Kebun Teh Nglinggo, Menikmati Panorama Alam Indah Nan Hijau di Kulon Progo

Kebun Teh Nglinggo

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 07.00–18.00 WIB, Alamat: Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Di beberapa tempat di Indonesia, kebun teh hanya dijadikan sebuah perkebunan untuk produksi hasil teh. Namun tidak demikian jika anda mengunjungi kawasan Kulon Progo, dimana terdapat Kebun Teh Nglinggo yang juga menjadi salah satu objek wisata alam cukup terkenal. Bukan hanya di hari libur, sebagian wisatawan yang berada di dekat lokasi juga ingin menikmati indahnya hamparan kebun secara langsung.

Lokasinya masih berada di kompleks perbukitan Menoreh, jadi dipastikan udara sejuk dan asri didapatkan di tempat wisata ini. Meskipun tidak cukup luas, hanya sekitar 136 hektare, namun anda dapat menyaksikan indahnya alam dari ciri khas perkebunan yang hijau. Cukup lama sebenarnya keberadaannya, akan tetapi baru dibuat sebagai objek wisata sekitar tahun 2015.

Dikarenakan keindahan dan kreativitas warga setempat, kebun teh yang masih termasuk di kecamatan Kuon Progo tersebut pernah dianugerahi Community Best Tourism oleh Pemerintah Pariwisata Republik Indonesia. Tentunya bukan hanya karena keindahannya, namun berbagai fasilitas dan spot seru di kebun inilah yang juga mendukung kenapa penghargaan tersebut layak diberikan.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Teh Nglinggo

Daya Tarik Kebun Teh Nglinggo
Image Credit: Google Maps Wisata Jogja

Ada alasan menarik kenapa Kebun Teh Nglinggo semakin banyak peminatnya, artinya eman banyak yang berkunjung. Apalagi kalau bukan berbagai daya tarik yang diberikan. Sekilas dari keterangan diatas mungkin masih belum cukup memberikan gambaran kepada anda. Untuk itulah berikut ini kami ulas daya tarik utama dari ojek wisata alam yang berada di ujung barat Daerah Istimewa Yogyakarta ini!

1. Pemandangan Indah Hamparan Kebun Teh

Sangat jelas bahwa hampir semua wisatawan yang berkunjung dipastikan ingin menikmati keindahan kebun teh ini. Bagaimana tidak, anda akan melihat hamparan kebun berwarna hijau sejauh mata memandang. Sedikit menengok ke atas, anda disuguhkan dengan panorama pegunungan yang berdiri gagah. Bukan hanya satu gunung, melainkan beberapa yang bisa disaksikan langsung.

Apabila cuaca sedang cerah, pemandangan dari pegunungan yang bisa dilihat mencapai 8 gunung. Kedelapan gunung tersebut antara lain Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Sidoro, Andong, Telomoyo, Merbabu, Ungaran dan Gunung Prau. Hampir dipastikan anda tidak bisa mendapatkan pemandangan tersebut di lokasi lain, apalagi di luar wilayah Jawa Tengah.

2. Suasana Sejuk dan Asri Khas Perkebunan

Selain pemandangan yang indah, banyak pengunjung yang berdatangan di Kebun Teh Nglinggo karena ingin menikmati suasana asri dan menyegarkan. Di perkotaan, suasana seperti ini tidaklah mungkin bisa didapatkan. Seperti yang diketahui, polusi dari asap kendaraan bermotor dan berbagai pabrik telah mencemari udara di kota.

Bukan hanya hijaunya kebun teh yang menjadikan udara di sekitar teramat sejuk, namun juga berbagai pepohonan yang ada. Meskipun tidak banyak dan ukurannya tidak terlalu besar, namun sudah cukup mendukung suasana asri yang didapatkan oleh setiap pengunjung. Kesegaran semakin terasa karena lokasi pariwisata ini tergolong jauh dari hiruk pikuk kota.

Daya Tarik Dimiliki Kebun Teh Nglinggo
Image Credit: Google Maps melkey binaro

3. Dilengkapi dengan Berbagai Wahana Off Road

Apakah kedua daya tarik diatas masih belum mampu memikat hati anda untuk segera datang berkunjung? Mungkin dengan adanya wahana off road yang disediakan, semakin dapat membulatkan tekad anda. Di sinilah letak kreativitas pihak pengelola yang mampu menarik perhatian banyak wisatawan.

Dibangunnya berbagai wahana tersebut tidak lepas dari kontur Kebun Teh Nglinggo dengan jalan tajam dan curam. Bagi anda yang suka tantangan, permainan ini pastinya cocok karena dapat memacu adrenalin. Tidak perlu membawa kendaraan sendiri karena pihak pengelola menyediakan mobil khusus jenis Jip. Harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung dari paket yang dipilih, mulai dari 200.000 hingga 700.000 rupiah.

4. Tempat Spot Foto dengan Panorama Alam Indah

Selain dibangunnya wahana menantang dengan mengendarai mobil Jip diatas kontur tanah tidak merata, pengelola juga menyediakan berbagai spot foto indah dengan tema pemandangan alam. Tersedia spot yang mirip dengan gazebo yang memang sengaja dibangun untuk spot foto. Rumah tersebut sangat simpel namun unik dengan atap yang terbuat dari bambu.

Tidak jauh dari lokasi tersebut, terdapat spot yang tidak kalah unik, yakni tulisan I Love U yang terbuat dari potongan ruas bambu, ukurannya cukup besar sehingga anda bisa berada di tengah huruf tersebut. Spot yang paling favorit dan menjadi andalan pihak pengelola adalah gardu pandang. Meski demikian, tidak sedikit pengunjung Kebun Teh Nglinggo yang menggunakan spot liar karena dianggap lebih mengagumkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Kebun Teh Nglinggo
Image Credit: Twitter Jogja Istimewa

Anggap saja anda sudah tertarik dengan sedikit daya tarik yang telah disebutkan diatas. Maka dari itu, pastikan anda menuju ke alamat Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, DI Yogyakarta untuk mengunjungi lokasi. Dari pusat kota Jogja, diperlukan waktu sekitar 1.5 jam dengan jarak tempuh 35 kilometer. Medan yang terjal setelah anda memasuki kawasan perkebunan menjadi tantangan tersendiri.

Rute yang paling cepat untuk menuju Kebun Teh Nglinggo adalah dengan menuju ke Jalan Godean karena jalannya bagus dan masih minim lampu merah. Arahkan kendaraan menuju Tugu Jogja yang berakhir di Kulon Progo, setidaknya anda akan menempuh jarak sekitar 18 kilometer. Setelah menemui lampu merah, arahkan kendaraan ke kanan hingga sejauh 18 kilometer atau sampai menemukan lampu merah berikutnya.

Selama perjalanan tersebut, pastikan anda melewati jembatan Kali Progo yang tidak jauh dari lampu merah. Ambil arah kiri setelah tiba di lampu merah yang dikenal dengan perempatan Dekso. Kira-kira sejauh 10 kilometer, anda akan menemukan pasar Plono. Dari titik terebut, silahkan ikuti petunjuk jalan yang tersedia hingga menuju ke lokasi.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Kebun Teh Nglimggo
Image Credit: Facebook JogjaFamily Radio 100.2 FM

Layaknya tempat pariwisata yang dikelola dengan baik oleh pemerintah dibantu warga setempat, Kebun Teh Nglinggo juga membebankan biaya retribusi sebagai syarat masuk. Cukup murah tentunya dibandingkan dengan tempat wisata lain. Kali ini anda hanya perlu membayar 5.000 rupiah per orang dengan rincian tiket masuk sebesar 2.000 rupiah, dan sisanya untuk biaya perawatan lingkungan.

Selain harga tiket masuk tersebut, ada juga biaya yang harus dikeluarkan jika anda membawa kendaraan pribadi. Untuk motor atau roda dua dikenakan tarif parkir 2.000, sedangkan tiket biaya parkir mobil 5.000 rupiah. Beberapa wahana yang tersedia juga tidak gratis, jadi anda siapkan dana lebih jika ingin menikmatinya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Kebun Teh Nglinggo

Aktivitas Di Kebun Teh Nglinggo
Image Credit: Google Maps Agus Widodo

Selain menikmati indahnya hamparan kebun teh yang cukup luas, banyak aktivitas yang bisa anda lakukan tentunya. Aktivitas yang dimaksud bisa jadi santai, atau yang seru dan menantang. Sebenarnya anda bisa membayangkan apa saja yang menarik dilakukan ketika berada di Kebun Teh Nglinggo, mungkin seperti halnya aktivitas berikut!

1. Tracking Mendaki Bukit

Terdapat dua bukit menghiasi kawasan wisata ini yang secara administratif masuk wilayah Magelang. Kedua bukit yang dimaksud adalah Bukit Kendeng dan Kukusan. Tingginya bukit menjadikan banyak wisatawan yang penasaran dan ingin mendakinya. Bukan hal mudah tentunya, mengingat kontur bukit dengan sudut cukup terjal. Apabila anda bisa naik sampai ke puncak, mungkin ketika turun yang menjadi masalah.

Aktivitas ini sangat menarik, terbukti dari berbagai pengunjung yang rela bangun pagi untuk mendakinya. Pasalnya, diatas puncak bukit menyajikan pemandangan yang tidak kalah cantik. Apalagi jika anda bisa melihat matahari terbit, meskipun tidak begitu sempurna karena tertutup oleh pegunungan di sekitar.

2. Pacu Adrenalin dengan Medan Ekstrem

Seperti yang telah dikatakan sebagai daya tarik diatas, anda bisa melakukan aktivitas seru untuk menguji nyali. Mengendarai mobil Jip di kawasan Kebun Teh Nglinggo pastinya tidak mudah, meskipun anda mahir dalam berkendara. Jalanan yang kadang curam dan terjal selalu menghiasi setiap perputaran roda.

Apalagi rute yang harus diambil tergolong jauh dengan melewati berbagai pepohonan yang tumbuh subur di sekitar lokasi. Meskipun terkesan menakutkan, namun anda bisa mendapatkan pengalaman berharga dan sekaligus indah. Pemandangan yang akan didapatkan tidak hanya sekadar kebun teh, namun juga indahnya sistem terasering yang dibuat berundak.

Aktivitas Menarik Di Kebun Teh Nglinggo
Image Credit: Google Maps Yuda W Putra

3. Melihat Panen Teh

Aktivitas di Kebun Teh Nglinggo ini sepertinya kurang menarik jika dilihat sekilas. Akan tetapi jika anda menyaksikannya secara langsung, kemungkinan bisa jadi sangat menarik. Memetik teh tidak boleh sembarangan, ada teknik yang harus dipelajari. Di sinilah letak serunya melihat para petani yang sedang panen. Tentunya bukan hanya melihat, namun juga mempelajari tekniknya.

Sayangnya, tidak setiap hari anda bisa menyaksikan pemandangan ini. Hanya di waktu tertentu ketika daun teh siap dipanen. Oleh sebab itu, jangan pernah melewatkan ketika ada petani yang siap panen, segera hampiri mereka. Kalau bisa, tawarkan jasa untuk juga membantu memetik daun teh tersebut.

4. Menikmati Kesegaran Teh yang Dipetik Langsung

Selain melihat proses panen kebun teh, anda bisa menikmati kesegaran teh alami yang langsung diproses seketika panen. Ada beberapa kedai teh yang tersedia di Kebun Teh Nglinggo dengan bangunan cukup sederhana yang terbuat dari bambu. Walaupun begitu, kedai tersebut juga cukup unik dan menjadi keindahan tersendiri.

Konsepnya natural, jadi kesan yang didapat semakin asri ketika bersantai menikmati secangkir teh hangat atau dingin. Di kedai tersebut juga menyediakan kopi bagi yang kurang suka dengan teh. Rasa teh semakin manis dengan suasana dan udara sejuk yang ada di sekitar lokasi wisata. Sebagian besar pengunjung memanfaatkan momen ini untuk beristirahat sejenak sebelum melakukan aktivitas seru lainnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Kebun Teh Nglinggo
Image Credit: Google Maps Galih IDCARD

Seiring berjalannya waktu, fasilitas Kebun Teh Nglinggo semakin lengkap dan boleh dikatakan sudah standar lokasi wisata. Terdapat lahan parkir yang siap menyambut kedatangan anda ketika pertama kali menginjakkan kaki di kawasan perkebunan ini. Ada pula toilet yang nyaman dan bersih bagi siapa saja yang ingin membersihkan diri.

Selain itu, adanya mushola semakin melengkapi fasilitas demi menunjang wisatawan. Meskipun tidak terlalu besar, namun tetap saja bisa digunakan sebagai tempat beribadah. Fasilitas lain yakni warung makan dengan berbagai menu makanan yang bisa didapatkan, terutama makanan khas Jogja. Harganya terjangkau, masih ramah di kantong untuk sekelas harga objek pariwisata.

Dari penjelasan mengenai daya tarik, harga tiket masuk, dan berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan, apakah ada alasan lain untuk tidak mengunjungi Kebun Teh Nglinggo? Apabila anda berada di dekat lokasi, tentunya penasaran dan ingin segera mengunjunginya. Dengan kata lain, tidak ada alasan untuk menolak keindahan dan panorama alam yang disajikan.

Baca Juga  Lowongan Kerja Medan PT Champ Resto Indonesia Terbaru 2021