News  

Ingin Kaya Mendadak Seperti Ghozali, Marak Akun Jual Foto Selfie Pegang KTP Jadi NFT

Ingin Kaya Mendadak Seperti Ghozali, Marak Akun Jual Foto Selfie Pegang Ktp Jadi Nft

Ingin Kaya Mendadak Seperti Ghozali Marak Akun Jual Foto Selfie

Nama Ghozali belakangan ini menjadi perbincangan hangat di berbagai kalangan berkat menjual foto selfie dalam bentuk non-fungible token (NFT) di OpenSea.

Melalui akun Ghozali Everyday di OpenSea, Ghozali mengambil foto selfie sejak usia 18 hingga 22 tahun setiap harinya di depan komputer. Ghozali telah meraup keuntungan senilai Rp13 miliar berkat itu.

Penghasilan Ghozali yang menjual selfie sebagai NFT itu lantas mendapat sorotan dari berbagai pihak. Banyak orang yang kini ingin mengikuti jejak Ghozali.

Namun, ada sebuah akun yang malah menjual foto selfie memegang KTP sebagai NFT di OpenSea. Hal itu diketahui dari unggahan Twitter @Cryptofess_.

“Terkutuklah orang-orang latahan yang jadiin opensea jadi tempat sampah, NFT yang harusnya mensejahterakan kreator seni malah dijadiin ladang “yang penting cuan” dengan hal sampah,” tulis seorang pengirim ke akun @Cryptofess_ seperti dikutip Suara.com, Minggu (16/1/2022).

Melalui akun tersebut, seseorang mengirim tangkapan layar Facebook yang membuktikan bahwa banyak foto selfie orang memegang KTP yang dijual di OpenSea.

Banyaknya foto selfie orang memegang KTP di OpenSea itu dijual oleh akun “Indonesian identity card (KTP) collection”.

Dari tangkapan layar akun tersebut di OpenSea, tampak banyak foto selfie orang yang memegang KTP. Tidak hanya itu, terdapat beberapa foto KTP langsung.

Hal ini juga mendapatkan sorotan langsung dari para warganet. Tak sedikit warganet memperdebatkan aksi orang yang memanfaatkan OpenSea menjadi ranah untuk menjual identitas orang.

Hingga berita ini ditulis, cuitan tersebut mendapatkan lebih dari 17 ribu tanda suka dan ribuan tanggapan.

“Indonesia tidak ramah untuk seniman. OpenSea dijajah, trakteer dijajah, musik dibajak, caption puisi dijiplak tanpa kasih sumber, desainer grafis dibayar seikhlasnya, konten kreator sering dipekerjakan di luar desc job,” tulis salah seorang warganet.

Baca Juga  Lesti Kejora Mendadak Menjerit Khawatir dengan Kondisi Tukul Arwana

“Harusnya saat berita Ghozali di up dibarengi juga dengan informasi apa itu NFT dan bagaimana cara kerjanya, udah tau orang indo g****k dan latah kek gini, dipikir post foto apa aja langsung cuan, kemaren liat ada foto anak bayinya juga di up ke OpenSea hadeuh,” ujar warganet.

“G****k, apa-apa dijadiin cuan. Opensea isinya sampah semua asli. Sebelum ghozali naik, bagus-bagus kok konten yang ada di opensea,” ungkap warganet.

“yang kayak gini bisa dilaporin gak sih ke polisi, udah ngelanggar hukum banget soalnya,” komentar warganet.