Ini Pekerjaan Lulusan Sosiologi : Ux Research, Apa Itu ?

Apa Sih Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan Jurusan Sosiologi  Ini Pekerjaan Lulusan Sosiologi : Ux Research, Apa Itu ?

 Apa Sih Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan Jurusan Sosiologi  Ini Pekerjaan Lulusan Sosiologi : Ux Research, Apa Itu ?

Sosiologi Info – Apa sih pekerjaan yang sesuai untuk lulusan Jurusan Sosiologi ? Nah bila kamu ingin tau, sehabis kuliah di Jurusan Sosiologi mau kemana.

Bisa dicoba nih usulan pekerjaan yang tepat sesuai minat, hobi dan bidang kamu, ialah UX Research. Berikut penjelasannya.

Penulis: Rafly Caesario, Mahasiswa Sosiologi Universitas Indonesia

Mengenal UX Research, Pekerjaan yang Cocok Bagi Anak Sosiologi

Sebagai anak sosiologi, kita pasti sering bertanya-tanya, bergotong-royong sehabis lulus nanti kita mampu kerja apa sih? 

Sulit ga sih buat dapet kerjaan? Seiring pertumbuhan dunia yang sudah terdigitalisasi, kita harus tetap tenang guys. 

Memang, pekerjaan utama anak sosiologi dikala ini mirip bekerja dalam bidang riset lapangan sedikit terhambat karena ada pandemi. 

Namun, tetap ada jalan yang lain loh! Saat ini, muncul pekerjaan yang lahir balasan adanya digitalisasi yakni UX Research. 

Wah seperti apa sih UX Research itu?

UX Research ialah kependekan dari User Experience Research. Sesuai dengan namanya, UX Research yaitu penelitian yang melibatkan pengguna dari sebuah aplikasi atau website.

Mencari urusan dan penyelesaian dari pengguna tentang rancangan aplikasi atau website merupakan hal utama yang dijalankan oleh seorang UX Researcher – sebutan bagi orang yang melakukan UX Research. 

Selain itu, seorang UX researcher mampu melihat kesempatan untuk memperlihatkan saran perbaikan rancangan aplikasi atau situs web terhadap stackholder lainnya yaitu UX Designer.

Menjadi seorang UX Researcher mewajibkan kamu mempunyai wawasan yang cukup tentang observasi kualitatif dan kuantitatif. 

Selain itu, kamu juga perlu mempunyai kemampuan mengetahui insan dan bagaimana menganaisis perilakunya. 

Tentunya, hal tersebut tampaknya sangat cocok bagi kamu yang berasal dari jurusan sosiologi! 

Baca Juga  JUKNIS PENDAFTARAN SNPDB MAN IC, MAN PK DAN MAKN TAHUN PELAJARAN 2022-2023 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Materi-bahan kuliah yang kamu pelajari seperti perihal teori-teori sosiologi dan penelitian sungguh memiliki kegunaan untuk membantumu survive saat menjadi UX Researcher.

Namun, walaupun pengetahuanmu ihwal observasi dan sikap insan telah mumpuni, kau harus tetap mencar ilmu. 

Selain kesanggupan observasi dan mengerti perilaku insan, seorang UX Researcher juga perlu menguasai beberapa tools seperti maze.com, figma, survey monkey, dan lainnya. 

Jika sudah menguasai hal tersebut tentunya karirmu sebagai UX Researcher akan terus berkembang.

Bahkan kau bisa menjadi seorang Senior UX Researcher dengan gaji yang lumayan menakjubkan! 

Makara, bagi kamu mahasiswa sosiologi jangan pernah ragu untuk berkarir menjadi UX Researcher dan jangan lupa untuk terus mendalami pekerjaan tersebut ya!

Nah itulah sekilas penjelasan perihal Ini Pekerjaan Lulusan Sosiologi : UX Research, Apa Itu ? 

Sumber Referensi : 

Berkarir.id. N/d. Apa Itu UX Researcher? Profesi Kekinian Yang Sedang Digandrungi Anak Muda dalam https://berkarir.id/ux-researcher/. Diakses pada 7 November 2021.