Air Terjun Kembang Soka, Surga Alam Tersembunyi Nan Eksotis di Kulon Progo

Air Terjun Kembang Soka

Harga Tiket: Rp 6.000, Jam Operasional: 08.00–16.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Kaligesing, Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Air Terjun Kembang Soka merupakan salah satu tempat wisata yang wajib anda kunjungi. Lokasinya berada di Yogyakarta, tepatnya berada di daerah Kulon Progo. Indahnya air terjun membuat siapa saja yang berkunjung pasti ingin kembali. Bagi anda yang belum pernah datang, silahkan langsung datang ke lokasi agar tidak penasaran. Namun sebelumnya alangkah lebih baik jika anda membaca ulasan lengkap yang akan kami berikan.

Wisatawan yang pernah berkunjung ke lokasi, atau mereka yang sering mengunjungi air terjun mengatakan bahwa tempat ini menjadi salah satu yang terbaik di kabupaten Kulon Progo. Bukan tanpa alasan, airnya sangat jernih dan menyegarkan bagi siapa saja yang menyentuh atau berendam di dalamnya. Selain itu, anda bisa melihat dengan jelas keunikan dari airnya, yakni memiliki dua warna.

Tidak mudah untuk menuju lokasi, terutama ketika musim hujan. Jalanan yang harus dilalui cukup terjal dan curam khas perbukitan. Kebanyakan belum diaspal sehingga semakin licin ketika terkena air hujan. Meski demikian, tetap saja tidak menyurutkan langkah sebagian besar wisatawan. Alasan utamanya adalah panorama alam dan keindahan Air Terjun Kembang Soka yang hampir tiada duanya.

Daya Tarik Air Terjun Kembang Soka

Daya Tarik Air Terjun Kembang Soka
Image Credit: Google Maps Hasim Ikhwanudin

Daya tarik, itulah yang memikat semua wisatawan yang rela menyusuri jalanan terjal dan curam menuju lokasi. Perjalanan juga harus melawati hutan dan perkebunan milik warga. Sesekali, lembah begitu terlihat landai dan curam yang menyapa kaki yang kurang berhati-hati. Namun semua seolah terlupakan karena daya tarik yang begitu memikat.

1. Keindahan Air Terjun Kembang Soka

Hal pertama yang membuat banyak wisatawan berkunjung adalah karena keindahan air terjunnya. Di tempat ini, bukan hanya satu air terjun yang bisa disaksikan, namun ada dua dengan keindahan masing-masing. Air terjun yang pertama tidak terlalu besar dengan kolam sedikit dangkal, sekitar 1 meter.

Sedangkan air terjun kedua ukurannya lebih besar dengan ketinggian mencapai 15 meter. Kolamnya juga lebih besar dibandingkan yang pertama, demikian pula kedalamannya mencapai 2.5 meter. Keduanya memiliki air sangat jernih dengan warna hijau kebiruan atau hijau tosca. Meskipun kolamnya tidak alami, namun tetap saja memiliki daya tarik yang cukup memikat.

Air Terjun Kembang Soka tergolong unik karena aliran air tidak langsung menuju kolam, melainkan menyentuh bebatuan terlebih dahulu. Batu-batu besar juga menyita perhatian dengan warna abu-abu dan ada yang merah. Singkatnya, air terjun ini bentuknya tidak vertikal, namun sedikit landai sehingga tampak jelas aliran airnya.

2. Pemandangan Alam Sekitar Air Terjun

Tidak kalah menarik jika melihat pemandangan yang ada di sekitar. Pohon rindang nan hijau menghiasi setiap sudut lokasi. Macam-macam pohon bisa anda saksikan dengan posisi mengelilingi lokasi air terjun. Tidak lupa adanya tanaman Soka yang juga dijadikan sebagai nama air terjun yang ada di kecamatan Girimulyo ini.

Perlu diketahui, Air Terjun Kembang Soka diambil karena lokasinya banyak terdapat tanaman Soka yang cantik dan berwarna-warni. Hingga saat ini, masih ada beberapa bunga tersebut sebagai bukti bagi anda yang kurang yakin. Meskipun tidak terlalu banyak, namun keindahannya tetap menawan bagi wisatawan.

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Kembang Soka
Image Credit: Google Maps Athank Studio

3. Keunikan Dua Warna Air Terjun

Daya tarik berikutnya tidak kalah dengan kedua hal yang telah dibahas, yakni memiliki dua warna air yang berbeda. Dikatakan tadi bahwa terdapat dua air terjun berbeda ukuran. Tampak jelas bahwa kedua air yang turun melewati bebatuan memilki warna yang berbeda. Di sebelah kiri, ukurannya tidak terlalu besar dengan kontur langsung menuju ke kolam. Warna air yang mengalir berwarna putih jernih sehingga anda bisa melihat batuan yang ada di belakangnya.

Tidak jauh dari air terjun yang pertama, tepatnya di sebelah kanan, ada lagi dengan ukuran lebih besar dengan kontur berundak. Di sinilah anda bisa melihat berbagai batuan berwarna yang menjadi lintasan dari aliran air. Memang tidak jelas warna hijau tosca pada alirannya, namun sangat jelas ketika anda melihat ke arah kolam.

4. Sebagai Tempat Relaksasi Melepas Penat

Keindahan dan panorama alam yang disajikan Air Terjun Kembang Soka sangat cocok dijadikan tempat untuk menenangkan diri. Daya tarik ini mungkin didapat di tempat wisata lain, asalkan yang memberikan pemandangan alam. Lokasinya yang jauh dari perkotaan membuat udara tidak hanya sejuk dan dingin, namun juga bebas dari polusi udara.

Menariknya, banyak ditemukan berbagai jenis satwa di sekitar lokasi. Meskipun tergolong hewan liar, namun kehadiran mereka tidaklah mengganggu dan membahayakan. Justru dengan banyaknya satwa yang ditemui menjadi nilai plus tersendiri dan memberikan daya tarik lebih bagi wisatawan. Dengan demikian, relaksasi untuk melepas penat dari keseharian menjadi lebih sempurna.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Tterjun Kembang Soka
Image Credit: Google Maps anom sabrang

Seperti yang dikatakan sebelumnya, lokasi Air Terjun Kembang Soka berada di kawasan Perbukitan Menoreh, tepatnya di Jl. Raya Kaligesing, Banyunganti, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Jalanan yang harus dilalui tidaklah mudah dengan kontur khas bukit, yakni tanjakan dan turunan curam. Belum lagi, anda harus rela berjalan kaki setelah parkir dan menuju ke lokasi, karena tidak dapat dijangkau dengan kendaraan.

Rute yang paling mudah dan lumayan cepat adalah dengan melewati jalan Godean dengan jarak tempuh sekitar 33 kilometer. Dari pusat kota Jogja, silahkan menuju ke arah barat hingga tiba di Jalan Godean. Setelah itu, arahkan kendaran menuju ke Jalan Nanggulan dan berakhir di Kecamatan Girimulyo. Di titik ini, banyak ditemukan papan petunjuk yang mengarahkan anda hingga menuju ke pesona air terjun.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Air Terjun Kembang Soka
Image Credit: Google Maps Muhammad Lutfi

Meskipun anda harus membayar tiket masuk ke lokasi Air Terjun Kembang Soka, namun harganya tetap terjangkau. Untuk satu pengunjung dewasa hanya dikenakan tarif 6.000 rupiah. Anak-anak dibawah usia tertentu tidak dibebankan biaya masuk. Selain biaya tersebut, ada pula tarif parkir yang juga wajib anda keluarkan.

Tarifnya masih standar objek wisata yang ada di beberapa wilayah di Indonesia. Kendaraan roda dua atau motor dikenakan tarif 2.000 rupiah. Lain halnya dengan mobil yang dibebankan tarif parkir sebesar 5.000 rupiah. Selain tarif tersebut, tidak ada lagi biaya yang harus anda keluarkan, kecuali untuk membeli makanan atau fasilitas yang memang berbayar.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Kembang Soka

Aktivitas Di Air Terjun Kembang Soka
Image Credit: Instagram kembangsoka waterfall

Menariknya, banyak aktivitas yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke Air Terjun Kembang Soka. Selain daya tarik, inilah yang juga menjadi alasan kenapa bayak pengunjung berdatangan setiap hari. Bukan hanya wisatawan domestik, namun ada juga wisatawan asing di hari tertentu!

1. Berenang dan Bermain Air Jernih

Bermain air tentunya wajib dilakukan ketika anda mengunjungi lokasi wisata berupa air terjun. Segarnya air dan sejuknya udara yang ada di lokasi menjadikan aktivitas ini semakin diminati. Bagi yang ingin sekadar menikmati air kolam, terdapat batuan sebagai pijakan yang ada di sekitar. Batuan tersebut dibuat oleh pihak pengelola dan ukurannya tidak terlalu besar.

Aktivitas berenang juga semakin seru bagi anda yang hobi. Terdapat dua kolam yang bisa anda gunakan, pilih sesuai dengan skill berenang. Jika anda tidak terlalu pandai, lebih baik gunakan kolam dangkal yang ada di sebelah kiri. Namun jika yakin ahli dalam olahraga tersebut, kedalaman 2 meter tentunya semakin membuat tantangan lebih seru. Di samping kolam, terdapat pijakan dari kayu yani bangun khusus bagi yang ingin cliff jumping.

2. Menikmati Pesona Air Terjun

Bagi yang sedang malas berenang atau bermain air karena takut cuaca dingin, aktivitas pasif seperti menikmati keindahan panorama Air Terjun Kembang Soka mungkin cocok. Bukan hanya ketika berada di lokasi, namun juga ketika perjalanan sepanjang kurang lebih 200 meter. Sejauh mata memandang, warna hijau dari tumbuhan selalu mejadi teman perjalanan.

Belum lagi batuan dengan berabagai ukuran yang selalu menghiasi. Tampak sekilas memang kurang menarik, namun ketika dikelilingi banyak pohon di sampingnya, pemandangan tersebut seolah tidak layak dilewatkan. Adanya jembatan yang ada di lokasi bukan hanya berfungsi untuk menghubungkan kedua air terjun, namun juga sebagai titik dimana pemandangan terlihat lebih menakjubkan.

Aktivitas Menarik Di Air Terjun Kembang Soka
Image Credit: Google Maps fadjar moch

3. Berburu Spot Foto Cantik

Bagi setiap wisatawan yang berkunjung, aktivitas fotografi pastinya menjadi wajib dilakukan. pemandangannya begitu mengagumkan sehingga sayang sekali dilewatkan. Apalagi berbagai spot bisa anda gunakan untuk menghiasi latar belakang foto atau video. Sebut saja jembatan kayu penghubung dua air terjun, dimana anda bisa membelakangi Air Terjun Kembang Soka sebagai background mempesona.

Jika belum puas, masih ada spot yang tidak kalah indah, yakni kejernihan kolam. Warna biru kehijauan sangat jelas terlihat jika anda mengambil gambar dari atas. Ketenangan air yang hampir tanpa arus juga membuat latar belakang semakin indah. Tidak lupa spot yang menjadi incaran kaum muda, terutama wanita, yakni wana-warni kembang soka yang sangat menawan.

4. Tracking Seru dan Menantang

Aktivitas selanjutnya adalah ketika di perjalanan menuju lokasi wisata. Jaraknya memang tidak terlau jauh, namun kontur khas Perbukitan Menoreh menjadi tantangan tersendiri. Bagi yang ingin memacu adrenalin dengan menaiki perbukitan, aktivitas ini cocok dilakukan. Selain itu, tracking juga menyehatkan tubuh, terutama memperkuat bagian kaki.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Air Terjun Kembang Soka
Image Credit: Google Maps Wachyudi Yuwono

Tidak perlu khawatir dalam hal fasilitas, pengelola Air Terjun Kembang Soka menyediakan berbagai fasilitas cukup lengkap. Seperti adanya mushola yang digunakan untuk tempat ibadah, dan juga toilet untuk membersihkan diri. Fasilitas lain yang bisa anda dapatkan adalah lahan parkir dengan ketentuan tarif yang telah disebutkan diatas. Adanya Gazebo yang bisa digunakan sebagai tempat santai juga melengkapi fasilitas yang ada. Supaya kebersihan selalu terjaga, banyak tersedia tempat sampah yang ada di beberapa titik.

Bagi pengunjung yang kehabisan bekal, tersedia beberapa warung yang siap menanti kedatangan anda. Berbagai makanan tersedia, mulai makanan ringan hingga makanan berat seperti nasi. Bagi pemuda, makanan modern juga tersedia di lokasi ini. Atau mungkin anda hanya ingin sekadar santai sambil minum kopi? Silahkan langsung menuju ke warung karena di sana juga tersedia dengan harga terjangkau.

Pesona Air Terjun Kembang Soka memang tidak dapat tertandingi oleh beberapa air terjun lainnya yang ada di nusantara. Kecantikannya semakin sempurna dengan lokasinya yang selalu terjaga kebersihannya. Maka dari itu, ada baiknya jika anda juga menjaga kebersihan selama di lokasi wisata ini.

Baca Juga  Curug Putri Palutungan, Air Terjun Eksotis yang Sarat Mitos di Kuningan