliki sejarah yang melekat dengan kebudayaan masyarakat Pekanbaru. Masjid Raya Pekanbaru ini tercatat telah berdiri sejak abad ke-18.

Masjid ini juga di kenal dengan sebutan masjid Senapelan. Menurut Kemendikbud Sultan Abdul Jalil Muazzam Syah merupakan tokoh di balik berdirinya Masjid Senapelan ataupun Masjid Raya Pekanbaru.

 

  •  Masjid Agung An Nur

Mungkin masyarakat kota Pekanbaru tidak asing lagi dengan masjid Agung An Nur ini, Masjid ini dibangun pada tahun 1966 lalu dan di resmikan oleh Arifin Ahmad, Gubernur Riau tanggal 19 Oktober 1968. Masjid Agung An Nur ini merupakan salah satu ikon wisata religi yang di banggakan masyarakat Riau. Masjid ini terletak di jalan Hangtuah, Kelurahan Sumahilang, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, Riau. Masjid ini merupakan masjid yang unik, dikarenakan bangunan masjid ini sangat mirip dengan Taj Mahal yang ada di India.