Indahnya Pulau Rubiah, Spot Eksotis untuk Para Pecinta Snorkeling di Sabang

Pulau Rubiah Sabang 2

Biaya Wisata: Rp 30.000, Jam Operasional: 10.00-16.00 WIB, Alamat: Pulau Rubiah, Kota Sabang, Banda Aceh; Map: Cek Lokasi

Banyak kegiatan untuk mengisi liburan, salah satunya adalah dengan mengunjungi objek wisata. Pulau Rubiah merupakan tempat yang paling cocok dijadikan ajang refreshing untuk melepas penat setelah aktivitas mingguan. Keindahan pulau yang tiada duanya ini dipastikan membuat betah dan tidak ingin segera meninggalkan lokasi. Bagi anda yang belum mempunyai tujuan piknik atau pariwisata, tidak ada salahnya untuk mengunjunginya.

Pulau Rubiah terletak di bagian utara kota Banda Aceh, tepatnya di Sabang. Sedangkan Sabang sendiri terletak di Pulau Weh, yakni sebuah pulau yang lokasinya terpisah dengan deretan pulau lain yang ada di Aceh. Dalam bahasa lokal, Weh artinya ‘Minggat’ atau pergi jauh, jadi mungkin inilah salah satu faktor dari nama pulau tersebut.

Salah satu alasan kenapa banyak yang mengunjungi pulau dengan bentuk memanjang ini tidak lain adalah kehidupan bawah laut yang cantik. Jernihnya air seolah mengizinkan siapa saja untuk melihat kedalaman laut yang di bawahnya hidup berbagai macam hewan dan tumbuhan. Wisatawan yang datang e lokasi dipastikan ingin melakukan aktivitas menyelam atau yang dikenal dengan snorkeling.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Rubiah

Daya Tarik Pulau Rubiah Sabang
Image Credit: Google Maps Itsnain

Pulau cantik yang berada di atas lahan 2.600 hektar ini masih dalam kondisi asri karena belum berpenduduk, hanya ada beberapa kepala kelaurga saja yang menghuni nya. Tentu ada alasan kenapa setiap hari banyak wisatawan domestik maupun asing yang berkunjung. Taman Laut Pulau Rubiah, itulah sebutan lain yang didapat dari sebuah objek wisata yang mempunyai berbagai daya tarik ini!

1. Keindahan Biota Bawah Laut

Bagi siapa saja yang datang ke lokasi, pasti terpukau dengan pemandangan alam yang begitu menakjubkan. Berbagai ukuran pohon yang ada di lokasi membuat mata selalu sejuk karena warna hijaunya. Airnya yang bening dengan warna biru kehijauan sekaan memanggil pengunjung untuk datang menikmatinya. Namun bukan itu daya tarik yang paling utama, melainkan biota bawah laut yang sangat indah dan menawan.

Pemandangan bawah laut yang didapat tidak lepas dari beningnya air laut yang ada di Pulau Rubiah. Bahkan hingga kealaman puluhan meter, anda bisa melihat dengan jelas berbagai benda yang ada di dasar laut. Ikan dengan segala jenis ukuran dan warna menghiasi air laut. Tidak lupa tumbuhan karang indah yang juga menjadi habitat ikan turut serta dalam menghiasi pulau ini.

Dengan jelas terlihat tumbuhan karang berbentuk kipas yang melambai karena arus air. Tanaman tersebut tumbuh diatas batuan karang yang tidak begitu tajam. Disela-sela tumbuhan dan batuan, gerombolan ikan kecil sedang bersembunyi menambah kesan alami dan eksotis. Jika anda beruntung, ada sebuah kerang dengan ukuran raksasa yang juga menjadi habitat tetap di pulau cantik ini.

2. Sejarah Pulau Rubiah

Sebagian besar pengunjung sering mengabaikan daya tarik tentang asal usul penamaan pulau cantik ini. Padahal jika dicermati lebih mendalam, penamaan pulau tersebut masih menyisakan sejarah panjang tentang perjuangan salah satu tokoh Islam. Dialah Sarah Rubiah yang juga dikenal dengan nama Siti Rubiah. Beliau adalah salah satu tokoh agama dengan ilmu mumpuni yang sangat dikagumi warga Aceh semasa hidupnya.

Siti Rubiah merupakan anak dari Tengku Ibrahim, yang lebih dikenal dengan Tengku Iboih. Bahkan ada juga salah satu pulau di Sabang yang menggunakan nama beliau, yakni Pulau Iboih. Pada awalnya, kedua tokoh agama tersebut tinggal di Pulau Weh dan menyebarkan Islam di sana. Berbagai aktivitas seperti mengaji dan belajar agama berlangsung selama bertahun-tahun.

Akan tetapi pada suatu saat, terjadi ketidaksepahaman diantara keduanya sehingga mengakibatkan Siti Rubiah memilih untuk pindah di pulau sebelah yang saat ini dikenal dengan Pulau Rubiah. Beliau tinggal di pulau hingga akhir hayatnya, bahkan anda bisa mengunjungi makamnya yang letaknya tidak jauh dari lokasi wisata.

3. Spot Cantik untuk Snorkeling

Tidak dapat di pungkiri bahwa banyak sekali wisatawan yang datang ke lokasi dengan tujuan untuk menyelam atau snorkeling. Semua tidak lepas dari keindahan alam di bawah laut yang sangat jelas terlihat. Air yang jernih seolah menyatu dengan batuan karang dan tumbuhan yang tinggal di sekitarnya. Ikan cantik warna-warni juga turut melengkapi keindahan biota bawah laut yang juga menjadi daya tarik utama pulau ini.

Bagi wisatawan yang hobi menyelam, daya tarik ini layaknya magnet yang mengharuskan mereka datang berkunjung. Setidaknya, ada 15 jenis biota laut yang ada di objek wisata ini, semuanya dilindungi oleh pemerintah. Jadi sangat disarankan untuk tetap menjaga habitat mereka supaya tidak rusak dan tetap indah untuk generasi berikutnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Rubiah Sabang
Image Credit: Google Maps niza zulfan

Seperti yang dikatakan pada pembukaan diatas, lokasi Pulau Rubiah masih berada di wilayah Pulau Weh yang merupakan pulau terbesar di Aceh. Alamat lengkapnya berada di Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Aceh dengan rute yang lebih banyak menggunakan transportasi air. Oleh sebab itu, tidak disarankan bagi anda yang berkunjung ke lokasi membawa kendaraan pribadi.

Silahkan parkir kendaraan di kawasan kota Banda Aceh, kemudian menuju ke Pelabuhan Ulee Lheue. Dari lokasi tersebut, anda bisa menggunakan kapal Ferry atau Speedboat dengan harga cukup terjangkau menuju Pulau Weh. Lanjutkan perjalanan menuju ke Pantai Iboih, lalu naik transportasi darat atau laut menuju ke objek wisata utama. Transportasi yang bisa dipilih dari Pantai Iboih adalah perahu, mobil angkutan umum, dan juga Speedboat.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Pulau Rubiah Sabang
Image Credit: Google Maps Bhekti Lestari

Sebagaimana lokasi wisata lain yang telah dikelola dengan baik, Pulau Rubiah juga mewajibkan anda membayar tiket masuk. Tentunya tidak begitu mahal dibandingkan dengan pengalaman seru dan pemandangan indah selama di lokasi pulau ini.

Dengan membayar tiket 25.000 rupiah, silahkan memuaskan diri menikmati segala yang ada di lokasi wisata tersebut. Untuk tiket parkir tentunya tidak dibutuhkan karena selama perjalanan, anda menggunakan transportasi umum.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Rubiah

Aktivitas Pulau Rubiah Sabang
Image Credit: Google Maps Sofyan Adam

Sesampainya di lokasi, banyak aktivitas seru dan menarik yang bisa anda lakukan, semua tergantung dari hobi masing-masing. Boleh dikatakan bahwa hampir semua aktivitas yang dilakukan sangat menarik dan seru. Tentu tidak semua orang atau pengunjung mempunyai ide mengenai apa yang harus dilakukan ketika berwisata. Oleh sebab itu, daftar berikut mungkin bisa membantu anda menemukan inspirasi yang tepat.

1. Menikmati Keindahan Pulau Rubiah

Kesan pertama yang pastinya anda dapatkan ketika pertama kali menginjakkan kaki di kawasan pulau tentunya mengagumkan. Tanpa disadari, aktivitas ini juga menarik dilakukan, meskipun terkesan pasif. Sejauh mata memandang, hanya dua hal yang anda lihat, yaitu kejernihan air dan bukit di pulau seberang dengan keindahan panorama hutannya.

Tidak ketinggalan indahnya taman bawah laut yang telah dijelaskan diatas. Keindahannya tidak dapat terlupakan, bahkan ketika anda kembali dari lokasi. Sayang sekali jika panorama alam sempurna ini dilewatkan begitu saja. Apalagi jika semua pesona yang disajikan dapat menghilangkan penat dan stres yang dialami. Dengan kata lain, pikiran akan kembali segar setelah menikmati keindahannya.

2. Menyelam Seru dengan Biota Laut

Ada dua macam aktivitas menyelam yang bisa anda lakukan ketika berada di Pulau Rubiah. Pertama adalah Snorkeling dengan kedalaman cukup dangkal sehingga aman bagi pemula. Kedua adalah Diving, dimana anda menyelam dengan kedalaman puluhan meter. Untuk yang ini biasanya dilakukan bagi mereka yang sudah profesional dalam aktivitas menyelam.

Tidak perlu dijelaskan lagi bagaimana keindahan biota laut yang akan anda temui. Karena pastinya semua penjelasan mengenai keindahan diatas sudah bisa anda bayangkan. Bagi yang tidak membawa peralatan menyelam, pihak pengelola dibantu warga sekitar menyediakan peralatan lengkap dengan harga terjangkau.

Aktivitas Seru Pulau Rubiah Sabang
Image Credit: Google Maps Arbie Samudra

3. Menjadi Saksi Akan Keindahan Matahari Terbenam

Aktivitas seru dan menarik lainnya adalah dengan menyaksikan matahari tenggelam, atau istilah keren nya adalah sunset. Lokasi Pulau Rubiah yang membentang ke utara dan selatan membuatnya sangat cocok dijadikan tempat untuk melihat matahari undur diri. Cahaya kuning perlahan berubah menjadi orange sangat jelas terlihat. Perlahan namun pasti, cahaya tersebut tidak mampu lagi menembus beningnya air laut.

4. Fotografi Underwater

Jangan lupa mengabadikan momen ketika liburan di pulau cantik ini. Spot yang paling dinanti adalah ketika menyelam di dasar laut. Keindahan semakin terlihat jika anda mengambil titik dimana terdapat terumbu karang yang dikelilingi ikan kecil warna-warni. Untuk aktivitas ini tentunya diperlukan kamera khusus tahan air. Jika anda tidak menyiapkan dari rumah, ada tempat penyewaan di lokasi wisata ini dengan harga yang telah ditentukan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pulau Rubiah Sabang
Image Credit: Google Maps Ahmad Gunawan

Demi kenyamanan pengunjung, pihak pengelola Pulau Rubiah memberikan fasilitas yang saat lengkap. Ada Mushola yang bisa digunakan sebagai tempat ibadah ketika sudah waktunya. Toilet yang ada di lokasi juga cukup nyaman dan kebersihannya selalu terjaga.

Fasilitas lain yaitu adanya kapal khusus yang again bawahnya berupa kaca sehingga tembus pandang. Kapal tersebut dikenal dengan glass bottom boat dan biasanya digunakan bagi mereka yang tidak ingin atau tidak bisa menyelam.

Berbagai daya tarik dan kelebihan dari Pulau cantik ini tidak boleh dipandang sebelah mata. Hampir semua yang ada di pulau tersebut sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan. Apalagi jika banyak fasilitas yang bisa digunakan demi kenyamanan pengunjung. Untuk mengisi waktu liburan dengan mengunjungi wisata alam, Pulau Rubiah menjadi rekomendasi utama kami.

Baca Juga  Curug Panjang, Pesona Air Terjun Eksotis Nan Indah di Bogor