Alun-Alun Magelang, Tempat Rekreasi Favorit untuk Liburan Keluarga

Alun Alun Magelang

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Setiap kabupaten atau kota pasti mempuyai tanah lapang yang disebut sebagai alun-alun. akan tetapi tidak semua lokasi yang biasanya berada di sekitar kantor DPRD tersebut dikelola dengan baik. Salah satu yang terbaik dengan desain menawan dan konsep modern adalah Alun-Alun Magelang. Tempat tersebut menjadi kebanggaan warga lokal, sekaligus menjadi tempat wisata santai bersama keluarga. Bagi warga luar kota mungkin penasaran dengan apa saja yang diberikan oleh alun-alun tersebut.

Alun-alun yang juga menjadi ikon warga Magelang ini sebenarnya sudah ada sejak abad ke-18. Namun kala itu hanya sebuah tanah lapang yang minim akan bangunan di dalamnya. Lokasinya yang strategis menjadikan alasan tersendiri bagi pengunjung yang berdatangan. Terletak di pusat kota yang dikelilingi tiga gunung sekaligus, yaitu Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan juga Gunung Sumbing. Meskipun tidak terlihat jelas ketiga gunung tersebut, namun suasana asri dan sejuk sangat terasa.

Selain di kelilingi gunung, Alun-Alun Magelang juga dikelilingi emat tempat ibadah. Inilah yang menjadikan kawasan wisata ini unik. Tempat ibadah yang dimaksud adalah Masjid Agung Magelang, Gereja Protestan Indonesia, Klenteng, dan yang terakhir adalah Gereja Santo Ignatius. Semua tempat ibadah yang dibangun berdekatan juga sebagai penanda bahwa Indonesia merupakan negara yang menjunjung tinggi nilai toleransi.

Daya Tarik yang Dimiliki Alun-Alun Magelang

Daya Tarik Alun-Alun Magelang
Image Credit: Twitter @IniMagelangKu

Meskipun hanya sebuah tanah lapang yang tidak lebih dari nama alun-alun, namun tempat tersebut memiliki berbagai daya tarik yang membuat pengunjung selalu berdatangan. Bagi warga lokal, mungkin sudah tidak terhitung berapa kali mereka datang. Bukan berarti bagi anda yang diluar kabupaten Magelang tidak berhak. Lokasinya yang dibuka untuk umum memungkinkan anda berkunjung jika kebetulan berada di Magelang. Mengenai daya tarik, beberapa poin berikut pastinya dapat meyakinkan anda untuk datang berkunjung!

1. Keindahan Alun-Alun

Beberapa kabupaten lain mungkin membiarkan bangunan alun-alun apa adanya. Namun berbeda ketika anda berada di Alun-Alun Magelang. Konsep bangunan modern yang berkolaborasi dengan peninggalan sejarah menjadi daya tarik bagi wisatawan. Pertama kali anda masuk ke alun-alun, Patung Pangeran Diponegoro dengan kuda putih siap menyambut kedatangan anda. Patung tersebut berdiri diatas bangunan kotak dengan lambang pancasila di bawahnya.

Keindahan lain yang juga menjadi daya tariknya adalah dari desain. Memang tidak banyak bangunan di dalam alun-alun, hanya ada sebuah pohon yang dipugar degan batasan lingkaran untuk melindunginya dari tangan jahil. Selain itu, ada juga beberapa tempat duduk yang bisa digunakan bagi pengunjung yang ingin bersantai.

2. Air Mancur Menari

Tidak banyak tempat lain yang memberikan daya tarik menawan dari air mancur menari atau yang dikenal dengan dancing fountain. Seperti di beberapa kota besar atau di luar negeri, anda juga bisa menyaksikan keunikan dari air mancur menari ketika berada di Alun-Alun Magelang. Air mancur ini dibangun diatas lahan dengan panjang sekitar 72 meter dan lebar 6.5 meter yang terletak di sebelah barat alun-alun.

Warna-warni dari air yang menulang tinggi menjadi hiburan tersendiri bagi warga atau pengunjung. Uniknya, tarian dari air tersebut bukan diiringi dengan alunan musik tertentu. Selain cocok digunakan sebagai latar belakang foto atau video, daya tarik ini juga cocok digunakan sebagai ajang relaksasi. Meskipun sebagian besar pengunjung memanfaatkannya untuk mengabadikan momen ketika berlibur di alun-alun kota ini.

3. Menara Air Peninggalan Belanda

Bukan hanya keindahan yang didapatkan ketika anda mengunjungi Alun-Alun Magelang, namun juga menjadi saksi kemegahan arsitektur zaman Belanda. Tepat di sisi sebelah kiri dimana Patung Diponegoro menghadap, ada sebuah menara air dari peninggalan zaman Belanda. Tujuan dibangunnya menara ini kala itu adalah untuk memenuhi kebutuhan air bagi tentara Belanda yang bermukim di Magelang, juga warga Belanda yang menempati bererapa titik.

Meskipun usianya sudah lebih dari 100 tahun, tepatnya dibangun pada tahun 1916, namun bangunan tersebut belum pernah mendapatkan renovasi karena masih berdiri kokoh. Dengan alasan tersebutlah sehingga pihak pemerintah daerah menjadikannya sebagai Cagar Budaya Lokal. Dialah Thomas Kharsten yang menjadi arsitek utama dari pembangunan menara air dengan luas bangunan lebih dari 500 meter persegi dan tinggi 23 meter ini. Saat ini, menara yang juga menjadi salah satu ikon kota Magelang ini dikelola oleh instansi pemerintah PDAM dan mampu menampung 1.750 juta liter air.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Alun-Alun Magelang
Image Credit: Google Maps Richard David

Tidak sulit menemukan lokasi Alun-Alun Magelang karena lokasinya berada di pusat kota. Alamat lengkapnya di Desa Kemirirejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Bagi warga lokal pasti tau alamat tersebut, namun lain halnya dengan warga yang tinggal di luar kota Magelang. Agar bisa sampai ke lokasi, banyak rute yang bisa diambil, tergantung dari mana anda datang.

Akan tetapi sebagai patokan utama, anda bisa menggunakan Museum Diponegoro yang terletak di Jalan Diponegoro. Ada tiga jalan yang bisa anda ambil dari titik tersebut, semua mengarah ke alun-alun kota. Akses jalan yang paling dekat adalah Jalan Kartini dan Mayjen Sutoyo. Jika anda mengambil alan Kartini, silahkan lurus saja hingga menemukan alun-alun bagian utara. Sedangkan untuk Jalan Mayjen Sutoyo akan mengantarkan anda ke bagian alun-alun sebelah selatan.

Sebagaimana alun-alun yang ada di beberapa daerah lain, di Magelang juga tidak perlu membayar untuk tiket masuk. Hanya saja untuk parkir kendaraan dikenakan tarif dengan nominal cukup murah. Sepeda motor hanya 2.000 rupiah, dan mobil atau roda empat diwajibkan membayar biaya parkir sebesar 5.000 rupiah. Anda bisa datang kapan saja karena Alun-Alun Magelang dibuka setiap hari selama 24 jam.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Alun-Alun

Aktivitas Alun-Alun Magelang
Image Credit: Google Maps Nanna

Bukan hanya sekadar menikmati pemandangan yang bisa anda lakukan, berbagai aktivitas menarik juga menanti untuk dilakukan. Mungkin bagi yang baru pertama kali berkunjung sedikit kebingungan dan belum mempunyai ide. Akan tetapi ketika anda tiba di lokasi, beberapa aktivitas secara spontan muncul begitu saja. Seperti halnya aktivitas berikut yang biasa dilakukan pengunjung ketika mendatangi lokasi!

1. Bersantai di Alam Terbuka

Banyak pengunjung yang datang ke lokasi hanya bertujuan untuk menikmati waktu santai di alam terbuka. Memang tidak banyak tempat duduk di sekitar lokasi, apalagi di bagian tengah alun-alun. Anda bisa bersantai di bagian tepi yang disediakan tempat duduk gratis bagi setiap pengunjung. Bukan hanya bersantai tentunya, namun juga sekaligus menikmati udara sejuk dan keindahan dari setiap sisi dari Alun-Alun Magelang.

2. Menikmati Keindahan Alun-Alun Magelang

Banyak keindahan yang bisa anda nikmati ketika berada di lokasi. Sebut saja air mancur menari yang telah dijelaskan sebelumnya. Keindahan semakin tampak ketika anda datang di malam hari, dimana lampu warna-warni menghiasi setiap semburan air yang menuju ke atas. Selain itu, sayang sekali untuk dilewatkan kemegahan bangunan menara air yang gagah berdiri. Bangunan tersebut juga cantik ketika di malam hari. Lampu bertuliskan Magelang sangat jelas terlihat.

3. Bermain Bersama Anak

Aktivitas ini khusus bagi mereka yang datang membawa rombongan keluarga. Di tempat ini, ada berbagai fasilitas permainan yang bisa digunakan. Akan tetapi jangan berharap adanya playground karena memang bukan itu fungsinya. Mainan yang dimaksud adalah dari beberapa penjual yang ada di sekitar lokasi. Jenis permainan yang bisa dimanfaatkan adalah mobil remote, rumah balon, memancing ikan mainan, dan masih banyak lagi.

Dikarenakan bukan termasuk fasilitas, maka ada harga yang harus dibayar. Namun jangan khawatir, harga setiap permainan cukup terjangkau. Untuk jenis mobil remote hanya perlu membayar sebesar 10.000 rupiah. Sedangkan untuk memancing rata-rata 5.000 rupiah dengan durasi waktu yang telah ditentukan.

Aktivitas Seru Alun-Alun Magelang
Image Credit: Google Maps AJI PRASOJO

4. Berburu Spot Foto Cantik

Setiap pengunjung yang datang ke Alun-Alun Magelang dipastikan akan melakukan aktivitas berfoto. Hal ini dikarenakan banyaknya spot cantik sebagai latar belakang. Dari awal anda masuk ke lokasi, sambutan Patung Pangeran Diponegoro bukan hanya sekadar untuk dilihat, namun juga salah satu spot indah yang dapat menghiasi foto anda. Dari luar pagar dengan arah menghadap langsung ke arah patung bisa dijadikan pilihan pose utama.

Jaga lupa untuk mengabadikan momen liburan sederhana dengan berfoto di air mancur menari. Usahakan datang di malam hari untuk mendapatkan sensasi keindahan lebih. Variasi warna dari air mancur sangat mengesankan dengan bias air yang indah. Selain itu, masih ada spot foto yang tidak boleh dilewatkan, yakni bangunan menara air. Akan tetapi karena ukurannya yang cukup besar, sangat sulit untuk mengambil sudut yang tepat.

5. Wisata Kuliner

Bagi anda yang ingin menikmati makanan khas Magelang, ada banyak warung makan yang ada di sebelah Alun-Alun Magelang. Warung tersebut kebanyakan buka mulai sore hari dengan hidangan nikmat dan harganya murah. Ada juga makan ringan jika anda tidak terlalu lapar. Atau mungkin juga bisa menikmati minuman yang tersedia di warung tersebut.

Selain makanan tradisional, banyak juga yang menyediakan menu makanan berat atau jajanan modern. Meskipun tidak banyak tersedia, namun ada juga yang menjual makanan ringan yang cocok dijadikan oleh-oleh. Harganya juga tidak terlalu mahal, masih standar harga yang umumnya di banderol di beberapa tempat wisata lainnya. Tentunya hal ini sangat dibutuhkan bagi wisatawan yang datang dari luar kota.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Alun-Alun

Fasilitas Alun-Alun Magelang
Image Credit: Google Maps Puspita Evyanti

Beberapa fasilitas untuk menunjang kebutuhan wisatawan juga tersedia. Fasilitas wajib yang pastinya dibutuhkan beberapa pengunjung adalah toilet. Kondisinya bersih dan terawat dengan air yang selalu mengalir. Bagi anda yang ingin beribadah, silahkan gunakan masjid Agung yang letaknya bisa dijangkau dengan berjalan kaki dari lokasi.

Tempat parkir nya cukup luas dengan penjaga yang amanah, jadi tidak perlu khawatir dengan kendaraan anda. Di lokasi wisata yang cocok dijadikan ajang liburan bersama keluarga ini juga tersedia beberapa tempat penginapan. Harganya juga terjangkau, sekitar 120.000 untuk satu hari dengan fasilitas cukup lengkap.

Tidak perlu mahal hanya sekadar untuk mengisi waktu liburan. Wisata sederhana seperti mengunjungi Alun-Alun Magelang juga bisa menjadi alternatif utama. Meskipun murah meriah, namun daya tarik dan keindahannya tidak kalah dengan objek wisata lain. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, alangkah baiknya jika anda datang berkunjung pada malam hari karena keindahannya semakin jelas terlihat.

Baca Juga  15 Tempat Wisata di Curup Rejang Lebong Terbaru & Populer Dikunjungi Wisatawan