Curug Putri Palutungan, Air Terjun Eksotis yang Sarat Mitos di Kuningan

Curug Putri Palutungan Kuningan

Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 08.00-17.30 WIB, Alamat: Cisantana, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Mengisi liburan dengan mengunjungi objek wisata memang sangat menarik dilakukan, apalagi yang memberikan keindahan air terjun atau curug. Di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, ada sebuah destinasi wisata yang dimaksud, namanya Curug Putri Palutungan. Panorama alam yang indah dan mempesona membuatnya tidak pernah sepi pengunjung. Bukan hanya weekend saja, namun setiap hari dipastikan padat pengunjung.

Aliran air jernihnya berasal dari pegunungan Ciremai, jadi bisa dipastikan akan kesegarannya. Curug cantik ini mempunyai ketinggian sekitar 20 meter dengan aliran air cukup deras. Meski demikian, air yang tertampung di kolam tidak begitu terasa arusnya. Hal ini dikarenakan ukuran kolam yang luas sehingga dapat menahan laju derasnya aliran air. Air yang berada di kolam tersebut kemudian mengalir lagi ke kolam berikutnya, sebelumnya melewati undakan batu terlebih dahulu.

Nama Curug Putri Palutungan diambil karena dulunya sempat digunakan sebagai habitat monyet atau kera. Lutung, itulah kata dasar yang digunakan dalam kata Palutungan yang mempunyai arti monyet. Sedangkan ada kata Putri karena dulunya air terjun ini digunakan sebagai tempat mandi anak bangsawan dari Belanda yang disebut dengan Noni. Warga Belanda yang tinggal di Kawasan Kuningan saat itu meyakini bahwa memandikan putrinya di curug tersebut dapat membuat mereka menjadi rupawan di kemudian hari.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Putri Palutungan

Daya Tarik Curug Putri Palutungan Kuningan
Image Credit: Google Maps Cep Hadedi

Perlu diketahui, Curug Putri Palutungan mempunyai nama lain yang juga dikenal sebagian masyarakat. Nama tersebut diantaranya adalah Curug Putri, Curug Siputri, dan Curug Ciputri. Semua nama lain terdapat kata Putri yang ternyata ada kisah dibalik nama tersebut, tentu selain dari yang telah disebutkan diatas. Terlepas dari nama yang dikenal, ada beberapa daya tarik yang membuatnya selalu padat pengunjung.

1. Keindahan Curug Putri Palutungan

Alasan utama bagi wisatawan yang datang ke lokasi adalah karena keindahannya. Dari kejauhan, tampak dengan jelas aliran air deras yang turun ke kolam menyerupai seorang putri yang sedang memakai gaun. Inilah yang dimaksud dengan salah satu asal usul nama yang selalu menggunakan kata Putri. Bagi anda yang kurang yakin, silahkan mengambil gambar dengan kamera yang tajam pada sudut yang tepat.

Aliran air yang datang dari Gunung Ciremai tersebut sebelumnya melalui dinding tebing. Tumbuhan liar yang tumbuh di sekitar seolah tidak ingin memperlihatkan adanya tebing di kedua sisi Curug Putri Palutungan. Saat matahari menyorotkan sinarnya ke arah air terjun, keindahannya semakin memukau dengan bias sinar orange sempurna. Percikan air yang kadang terbawa angin juga melengkapi keindahannya.

Jika anda datang pada saat hujan turun atau sesudahnya, ada panorama alam yang membuat decak kaum bagi siapa saja yang melihatnya. Tidak lama setelah hujan reda, keindahan pelangi tampak dengan jelas di depan mata. Pelangi tersebut seolah menghiasi bagian atas curug dengan tujuh warnanya yang khas.

2. Mitos Khasiat Air Curug

Daya tarik berikutnya dari Curug Putri Palutungan adalah dari mitos yang hingga saat ini dipercaya warga setempat. Mitos tersebut juga tidak lepas dari adanya pelangi dan nama Putri yang disandang nya. Konon selepas hujan turun, pelangi yang muncul tersebut dipercaya sebagai jalan dari bidadari yang turun dari khayangan. Tujuan utama mereka yakni untuk membersihkan diri di kolam air terjun tersebut.

Oleh sebab alasan itulah banyak yang meyakini jika mandi di kolam curug bisa mendatangkan banyak manfaat. Adapun manfaat yang dipercaya yakni menyembuhkan berbagai penyakit, baik ringan maupun berat. Ada pula yang meyakini bahwa mudah sekali mendapatkan jodoh atau pekerjaan setelah mandi di kolam tersebut. Terlepas dari kepercayaan tersebut, curug yang berada di Desa Cisantana ini memang layak dikunjungi karena panorama alaminya.

3. Pemandangan Alam yang Luar Biasa

Bukan hanya keindahan Curug Putri Palutungan saja yang menjadi daya tarik, namun juga alam di sekitarnya. Tumbuhan lebat dari berbagai jenis tidak pernah lepas dari pandangan. Batuan besar dan kecil bukan hanya menghiasi sekitar curug, namun juga seluruh lokasi. Panorama alam ini juga bisa didapat di tempat wisata lain berupa air terjun, namun tentu tidak semuanya. Adanya satwa liar yang mudah ditemukan selama perjalanan menjadi daya tarik tersendiri.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Curug Putri Palutungan Kuningan
Image Credit: Google Maps N Rissa Hadikusumah

Meskipun alamat yang tertulis sangat jelas, yakni di Cisantana RT.07 / RW.03, Cisantana, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat, namun akses menuju lokasi tidak semudah yang dibayangkan. Awalnya mungkin mudah karena anda bisa menggunakan kendaraan menuju ke tempat parkir. Akan tetapi diperlukan perjalanan lagi hingga menuju ke lokasi.

Bagi yang datang dari arah Cirebon, silahkan lewati Jalan Raya Cirebon – Kuningan. Sebelum tiba di Terminal Kuningan, ada sebuah belokan yang mengarah ke Cigugur, silahkan anda ambil jalan tersebut. Lanjutkan perjalanan hingga tiba di kawasan Desa Cisantana dengan jalan yang sedikit menanjak. Tidak jauh dari titik tersebut, anda akan menemukan kawasan Bumi Perkemahan Palutungan, tepatnya setelah melewati Resort Taman Nasional Gunung Ceremai.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Curug Putri Palutungan Kuningan
Image Credit: Google Maps Danang Sutowijoyo

Tidak banyak biaya yang harus anda keluarkan untuk menikmati keindahan Curug Putri Palutungan. Satu orang dewasa dikenakan tarif 20.000 rupiah, sedangkan anak-anak 10.000 rupiah. Harga tersebut hanya untuk tiket masuk ke lokasi saja , masih ada biaya lain yang dikeluarkan. Biaya yang dimaksud adalah penggunaan fasilitas parkir, dimana untuk motor dikenakan tarif 3.000 dan mobil 5.000 rupiah. Lokasinya dibuka setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 08.00 sampai 17.30 waktu setempat.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Putri

Akativitas Curug Putri Palutungan Kuningan
Image Credit: Twitter Suka Mobil Tua

Tidak lengkap rasanya jika tidak melakukan aktivitas seru ketika berwisata. Apalagi jika tempat yang ada kunjungi merupakan sebuah air terjun, tentu banyak sekali yang harus dilakukan. Hampir semua aktivitas masih berhubungan dengan air, hal ini tentunya wajar. Supaya lebih jelas, berikut aktivitas menarik yang biasa dilakukan wisatawan ketika mengunjungi Curug Putri Palutungan!

1. Berenang dan Bermain Air

Segarnya air dan kejernihan nya membuat siapa saja tidak tahan ingin merasakan sensasi sejuknya. Bagi wisatawan yang datang ke lokasi dipastikan melakukan aktivitas ini, entah itu berenang atau hanya sekadar bermain air ditepi kolam. Pengunjung yang ahli dalam olahraga berenang bisa menguji kemampuannya di kolam utama karena kedalamannya lumayan. Namun tidak disarankan langsung berada dibawah air terjun karena mungkin arusnya cukup kuat untuk membawa orang dewasa kedalam pusaran nya.

2. Camping Seru Bersama Keluarga

Lokasinya yang berada di Bumi Perkemahan Palutungan membuat aktivitas camping sangat memungkinkan. Menikmati keindahan alam sambil berada di bawah tenda merupakan hal yang bisa anda lakukan dengan keluarga. Kegiatan ini secara tidak langsung mengenalkan anak-anak pada alam bebas. Bagi anda yang datang dengan rombongan juga bisa melakukan aktivitas ini, dimana bisa menguji kerja sama tim agar lebih baik.

Apabila anda datang ke Curug Putri Palutungan tanpa persiapan tenda, pihak pengelola menyediakan tempat penyewaan untuk keperluan tersebut. Tentunya tidak gratis, hanya saja masih murah dibandingkan dengan sensasi dan pengalaman menarik menyatu dengan alam yang didapatkan. Untuk tenda pramuka dikenakan tarif sewa sebesar 100.000 rupiah, sedangkan tenda Doom di banderol 150.000 rupiah. Semua harga sewa tersebut dengan durasi satu malam.

Akativitas Seru Curug Putri Palutungan Kuningan
Image Credit: Twitter Qun Susanto

3. Mengendarai ATV

Masih berada di kawasan yang sama, ada aktivitas seru yang dapat memacu adrenalin dan keseimbangan. Aktivitas yang dimaksud adalah berkeliling mengendarai ATV. Anda pasti tau bahwa tidak mudah untuk mengendalikan kendaran tersebut, apalagi jika medan nya tidak rata, alias kontur khas pegunungan. Kendaraan yang juga merupakan fasilitas ini juga disewakan dengan harga bervariasi, tergantung dari durasi anda menggunakannya.

4. Berburu Spot Foto dengan Pesona Alam

Tidak lupa aktivitas yang juga digunakan untuk mengabadikan momen, yakni fotografi. Kali ini bukan hanya sekadar foto seadanya, namun dengan panorama alam yang mempesona. Tidak banyak spot foto yang disediakan, sebagian besar merupakan spot liar. Akan tetapi hampir semua pemandangan sangat bagus dijadikan latar belakang. Sebut saja ketika anda mengambil background dari Curug Putri Palutungan. Usahakan mengambil sudut yang tepat agar tampak jelas air terjun yang menyerupai putri bergaun putih.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Curug Putri Palutungan Kuningan
Image Credit: Google Maps Alfahrizi Pra

Setiap objek wisata pastinya memberikan fasilitas penunjang demi kenyamanan pengunjung. Fasilitas tersebut juga bisa adan dapatkan ketika berkunjung ke Curug yang ada di Kuningan ini. Beberapa fasilitas wajib yang bisa anda gunakan adalah toilet dengan kondisi cukup baik dan air yang terus mengalir. Selain itu, ada juga tempat parkir yang luas dan aman sehingga anda tidak perlu mengkhawatirkan kendaraan yang digunakan.

Untuk mushola juga ada dan letaknya tidak jauh dari spot utama objek wisata. Warung yang menyediakan berbagai makanan juga mudah ditemui di sekitar lokasi. Anda bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk mengisi ulang tenaga yang hilang setelah lelah beraktivitas. Bisa juga digunakan sebagai tempat santai untuk menikmati udara segar dengan segelas kopi panas atau teh hangat.

Banyak sekali hal menarik yang harus dibahas dari Curug Putri Palutungan di Kuningan. Alangkah baiknya jika anda mengunjungi lokasi untuk mengobati rasa penasaran, sekaligus mendapatkan sensasi liburan menyenangkan. Jangan lupa membawa rombongan, baik keluarga maupun teman atau kerabat agar tidak membosankan.

Baca Juga  Curug Tilu, Air Terjun dengan Pesona Alamnya yang Memukau di Purwakarta