Curug Hordeng, Pesona Air Terjun Eksotis dengan Panorama yang Memukau di Bogor

Curug Hordeng Bogor

Harga Tiket: Rp 35.000, Jam Operasional: 07.00–15.00 WIB, Alamat: Jl. Gunungwangun, Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Jika anda berkunjung ke Bogor, jangan lupa menyempatkan waktu pergi ke Curug Hordeng. Keindahan alam yang disajikan air terjun ini dipastikan tidak akan membuat anda kecewa. Curug tersebut masih berada di kawasan Sentul, jadi jangan heran ketikan anda banyak menjumpai pepohonan rindang selama perjalanan. Bagi anda yang suka berwisata sekaligus menguji nyali, Curug yang ada di Kampung Cibeureum ini memberikan sensasi tantangan yang berbeda dari yang lain.

Banyak wisatawan yang berkunjung kesana, terutama hari libur. Sebagian besar tidak kecewa dengan apa yang disajikan, baik dari panorama alam maupun udara segar khas pegunungan. Selain itu, jaraknya dari kota besar juga tidak terlalu jauh, seperti Jakarta, Depok, dan Bekasi. Hanya saja, jalan yang dilalui kebanyakan belum diaspal dan banyak tanjakan maupun turunan curam. Oleh sebab itu, sebaiknya berhati-hati demi menjaga keselamatan.

Dinamakan Curug Hordeng karena bentuknya mirip Hordeng, yakni sebuah tirai dalam bahasa lokal. Uniknya, air yang terjun tersebut tidak langsung menuju ke bawah, melainkan agak mengarah ke diagonal. Hal ini dikarenakan arusnya cukup deras dan juga adanya bebatuan di ujung, tepat sebelum air mengarah ke kolam. Airnya jernih dengan warna kehijauan, anda bisa melihat bebatuan yang ada di dasar kolam. Kedalamannya sekitar 2 meter untuk kolam yang berada di bawah Curug langsung. Sedangkan kolam yang ada di sekitarnya cukup dangkal sehingga anda bisa bermain air di sana.

Daya Tarik Curug Hordeng

Daya Tarik Curug Hordeng
Image Credit: Google Maps Uya Setiawan

Setiap tempat wisata mempunyai daya tarik tersendiri, termasuk air terjun ini. Itulah asalan kenapa banyak yang mengunjungi, bahkan rela datang dari jauh. Berikut daya tarik Curug Hordeng yang bisa anda temukan, baik di lokasi maupun saat dalam perjalanan!

1. Panorama Alam Gunung dan Hutan

Dimana lagi tempat Curug berada jika tidak di hutan dan pegunungan! Selama perjalanan, anda akan mendapatkan pemandangan alam berupa pohon pinus dan jenis pohon lain yang umumnya berada di hutan. Kawasan Sentul masih alami karena belum terjamah banyak manusia. Bahkan penduduk di sana masih minim, khususnya yang masih berada di lokasi wisata.

Udara yang ada di sana masih murni, belum ada polusi dari pabrik atau aktivitas sejenis. Kalaupun ada, mungkin hanya asap dari kendaraan bermotor yang lewat. Apalagi letak ketinggian dari Curug Hordeng sekitar 700mdpl, udara dingin nan sejuk pasti sangat terasa. Untuk itu ada baiknya jika anda tidak terbiasa dengan cuaca dingin, ada baiknya mengenakan jaket.

2. Keindahan Curug Hordeng

Ketika tiba di lokasi, anda akan terpukau dengan keindahan yang disajikan oleh salah satu curug yang ada di Bogor ini. Airnya sangat jernih dengan warna hijau terang, kejernihan tersebut mampu menembus batuan yang ada di bawah kolam. Jangan khawatir, untuk kolam yang agak jauh dari air terjun cukup dangkal. Cocok untuk bermain anak-anak atau anda yang tidak bisa berenang.

Air terjun ini terdiri dari dua undakan dengan setiap undakan memiliki kolam tersendiri. Undakan pertama tentu saja yang dekat dengan air terjun, anda tidak disarankan berenang di kolamnya karena kedalaman mencapai 3 meter. Sedangkan kolam kedua berada di aliran setelah kolam pertama yang membentuk sebuah air terjun mini. Namun bukan curug namanya karena air tersebut mengalir melalui batuan landai.

Dari atas, anda juga bisa melihat keindahan curug yang diselimuti tumbuhan. Kebanyakan tumbuhan biasa, yang tidak terlalu bear dan tinggi. Akar dari pohon tersebut terkadang menyembul keluar dari bebatuan. Lengkap sudah pemandangan alam yang di sajikan di Curug Hordeng ini. Jangan heran jika weekend tiba, banyak wisatawan keluar masuk dari lokasi wisata.

Daya Tarik Dimiliki Curug Hordeng
Image Credit: Instagram Ridwan adimuliya

3. Rangkaian Curug

Bukan hanya satu air terjun, melainkan beberapa dalam lokasi yang jaraknya tidak jauh, itulah kenapa disebut dengan rangkaian curug. Sebelum atau sesudah menikmati pemandangan di curug utama, anda bisa menuju ke Curug Kembar. Persis seperti namanya, terdapat dua air terjun saling berdampingan. Aliran airnya dari sungai yang sama, maka dari itulah disebut Curug Kembar.

Tidak memerlukan banyak waktu untuk menjangkau lokasi tersebut, cukup 10 menit melewati jalur setapak. Pastikan anda waspada karena jalan yang dilalui cukup licin, apalagi jika musim hujan. Kondisi kolam yang ada di sana tidak jauh berbeda dengan Curug utama, masih jernih dan warnanya agak sedikit putih. Kedalaman kolam juga tidak terlalu sehingga lebih aman digunakan berenang.

Berikutnya ada Curug Ciburial yang bisa ditempuh dengan jalan kaki sekitar 15 menit. Sama seperti curug lainnya, jangan mengharap jalan aspal ketika mengunjunginya. Jalan tanah dengan kontur bebatuan kecil dan besar siap menghadang usaha anda untuk menikmati keindahannya. Air terjun di lokasi ini tidak terlalu tinggi, namun kedalamannya tidak disarankan untuk berenang. Sekitar 4 – 5 meter, pastikan anda ahli berenang atau sebaiknya menghindarinya. Apalagi arusnya juga cukup kuat, bahkan lebih kuat dari semua curug yang ada di lokasi tersebut.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat Curug Hordeng Bogor
Image Credit: Google Maps Ray Restu Fauzi

Alamat Curug Hordeng berada di Jl. Gunungwangun, Kp. Cibeureum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Banyak rute yang bisa dilalui, tergantung dari arah mana anda datang. Jika berawal dari kawasan Jonggol, silahkan ambil jalur Sukamakmur yang menuju ke Cibadak. Lanjutkan perjalanan hingga menuju ke Cibeureum, anda bisa melihat papan petunjuk dari sana untuk sampai ke lokasi wisata.

Sedangkan untuk yang dari arah Sentul, ambil jalan menuju Jungle Land dan arahkan kendaraan menuju ke Gunung Pancar. Anda akan menemukan Desa Loji sebelum sampai ke kawasan Cibeureum. Jalan di sini menanjak, anda harus hati-hati melanjutkan perjalanan hingga menuju ke pos masuk. Lain halnya dengan yang datang dari arah Citerap, ambil jalur Tajur yang menuju ke Cibadak, kemudian berakhir ke Cibeureum.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Hordeng Bogor
Image Credit: Google Maps hasan sadiq syahab

Untuk menikmati keindahan alam dan pesona air terjun, tentu saja ada harga yang harus dibayar karena lokasinya sudah dikelola dengan baik oleh warga sekitar. Dengan 35.000 rupiah, anda bisa menikmati semua yang ada di lokasi wisata ini. Harga tiket masuk tersebut juga berlaku untuk hari libur, artinya tidak ada perbedaan antara weekday dan weekend.

Akan tetapi demi kenyamanan dan kepuasan melakukan aktivitas di Curug Hordeng, alangkah baiknya jika anda datang pada hari aktif karena tidak terlalu ramai. Selain itu juga usahakan datang pada musim kemarau. Bukan hanya akses jalan licin ketika hujan, namun juga air kolam masih jernih jika musim kemarau. Hal ini dikarenakan arus kuat dan debit air yang lebih besar ketika musim hujan sehingga membuat keruh aliran air dan kolam.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Curug Hordeng Bogor
Image Credit: Google Maps Sugeng Riyanto

Bukan hanya pemandangan alam indah dan menakjubkan yang bisa dinikmati ketika di lokasi wisata. Banyaknya aktivitas menarik yang bisa dilakukan juga menjadi alasan banyaknya wisatawan yang rela datang jauh-jauh dari luar kota. Bagi anda yang baru pertama kali mendatangi wisata alam berupa air terjun dan bingung menentukan kegiatan menyenangkan, berikut rekomendasi dari kami!

1. Berenang di Curug Hordeng

Jika berada di kolam, baik kolam pemandian umum atau kolam danau air terjun, aktivitas yang tidak boleh dilewatkan pastinya berenang. Anda bebas berenang di lokasi tersebut karena kedalaman air tidak terlalu, asalkan jangan langsung dibawah air terjunnya. Selain kedalamannya mencapai 2 meter lebih, arusnya juga cukup kuat. Bermain air di tepian kolam juga menyenangkan, khususnya bagi anak-anak.

Selain berenang di Curug Hordeng, anda juga bisa bermain air di Curug Kembar. Kedalaman kolam air terjun yang lokasinya berjarak sekitar 70 meter dari lokasi utama ini hanya sebatas mata kaki. Kolam yang dibawah air terjun tidak disarankan untuk berenang karena terlalu dalam. Begitu juga dengan Curug Ciburial yang hanya bisa dijadikan tempat bermain air atau foto selfie. Kedalaman kolam mencapai 4 meter lebih sehingga lebih baik tidak berenang di sana.

2. Tracking Menantang

Jalan mulus dan rata ternyata jauh dari harapan, anda justru disuguhi jalan berliku dengan tanjakan dan turunan ekstrem. Meskipun bisa dilalui kendaraan bermotor hingga sampai ke pintu gerbang, lebih baik berhati-hati karena jalan terkadang licin. Selain itu, pastikan kondisi motor prima atau memilih mobil dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Bukan tanpa alasan, jalannya cukup sempit jika dilewati bersamaan, atau ketika berpapasan dengan mobil lain.

Kendaraan tidak bisa langsung menuju Curug Hordeng, anda harus parkir terlebih dahulu dan berjalan kaki untuk bisa sampai di lokasi. Jalan yang dilalui juga tidak mulus, batuan khas kontur pegunungan menjadi teman selama perjalanan. Ada keuntungan selama perjalanan ini, yakni pemandangan indah hutan dan perkebunan milik warga. Sesekali anda bisa berhenti untuk sekadar istirahat sambil menikmati indahnya alam hijau khas perkebunan.

3. Foto Selfie

Banyak wisatawan yang mengabadikan momen dengan foto selfie atau mengambil foto. Tidak salah, karena panorama alam sekitar selalu menggoda untuk melakukan hal itu. Apalagi banyak spot foto indah menanti, baik selama perjalanan menuju lokasi atau ketika tiba di lokasi. Sebut saja ketika anda dalam perjalanan, ada spot unik berupa sebuah deck atau jembatan dari kayu. Latar belakang yang diambil berupa hijaunya pepohonan hutan yang pasti membuat foto layak di upload ke media sosial.

Ada juga anjungan bentuk bunga yang bisa dijadikan alternatif. Keduanya menawarkan keindahan alam yang menjanjikan dan membuat hasil foto sempurna. Spot yang tidak kalah indah pastinya ketika berada di lokasi Curug Hordeng. Batuan besar yang ada di samping air terjun bisa dijadikan titik pengambilan gambar. Bagus tidaknya hasil foto sebenarnya tergantung dari sudut pengambilan gambar. Namun kali ini tidak memerlukan fotografer profesional karena setiap titik mempunyai sudut yang dijamin indah.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas Curug Hordeng Bogor
Image Credit: Google Maps Muhammad Yoan Al Rasyid

Fasilitas yang disediakan cukup terjamin karena pihak pengelola juga tidak ingin mengecewakan pengunjung. Mulai dari tempat ibadah, toilet, dan lahan parkir, semua tersedia di sana.

Selain itu, juga tersedia warung makan di sekitar area parkir yang bisa anda jadikan bekal selama perjalanan. Untuk penginapan memang belum ada, namun anda bisa bermalam dengan camping di Puncak Masigit yang tidak jauh dari lokasi air terjun.

Membahas wisata alam berupa air terjun memang tidak ada habisnya. Oleh sebab itu, sebaiknya anda langsung datang ke lokasi untuk membuktikan sendiri keindahannya. Selain itu juga untuk melakukan aktivitas seru di Curug Hordeng sesuai dengan apa yang telah direkomendasikan diatas.

Baca Juga  11 Tempat Wisata di Kalianda Lampung Selatan Terbaru & Populer Dikunjungi Wisatawan