Gerakan Sosial Yang Pernah Terjadi Di Indonesia

Gerakan Sosial Yang Pernah Terjadi Di Indonesia Gerakan Sosial Yang Pernah Terjadi Di Indonesia

Gerakan Sosial Yang Pernah Terjadi Di Indonesia Gerakan Sosial Yang Pernah Terjadi Di Indonesia

Sosiologi Info – Apa saja gerakan sosial yang pernah terjadi di Indonesia dilaksanakan oleh masyarakat dalam mempertahankan wilayahnya dari ancaman pembangunan industri ?

Berikut ini klarifikasi sekilas perihal pengertian, dan gerakan sosial yang pernah dilaksanakan warga lokal. 

Sekilas Memahami Gerakan Sosial

Apa sih arti dari gerakan sosial ? Nah dikutip dari Wahib dalam Maciony menyampaikan gerakan sosial ialah tipe yang terpenting dari sikap kolektif. 

Selanjutnya, beberapa sosiolog menyebutkan bahwa gerakan sosial lebih sebagai sebuah bentuk dari tindakan kolektif dari pada sebagai bentuk perilaku kolektif. 

Ada juga sosiolog yang menggolongkan gerakan sosial sebagai bentuk dari collective behavior atau perilaku kolektif.

Kemudian, ada Jurgen Habermas menjelaskan gerakan sosial yaitu kekerabatan defensif individu untuk melindungi ruang publik dan private mereka, dengan cara melakukan perlawanan, serbuan dari tata cara negara dan pasar. 

Sementara, menurut Anthony Giddens mendefinisikan gerakan sosial sebagai upaya kolektif untuk mencapai kepentingan, ataupun tujuan bareng . 

Melalui berbagai tindakan kolektif, terlepas dari intervensi forum yang telah ada/mapan. Dengan demikian, gerakan sosial yang terjadi dan dikerjakan oleh atas kesadaran penduduk bareng .

Kesadaran itu merupakan suatu gerakan untuk bermaksud menyampaikan permintaan, baik berupa pergantian kebijakan kepada pemerintah maupu  instansi terkait.

Dimana dalam prosesnya telah tidak lagi terjadi janji antara penduduk , sehingga membuat masyarakat melaksanakan perlawanan terhadap putusan tersebut. 

Gerakan Sosial yang Pernah Terjadi di Indonesia 

Ada beberapa gerakan sosial penduduk yang dijalankan untuk menjaga lokasi lahan warga dari pembangunan industri. 

Berikut beberapa teladan gerakan sosial di Indonesia, yaitu :

1. Gerakan sosial warga melawan pembangunan pubrik semen di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah dan warga Samin di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Baca Juga  JUKNIS APRESIASI GURU DAN TENAGA KEPENDIKKAN TK, SLB, SD, SMP, SMA, SMK TAHUN 2021 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

(Sumber : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20161011112747-20-164641/dongeng-semen-indonesia-dua-kali-kalah-melawan-petani)

2. Gerakan sosial masyarakat budpekerti Suku Dayak di Kalimantan yang berjuang mempertahankan hutan akhlak mereka dari perusahaan perkebunan sawit. 

(Sumber : https://regional.kompas.com/read/2021/03/09/085800978/13-tahun-perjuangan-warga-dayak-modang-lai-kalimantan-cari-keadilan-tanah?page=all)

(Sumber : https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-56293417)

(Sumber : https://tirto.id/hutan-masyarakat-akhlak-makin-terimpit-lahan-sawit-clk2)

(Sumber : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200827015212-12-539719/kronologi-ketua-budbahasa-kinipan-diseret-dan-ditangkap-polisi)

3. Gerakan sosial perlawanan warga Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah yang menolak daerah mereka ditambang dalam upaya mendukung pembangunan Bendungan Bener.

(Sumber : https://tirto.id/perlawanan-tolak-tambang-lanjut-warga-wadas-ejekan-kasasi-di-ptun-gjw4)

(Sumber : https://www.mongabay.co.id/2021/04/26/warga-wadas-bertahan-tolak-penambangan-buat-proyek-bendungan-bener/)

(Sumber : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210809155218-20-678317/warga-desa-wadas-ganjar-tak-gubris-penolakan-tambang-kuari)

4. Gerakan sosial masyarakat ‘Gejayan Memanggil’

(Sumber : https://news.detik.com/gosip/d-4717325/gejayan-memanggil-dan-agresi-pergerakan-mahasiswa-di-yogyakarta)

(Sumber : https://tirto.id/aksi-gejayan-memanggil-di-jogja-serukan-mosi-tidak-yakin-ke-dpr-eiyG)

5. Gerakan sosial pembuatan mural kritikan oleh para seniman dan masyarakat yang terlibat menyampaikan aspiranya kepada pemerintah

(Sumber : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210824130057-20-684577/sindir-pegawapemerintah-gejayan-mengundang-gelar-lomba-mural-dibungkam/2)

Nah itulah daftar gerakan sosial penduduk yang pernah terjadi di Indonesia dalam kala bertahun-tahun akhir-akhir ini. 

Sumber Referensi : 

https://repository.uksw.edu/