//

5 Rice Terrace di Bali yang Cantik & Bikin Adem

  • Bagikan
Rice Terrace Bali

Tujuan utama wisata adalah untuk mengisi waktu luang sekaligus menyegarkan pikiran. Berwisata tidak harus mahal, yang penting semua tujuan tercapai. Seperti halnya ketika anda menikmati keindahan rice terrace, atau dalam bahasa lokal disebut dengan terasering. Di Bali, ada beberapa terasering yang wajib ada kunjungi dengan keindahan masing-masing. Salah satu Rice Terrace terindah di Bali adalah Tegalalang, mungkin anda sudah mengenalnya. Jika memang masih belum, nanti akan kita bahas bersama apa saja daya tariknya.

Terasering merupakan salah satu sistem bercocok tanam yang paling efektif dan multifungsi. Sistem ini tidak hanya diterapkan di Indonesia saja, melainkan negara besar lain penghasil padi. Inti dari terasering yaitu membuat tanah dengan bentuk bertingkat seperti anak tangga. Dengan pola tersebut, terjadinya erosi tanah dapat diminimalisir dengan baik. Selain itu, sistem yang dibuat undakan tersebut juga mampu memperbesar penyerapan air oleh tanah dan mengurangi kecepatan aliran air.

Siapa sangka jika sistem yang digunakan untuk bercocok tanam di sawah tersebut juga memiliki keindahan alam. Bahkan panorama alam yang sajikan mampu mengundang wisatawan dari berbagai daerah, juga mancanegara. Di Bali, ada salah satu rice terrace yang sangat menawan sehingga masuk dalam salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. Rice terrace atau terasering apa yang dimaksud? Mari kita cari tau bersama di bab selanjutnya!

Daya tarik utama yang menjadikan banyaknya wisatawan melirik destinasi wisata berupa terasering tidak lain adalah di pesona alamnya. Selain itu, udara sejuk dan suasana asri juga menjadi daya tarik tersendiri. Hal itu juga tidak lepas dari rice terrace terindah di Bali, daya tarik utamanya juga dari panorama alamnya. Meski demikian, ada juga beberapa hal yang menjadikannya berbeda antara satu dengan yang lain.

1. Belimbing Rice Terrace

Belimbing Rice Terrace
Image Credit: Google Maps Putu Agus Y

Nama Belimbing bukan berarti banyak buah belimbing di sekitar persawahan, namun lokasinya yang terletak di Desa Belimbing, Kabupaten Tabanan. Panorama alam yang disajikan sangat menakjubkan dengan hamparan sawah berwarna hijau yang khas. Selain itu, rice terrace ini juga memiliki pemandangan lain berupa Gunung Batukara. Lokasinya yang cukup luas juga menjadi daya tarik tambahan, sejauh mata memandang tetap saja berwarna hijau.

Jika beruntung, anda juga bisa menikmati warna lain jika padi yang ada di kawasan tersebut sudah siap panen dengan warna kuning. Tidak banyak pohon rindang yang menyelimuti, hanya ada beberapa di tepi persawahan. Pengunjung yang datang ke rice terrace ini bisa menikmati keindahannya sambil bersantai. Ada beberapa gubuk yang bisa digunakan untuk beristirahat. Jika anda ingin menikmati suasana hangat, bisa juga pergi ke warung dan memesan teh hangat atau kopi.

Pada umumnya, wisatawan yang berlibur ke Belimbing Rice Terrace mengabadikan momen terindah nya dengan mengambil gambar, baik berupa video maupun foto. Memang tidak ada spot khusus, akan tetapi hal itu justru menjadi keuntungan tersendiri, dimana hampir setiap tempat bisa dijadikan spot menarik. Apalagi jika anda bisa mengambil sudut yang tepat antara persawahan dengan gunung. Jika ingin aktivitas lebih seru, silahkan jalan-jalan di sekitar terasering tersebut sambil menikmati suasana asri dan udara segar.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Belimbing, Belimbing, Kec. Pupuan, Kab. Tabanan, Bali.

2. Tegalalang Rice Terrace

Tegalalang Rice Terrace
Image Credit: Google Maps 김경민

Panorama dan kecantikan alamnya sebanding dengan apa yang telah disebutkan pertama tadi. Maka tidak heran jika banyak pengunjung memasukkan spot rice terrace terindah di Bali ini di daftar urutan yang kedua. Kesejukan udara dan suasana asri juga didapat, seperti halnya terasering pada umumnya. Sedikit tips jika anda ingin berkunjung, ada baiknya jika datang ke lokasi ketika pagi atau sore hari. Dimana pada waktu itu, matahari sedang terbit dan terbenam.

Dengan demikian, anda bisa menikmati wisata cantik ini sambil diterangi dengan cahaya kuning terang khas mentari. Meski sebenarnya, anda bisa datang kapan saja dikarenakan Tegalalang Rice Terrace dibuka 24 jam. Tentu selera orang berbeda, ada pula yang datang di malam hari untuk menikmati keindahannya yang diterangi dengan lampu desa yang tampak seperti lilin dari kejauhan. Akan tetapi pastinya anda tidak bisa menikmati warna hijau khas persawahan yang ada di tempat ini.

Untuk kali ini, anda tidak bisa menikmati keindahan Gunung sekaligus dalam satu lokasi. Namun jangan khawatir, letaknya yang berada di perbukitan juga menjadi daya tarik lain dengan kontur tanah khas dataran tinggi. Sambil menikmati panorama alamnya, anda juga bisa menikmati kuliner yang tersedia di warung samping persawahan. Banyak menu yang bisa anda pilih, menunya dari makanan khas Bali dengan citarasa lezat dan menggugah selera.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Tegallalang, Tegallalang, Kec. Tegallalang, Kab. Gianyar, Bali.

3. Jatiluwih Rice Terrace

Jatiluwih Rice Terrace
Image Credit: Google Maps Mac Nowak

Jatiluwih Rice Terrace inilah yang tadi dikatakan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO. Bukan tanpa alasan kenapa badan pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan PBB ini memilihnya. Hal ini dikarenakan keindahan alamnya yang tidak dapat dilupakan. Dengan luas sekitar 630 hektare dan ketinggian mencapai 700 mdpl, bukan hanya warna hijau yang didapat, namun juga kesejukan udara dan suasana asri.

Lokasinya berada di kompleks Jatiluwih dengan rute atau akses jalan yang mudah dilalui. Pada saat panen tiba, anda bisa menikmati keindahan dua warna, yakni warna kuning dari padi siap panen, dan warna hijau dari bibit padi yang baru tumbuh. Rice Terrace Terindah di Bali ini sangat cocok dikunjungi ketika pagi atau sore hari saja. Pasalnya, lokasinya menghadap langsung ke arah matahari terbit dan terbenam. Selain alasan tersebut, di waktu malam juga kurang cocok dikunjungi karena panorama hijau padi jelas tidak terlihat.

Wisata cantik ini dibuka mulai pukul 08.30 pagi, jadi anda bisa siap-siap berangkat jika tempat anda tinggal jauh dari lokasi. Supaya selalu terkenang, jangan lupa mengabadikan momen dengan mengambil foto atau video. Anda bisa mengambil spot mana saja untuk menghasilkan jepretan indah, asalkan pengambilan sudut harus tepat. Jangan lupa sambil berjalan-jalan menikmati udara segar khas desa.

Harga Tiket: 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jatiluwih Kawan, Jatiluwih, Kec. Penebel, Kab. Tabanan, Bali.

4. Rice Terrace Ambengan

Rice Terrace Ambengan
Image Credit: Google Maps François Dupeyrat

Selain yang telah disebutkan diatas, masih ada lagi rice terrace terindah yang wajib anda ketahui. Kali ini berada d desa Ambengan, Kecamatan Sukasada dengan panorama alam menakjubkan. Bagi anda yang belum familiar dengan nama Ambengan, mungkin sudah mengenal desa Pebantenan. Kedua desa tersebut sama, dalam artian desa Ambengan merupakan nama baru dari desa Pebantenan.

Sedangkan pemberian nama kecamatan Sukasada sendiri dikarenakan wilayah tersebut sangat subur. Bahkan dikarenakan kesuburan tersebut, hampir semua jenis tanaman dapat tumbuh, termasuk jenis rumput ilalang setinggi paha orang dewasa. Dengan demikian, anda tidak hanya menikmati pesona alam berupa hijaunya hamparan sawah saja, melainkan juga hijau kekuningan dari warna ilalang tersebut.

Menariknya, rice terrace Ambengan tidak hanya berupa hamparan persawahan berupa padi saja, melainkan juga perkebunan dengan berbagai buah yang dihasilkan. Selain itu, ada juga kebun teh dengan warna hijaunya yang lebih tua. Anda bisa menikmati keindahannya sambil berjalan menghirup udara segar, atau hanya sekedar mengabadikan momen. Bagi yang ingin beristirahat, ada beberapa gubuk milik petani yang bisa digunakan gratis.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Munduk, Kec. Banjar, Kab. Buleleng, Bali.

5. Pupuan Rice Terrac

Pupuan Rice Terrac
Image Credit: Google Maps Tia Indra

Desa Tabanan juga berkontribusi dalam memberikan sebuah rice terrace terindah di Bali. Bahkan bukan hanya pesona alam khas persawahan yang anda temukan, namun juga air terjun. Tentu saja air terjun tersebut juga menjadi salah satu daya tarik utamanya. Namun lokasinya tidak berada di Pupuan rice terrace, melainkan bisa anda temukan ketika sedang dalam perjalanan ke lokasi terasering.

Di lokasi rice terrace ini, anda juga menemukan berbagai tanaman dengan keindahannya ketika dilihat dari kejauhan. Tanaman tersebut adalah perkebunan buah, kopi, dan juga teh. Selain itu, ada juga beberapa pohon kelapa menjulang tinggi dengan lambaian daunnya ketika tertiup angin. Perairan yang ada di terasering tersebut juga menjadi daya tarik dengan pantulan pohon atau tumbuhan di sekitarnya. Melalui jalan setapak, anda bisa menikmati keindahannya sambil menghirup udara segar.

Sama halnya dengan rice terrace di Bali yang telah disebutkan diatas, anda juga bisa mengabadikan momen, atau hanya sekedar menikmati pesonanya. Namun tentunya sangat rugi jika anda pulang tidak membawa kenang-kenangan. Oleh sebab itu, sebaiknya siapkan kamera yang bagus ketika berkunjung ke Pupuan rice terrace.

Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah menikmati kuliner yang ada di lokasi tersebut. Apabila anda fasih berbahasa dan logat Bali, tidak ada salahnya berkomunikasi dengan warga setempat. Apalagi jika warga di sana dikenal ramah, sehingga anda merasa di rumah sendiri.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Pupuan, Kab. Tabanan, Bali.

Terasering merupakan destinasi wisata cantik yang mempunyai banyak peminat, baik wisatawan asing maupun lokal. Alasannya tidak lain adalah karena murah dan hampir tidak memerlukan biaya tiket masuk. Rice terrace terindah di Bali yang telah disebutkan diatas hanya sebagian saja. Artinya masih banyak lagi yang bisa anda kunjungi dengan keindahan alam yang tidak jauh berbeda.

  • Bagikan