Cirebon Waterland Ade Irma Suryani, Destinasi Wisata Favorit untuk Liburan Keluarga

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Harga Tiket: Rp 25.000, Jam Operasional: 09.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Sebagai kabupaten yang terletak di tepi pantai, Cirebon memberikan sebuah objek wisata yang wajib anda kunjungi bersama keluarga. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani namanya, dimana dulu hanya sebuah taman serbaguna dengan desain apa adanya. Tepatnya pada tahun 2015, lokasi taman tersebut akhirnya dirombak total menjadi sebuah wahana air dengan permainan dan daya tarik sangat lengkap.

Lokasinya yang tidak jauh dari pantai membuat udara semakin sejuk dengan hembusan khas pantai. Sejak berdirinya objek wisata ini, wisatawan tidak pernah berhenti berkunjung. Apalagi jika taman yang ada di kecamatan Lemahwungkuk tersebut merpakan satu-satunya yang ada di Cirebon. Bukan hanya terpaksa karena tidak ada pilihan lain tentunya, namun keindahan yang dijanjikan menjadi alasan kuat kenapa banyak pengunjung berdatangan setiap waktu.

Perlu diketahui, taman yang saat ini dikenal dengan Cirebon Waterland Ade Irma Suryani ini sebenamya sudah ada sejak dulu, kala itu masih bernama Taman Traffic Garden Cirebon. Hingga pada tahun 1966, pemerintah kota Cirebon mengubah namanya menjadi Taman Ade Irma Suryani. Namun ternyata keberadaannya kurang berfungsi dengan baik karena tidak ada hal menarik yang dilakukan selain bersantai dan duduk di bangku yang disediakan.

Daya Tarik yang Dimiliki Cirebon Waterland

Daya Tarik Cirebon Waterland Ade Irma Suryani
Image Credit: Google Maps Teddy Setiadi

Setiap yang ada di taman yang kini menjadi objek wisata utama di Cirebon ini memiliki daya tarik. Bagi pengunjung yang baru datang, mereka akan terpukau dengan keindahan yang disajikan. Begitu juga dengan mereka yang sudah pernah mengunjunginya, tidak sedikit yang ingin kembali berkunjung dikarenakan daya tarik Cirebon Waterland Ade Irma Suryani.

1. Keindahan Desain Taman

Desain yang indah menjadi daya tarik pertama yang layak untuk dibahas. Lokasinya yang luas sangat memungkinkan untuk memberikan berbagai wahana. Ada tiga kolam renang utama yang biasa digunakan pengunjung. Kolam pertama untuk anak-anak dengan kedalaman sangat dangkal. Kemudian ada kolam khusus dewasa yang mempuyai kedalaman air sekitar 1.5 meter. Selain itu, ada juga kolam arus yang setiap hari dipadati pengunjung. Anda bisa memilih kolam yang sesuai, namun untuk mendapatkan sensasi lebih seru, kolam arus cocok dicoba.

Di tepi kolam ada wahana lain yang tidak kalah seru, yakni seluncur air dengan ketinggian mencapai sepuluh meter yang mengarah langsung ke kolam. Di kolam khusus anak-anak juga ada seluncur yang tidak terlalu tinggi, jadi cukup aman digunakan. Di samping itu, desain nya juga pasti disukai anak dengan pola rumah mini. Total ada 4 seluncur dalam satu bangunan tersebut, jadi tidak perlu antre lama untuk menggunakannya.

2. Suasana Sejuk Pantai

Bagi pengunjung yang datang dari jauh, atau tempat tinggalnya tidak terdapat pantai, pastinya suasana khas pantai di Cirebon Waterland menjadi daya tarik tersendiri. Objek wisata ini berada persis di sebelah laut, bahkan anda bisa berjalan kaki sebentar untuk menikmati ombak khas pantai.

Hembusan angin juga sangat terasa ketika anda berada di lokasi. Bukan hanya memberikan kesejukan, namun juga pemandangan laut tidak kalah indahnya. Sesekali ombak berkejaran menuju tepi terlihat cukup indah, meskipun tidak ada bibir pantai karena tertutup bangunan taman. Daya tarik ini tidak hanya memikat wisatawan lokal, namun juga mereka yang berada jauh dari kabupaten Cirebon.

Daya Tarik Dimiliki Cirebon Waterland Ade Irma Suryani
Image Credit: Google Maps Cirebon Terkini

3. Miniatur Kapal Cheng Ho

Sebenarnya bukan miniatur, lebih tepatnya adalah tiruan Kapal Cheng Ho yang dibangun khusus untuk menambah daya tarik. Selain itu, fungsi ,utamanya adalah sebagai rumah makan atau restoran. Ada keunikan dari rumah makan Kapal Cheng Ho selain desain persis seperti kapal yang terbuat dari kayu. keunikan yang dimaksud adalah pelayannya yang didandani nakhoda untuk memberikan kesan bahwa anda sedang berada di tengah laut.

Di petang hari, suasana semakin indah dengan hiasan lampu sorot berwarna kuning. Warna tersebut sengaja digunakan untuk memberikan kesan klasik, dimana biasanya digunakan untuk berlabuh kapal di dermaga. Sekilas desain yang digunakan sangat romantis, jadi sangat cocok dikunjungi ketika anda bersama dengan istri atau kekasih. Akan tetapi siapkan budget lebih, karena daftar menu makannya tidak dijual murah seperti warung di pinggir jalan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Cirebon Waterland Ade Irma Suryani
Image Credit: Google Maps yunianti arif

Wisatawan lokasi dipastikan tidak kesulitan ketika ingin mengunjungi lokasi, karena alamat lengkapnya di Jl. Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Namun bagi wisatawan luar kota, anda perlu mengetahui rute agar bisa sampai ke Cirebon Waterland Ade Irma Suryani. Silahkan menggunakan kendaraan pribadi agar tidak waktu tidak habis digunakan selama di perjalanan.

Dari gerbang Tol Palimanan Cirebon, silahkan ambil jalur yang menuju ke Jalan Panglima Soedirman. Apabila anda datang dari arah Jakarta, rute terbaik adalah dengan menuju ke Jalan Raya Aryawinangun – palimanan. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Cirebon, hanya sekitar 2 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor selama 10 menit. Silahkan lihat papan petunjuk selama perjalanan. Jika anda menemukan kantor Cabang Bank Indonesia, artinya lokasi wisata sudah dekat.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Cirebon Waterland Ade Irma Suryani
Image Credit: Google Maps maleakhi wahyu

Perlu disadari, ojek wisata yang menawarkan permainan atau wahana memang tergolong sedikit mahal. Namun pengalaman seru yang diberikan tentunya lebih mahal dari harga tersebut. Untuk memasuki Cirebon Waterland, anda dikenakan tarif sebesar 25.000 rupiah untuk satu orang. Sedangkan bagi yang ingin berenang, ada tarif lagi sebesar 15.000 rupiah. Balita dibawah usia 1 tahun bebas masuk, termasuk untuk tiket renang.

Objek wisata seru ini dibuka setiap hari dengan pembagian dua waktu yang berbeda. Selama hari aktif, lokasi wisata ini dibuka mulai pukul 09.00 hingga 17.00. Sedangkan jika anda menuju lokasi pada hari libur, maka akan ditutup pada pukul 18.00. Sedikit tips bagi anda yang ingin puas melakukan segala aktivitas di dalamnya, sebaiknya datang pada hari Senin hingga Jumat karena tidak begitu ramai pengunjung.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Cirebon Waterland

Aktivitas Cirebon Waterland Ade Irma Suryani
Image Credit: Twitter muhammad arif rahman

Sebagaimana wisata air atau waterboom, aktivitas yang bisa dilakukan pasti berhubungan erat dengan air. Akan tetapi dikarenakan lokasinya yang berada di tepi laut, ada beberapa keunikan tersendiri dalam hal aktivitasnya. Pengunjung bebas melakukan aktivitas seru, asalkan tetap memperhatikan keselamatan dan etika atau peraturan yang berlaku di Cirebon Waterland Ade Irma Suryani.

1. Bermain Wahana Waterboom

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa aktivitas yang menarik tidak luput dari air. Namun kali ini bukan hanya berenang saja yang bisa anda lakukan, banyak juga lainnya. Aktivitas paling favorit dan banyak dilakukan pengunjung adalah seluncur air. Memang tergolong cukup ekstrem jika dilihat dari ketinggiannya. Akan tetapi desain dan pola telah terjamin keamanannya, jadi tidak perlu khawatir.

Bagi anak-anak, mereka juga bisa bermain seluncur mini yang ada di tengah kolam. Ada juga ember raksasa yang sesekali memuntahkan air dari atas. Wahana ini memang terkesan pasif, namun cukup seru dinikmati, terutama bagi anak-anak. Di lokasi ini juga disediakan tempat penyewaan pelampung. Tetapi ada harga lain yang harus dibayar karena tidak dalam satu paket tiket masuk ke kolam.

2. Wisata Kuliner

Apabila anda merasa kemahalan dari harga yang ditawarkan restoran Kapal Cheng Ho, masih ada alternatif berburu kuliner lain. tersedia warung atau rumah makan sederhana yang juga selalu ramai di kunjungi. Beberapa warung bahkan menyediakan makanan khas Cirebon yang kebanyakan menggunakan bahan dasar berupa ikan laut. Ada udang, cumi-cumi, kepiting, dan jenis ikan lainnya.

Pastinya bukan hanya itu, jenis makanan dengan bahan dasar lain juga tersedia, seperti ayam, bebek, telur, dan masih banyak lagi. Belum lengkap rasanya jika anda pulang tidak membawa oleh-oleh. Untuk itu, silahkan mampir ke toko atau pusat jajanan oleh-oleh terdekat. Jangan khawatir masalah harga karena beberapa makanan ringan khas Cirebon di banderol dengan harga murah.

3. Berburu Spot Foto

Keunikan dari desain Cirebon Waterland Ade Irma Suryani bukan satu-satunya untuk dijadikan spot foto unik. Di setiap titik, anda bisa menggunakannya sebagai spot foto yang layak di upload ke media sosial. Sebagai contoh adalah Kapal Cheng Ho yang menghadap langsung ke arah laut. Anda bisa menggunakannya sebagai latar belakang yang indah dengan keunikan desain nya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Cirebon Waterland Ade Irma Suryani
Image Credit: Google Maps Dendra Nurshaftiawan

Objek wisata dikatakan lengkap dan layak dikunjungi ketika fasilitas yang disediakan memadai. Dalam hal ini, taman Ade Irma Suryani memiliki berbagai fasilitas sehingga dapat dianggap layak. Fasilitas yang dimaksud diantaranya adalah kamar mandi umum, mushola, kafetaria dan warung, serta lahan parkir luas.

Bagi yang ingin bermalam, ada fasilitas penginapan yang sangat unik, yaitu rumah apung. Lokasinya persis di sebelah objek wisata yang anda kunjungi, jadi tidak perlu kendaraan untuk menjangkaunya.

Ada banyak hal yang harus disiapkan ketika hendak pergi liburan. Ada baiknya jika anda membuat planning sebelum menuju ke Cirebon Waterland Ade Irma Suryani. Hal ini dilakukan agar suasana liburan semakin menyenangkan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah selalu menjaga kondisi tubuh sebelum travelling.

Baca Juga  Blitar Park, Taman Hiburan Hits yang Dilengkapi Wahana Permainan Seru