De Mangol, Menikmati Panorama Alam Memukau Sembari Kulineran di Gunung Kidul

De Mangol Gunung Kidul

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 15.00-21.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Patuk Ngoro-Ngoro KM.1.4, Sumber Tetes, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Konsep wisata yang menawarkan keindahan alam memang sangat menarik untuk dikunjungi. Apalagi jika dipadukan dengan resto yang menyediakan berbagai menu makanan lezat, seperti di De Mangol Jogja. Objek wisata ini selalu ramai dikunjungi, baik bagi mereka yang membawa rombongan keluarga, atau usia muda dengan pasangan. Alam yang dipadukan dengan rumah makan membuat pengunjung bisa bersantai sambil menikmati kelezatan dari setiap menu yang disajikan.

Yogyakarta memang selalu memberi kejutan dalam hal wisata. Bisa dikatakan salah satu daerah istimewa ini memberikan kebutuhan wisata cukup lengkap. Selain pemandangan alam berupa pantai, banyak juga yang mengusung konsep perbukitan. Terlebih, perbukitan yang dijadikan objek wisata kali ini memberikan pemandangan atau view kota Jogja dari ketinggian. Di malam hari, tampak jelas gemerlap lampu kota yang memberikan keindahan tersendiri.

De Mangol memang bukan satu-satunya objek wisata yang mengusung konsep resto dengan pemandangan alam. Bukan berarti tidak ada yang istimewa, hampir semua konsep bangunan buatan yang disediakan bisa dimanfaatkan untuk spot foto menarik. Resto alam ini memberikan dua pilihan bagi pengunjungnya, yakni indoor dan outdoor. Dari kedua pilihan tersebut, bagian outdoor menjadi pilihan favorit bagi banyak pengunjung. Alasannya sederhana, yakni karena pengunjung dapat dengan jelas melihat pemandangan dari luar tanpa ada halangan sedikitpun.

Daya Tarik yang Dimiliki De Mangol

Daya Tarik De Mangol
Image Credit: Google Maps Herny Rajagukguk

Jogja seakan menjadi medan magnet bagi wisatawan, baik lokal maupun turis asing. Hal tersebut dikarenakan setiap objek wisata memiliki daya tarik masing-masing, seperti halnya De Mangol. Bagi yang belum pernah berkunjung ke lokasi, mungkin mereka menganggap bahwa objek wisata ini cocok dijadikan sebagai ajang wisata kuliner.

Memang benar adanya karena ada sebuah resto sebagai konsep utama yang dibangun. Namun setelah berkunjung dan melihat semua yang ada di lokasi, bisa dipastikan bahwa fungsi utamanya tidak hanya sebagai rumah makan, ada daya tarik lain yang membuatnya selalu ramai dikunjungi wisatawan.

1. Pemandangan Alam

Panorama alam yang disajikan menjadi daya tarik utama dari tempat wisata ini. Di siang hari, tampak jelas landscape dari kota Jogja yang terlihat dari ketinggian. Di sisi lain juga tampak jelas Gunung Merapi yang gagah berdiri menjulang tinggi. Pemandangan hijau selalu menghiasi setiap mata memandang, baik dari pepohonan maupun rumput dan tanaman.

Bukan hanya tampak di siang hari pemandangan alam dari puncak De Mangol Jogja, ketika malam juga sangat indah dengan hasan lampu kota Jogja yang menerangi setiap rumah dan jalanan. Dari kejauhan, lampu terbut seolah menjadi lilin kecil dengan cahaya yang terlihat sedikit redup. Pemandangan ini sangat menarik dan bisa dilihat kapan saja, asalkan ketika cuaca sedang baik, dalam artian cerah dan tidak mendung.

2. Cuaca Asri

Lokasinya yang berada di kaki Gunung Purba Nglanggeran membuat cuaca masih alami dan segar. Meskipun bukan sebagai daya tarik utama bagi warga lokal, namun kesejukan di objek wisata terebut menjadi menarik bagi wisatawan luar kota Jogja. Apalagi bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan padat penduduk, dimana cuaca panas selalu menghiasi hari-hari mereka.

Kesejukan semakin ketika banyak pohon rindang yang fungsinya bukan hanya sebagai hiasan, namun juga sebagai penghasil oksigen di lingkungan sekitar. Di siang hari, fungsi dari pepohonan tersebut bahkan lebih jauh lagi, yakni sebagai tempat berteduh. Bukan berarti tidak ada tempat yang layak untuk berteduh, karena De Mangol juga memberikan tempat berteduh buatan dengan desain unik dan menarik. Hanya saja, sensasi di bawah pepohonan lebih menjadi pilihan bagi banyak wisatawan.

3. Dekat dengan Objek Wisata Lain

Daya tarik bertanya yang tidak dapat diabaikan adalah dekatnya lokasi wisata ini dengan objek wisata lainnya. Pengunjung yang telah puas menikmati keindahannya dapat melanjutkan daftar liburan mereka ke spot wisata yang dimaksud. Diantara yang paling dekat adalah Bukit Bintang yang juga menyajikan panorama alam dari ketinggian bukit.

Di lokasi yang sama, yakni Pathuk Gunung Kidul, ada objek lain yang sudah menanti kedatangan anda. Apalagi kalau bukan Watu Amben dengan keunikan hasil alam tanpa campur tangan manusia. Anda bisa mengabadikan momen di tempat ini, dimana memang kebanyakan wisatawan melakukannya. Diharapkan berhati-hati ketik mengambil gambar karena lokasi Watu Amben terletak di pinggir jurang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat De Mangol
Image Credit: Twitter mahdi binu avandy™

Supaya bisa sampai ke De Mangol Jogja, silahkan arahkan kendaraan menuju ke Jl. Raya Patuk Ngoro-Ngoro KM.1.4, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi ketika menuju ke lokasi. Hal ini dikarenakan banyaknya akses yang bisa ditempuh dari arah mana saja anda datang.

Sebagai contoh ketika anda datang dari pusat kota Jogja, silahkan menuju ke Jalan Penembahan Senipato yang menuju ke Jalan Sultan Agung. Lanjutkan perjalanan hingga menuju ke Jalan Gedongkuning. Dari titik tersebut, ambil arah yang menuju Jalan Wonosari yang mengarah ke Jalan Nasional III, kemudian belok kanan dan beberapa meter anda sudah tiba di lokasi.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket De Mangol
Image Credit: Facebook Nutrisi monochrome

Pastinya anda sudah mengira bahwa untuk masuk ke lokasi wisata tersebut tidaklah gratis. Meskipun dikenakan tarif retribusi, namun harganya tergolong masih murah dibandingkan dengan pengalaman menarik yang didapatkan. Hingga saat ini, harga tiket masuk untuk hari baisa adalah 15.000. Sedangkan ketika hari libur sedikit lebih mahal, yakni 20.000 rupiah.

Harga diatas belum termasuk parkir kendaraan yang dikenakan tarif 2.000 rupiah untuk motor, dan mobil dibebankan tarif 5.000 rupiah. Setelah anda masuk ke De Mangol, segala fasilitas bisa dinikmati secara gratis. Akan tetapi belum termasuk menu makanan yang tersedia dengan variasi harga yang telah ditentukan. Kisaran harga makanan dan minuman juga tidak terlalu mahal meskipun lokasinya terkesan mewah. Untuk makanan bisa dinikmati mulai harga paling murah 20.000 rupiah, sedangkan minuman sekitar 10.000 rupiah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di De Mangol

Aktivitas Di De Mangol
Image Credit: Google Maps Kupu2 Manja Trans

Untuk aktivitas yang dilakukan, sebenarnya hampir semuanya hampir menarik. Namun tentunya setiap pengunjung mempunyai andalan masing-masing dalam melakukan aktivitas ketika liburan. Dikarenakan lokasinya yang cantik dari bentangan alam dan desain buatan dari pihak pengelola, maka aktivitas yang bisa dilakukan tidak jauh dari hal yang berbau panorama alam.

1. Menikmati Keindahan Alam De Mangol

Hampir dipastikan pengunjung yang datang ke De Mangol Jogja ingin melihat panorama alam yang disajikan. Ada kesan berbeda ketika anda datang di sebuah objek wisata lain dengan pemandangan alam yang asma. Adalah perpaduan antara konsep resto dengan gaya modern yang menjadikannya berbeda. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam dari puncak bukit yang lokasinya dihiasi dengan ornamen buatan.

Baik siang atau malam hari, kesan yang diberikan cukup berbeda. Di siang hari, pemandangan alam jelas terlihat cantik dengan kontur khas bukit. Sedangkan di malam hari bukan hanya hiasan lampu yang menerangi kota Jogja saja, namun juga di lokasi dihiasi dengan pernak-pernik lampu cantik dan sebuah taman yang terkesan romantis. Apabila ingin menikmati nuansa hangat dari matahari tenggelam, silahkan datang di sore hari.

2. Camping

Selain menyediakan resto dengan berbagai menu makanan, De Mangol juga menyediakan area camping bagi pengunjung yang ingin mendapatkan sensasi liburan yang lebih. Aktivitas ini biasanya ramai dipadati pengunjung ketika weekend atau akhir pekan. Sayangnya, pihak pengelola masih belum menyediakan peralatan camping, jadi silahkan bawa sendiri dari rumah. Cukup tenda, sleeping bag, dan selimut saja yang dibutuhkan. Selebihnya, anda memanfaatkan fasilitas yang disediakan pihak pengelola.

Aktivitas Menarik Di De Mangol
Image Credit: Google Maps Pancha Batubara

3. Wisata Kuliner

Aktivitas kuliner yang anda lakukan kali ini mungkin berbeda dari sebelumnya. Bukan hanya makanan saja yang bisa anda nikmati, namun juga pemandangan alam sekitar. Meskipun tidak wajib membeli makanan atau minuman ketika berada di lokasi, namun lebih baik jika anda melakukannya. Setidaknya, hanya memesan minuman yang dapat menghangatkan tubuh sudah bisa mendapatkan sensasi yang berbeda. Tidak ada makanan khas Jogja di sini, semua menu yang tersedia merupakan makanan modern yang diambil dari berbagai negara.

4. Berburu Spot Foto

Selain untuk melihat panorama alam indah dari atas bukit, De Mangol Jogja juga cocok dijadikan ajang berburu spot foto indah. Semua tidak lepas dari panorama alam yang disajikan. Apalagi didukung dengan banyaknya spot yang memang dibangun khusus untuk keperluan fotografi. Di sebuah sisi lokasi wisata, ada sebuah ayunan yang didesain khusus untuk spot foto. Bukan hanya ayunan, namun sudah di desain dengan tangga besi yang berbentuk hati.

Ada pula spot foto yang wajib anda coba dengan latar belakang landscape kota Jogja yang dibangun cukup unik dengan gaya lantai yang bening yang memantul. Spot ini dikenal dengan gardu pandang yang fungsinya bukan hanya untuk foto, namun juga bisa digunakan untuk menikmati panorama alam dari atas bukit. Tidak jauh dari lokasi spot foto tersebut, ada juga spot yang tidak kalah menariknya. Hampir semua warna yang digunakan putih untuk memberikan kesan bersih. Di spot tersebut juga ada sepeda yang basa digunakan untuk pose foto agar lebih menarik.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas De Mangol
Image Credit: Google Maps made yuda

Bicara mengenai fasilitas, De Mangol memberikan yang terbaik bagi pengunjung agar betah berlama-lama. Terbukti dari adanya toilet yang selalu terjaga kebersihannya. Semua pengunjung bebas memanfaatkan fasilitas tersebut dan tidak dipungut biaya tambahan. Ada juga mushola bagi mereka yang tidak ingin ketinggalan menunaikan kewajibannya. Fasilitas wajib lainnya yang harus ada di setiap lokasi wisata adalah area parkir dengan kondisi terawat dan cukup luas.

Selain yang telah disebutkan, ada juga beberapa gazebo yang biasanya digunakan wisatawan untuk istirahat sambil menghirup udara segar. Fasilitas ini gratis dan masih dalam satu paket tiket masuk. Jika anda datang ketika weekend, konser musik akustik dari band lokal juga turut melengkapi liburan anda. Tidak lupa fasilitas resto yang juga menjadi bargain penting dari lokasi wisata yang ada di kabupaten Gunung Kidul ini.

Dari semua penjelasan yang telah diberikan diatas, De Mangol Jogja layak dikunjungi bagi anda yang ingin mendapatkan sensasi liburan berbeda. Sambil menikmati pemandangan alam dari puncak bukit, sambil menikmati makanan yang tersedia di resto pula. Hidup selaras dengan alam, itulah slogan dari objek wisata yang menjadi topik utama kali ini.

Baca Juga  10 Air Terjun di Kampar yang Paling Hits Buat Rekreasi