Gumuk Pasir Parangkusumo, Objek Wisata Alam Hits & Kekinian di Jogja

Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Selalu ada kejutan di tanah Yogyakarta dalam segala hal, mulai dari kuliner, sejarah, dan keindahan alam. Salah satu contoh dari panorama alam adalah Gumuk Pasir Parangkusumo yang saat ini mulai ramai dikunjungi wisatawan. Bagi anda yang saat ini berada di Jawa Tengah, khususnya Jogja, tidak ada salahnya berkunjung ke objek wisata tersebut agar mengetahui degan jelas apa saja yang bisa dinikmati.

Dalam bahasa lokal, Gumuk mempunyai arti gundukan tinggi dengan volume cukup banyak. Jadi jelas sekali bahwa objek wisata yang menjadi topik utama kali ini merupakan gundukan pasir dengan ketinggian lumayan sehingga menyerupai bukit mini. Dikarenakan lokasinya yang berada di kawasan Parangkusumo, maka dinamakan dengan Gumuk Pasir Parangkusumo.

Proses terbentuknya gumuk ini secara alami dari letusan Gunung Merapi dan Merbabu. Abu vulkanik yang dikeluarkan gunung pada saat meletus akhirnya terbawa oleh aliran Sungai Opak, Sungai Progo, dan berbagai sungai yang berada di dekat gunung. Proses tersebut terjadi selam bertahun-tahun sehingga pasir dengan tekstur halus tersebut berkumpul menjadi satu. Volume yang sangat banyak tersebut akhirnya membentuk gundukan yang mirip dengan sahara atau gurun pasir di Timur Tengah.

Daya Tarik yang Dimiliki Gumuk Pasir Parangkusumo

Daya Tarik Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja
Image Credit: Google Maps Agung Nugraha

Pengunjung yang datang ke lokasi tidak serta-merta mendatanginya jika tidak ada daya tarik. Setiap objek wisata pasti mempunyai suatu hal yang menarik dan menjadi alasan kenapa layak dijadikan tujuan alternatif atau bahkan yang utama. Gumuk Pasir Parangkusumo juga demikian, ada beberapa daya tarik yang membuat wisatawan semakin banyak berdatangan.

1. Keindahan Gumuk Pasir Parangkusumo

Daya tarik yang pertama pastinya dari keindahan gundukan pasir yang terjadi arena proses alami. Dari kejauhan, tampak bahwa kumpulan pasir halus tersebut mirip seperti gurun pasir. Bentuknya memang tidak beraturan karena proses alaminya, justru dari bentuk tersebut menampakkan keindahan alami dari berbagai sudut.

Meskipun jarang ditumbuhi tanaman di sekitar lokasi, namun keindahannya tetap dapat dinikmati. Wisatawan yang datang tidak hanya melihat-lihat lokasi, sebagian besar memanfaatkan keindahannya untuk mengabadikan momen liburan. Di beberapa titik, ada ayunan dan tempat duduk yang dibuat pihak pengelola bagi pengunjung yang ingin bersantai menikmati keindahannya.

2. Pemandangan Pantai

Lokasinya yang tidak jauh dari Pantai Parangtritis dan Pantai Depok menjadikan lokasi wisata ini memiliki daya tarik tersendiri. Pengunjung dapat dengan jelas melihat keindahan pantai meskipun berada di Gumuk Pasir Parangkusumo. Memiliki luas sekitar 2KM yang membentang dari muara Pantai Parangtritis hingga Panati Depok membuat pengunjung puas dengan proses alam yang terjadi.

Hembusan angin jelas dirasakan bagi wisatawan, begitu juga dengan suara gemuruh ombak yang mendekati bibir pantai. Dalam satu lokasi, pengunjung mendapatkan dua sensasi berbeda dalam wisata alam, yakni berada di gurun pasir sekaligus pantai dengan panorama khasnya. Bahkan hingga saat ini, gundukan pasir unik ini hanya satu-satunya yang ada di Asia Tenggara.

3. Fenomena Sunset

Banyak wisatawan yang datang ke pantai dengan tujuan utama untuk menikmati keindahan matahari terbenam. Anda juga bisa demikian ketika berada di objek wisata cantik ini. Tidak perlu berada di pinggiran pantai karena matahari yang undur diri dapat dengan jelas terlihat meskipun posisi anda saat itu berada di gundukan pasir.

Dikarenakan lokasi tersebut, pengunjung dapat merasakan sensasi melihat fenomena sunset seperti ketika sedang berada di gurun Sahara. Keindahan Gumuk Pasir Parangkusumo semakin tampak ketika matahari yang memancarkan sinar berwarna orange tersebut menyentuh gundukan pasir sehingga terjadi pantulan yang tidak biasa. Berbagai variasi warna juga didapatkan ketika ada objek lain yang menghalangi sinar tersebut. Misalkan kebiruan karena pantulan dari awan, atau bahkan sedikit putih terang dari pembiasan air laut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja
Image Credit: Google Maps Nanang H

Pengunjung yang baru pertama kali di Jogja, atau bukan warga lokal pastinya sulit menemukan lokasi. Oleh sebab itu, pastikan anda mencatat alamat lengkapnya di Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Kretek, Bantul, DI Yogyakarta. Setelah itu, anda tinggal mencari rute yang tepat menuju ke objek wisata tersebut. Hal ini dikarenakan banyaknya akses jalan yang bisa diambil, sesuai dengan dari mana anda datang.

Sebagai contoh ketika anda datang menggunakan kendaraan pribadi, silahkan ambil rute yang menuju Jalan Parangtriris. Lanjutkan perjalanan menuju ke selatan hingga menemukan jembatan panjang yang masih berada di jalan utama tersebut. Silahkan belok kanan sebelum anda memasuki pos retribusi dari Pantai Parangtritis. Tidak jauh dari belokan tersebut, ada papan nama besar bertuliskan Gumuk Pasir Parangkusumo, artinya anda sudah sampai di lokasi wisata.

Lain halnya ketika anda datang menggunakan kendaraan umum, dimana akses jalannya bisa dikatakan lebih mudah. Dari arah mana saja anda datang, silahkan menuju ke Terminal Giwangan sebagai titik pertama untuk menemukan lokasi. Selanjutnya, ambil bus dengan jurusan Parangtritis dan akan menurunkan anda di terminal. Akan tetapi bisa saja anda turun langsung di depan objek wisata dengan mengatakan kepada sopir sebelumnya.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja
Image Credit: Google Maps Video Jancuk

Mungkin anda beranggapan bahwa apa yang ditawarkan oleh Gumuk Pasir Parangkusumo mewajibkan anda untuk membayar retribusi dengan harga mahal. Nyatanya tidak demikian, bahkan anda bisa masuk hanya dengan membayar 10.000 rupiah untuk satu orang. Harga tersebut belum termasuk parkir kendaraan yang dikenakan biaya 3.000 untuk motor, 10.000 untuk mobil, dan bus sebesar 20.000 rupiah.

Lokasi wisata ini dibuka setiap hari antara pukul 0.7.30 – 18.30. Harga dan jam operasional diatas sewaktu-waktu bisa berubah, tergantung dari kebijakan pihak pengelola. Akan tetapi jelas sudah bahwa harga yang ditawarkan sangat murah dibandingkan dengan pengalaman seru yang akan didapatkan di lokasi wisata tersebut.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Gumuk Pasir

Aktivitas Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja
Image Credit: Google Maps explore jogja

Aktivitas yang biasa dilakukan pengunjung di lokasi wisata unik ini sebenarnya juga sebagai daya tarik utamanya. pengunjung yang datang tidak hanya ingin menikmati keindahannya, namun berbagai aktivitas di dalamnya. Bahkan ada aktivitas yang hanya bisa dilakukan di gumuk pasir ini. Artinya, objek wisata lain tidak menghadirkannya karena keterbatasan fasilitas. Berikut adalah aktivitas menarik Gumuk Pasir Parangkusumo yang bisa anda lakukan!

1. Serunya Sandboarding

Pertanyaan ringan, apakah ada objek wisata lain yang memberikan aktivitas menarik seperti sandboarding? Tentu tidak ada, karena objek wisata ini hanya satu-satunya di Asia Tenggara. Inilah yang dimaksud bahwa kegiatan yang jarang ditemui di lokasi wisata lain. nikmati serunya bermain seluncur pasir diatas papan yang dapat memacu adrenalin. Meskipun tidak ada salju, aktivitas papan seluncur juga bisa dilakukan diatas gundukan pasir.

Supaya bisa menikmati permainan ini, anda diharuskan menyewa papan seluncur khusus seharga 70.000 rupiah. Namun jika ingin lengkap dengan pemandu, anda diwajibkan membayar sebesar 100.000 rupiah. Harga tersebut masih jauh lebih murah dibandingkan pengalaman dan sensasi yang akan didapatkan. Selain papan seluncur, ada juga alat keamanan yang didapatkan gratis dan masih dalam satu paket penyewaan papan tersebut.

Seluncur diatas pasir bukan hal yang mudah, diperlukan keahlian khusus untuk bisa menaklukkan pasir tersebut. Pasalnya, teksturnya tidak sehalus salju yang bisa dengan mudah meluncurkan papan tanpa ada dorongan. Di sini, ada beberapa trik khusus yang harus dipelajari. Namun tenang, ada pemandu yang siap mengajari anda hingga menjadi sandboarding profesional.

2. Mengendarai Sepeda Motor Trail

Aktivitas lain yang bisa anda lakukan ketika berada di Gumuk Pasir Parangkusumo yaitu bersepeda trail. Seperti halnya sandboarding, tidak mudah untuk menaklukkan jalanan pasir dengan roda bundar. Jika salah sedikit aja, sepeda motor akan langsung terpeleset. Demi kemudahan wisatawan, sepeda trail tersebut sedikit dimodifikasi agar dapat dengan mudah berjalan di atas pasir.

Sedikit lebih mahal dari menyewa papan seluncur pasir, anda diwajibkan membayar biaya sewa sebesar 120.000 rupiah. Tidak ada pemandu khusus dalam hal ini, jadi silahkan belajar sendiri bagaimana menaklukkan gundukan pasir yang menjadi penghalang utama dari serunya aktivitas yang anda lakukan. Baik sepeda trail maupun sandboarding, keduanya dapat memacu adrenalin dan sangat disarankan bagi anda yang menyukai tantangan.

Aktivitas Seru Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja
Image Credit: Google Maps Yanuar Deddy Iskandar

3. Berkeliling Pantai

Menariknya, lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo tidak hanya dekat dari satu pantai saja, melainkan ada tiga pantai sekaligus yang bisa diakses dengan berjalan kaki. Ketiga pantai yang dimaksud adalah Pantai Parangkusumo, Pantai Parangtritis, dan Pantai Cemara Sewu. Wisatawan yang puas menikmati keindahan dan segala aktivitas yang bisa dilakukan di gundukan pasir tersebut dapat berpindah ke pantai. Dari ketiganya, jarak yang paling dekat tentu saja Pantai Parangkusumo dengan jarak sekitar beberapa puluh meter saja.

4. Spot Foto Mempesona

Kurang lengkap rasanya jika tidak memasukkan aktivitas berfoto ketika berkunjung ke gundukan pasir Parangkusumo. Bagaimana tidak, banyak spot yang bisa anda jadikan latar belakang foto mempesona. Sebut saja gundukan pasir mirip buruh Sahara. Anda bisa mengambil sudut yang tepat agar menghasilkan foto yang indah. Apalagi jika anda datang di waktu senja, dimana ketika itu pancaran dari sinar matahari yang berpamitan membuat suasana lebih cantik dan juga romantis.

Spot yang tidak kalah menarik adalah adanya tumbuhan tua yang tumbang di tengah gurun pasir. Spot tersebut sering digunakan untuk duduk santai bagi sebagian wisatawan yang lelah beraktivitas. Dikarenakan spot nya cukup menarik, banyak juga pengunjung yang menggunakannya sebagai background foto untuk dibagikan ke media sosial andalan mereka.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja
Image Credit: Google Maps Dimas Aldhi Pradana

Setiap objek wisata yang selalu ramai dikunjungi pastinya memberikan fasilitas yang memadai. Tidak perlu khawatir ketika anda berada di Gumuk Pasir Parangkusumo karena fasilitasnya tergolong lengkap. Untuk membersihkan diri, silahkan gunakan toilet yang berada di sudut tepi lokasi wisata. Selain itu, ada juga lahan parkir luas yang dapat menampung ratusan motor dan puluhan mobil

Bagi anda yang tidak ingin ketinggalan ibadah, ada mushola yang bisa digunakan tidak jauh dari lokasi. Pengunjung yang merasa lapar juga tidak perlu khawatir, banyak sekali warung yang menjual makanan. Baik makanan berat maupun ringan, semua tersedia dengan harga terjangkau. Ada juga minuman seperti teh, kopi, dan juga es blender yang siap menghilangkan rasa haus anda.

Sedikit tips bagi anda yang mempunyai rencana berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo. Dikarenakan cuaca pantai atau lautan, pastikan menggunakan pakaian yang nyaman. Sebisa mungkin pilih warna terang dan hindari warna gelap seperti hitam. Jangan lupa bawa topi atau payung bagi anda yang tidak kuat dengan cuaca panas. Seperti yang diketahui, jarang sekali tempat berteduh jika anda sudah tiba di lokasi wisata.

Baca Juga  Istana Gebang, Mengenal Rumah Kediaman Presiden Soekarno di Kota Blitar