News  

Inilah 7 Tanda-tanda Dalam Tubuhmu Terdapat Parasit, Nomor 2 Jarang Disadari

Inilah 7 Tanda-Tanda Dalam Tubuhmu Terdapat Parasit, Nomor 2 Jarang Disadari

Inilah 7 Tanda Tanda Dalam Tubuhmu Terdapat Parasit Nomor 2 Jarang

Beauty, sebagian besar dari kita mungkin merasa tampak sehat dan tak menyadari mungkin saja dalam tubuh kita banyak hidup parasit.

Parasit adalah organisme yang hidup dari organisme lain atau inang untuk bertahan hidup. Kedengarannya sedikit seperti film alien, bukan? Ya, parasit adalah penyerbu asing yang hidup, berpesta dan mencerna di dalam tubuh kita, Beauty.

Jenis parasit yang paling umum adalah cacing pipih, cacing gelang, cacing pita, cacing benang, cacing kremi, cacing cambuk dan cacing tambang. Mereka menyebabkan berbagai masalah bagi ‘tuan rumah’ mereka, termasuk kelaparan ekstrim dan ketidakmampuan untuk menambah berat badan. Yang lain memakan sel darah merah, menyebabkan anemia. Dan masih ada lagi yang bertelur yang bisa menyebabkan gatal-gatal, lekas marah bahkan insomnia.

Lantas, bagaimana seseorang bisa memiliki parasit?

Ada banyak cara untuk tertular parasit, tetapi yang paling umum adalah melalui praktik kebersihan yang buruk. Sistem kekebalan yang terganggu juga dapat meningkatkan peluang kamu terkena parasit.

Gak cuma itu, terlalu banyak gula, karbohidrat olahan, alkohol, logam berat (dari vaksin dan tambalan gigi), stres dan racun tertentu dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, diet tinggi gandum, susu, dan air keran tanpa filter juga dapat menciptakan lingkungan yang ramah bagi parasit untuk berkembang biak.

Dan, dikutip dari laman The Alternative Daily, Jumat (14/1/2022), berikut adalah tanda-tanda seseorang meng-hosting parasit:

1. Mengalami sembelit, diare, dan gas

Ini adalah gejala yang lebih umum dari kehadiran parasit. Jika kamu mengalami konstipasi yang tidak dapat dijelaskan, diare, gas, rasa terbakar yang hebat, perut kembung, kram atau gejala IBS lainnya, kamu mungkin terkena parasit.

Baca Juga  Dikritik Netizen, Ini Isi Lelucon Komedian Komeng yang Dianggap Tak Etis

2. Sulit tidur

Tidak bisa tidur? Ini bisa jadi ada parasit jahat bersarang. Parasit, terutama yang lebih suka hidup di saluran usus, dapat menyebabkan sejumlah gangguan tidur. Para ahli mengatakan bahwa banyak parasit aktif di malam hari dan di pagi hari. Mereka juga dapat mempengaruhi sistem saraf.

3. Ruam, gatal-gatal atau eksim yang tak dapat dijelaskan

Parasit yang menyerang saluran usus dapat menyebabkan peradangan dan iritasi kulit seperti ruam, gatal-gatal dan eksim. Beberapa parasit bahkan dapat menyebabkan rosacea, luka, lesi dan bisul pecah.

4. Kerap menggertakkan gigi saat tidur

Siapa yang mengira coba jika menggertakkan gigi menunjukkan keberadaan parasit? Tapi itulah yang diungkapkan penelitian. Bruxism adalah istilah medis yang digunakan untuk menggertakkan gigi, menggertakkan, dan mengatupkan gigi saat seseorang tidur. Hal ini terjadi karena kecemasan dan kegelisahan yang disebabkan oleh parasit yang membuang limbah dan racunnya ke dalam tubuh.

5. Selalu lapar

Cacing pita tidak bisa hidup bebas sendiri. Ia bertahan di dalam usus, memakan makanan yang kita makan. Telur cacing pita biasanya masuk ke tubuh manusia melalui hewan, air dan makanan yang terkontaminasi, terutama daging mentah atau setengah matang. Terkadang ada kehilangan nafsu makan, kata Medical News. Namun, beberapa mungkin mengalami peningkatan nafsu makan.

6. Nyeri sendi

Nyeri atau nyeri pada otot atau persendian mungkin merupakan tanda trichinella, yang mengarah ke trichinosis, menurut Dr. Oz. Ini mungkin terjadi jika kamu makan daging mentah atau setengah matang dari hewan yang terinfeksi. Hasilnya adalah nyeri otot yang ekstrem dan nyeri tekan.

7. Lelah sepanjang waktu

Jika kamu sering merasa lelah dan tertekan, itu mungkin akibat parasit yang menyerang tubuhmu, Beauty. Para ahli sepakat parasit dapat menguras nutrisi penting tubuh. Ketika vitamin, mineral, lemak, dan karbohidrat habis, kamu akan merasa terkuras dan kelelahan. Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan kelelahan mental dan depresi.

Baca Juga  Ganteng dan Super Tajir, Ternyata Raffi Ahmad Mengaku Pernah Ditampar Cewek